3+ Contoh Karya Tulis Ilmiah Terbaru dan Paling Lengkap 1

3+ Contoh Karya Tulis Ilmiah Terbaru dan Paling Lengkap

contoh karya tulis ilmiah – Pengertian dari karya ilmiah sendiri adalah sebuah karya tulis yang dibuat agar bisa memecahkan suatu masalah dengan landasan teori serta metode ilmiah.

Biasanya dalam Karya ilmiah ini berisi data, fakta, sampai solusi tentang suatu masalah yang diangkat. Penulisan dari karya ilmiah ini biasanya dibuat dengan runtut serta sistematis.

Struktur dari Karya Ilmiah

Struktur dari Karya Ilmiah

Struktur dari Karya Ilmiah diantaranya,

  1. Pendahuluan

Bagian ini berisi dasar-dasar penelitian dilakukan, masalah yang akan diangkat, sampai mekanisme penyelesaian masalah tersebut.

  1. Isi serta Pembahasan

Bagian ini biasanya terdapat dari satu bab ataupun lebih, tergantung dengan seberapa dalam pembahasan bahan penelitiannya.

  1. Kesimpulan dan Saran

Bagian ini berisi kesimpulan singkat dari bagian pembahasan serta saran tentang kalian sebagai penulis untuk kedepannya.

Ciri dari Karya Tulis

Ciri dari Karya Tulis

Ciri-ciri yang harus kalian ketahui diantaranya,

  1. Reproduktif

Yang berarti karya ilmiah yang ditulis harus diterima serra dimaknai pembaca sesuai dengan makna yang ingin disampaikan

  1. Tidak Ambigu

Suatu karya ilmiah harus memberi pemahaman dengan detail serra dikemas dengan bahasa yang tidak membingungkan supaya maksud dari isinya dapat dipahami oleh pembaca.

  1. Memakai Bahasa Baku

Pemakaian bahasa baku ini supaya mudah dipahami. Dan pemakaian bahasa baku meliputi tiap aspek penulisannya, dari penulisan teori, sumber, sampai kesimpulan.

  1. Memakai Kaidah Keilmuan

Tentu penulisan suatu karya ilmiah harus memakai kaidah keilmuan maupun istilah akademik dari bidang penelitiannya.

Karena hal ini bertujuan supaya penulisnya mempunyai kapabilitas bidang kajian yang dibahas di dalam karya ilmiahnya.

Tujuan dari Penulisan Karya Ilmiah

Tujuan dari Penulisan Karya Ilmiah

Beberapa tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah yaitu,

  1. Dapat menjadi wahana dalam melatih ide atau hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah yang metodologis serta sistematis.
  2. Dapat menimbulkan etos ilmiah dikalangan mahasiswa, jadi tidak hanya untuk menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tapi juga bisa menjadi penghasil suatu pemikiran.
  3. Dapat menjadi wahana untuk transformasi pengetahuan di antara sekolah serta masyarakat.

Tips Saat Menulis Karya Ilmiah

Tips Saat Menulis Karya Ilmiah

  1. Pastikan Topik yang dipilih Menarik Pembaca

Karena dengan memilih maupin menentukan topik yang tepat, kalian sebagai penulis bisa mengerti serta membawa kemana arah karya ilmiah tersebut dan juga dapat menarik minat pembacanya

  1. Memperbanyak Membaca Berbagai Sumber

Dalam membuat suatu karya ilmiah, pasti tidak dapat dijauhkan dari membaca berbagai sumber.

Karena dengan membaca banyak sumber, kalian dapat dengan mudah mencari tahu tentang materi dari karya ilmiah yang dibuat tersebut.

Dari artikel buku, sampai jurnal bisa kalian baca dan jadikan sumber. Jangan lupa juga lakukan pengecekan agar referensinya relevan dengan topik kalian.

  1. Memperhatikan Cara Penulisan

Tentu cara penulisan kalian harus diperhatikan sebaik mungkin supaya karya kalian mudah diidentifikasi serta dibaca oleh pembaca.

  1. Melakukan Evaluasi serta Pengecekan ulang

Setelah langkah di atas selesai, tanjung kalian haruskah melakukan evaluasi dan pengecekan semua isi karya ilmiah yang telah ditulis.

Hal ini supaya kalian bisa mengurangi kesalahan fatal disaat karya tersebut diterbitkan nanti.

Bagi kalian yang ingin mencari rekomendasi karya tulis ilmiah, dibawah ini ada beberapa Contoh Karya Tulis Ilmiah Sederhana dan Contoh Karya Tulis Ilmiah Populer yang bisa kalian baca.

Contoh karya tulis ilmiah tentang sampah

Contoh karya tulis ilmiah tentang sampah

Yang pertama  ini ada salah satu contoh karya tulis ilmiah tentang sampah yang bisa kalian baca,

Pemanfaatan Sampah Kembali untuk Kehidupan

BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Belakangan ini sampah sudah menjadi konsentrasi sebagai besar dunia karena masalah yang selalu ditimbulkan.

Banyak kerugian akibat dari sampah yang berdampak bagi kesehatan kebanyakan manusia. Dan sampai sekarang masih banyak orang yang enggan mendaur ulang sampah tersebut. Dan karenanya penelitian tentang pemanfaatan sampah kembali cukup penting dilakukan.

