properti tari jaipong

3 Properti Tari Jaipong (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Properti Tari Jaipong – Properti tari adalah sebuah alat yang digunakan untuk melengkapi dalam pementasan sebuah seni Tari.┬áPemakaian berbagai macam properti pada pertunjukkan tari merupakan salah satu faktor yang membuat suatu tarian terlihat menarik. Tidak hanya menampakan keindahan tarian, namun properti yang digunakan memiliki peran penting dalam suatu tarian. Salah satu tari tradisional yang menggunakan berbagai properti adalah tari Jaipong. Banyak Properti tari Jaipong ini berfungsi sebagai penunjang gerakan tari.

Tari Jaipong sendiri merupakan salah satu tari tradisional yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Tarian ini berasal dari Bandung Jawa Barat dan diciptakan oleh Gugum Gumbira dan Haji Suanda yang merupakan seniman berdarah Sunda.

Properti Tari Jaipong

Penggunaan berbagai properti dalam menampilkan sebuah pertunjukan tari tradisional, merupakan salah satu cara penari menyampaikan makna tarian yang ditampilkan kepada penonton. Dengan menggunakan properti tari, akan lebih memudahkan para menari dalam menyampaikan makna tarian tersebut.

Namun, tidak hanya tariannya saja yang mengandung nilai-nilai tertentu tetapi properti tari yang digunakanpun juga mengandung makna khusus. Makna yang terkandung dalam setiap properti yang digunakan pun biasanya berasal dari nilai-nilai budaya asal tarian tersebut. Begitupun dengan properti tari Jaipong, berikut merupakan properti yang dipakai dalam pertunjukan tari Jaipong:

1. Apok

Apok

Properti tari Jaipong yang pertama adalah apok. Apok merupakan sebutan untuk baju atasan yang digunakan para penari. Pada umunya apok memiliki kancing dan dihiasi oleh bordiran berbentuk bunga atau daun yang terdapat di sudut-sudut pakaian. Jika diperhatikan, bentuk Apok ini tidak jauh berbeda dengan baju kebaya tradisional.

Karakteristik utama Apok adalah warnanya yang terang dan mencolok. Meskipun memiliki warna yang mencolok, tetapi tetap terlihat indah dan tidak berlebihan. Untuk warna yang digunakan, umumnya adalah warna merah, kuning dan biru terang.

2. Sampur

Sampur

Sampur adalah selendang atau kain panjang yang dikenakan oleh para penari Jaipong. Biasanya dipakai dengan cara diikatkan di pinggang atau digantungkan di leher. Sampur termasuk properti tari Jaipong yang wajib ada dan digunakan oleh para penari. Alasannya, karena hampir setiap gerakan tari Jaipong menggunakan Sampur sebagai penunjang gerakan tari agar terlihat lebih menarik.

3. Sinjang

Sinjang

Merupakan sebutan dari bawahan yang dipakai oleh para penari Jaipong. Sinjang ini berupa kain yang menyerupai celana panjang yang diikatkan pada pinggang hingga kaki. Namun seiring berkembangnya zaman, saat ini Sinjang sudah sangat jarang digunakan. Sinjang juga merupakan salah satu properti tari Jaipong yang telah mengalami banyak mengalami perubahan bahkan telah ditinggalkan.

Tari Jaipong saat ini masih banyak dipentaskan dan dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan Tari Jaipong termasuk dalam tari tradisional paling populer di Indonesia. Tarian ini dianggap sebagian modern yang menyuarakan emansipasi yang melambangkan kebebasan melalui gerakan-gerakannya bahkan sejak pertama kali ditampilkan ke publik.

Saat ini tari Jaipong telah banyak mengalami perubahan terutama pada properti dan gerakan tari yang dipakai. Salah satu Properti tari Jaipong yang mengalami perubahan adalah Sinjang. Namun meskipun telah mengalami banyak perubahan, makna yang terkandung dalam tarian ini tidak berubah.

3 Properti Tari Jaipong (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Leave a Reply