properti tari gareng lameng

4 Properti tari Gareng Lameng (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Properti tari Gareng Lameng – Indonesia memiliki berbagai tari-tarian tradisional yang ada di Indonesia. Salah satu tari tradisional tersebut adalah tari Gareng Lameng yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Tarian ini memiliki ke unikan tersendiri dibandingkan tarian lain, salah satunya adalah properti yang digunakan. Berbeda dengan tarian tradisional lainnya, Properti tari Gareng Lameng yang digunakan lebih simpel.

Tari Gareng Lameng ini merupakan tarian ucapan selamat dan dipertunjukkan pada saat acara khitanan. tarian ini juga menggambarkan permohonan kepada Tuhan supaya yang di khitan akan mendapatkan keberkahan, kesehatan dan kesuksesan dalam menjalani hidup.

Properti Tari Gareng Lameng

Tari Gareng Lameng merupakan salah satu tari tradisional yang dapat diatakan sederhana. Dalam pertunjukkan Tari Gareng Lameng tidak memerlukan banyak properti. Properti tari Gareng Lameng pun sebagian seluruhnya terlihat sederhana dibandingkan properti tari tradisional lainnya.

Meskipun tarian ini masih kurang dikenal oleh masyarakat luas, namun tarian ini merupakan salah satu icon dari Nusa Tenggara Timur. Berikut merupakan properti yang digunakan dalam tarian Gareng Lameng:

1. Ikun

Ikun

Merupakan salah satu properti utama yang dipakai oleh para penari laki-laki saat mementaskan tarian ini. Ikun sendiri berbentuk seperti keris kecil yang terbuat dari kayu dan biasanya berwarna coklat tua atau hitam. Saat ini, terkadang dalam menampilkan tarian ini Ikun tidak lagi digunakan melainkan digantikan dengan properti lain yang lebih menarik.

2. Lesu

Lesu

Properti tari Gareng Lameng selanjutnya adalah lesu yang dipakai oleh para penari perempuan. Lesu ini memiliki fungsi yang sama dengan Ikun yakni sebagai penunjang gerakan tari. Lesu sendiri merupakan sebuah kain yang berbentuk seperti sapu tangan.

3. Gelang

Gelang

Reng merupakan gelang yang di pakai di kaki para penari Gareng Lameng. Gelang ini memiliki klinting yang menimbulkan bunyi ketika di gerakkan. Selain menjadi penunjang gerakan tari, properti tari Gareng Lameng yang satu ini juga berfungsi sebagai alat musik selain gong dan waning. Reng ini biasanya terbuat dari tembaga atau kuningan.

4. Rote

Rote

Rote merupakan pakaian tradisional dari Nusa Tenggara Timur yang dipakai dalam tari Gareng Lameng ini. sebenarnya dalam tarian ini tidak ada ketentuan khusus busana yang dipakai, namun biasanya para penari menggunakan Rote. Rote yang dipakai pada tarian ini biasanya berwarna kuning dan merah untuk atasannya. Sementara untuk bagian bawah biasanya menggunakan sarung.

Tari Gareng Lameng memang tidak se populer tari tradisional lain yang juga berasal dari Nusa Tenggara Timur seperti tari Perang. Namun makna yang terkandung dalam tarian ini sangat sakral bagi warga Nusa Tenggara Timur.oleh karenanya tarian tradisional ini haruslah dilestarikan agar tetap menjadi salah satu aset berharga bagi NTT maupun Indonesia.

Berbeda dengan tari tradisional lain yang ada di Indonesia, properti yang digunakan dalam tarian ini lebih sederhana. Keseluruhan properti tari Gareng Lameng ini berfungsi sebagai penunjang gerakan tari.

4 Properti tari Gareng Lameng (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Leave a Reply