Properti Tari Kancet Papatai

Properti Tari Kancet Papatai Lengkap beserta gambar dan deskripsi

Properti Tari Kancet Papatai – Beraneka ragam tarian bisa Anda temukan di Indonesia. Tema yang diusung dalam tarian pada setiap daerahnya pun berbeda. Ada yang mengusung tema romansa, tema peperangan, dan juga tema lainnya. Cukup banyak juga tarian yang berasal dari Indonesia ini mengusung tema peperangan. Hal ini karena Indonesia pernah dijajah dan berperang sebelumnya sehingga terciptalah tarian yang mengangkat tema tersebut.

Salah satu tari yang menganut tema peperangan adalah tari kancet papatai. Tari ini berasal dari Kalimantan Timur dengan suku Dayak Kenyah. Tari ini cukup populer dan dianggap identik dengan tari perang yang mana kisahnya tentang pahlawan suku Dayak Kenyah yang ada di Kalimantan Timur dalam menghadapi para musuh. Gerakan yang ada dalam tarian ini juga cenderung gesit, lincah, dan bersemangat.

Properti Tari Kancet Papatai

Kalimantan Timur atau suku Dayak Kenyah memiliki banyak sekali tarian adat. Meski begitu, tarian perang ini merupakan satu-satunya tarian yang mengusung tema tersebut dan menjadi ikon yang sering digelar saat melakukan pementasan upacara adat atau budaya. Properti tari kancet papatai memiliki beberapa properti. Yuk, simak penjabarannya di bawah ini.

1. Baju Perang Dayak

Baju Perang Dayak

Properti tari kancet papatai yang pertama adalah baju perang Dayak. Baju perang ini terbuat dari kulit kayu atau juga bisa terbuat dari kulit binatang. Baju ini memiliki keunikan karena dihiasi dengan logam. Tak hanya logam, baju perang ini juga dihias oleh rajah atau tulisan yang memiliki keyakinan bahwa bisa mendukung keselamatan yang memakainya.

2. Mandau

Mandau

Properti tari kancet papatai lainnya adalah Mandau. Pernahkah Anda mendengar nama tersebut? Mandau merupakan salah satu senjata khas miliki Dayak yang dijadikan sebagai pusaka turun temurun. Pusaka ini dianggap sebagai barang keramat dan memiliki kesaktian di dalamnya. Mandau biasanya digunakan atau diikat pada bagian pinggang.

3. Kelambit

Kelambit

Properti tari kancet papatai yang terakhir adalah kelambit. Kelambit adalah sebuah perisai yang terbuat dari bahan kayu yang ringan. Meski terbuat dari bahan yang ringan, tetapi kayu tersebut tetap kuat dan memiliki hiasan pada bagian luarnya. Awalnya kelambit ini memiliki fungsi sebagai penangkis dalam mempertahankan diri dari berbagai serangan musuh.

Properti tari kancet papatai di atas adalah properti yang wajib ada dalam pementasan tarian perang tersebut.

3 Properti Tari Kancet Papatai Lengkap beserta gambar dan deskripsi

Leave a Reply