properti tari muang sangkal

9 Properti Tari Muang Sangkal (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Properti Tari Muang Sangkal – Tari Muang Sangkal adalah tarian tradisional khas Pulau Madura. Tarian ini menurut namanya berfungsi sebagai pengusir malapetaka/sial (muang = buang, sangkal = sial). Tarian ini harus dipentaskan dengan jumlah penari ganjil. Penari juga harus mengenakan kostum pengantin Legha khas daerah Sumenep. Bagaimana properti Tari Muang Sangkal selengkapnya?

Properti Tari Muang Sangkal Khas Madura

1. Kemben Hitam

Kemben Hitam

Tari Muang Sangkal dipentaskan oleh para penari perempuan. Mereka menggunakan busana adat pengantin dari wilayah Sumenep Madura. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan kemben berwarna hitam sebagai baju atasan. Kemben ini memiliki bentuk yang unik karena ada pola tertentu yang mengelilingi leher penari.

2. Kain Penutup Dada

Kain Penutup Dada

Untuk melengkapi kemben, penari wanita mengenakan kain penutup dada berwarna merah atau kuning. Kain ini dikalungkan di leher penari. Kain penutup ini cukup panjang, sehingga bisa menjuntai sampai ke bawah. Kain juga digunakan sebagai properti gerakan Tari Muang Sangkal. Kain digunakan untuk mengiringi gerakan tari berupa kibasan ke arah samping atau depan.

3. Kain Bawahan Panjang

Kain Bawahan Panjang

Sebagai pelengkap kostum, penari Tari Muang Sangkal menggunakan bawahan dari kain panjang sampai mata kaki. Kain dililitkan pada pinggang sampai membentuk semacam rok ketat. Kain bawahan panjang ini biasanya berwarna merah terang. Kain panjang ini dihiasi dengan ornamen-ornamen tenun dengan warna khas emas.

4. Kain Penutup Tambahan

Kain Penutup Tambahan

Pada bagian atas kain bawahan penari masih dilapisi lagi dengan 2 lembar kain hiasan. Kain lapis atas ini biasanya berwarna merah terang dengan pinggiran kuning. Fungsi kain ini untuk mempercantik tampilan penari. Pada bagian paling atas disisipkan kain tambahan berwarna kuning terang. Kain disusun dengan sedikit mengembang dan menjuntai sampai atas lutut.

5. Mahkota Bunga

Mahkota Bunga

Para wanita penari Tari Muang Sangkal juga mengenakan mahkota di kepalanya. Mahkota berbentuk lingkaran emas ini dilengkapi dengan untaian/rangkaian bunga melati segar yang telah dironce. Ada 2 rangkaian melati pada sisi kanan dan kiri kepala. Selain bunga melati, pada bagian atas kepala juga ditambah dengan rangkaian 3 bunga mawar merah.

6. Aksesoris Tambahan

Aksesoris Tambahan

Aksesoris tambahan yang jadi properti Tari Muang Sangkal ini antara lain ada gelang emas, anting, dan sabuk/ikat pinggang. Semua aksesoris tambahan dibuat dengan nuansa emas yang sangat kontras dengan perpaduan warna kostum yaitu merah, kuning, dan hitam.

7. Sampur

Sampur

Sampur adalah bahasa Jawa untuk selendang. Para penari biasa menggunakan selendang panjang saat pentas. Selendang ini juga yang disebut kain penutup dada. Selendang yang dipakai penari biasanya dibuat dari kain tipis dan halus yang menimbulkan kesan “jatuh”.

8. Cemong

Cemong

Cemong adalah properti wajib bagi semua penari Tari Muang Sangkal. Cemong adalah sejenis mangkok berbahan dasar kuningan/tembaga. Cemong biasanya diisi dengan bunga-bungaan. Fungsi cemong ini sebagai perlambang senjata untuk buang sial. Dengan menaburkan sesuatu dari dalam cemong, maka kesialan-kesialan bisa menjauh.

9. Alat Musik Pengiring

Alat Musik Pengiring

Tari Muang Sangkal ini diiringi oleh tabuhan musik dari seperangkat galeman keraton. Ada kendang, gong, dan juga gamelan. Semua alat musik tradisional ini ditabuh oleh para pengiring tari yang biasanya laki-laki dengan irama yang unik. Tapi seiring perkembangan zaman, ada juga pementasan Tari Muang Sangkal yang hanya diiringi oleh musik dari kaset rekaman saja.

Properti Tari Muang Sangkal adalah pakem/aturan mendasar yang harus dipatuhi. Semua properti yang digunakan bertujuan untuk menjaga kesakralan arti tarian dan juga menambah nilai seni dari pementasan tari ini sendiri.

9 Properti Tari Muang Sangkal (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Leave a Reply