18+ Aplikasi Keuangan Terbaik Dan Mudah Di gunakan

Aplikasi Keuangan – Bagi Anda yang memiliki masalah pengelolaan keuangan, salah satu faktor penyebabnya mungkin karena tidak melakukan pencatatan. Padahal, saat ini sudah banyak tersedia aplikasi keuangan yang dapat mempermudah Anda mengelola pemasukan dan pengeluaran.

Tidak sedikit orang yang justru merasa bingung ke mana saja uangnya digunakan. Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut jika Anda tidak ingin terkena permasalahan yang sama. Gunakanlah teknologi digital yang saat ini semakin mudah didapatkan.

18 Aplikasi Keuangan Terbaik Mudah Digunakan

Sebagian besar orang masih beranggapan bahwa mengelola keuangan itu rumit dan berbelit-belit. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mencatat arus pemasukan dan pengeluaran dengan baik. Yuk simak daftar rekomendasi aplikasi keuangan berikut ini:

1. Monefy

Monefy

Aplikasi keuangan yang eye-catching dan sederhana memang menarik untuk digunakan. Hal ini karena beberapa orang memang tidak terlalu menyukai tampilan yang ribet. Terlebih jika Anda menggunakannya untuk keperluan keuangan pribadi.

Pada dasarnya, mengatur keuangan sendiri memang memiliki kerumitan tersendiri jika tidak disiplin. Oleh karena itu, Anda membutuhkan aplikasi yang simple agar pengaturan keuangan tetap terkontrol. Tentunya, hal ini dilakukan demi kondisi finansial yang lebih baik.

Monefy memudahkan Anda mengatur mana kebutuhan mendesak dan mana yang bisa ditunda. Hal ini karena adanya beberapa kategori yang bisa dikustomisasi menjadi anggaran khusus.

Selain itu, interface aplikasi ini cukup atraktif dan sederhana. Bagi pemula sekalipun akan mudah memahaminya.

2. Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian

 

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dirancang vendor Asyncbyte untuk mengelola keuangan sehari-hari. Anda tidak perlu khawatir jika penghasilan tiap bulan tidak terkendali. Gunakanlah catatan keuangan digital ini demi menghindari masalah finansial.

 

Aplikasi ini menyediakan fitur yang begitu beragam, namun tetap mudah digunakan. Terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan. Di antaranya pencatatan pendapatan, pengeluaran, menghitung selisih, laporan bulanan, dan lainnya.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui bagaimana riwayat pemasukan dan pengeluaran tiap bulan, apakah menunjukkan defisit dari bulan sebelumnya atau tidak

3. Financial Calculators

Financial Calculators

Pernahkah Anda membayangkan untuk menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang simple dan detail? Financial Calculators memungkinkan Anda mengatur anggaran dengan mudah karena dilengkapi alat bantu yang bermanfaat.

Terdapat beberapa fitur unggulan yang disukai pengguna setianya. Di antaranya adalah Auto Lease Calculator, Return on Investment, Auto Loan, Commercial Loan Calculator, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda tidak akan bingung lagi mengenai tenggat waktu pembayaran tagihan per bulan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, aplikasi ini juga dapat membantu Anda memahami suku bunga terkini dalam periode tertentu. Bagi yang sudah mengenal investasi, tentunya hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencapai tujuan keuangan.

4. Financisto

Financisto

Bagi Anda yang sering ‘bermain’ dengan mata uang luar negeri, mungkin aplikasi ini akan membantu Anda menyusun tujuan finansial. Financisto menjadi salah satu aplikasi pengatur keuangan yang populer digunakan.

Aplikasi ini memiliki fitur multi account, sehingga sangat mumpuni untuk mengatur finansial Anda di berbagai mata uang. Meski terdengar rumit, pada dasarnya aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti.

Pengguna bahkan bisa mengetahui bagaimana siklus keuangan yang dimilikinya dalam periode tertentu. Gunakanlah aplikasi ini ketika merasa bingung bagaimana arus kas keuangan selama ini. Aplikasi ini akan melacak dengan detail ke mana saja uang Anda dihabiskan.

Informasi detail pengeluaran dan pemasukan Anda akan ditampilkan beserta waktu transaksinya. Benar-benar memudahkan untuk mengatur keuangan, bukan?