  1. RUMUSAN MASALAH

Bagaimana cara memanfaatkan sampah kembali?

  1. TUJUAN PENELITIAN

Dapat mengetahui bagaimana cara pemanfaatan sampah kembali.

BAB II

PEMBAHASAN

Sampah yang banyak dibuat oleh  masyarakat sebenarnya masih dapat dipakai kembali agar tidak menumpuk. Dan pemanfaatan kembali ini tidak memerlukan waktu yang lama.

Untuk sampah organik biasanya dapat diolah menjadi pupuk, sedangkan sampah kertas diolah menjadi kertas lagi. Lalu sampah plastik serta kaleng dapat diolah menjadi wadah daur ulang.

BAB III

PENUTUP

  1. KESIMPULAN

Sampah memang tidak dapat lepas dari manusia dan sering menimbulkan masalah. Walaupun begitu, masih ada banyak solusi yang bisa manusia lakukan supaya sampah tersebut dapat dipakai kembali dimasa depan dan tidak menumpuk.

  1. SARAN

Diharapkan karya tulis ini dapat membantu pembaca agar dapat menambah informasi dan wawasan baru. Dan semoga kedepannya penulis akan semakin berkembang serta bisa memperbaiki tulisannya agar bisa diterima bagi berbagai kalangan.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan

Dibawah ini ada salah satu Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan, dan contoh karya tulis ilmiah tersebut adalah,

Menjaga Kesehatan Jantung Diri Sendiri

BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Jantung adalah salah satu organ vital pada manusia. Maka dari itu banyak orang yang selalu berusaha menjaga kesehatan jantungnya.

Walaupun begitu, masih banyak yang masih kurang peduli, mengingat korban jiwa dari penyakit jantung masih banyak.

Untuk itulah, penelitian tentang kesehatan jantung harus dilakukan.

  1. RUMUSAN MASALAH

Bagaimana cara untuk menjaga kesehatan jantung?

  1. TUJUAN PENELITIAN

Dapat mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan jantung.

BAB II

PEMBAHASAN

Penyakit yang menyerang jantung sampai sekarang masih banyak menjadi masalah beberapa orang, padahal ada beberapa cara mudah dalam menjaga kesehatan jantung. Diantaranya,

  1. Menghindari stress

Karena stress bisa memicu hormon adrenalin abnormal dan juga menyebabkan darah tinggi.

  1. Menjaga Kebersihan

Baik itu kebersihan diri maupun lingkungan sekitar.

  1. Mengatur Pola Makan

Kurangilah lemak serta junkfood, dan perbanyak makan sayur dan juga buah.

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting bagi manusia. Dan ternyata, agar memperoleh jantung yang sehat, kalian bisa melakukan beberapa cara mudah sehari-hari.

Dengan menjaga kesehatan jantung ini, diharapkan semakin sedikit korban yang pergi karena berbagai penyakit yang menyerang jantung tersebut.

SARAN

Menyadari penulis masih belum sempurna, kedepannya penulis sendiri akan semakin lebih fokus lagi dan lebih detail dalam menjelaskan isi karya tulis di atas dengan sumber yang semakin banyak.

Contoh karya tulis ilmiah remaja

Contoh karya tulis ilmiah remaja

Yang terakhir ini adalah salah satu tema contoh karya tulis ilmiah remaja yang bisa kalian baca,

Globalisasi dan Kebudayaan

Globalisasi yang mulai terasa di abad 20 ini memang telah diperkirakan sudah banyak mempengaruhi kebudayaan. Karena kebudayaan telah menjadi seperti perilaku yang mudah berubah saat terkena arus globalisasi.

Hal tersebut itu karena semakin mudahnya akses dalam mendapat informasi. Tapi sayangnya sebagai negara berkembang, Indonesia selalu khawatir akan tertinggal dalam arus globalisasi tersebut.

Ditambah lagi banyaknya kebudayaan asli yang semakin terkikis serta membuat Indonesia menjadi terkena krisis budaya. Yang sehingga bangsa Indonesia harus terus memperkokoh struktur-struktur nilai supaya tidak habis terkena budaya asing.

Begitulah beberapa contoh karya tulis ilmiah dari berbagai tema. Selain di atas, ada banyak contoh karya tulis ilmiah dengan tema lain, misalnya ada Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup yang bagus dan bisa membantu seseorang untuk memperhatikan lingkungannya.

Lalu contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan Karakter, sampai contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pergaulan Bebas yang bagus untuk menambah pengetahuan para remaja sekarang ini.

Ada juga berbagai contoh karya tulis ilmiah remaja dengan berbagai tema-tema lain.

Lalu juga yang terakhir ada contoh lain seperti contoh karya tulis ilmiah tentang covid 19 yang cocok diangkat di saat seperti ini mengingat pandemi ini yang semakin meningkat.

Dengan begitu, diharapkan kalian bisa membuat karya tulis yang bagus dengan materi yang kuat dan bisa membantu pembaca menambah banyak ilmu lalu wawasan baru setelah membaca karya tulis ilmiah tersebut.

3+ Contoh Karya Tulis Ilmiah Terbaru dan Paling Lengkap

Advertisements

Leave a Reply