Properti Tari Pakarena

4 Properti Tari Pakarena : Lengkap Beserta Deskripsi dan Gambar

Properti Tari Pakarena – Tari pakarena berasal dari Sulawesi selatan dan dilakukan oleh sekitar 4 orang penari wanita. Terdapat beberapa properti dalam pertunjukan tari pakarena, salah satunya yaitu kipas. Tari Pakarena dianggap melambangkan sikap kesantunan, kelembutan, kepatuhan dan kesetiaan dari seorang perempuan Gowa untuk laki-laki.

Awal diketahuinya tari pakarena ini adalah pada abad ke 17 (tepatnya tahun 1903) pertama kalinya tari pakarena ditampilkan dalam rangka penobatan Pangali Patta Raja sebagai Raja di Gantarang Lalang Bata. Tapi hingga saat ini tidak ada yang mengetahui kapan diciptakan dan siapa pencipta dari tari pakarena ini. 

Properti Tari Pakarena

Dalam sebuah seni pertunjukan tari, tentu saja akan menggunakan berbagai properti yang dapat mendukung keberlangsungan pertunjukan itu sendiri. Tidak terkecuali pada tari pakarena. Tari yang berasal dari Sulawesi Selatan ini memiliki beberapa properti yang tidak kalah menarik dari seni tari tradisional lainnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Baju Bodo

Baju Bodo

Properti tari pakarena yang pertama adalah Baju Bodo, yaitu baju tradisional masyarakat Bugis Makassar yang berlengan pendek. Baju bodo memiliki material utama berupa kain kasa transparan. Kain tersebut dijahit menyambung dengan bagian lengan dalam. Biasanya panjang dari baju bodo hanyalah selutut manusia dan pakaiannya berbentuk segi empat.

Pada zaman dahulu kala, baju bodo memiliki warna-warna khusus yang digunakan sebagai pelambang stratifikasi sosial masyarakat. Namun saat ini pengelompokan strata tersebut sudah tidak lagi digunakan. Selain itu, seiring berkembangnya zaman, baju bodo saat ini sudah mulai dibuat menggunakan kain sutera.

2. Sarung

Sarung

Sarung yang digunakan pada zaman dahulu kala tidak memiliki motif sama sekali (polos). Namun saat ini, sarung yang digunakan sebagai properti tari pakarena sudah tersedia dalam berbagai motif maupun warna.

3. Selendang

Selendang

Selendang yang digunakan sebagai properti tari pakarena adalah sebuah kain panjang yang disampirkan pada bahu sebelah kiri. Selendang biasanya dibiarkan menjuntai melingkari tubuh penari. Terdapat berbagai warna untuk selendang ini, sehingga lebih mudah dipadukan dengan warna maupun motif busana penari tersebut.

4. Kipas

Kipas

Tidak ada ketentuan khusus untuk menggunakan properti tari pakarena satu ini. Kipas yang digunakan dalam pertunjukan adalah kipas biasa dan akan dimainkan menggunakan tangan kanan oleh penari selama pertunjukan.

Berbeda daerah tentu berbeda pula kebudayaan dan kepercayaannya. Tidak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan yang menarik dari setiap penjuru negeri, salah satunya tari pakarena. Tidak hanya kebudayaannya, properti tari pakarena juga dinilai sangat kental dengan kebudayaan Bugis. Setelah mengetahui lebih banyak mengenai kebudayaan ini, apakah Anda tertarik mempelajarinya?

4 Properti Tari Pakarena

Leave a Reply