5. AndroMoney (Expense Track)

AndroMoney (Expense Track)

Mengatur pemasukan dan pengeluaran memang gampang-gampang susah. Terutama jika Anda baru pertama kali mengatur gaji yang diterima setiap bulan. Padahal, hal ini sangat penting demi terwujudnya keseimbangan dalam pengelolaan keuangan.

AndroMoney hadir dalam tampilan rinci namun tetap mudah dimengerti penggunanya. Jadi, Anda tidak akan merasa kebingungan di mana harus menempatkan antara pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya. Menariknya, Anda juga bisa membuat grafik custom yang menampilkan anggaran.

Grafik tersebut akan menggambarkan pengelolaan keuangan Anda secara terperinci. Selain itu, penyimpanan bisa dilakukan secara cloud di Google Docs dan Dropbox. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu data yang sudah dimasukkan hilang begitu saja.

6. Buku Warung

Buku Warung

Buku Warung tidak hanya cocok digunakan sebagai aplikasi keuangan pribadi. Bagi Anda yang telah merintis usaha pun wajib memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Aplikasi ini memang dirancang khusus agar penggunanya bisa membuat catatan keuangan yang aman, gratis, dan mudah.

Oleh karena itu, manfaatkanlah masing-masing fitur di aplikasi ini dengan baik dan benar. Di antaranya adalah fitur Catat Uang yang memungkinkan Anda mengetahui ke mana saja pemasukan digunakan. Cukup klik fitur tersebut, maka riwayat keuangan Anda akan ditampilkan.

Selain itu, fitur ini juga sangat berguna untuk mengelola utang yang dimiliki. Anda tidak perlu khawatir lupa atau terlewat tenggat utang yang akan dibayar. Sisa tunggakan utang akan ditampilkan secara otomatis saat fitur tersebut dipilih. Pengelolaan utang pun akan terasa lebih disiplin.

Menariknya, semua pihak yang tercatat utangnya di aplikasi ini akan mendapatkan notifikasi pesan secara otomatis. Tidak perlu khawatir, seluruh biaya SMS dikirimkan menggunakan nomor BukuWarung. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan biaya pulsa.

7. Money Lover

Money Lover

Merasa terlalu mahal menyewa jasa konsultan keuangan? Tidak perlu khawatir, di era digital ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang mampu membuat pengelolaan keuangan lebih baik. Money Lover memiliki tampilan yang mudah dimengerti dan ramah bagi pemula soal keuangan.

Jika Anda merasa bahwa mengelola finansial itu sulit, lain halnya dengan bantuan aplikasi ini. Terdapat berbagai fitur yang disediakan agar pengaturan keuangan Anda disiplin per bulannya. Fitur tersebut di antaranya adalah savings, budget, dan events.

Fitur-fitur unggulan tersebut akan membantu penggunanya menentukan berbagai kebutuhan rutin, mulai dari makanan, transportasi, obat-obatan, dan tentunya hiburan. Anda akan merasakan pengelolaan keuangan yang praktis dan tanpa langkah yang rumit.

8. Cash Droid

Cash Droid

Pengelolaan keuangan akan lebih menarik jika ditampilkan dalam bentuk grafik. Anda akan lebih mudah menilai seberapa besar keberhasilan Anda dalam mengontrol pemasukan dan pengeluaran. Developer aplikasi ini mengungkapkan bahwa Cash Droid menjadi salah satu yang terbaik.

Hal ini karena kemampuan aplikasi ini yang akan menganalisis keuangan melalui grafik yang ditampilkan. Tidak hanya itu, pengguna juga akan mendapatkan file CSV yang bisa diimpor ke media lain. Pemasukan dan pengeluaran yang tidak sesuai pun bisa dideteksi dengan baik.

Pengaturan keuangan dengan Cash Droid juga akan semakin mudah karena bisa membuat kategori sendiri. Di antaranya berdasarkan gaji pokok atau penghasilan sampingan. Anda pun bisa lebih mudah membayar tagihan, asuransi, dan service kendaraan tanpa terlupa.

9. Mint

Mint

Kondisi keuangan yang layu dan masalah finansial yang berulang-ulang memang harus segera diobati. Namun, tidak sedikit orang yang merasa keberatan ketika harus menyewa jasa konsultan keuangan. Tidak perlu khawatir, Anda membutuhkan aplikasi Mint sebagai solusi jitu.

