properti tari topeng

14 Properti Tari Topeng Cirebon (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Properti Tari Topeng Cirebon – Tari Topeng Cirebon merupakan jenis tarian yang berasal dari wilayah kesultanan Cirebon. Tarian ini memiliki ciri khas karena penarinya wajib mengenakan topeng saat melakukan pertunjukan. Properti tari Topeng Cirebon lainnya yaitu terdiri dari kostum dan aksesoris yang mendukung. Seiring dengan perkembangan jaman, gerakan dan kostum yang dikenakan semakin bervariasi.

Bahkan gerakan tarian yang dilakukan menyesuaikan dengan pesan yang akan disampaikan saat pementasan. Biasanya pada tokoh penari ini disebut dengan dalang, karena ia memiliki tugas untuk memerankan beberapa jenis topeng sesuai dengan karakternya.  Tari topeng bisa dimainkan oleh satu orang penari ataupun dimainkan oleh beberapa penari.

Properti yang dikenakan pada Penari Topeng Cirebon

Proeperti tari topeng Cirebon sama halnya dengan yang dikenakan tari topeng lainnya. Perlengkapan tersebut berfungsi untuk menghiasi tubuh si penari topeng, mulai dari bagian kepala hingga kaki. Apa saja properti yang digunakan?  Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Topeng

Topeng

Properti tari Topeng Cirebon yang utama yaitu topeng, karena properti ini tidak dapat digantikan dengan properti lainnya. Topeng yang dikenakan dalam tarian ini cukup beragam, mulai dari jenis karakter wajah sampai dengan topeng yang berupa suatu tokoh tertentu. Cara memakai topeng ini bisa dengan diikat pada bagian belakang kepala menggunakan tali karet.

Namun ada sebagian penari topeng memakainya dengan cara menggigit karet yang ada di bagian dalam topeng. Bahan utama pembuatan topeng yaitu dari kayu, meskipun ada sebagian yang terbuat dari plastik. Tapi pada mayoritas yang digunakan dalam pementasan tari topeng Cirebon ini terbuat dari bahan dasar kayu.

2. Kupluk

Kupluk

Kupluk merupakan properti yang dipakai penari sebagai penutup kepala. Namun bentuknya berbeda dengan kupluk yang ada di pasaran. Kupluk untuk tari topeng Cirebon memiliki hiasan pernak pernik yang cukup menarik. Biasanya dikenakan saat penari memerankan tokoh dalam kehidupan sehari-hari.  

3. Anting

Anting

Anting yaitu aksesoris hiasan yang dikenakan pada bagian telinga pada penari topeng. Bentuknya panjang dan terdapat bandul berwarna warni, bahkan dalam pemilihan warna pun memiliki makna dalam tarian topeng Cirebon. Warna anting yang mencolok menunjukkan bahwa si penari membawa kebahagiaan dan keceriaan.

4. Sumping

Sumping

Sumping merupakan aksesoris yang dikenakan pada bagian telinga kanan dan kiri, biasanya berwarna emas. Selain dipakai oleh penari topeng, sumping juga sering dikenakan oleh pemain wayang wong.

5. Baju kurung

Baju kurung

Baju kurung yang biasanya dikenakan yaitu berlengan pendek dengan warna yang mencolok. Biasanya pada bagian baju juga terdapat berbagai jenis hiasan yang menambah keindahan baju tersebut. Dengan menggunakan busana lengan pendek agar memudahkan penari dalam melakukan gerakan tarian.

6. Sampur

Sampur

Sampur yaitu sejenis kain panjang dikenakan pada bagian leher ketika pertunjukan tari topeng. Penari juga akan menggunakan properti tersebut dalam melakukan gerakan tarian. Bagian ujung sampur akan diselipkan di sela-sela jari tengah, sehingga pada saat melakukan gerakan tari maka sampur tersebut juga mengikuti irama tarian.

Penggunaan sampur jika dilakukan dengan baik, maka akan memberikan kesan yang cukup tegas dan gemulai dalam pertunjukan tari topeng Cirebon. 

7. Mongkron

Mongkron

Mongkron digunakan sebagai penutup bagian dada si penari. Biasanya mongkron ini di buat dengan penuh hiasan dari bordir. Sedangkan untuk variasi motifnya tergantung dari budaya lokal asal penari tersebut. Biasanya untuk jenis mongkron setiap daerah berbeda dan memiliki ciri khas masing masing.

8. Keris

Keris

Keris merupakan senjata khas dari masyarakat Jawa dan biasanya properti ini digunakan sebagai dalam tari topeng. Keris dalam tarian ini memiliki makna tersendiri yaitu melambangkan kekuatan, status sosial, kebangsawanan dan tokoh kesatriaan. Namun dalam tarian ini hanya tokoh bangsawan saja yang memakainya.

 9. Gelang tangan

Gelang tangan

Gelang ini terbuat dari bahan logam atau kertas yang berwarna keemasan sebagai penggantinya. Dengan menggunakan bahan kertas, tentunya dapat menghemat anggaran pengeluaran pada saat akan melakukan pertunjukan. Fungsi gelang tangan ini hanya sebagai hiasan saja dan untuk corak tidak ada ketentuan khusus.

10. Gelang kaki

Gelang kaki

Pada penari topeng Cirebon wanita biasanya mengenakan gelang kaki. Gelang ini berfungsi sebagai simbol tertentu. Bentuk dan warna gelang tidak ditentukan, jadi setiap penari bebas dalam memilih warna dan bentuk gelang. 

11. Celana ukuran sepertiga

Celana ukuran sepertiga

Celana berukuran sepertiga merupakan celana yang panjangnya di bawah lutut, namun tidak sampai bagian mata kaki dan bentuknya longgar. Dibuat celana sepertiga agar memudahkan si penari dalam melakukan gerakan tarian. Biasanya celana di desain dengan bahan yang halus dan warna mencolok agar menarik penonton. 

 12. Ikat pinggang

Celana ukuran sepertiga

Ikat pinggang selain berfungsi sebagai hiasan pada bagian pinggang juga berguna untuk menahan kostum yang dikenakan agar tidak merosot saat melakukan gerakan tari. Selain itu, ikat pinggang juga merupakan tempat untuk menyelipkan keris.

13. Mahkota

Mahkota

Mahkota merupakan perlengkapan tari yang dikenakan pada bagian kepala. Jika pada tarian topeng Betawi, para penari mengenakan topi yang berbentuk caping. Sedangkan pada tarian topeng lainnya biasanya menggunakan mahkota yang disesuaikan dengan karakter tokoh yang dimainkan pada pertunjukan tersebut.

14. Selendang

Selendang

Perlengkapan slendang tidak selalu ada dalam tarian topeng. Hanya pada tarian topeng Cirebon, selendang menjadi properti wajib yang harus dikenakan. Biasanya selendang tersebut bermotif lokal daerah tersebut. Namun terkadang ada yang menggunakan motif polos dengan corak warna yang ceria.

Dari beberapa jenis properti tari topeng Cirebon di atas, semoga bisa menambah pengetahuan Anda dan menjadikan kita lebih mencintai budaya dalam negeri.

14 Properti Tari Topeng Cirebon (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Leave a Reply