Properti Tari Kipas Pakarena

5 Properti Tari Kipas Pakarena (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Properti Tari Kipas Pakarena – Tahukah Anda mengenai salah satu tarian yang berasal dari Sulawesi Selatan ini? Tari kipas pakarena adalah tarian tradisional yang cukup populer di Sulawesi Selatan. Tahukah Anda bahwa Sulawesi Selatan adalah daerah yang memiliki banyak sekali jenis tarian daerah, lho. Wilayah ini memiliki 316 jenis tarian dengan 98 jenis tarian orang Bugis, 116 jenis tarian orang Mandar, 36 jenis tarian orang Toraja, dan 66 jenis tarian orang Makassar. Wah, banyak, ya.

Tari kipas pakarena biasa dipentaskan pada berbagai acara dan menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat Gowa. Jadi, jika Anda ingin mengunjungi daerah ini, jangan lupa untuk menonton pertunjukkan tari kipas pakarena. Tari ini dinamakan pakarena karena berasal dari perkampungan yang bernama Gantarang Lalang Bata.

Properti Tari Kipas Pakarena

Tari kipas pakarena dimulai dengan kisah para penghuni negeri khayangan yang terpisah dengan penghuni bumi pada zaman dahulu kala. Sebelum berpisah, penghuni khayangan mengajarkan beberapa gerakan yang kemudian digunakan sebagai cara untuk mengucap syukur. Beberapa properti tari kipas pakarena yang digunakan adalah di bawah ini.

1. Kipas

Kipas

Namanya juga tari kipas pakarena, sudah pasti kipas menjadi properti tari kipas pakarena yang wajib ada. Tanpa kipas, tarian tersebut bukanlah tari kipas namanya. Kipas ini digunakan oleh masing-masing para pemain yang terdiri dari 5-7 orang. Kipas yang digunakan juga cukup besar dengan warna yang cerah. Umumnya kipas yang digunakan adalah berwarna merah.

2. Kalung

Kalung

Properti tari kipas pakarena yang kedua adalah kalung. Kalung biasanya berwarna kuning emas, dengan hiasan berupa mutiara warna-warni dibagian dalamnya. properti ini sebagai perhiasan untuk menambah kecantikan para penari.

3. Gelang

Gelang

Gelang juga merupakan salah satu properti tari kipas pakarena. Gelang memang banyak digunakan dalam berbagai macam tarian. untuk Gelang ini biasanya berwarna Emas dengan ukiran-ukiran disemua bagian.

4. Baju Pahang

Baju Pahang

Pernah mendengar baju pahang? Baju pahang merupakan tenunan tangan yang berasal dari Sulawesi Selatan itu sendiri. Baju pahang merupakan salah satu busana dan menjadi properti tari kipas pakarena. Kesan Unik akan didapat saat seorang penari mengenakan baju pahan.

5. Lipa’ Sa’be

Lipa' Sa'be

Lipa’ sa’be merupakan salah satu properti yang mana adalah sarung sutra khas Sulawesi Selatan. sarung sutra dengan corak yang khas daerah Sulawesi Selatan

Properti tari diatas bisa Anda persiapkan dari sekarang jika ingin mementaskan tarian tradisional dari Sulawesi Selatan.

5 Properti Tari Kipas Pakarena (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Leave a Reply