Aplikasi ini akan menyegarkan arus pemasukan dan pengeluaran Anda. Terdapat beberapa fitur yang akan memudahkan Anda membuat kategorisasi secara otomatis. Bahkan terdapat pengingat tagihan yang dapat membuat Anda lebih disiplin ketika berhadapan dengan utang-piutang.

Pelacakan tujuan keuangan pun bisa dilihat dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Mint juga akan membuat tampilan credit scoring sesuai data yang Anda masukkan. Aplikasi ini juga akan menyusun cara budgeting terbaik agar tidak terjadi ‘besar pasak daripada tiang’.

Ketika Anda hendak membuat kategori pengeluaran untuk makanan, tambahkan saja pada bagian Food & Dining. Sedangkan budget untuk liburan bisa Anda letakkan di bagian Vacation. Namun, tentunya Anda bisa mengatur kategori-kategori tersebut secara custom.

10. Sepran (Expense Manager)

Sepran (Expense Manager)

Aplikasi pengatur keuangan bisa menjadi partner yang tepat saat Anda merasa uang cepat habis, padahal baru beberapa hari gajian. Hal ini harus segera dikendalikan agar Anda tidak terkena kesulitan finansial berlanjut nantinya.

Tak sedikit orang yang justru merasa bingung ketika ditanya ke mana saja uangnya dihabiskan. Masih banyak pula orang yang malas membuat laporan keuangan. Padahal , hal ini sangat penting dilakukan agar pemasukkan dan pengeluaran tetap terkontrol.

Menariknya, pengguna bisa memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet. Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini kapan saja dan di mana saja tanpa khawatir masalah keuangan yang akan terjadi.

11. 1Money

1Money

Ingin mengetahui laporan keuangan secara periodik? Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dengan mudah menggunakan 1Money. Aplikasi ini akan membuatkan laporan berupa rekapan kondisi finansial secara harian, mingguan, dan bulanan.

Aplikasi gratis ini akan mengontrol pemasukan dan pengeluaran Anda agar tidak jomplang. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menentukan budget yang paling tepat untuk jenis kebutuhan tertentu. Hal ini sangat penting dilakukan bagi Anda yang sering bingung ke mana saja uang dihabiskan.

Aplikasi ini juga bisa melacak pengeluaran tidak terduga melalui fitur unggulan, yaitu tracking. Tentunya, hal ini akan lebih memudahkan Anda melihat pengeluaran secara detail. Anda juga bisa lebih mudah mengumpulkan dana darurat untuk masa depan. Keren, ya?

12. Catatan Ku

Catatan Ku

Aplikasi ini akan memudahkan Anda karena menyediakan kategori untuk rumah tangga, furniture, belanja pakaian, keperluan gadget, menonton film, dan kebutuhan lainnya. Semakin banyak kebutuhan Anda, kategori yang dibuat juga sebaiknya semakin spesifik.

Bagi pelaku bisnis di bidang tertentu, Anda juga bisa menghitung laba dan rugi dengan mudah lewat aplikasi ini. Tidak akan ada lagi kegalauan di akhir bulan karena gaji yang tidak tersisa. Tentunya, semua itu karena adanya aplikasi keuangan yang menunjang pengelolaan finansial lebih baik.

Sisi positif lainnya dari aplikasi ini  memiliki penyimpanan data secara online yang dijamin aman, meskipun Anda ganti HP. Bagaimana, apakah Anda tertarik menggunakan aplikasi ini?

13. Catatan Keuangan – SukronMoh

Catatan Keuangan SukronMoh

Aplikasi ini dapat menunjukkan solusi yang efektif bagaimana Anda mengatur keuangan. Tidak hanya itu, Anda juga akan merasa lebih terkontrol ketika memutuskan barang mana yang hendak dibeli dan yang tidak.

Terdapat berbagai fitur andalan yang dapat digunakan dan memudahkan Anda mengendalikan arus keuangan. Hal ini penting dilakukan bagi pegawai maupun pebisnis. Jika tidak demikian, Anda mungkin akan kaget jika arus kas ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi.

Kelebihan lainnya dari Catatan Keuangan adalah kemampuannya untuk merancang rekapan keuangan setiap bulan dengan terperinci. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikannya menjadi rekapan harian, mingguan, bahkan tahunan.

14. Daily Expenses License

Daily Expenses License

Daily Expenses License akan membantu Anda menyusun anggaran untuk kebutuhan primer, sekunder, dan juga tersier.

