Properti Tari Merak

10 Properti Tari Merak Lengkap Gambar dan Pengertiannya

Properti Tari Merak – Tari Merak adalah salah satu tarian yang berasal dari Jawa Barat. Dinamakan demikian karena memang tarian ini menampilkan kebiasaan hidup burung merak lengkap dengan keindahannya. Oleh sebab itu, properti Tari Merak yang digunakan para penari haruslah mendukung, misalnya mempunyai corak yang sama seperti corak yang ada pada tubuh burung cantik satu itu.

Tari Merak sendiri dilakukan secara berpasangan karena menggambarkan burung merak jantan dan betina. Pemeran burung merak jantan dan betina bisa dibedakan dengan melihat pada kostumnya. Sementara untuk propertinya sendiri cukup banyak dan itu meliputi rok, gelang, kilat bahu, sampur, sabuk hias, sayap, apok, sesuping, garuda mungkur dan siger. Adapun penjelasan singkatnya seperti berikut.

Daftar Properti Tari Merak

1. Rok

Rok

Rok di sini sama seperti rok kebanyakan yang dimaksudkan untuk menutupi tubuh bagian bawah. Hanya saja rok yang dikenakan dalam Tari Merak mempunyai corak yang mirip seperti burung merak itu sendiri. Warna rok tersebut disesuaikan dengan busana keseluruhan yang dikenakan oleh penari supaya tampak serasi.

2. Gelang

Gelang

Gelang ini adalah properti hias yang dikenakan pada pergelangan tangan. Bentuknya lingkaran sementara warnanya bermacam-macam menyesuaikan dengan busana atau kostum yang dikenakan oleh penari. Namun yang dominan ialah warna emas. Gelang ini dibuat dari bahan berkilau yang mampu memantulkan cahaya sehingga tampak mewah.

3. Kilat Bahu

Kilat Bahu

Properti yang selanjutnya ialah kilat bahu. Kilat bahu ini merupakan kelengkapan yang akan dikenakan di kedua bahu penari. Selain sebagai hiasan, kilat bahu juga bisa membuat penari menjadi lebih mirip dengan merak, tampak lebih anggun dan juga lebih mempesona. Kilat bahu ini sendiri umumnya dibuat dari bahan yang sama seperti gelang.

4. Sampur

Sampur

Sampur ialah properti Tari Merak yang cara penggunaannya dibiarkan menjuntai dari pinggang. Sampur sendiri dibuat dari bahan tisu, bentuknya memanjang dan mempunyai hiasan yang menyerupai burung merak juga. Warnanya sendiri disesuaikan dengan kostum keseluruhan penari sehingga tubuh penari terhindar dari kesan ramai.

5. Sabuk Hias

Sabuk Hias

Sebagaimana sabuk biasanya, sabuk dalam Tari Merak berfungsi sebagai alat untuk mengencangkan busana yang dikenakan oleh para penari. Selain itu, sabuk ini juga mempunyai fungsi lain yakni sebagai hiasan untuk membuat penari jadi lebih indah. Bentuknya sendiri macam-macam, namun corak dan warnanya sangat mendukung tema Tari Merak.

6. Sayap

Sayap

Sayap dalam hal ini sebenarnya adalah selendang yang dipasang menempel pada baju atasan bagian belakang. Dalam pertunjukan, para penari akan membentangkan sayap ini sehingga sangat terlihat jelas bahwa selendang tersebut bukanlah selendang biasa. Melainkan selendang yang memuat lukisan atau corak bulu burung merak.

7. Apok

Apok

Apok ialah properti hias yang dipakai seperti kalung sehingga menutupi bagian bawah leher penari hingga dada bagian atas yang umumnya tidak tertutupi oleh baju atasan. Selain menutupi bagian yang terbuka, keberadaan apok juga membuat para penari lebih cantik.

Motif dan warna apok yang akan dikenakan juga sama dengan properti sebelumnya, yakni harus menyesuaikan kostum atau busana supaya tampak serasi.

8. Sesuping

Sesuping

Sesuping ini juga merupakan properti hias yang dipasang pada telinga para penari. Secara umum, sesuping ini dibuat dari kertas hias yang berwarna keemasan. Kertas tersebut bukan kertas sembarangan, tetapi kertas yang berkarakter kuat dan kaku.

9. Garuda Mungkur

Garuda Mungkur

Garuda Mungkur ialah properti Tari Merak yang dikenakan pada kepala penari. Properti satu ini bentuknya mirip seperti burung merak dan dibuat dari bahan yang berkilau. Oleh sebab itu, garuda mungkur akan memantulkan cahaya terutama saat terkena sorot lampu. Kilauan yang muncul ini sendiri menjadi representasi dari cara burung merak dalam upayanya menarik pasangannya.

10. Siger

Siger

Selain properti di atas, siger juga menjadi properti yang wajib dikenakan oleh siapapun yang menarikan Tari Merak. Siger ini merupakan mahkota yang bentuknya agak melengkung dan menonjol di bagian depan menyerupai kepala burung merak. Jadi, jelas bahwa mahkota ini bukanlah mahkota sembarangan dan tidak dijual di sembarang tempat.

Berbagai properti Tari Merak di atas tidak boleh ketinggalan jika penari sedang tampil. Pasalnya, semua properti tersebut adalah identitas yang berperan penting dalam menguatkan kesan kehidupan sang burung cantik dari Papua ini. Tari ini sendiri sering dipentaskan baik dalam kegiatan hajatan seperti

10 Properti Tari Merak

Leave a Reply