Properti Tari Bedhaya Ketawang

8 Properti Tari Bedhaya Ketawang (Paling Lengkap)

Properti Tari Bedhaya Ketawang – Tari bedhaya ketawang merupakan tarian yang digelar hanya pada saat acara penobatan raja atau untuk memperingati kenaikan tahta.  Lalu, apa saja properti tari bedhaya ketawang? Anda penasaran? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Properti Tari Bedhaya Ketawang

1. Dodot Ageng

Dodot Ageng

Dodot ageng atau basahan merupakan salah satu kostum tari bedhaya ketawang yang mana kostum tersebut memiliki warna dominan hijau. Anda dapat menemukan kostum tari tersebut pada pengantin perempuan di Jawa. Penari juga menggunakan kain cindhe dan sampur cindhe berwarna merah dengan motif cakar. Sampur cindhe berfungsi sebagai ikat pinggang.

2. Gelungan

Gelungan

Jenis gelungan yang digunakan adalah gelung bokor mengkurep yang bentuknya mirip dengan mangkuk terbalik. Dilihat dari segi ukuran maka gelung bokor mengkurep lebih besar dibandingkan gelungan model Yogyakarta.

3. Centhung

Centhung

Centhung merupakan hiasan di kepala yang jumlahnya sepasang. Bentuk centhung mirip dengan gapura.

4. Garudha Mungkur

Garudha Mungkur

Garuda mungkur merupakan salah satu properti tari bedhaya ketawang yang dibuat dari bahan swasa dan bertabur intan. Garuda mungkur diletakkan di bagian bawah sanggul bokor mengkureb.

5. Perhiasan

Perhiasan

Biasanya penari tari bedhaya ketawang menggunakan gelang, cincin dan bros. Gelang berfungsi sebagai hiasan bagi penari. Gelang memiliki bentuk lingkaran dan terbuat dari logam. Biasanya gelang berwarna kuning keemasan.

Cincin merupakan salah satu perhiasan dengan berbentuk lingkaran yang mana ukurannya lebih kecil dari pada gelang. Cincin dipakai di jari baik jari pada tangan kanan maupun tangan kiri. Cincin ada yang polos dan ada yang berhiaskan intan maupun permata.

Fungsi cincin adalah sebagai hiasan. Begitu pula dengan bros yang juga berfungsi sebagai hiasan pada baju sehingga dapat mempercantik dan memperindah penampilan seorang penari.

6. Sisir Jeram Saajar

Sisir Jeram Saajar

Sisir jeram saajar merupakan aksesoris perhiasan yang dipakai oleh penari sebagai salah satu  properti tari  bedhaya ketawang.

7. Cundhuk Mentul

Cundhuk Mentul

Cundhuk mentul merupakan salah satu aksesoris untuk penari berupa bunga goyang yang jumlahnya ada 9. Jumlah cundhuk mentul ini memiliki makna tersendiri, yaitu menggambarkan jumlah walisanga.

8. Tiba Dhadha

Tiba Dhadha

Tiba dhadha merupakan bunga melati yang dirangkai pada gelungan. Rangkaian bunga tersebut memanjang sampai dada di sisi bagian kanan.

8 Properti Tari Bedhaya Ketawang

Leave a Reply