Ternyata, masih banyak orang yang belum bisa menentukan anggaran untuk jenis-jenis kebutuhan tersebut. Padahal, sangat penting untuk membuat post-post pengeluaran sesuai kemampuan.

Bagi Anda yang sudah terbiasa menulis catatan keuangan di kertas, aplikasi ini akan terlihat mudah digunakan. Aplikasi pengatur finansial ini akan memantau pemasukan dan pengeluaran Anda tanpa terlewat sedikitpun.

Anda tinggal memasukkan jumlah dana atau budget, lalu memilih kategori yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda mencari aplikasi pengatur keuangan yang mudah untuk sehari-hari, aplikasi ini adalah jawabannya.

15. MoneyWise

MoneyWise

MoneyWise akan membantu Anda mengelola keuangan sehari-hari secara cepat dan mudah. Anda akan diminta menginput data secara sederhana tanpa menu yang berbelit-belit. Aplikasi ini akan mengingatkan Anda secara berkala untuk mencatat arus kas sehari-hari.

Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya untuk mencatat arus keuangan secara teratur. Jangan lupa pula membuat kategori berdasarkan kebutuhan Anda sehari-hari.

Bahkan Anda bisa mewujudkan berbagai impian dalam hal keuangan yang selama ini belum kesampaian. Salah satu penyebab yang mungkin terjadi adalah kesalahan pengaturan keuangan. Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi pengaturan keuangan ini sebagai solusi praktis.

16. Money Manager

Money Manager

Money Manager tidak hanya mumpuni untuk mencatat pengeluaran rutin saja, Anda juga bisa merasakan manfaat lainnya. Anda bisa mengelola keuangan pada kartu kredit maupun debit yang telah dimiliki.

Menariknya, aplikasi ini juga terintegrasi dengan baik di laptop/PC Anda. Dengan demikian, pengelolaan keuangan bisa dikustomisasi dengan mudah berdasarkan kategori tertentu. Selain itu, laporan keuangan Anda nantinya dapat ditampilkan secara mingguan, bulanan, dan tahunan.

17. Catatan Keuangan – Pembukuan Keuangan

Catatan-Keuangan-Pembukuan-Keuangan

Aplikasi pembukuan keuangan ini efektif untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda. Catatan Keuangan memiliki tampilan sederhana dengan fungsi yang optimal untuk digunakan. Pembelanjaan rutin Anda akan disesuaikan dengan pemasukan bulanan agar tetap seimbang.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang dapat menyediakan pengingat khusus untuk membayar tagihan dan cicilan. Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, aplikasi ini tentunya akan sangat membantu.

Keteraturan membayar tagihan akan membantu Anda mencapai target keuangan tertentu. Salah satu langkah mudahnya adalah dengan menggunakan aplikasi Catatan Keuangan ini. Dengan demikian, track record kredit Anda akan tetap baik dan tidak meninggalkan blacklist.

18. UangKu

UangKu

Aplikasi ini sangat cocok digunakan pemula yang baru belajar mengelola keuangan. Agar arus keuangan tetap terkendali, Anda bisa menggunakan aplikasi ini sebagai partner setia. Tersedia fitur yang dikemas secara sederhana, sehingga mudah dipahami berbagai kalangan.

Pengoperasiannya pun sangat mudah dan Anda bisa membuat kategori pengelolaan keuangan dengan tepat. Menariknya, Anda akan diminta untuk mengisi target tabungan dan pengeluaran konsumtif untuk periode tertentu.

Aplikasi ini nantinya akan memberikan rekomendasi berapa batasan pengeluaran yang bisa Anda belanjakan. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap jumlah target tabungan yang ingin dicapai. Pemasukan dan pengeluaran akan tercatat dengan rapi dan terstruktur.

Daftar aplikasi keuangan di atas akan membantu Anda untuk mencapai berbagai tujuan keuangan. Anda bisa memilih salah satunya dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa pula untuk melakukan kustomisasi agar pencatatan keuangan bisa sesuai dengan budget yang dimiliki.

18+ Aplikasi Keuangan Terbaik Dan Mudah Di gunakan

Advertisements

One thought on “18+ Aplikasi Keuangan Terbaik Dan Mudah Di gunakan

  1. Pingback: 9+ Contoh Analisis SWOT Diri Sendiri, Perusahaan, Usaha Kecil

Add Comment