properti tari udang windu

Properti Tari Udang Windu (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Properti Tari Udang Windu – Setiap tarian yang diciptakan sebagai tarian tradisional suatu daerah pasti memiliki energi yang dipancarkannya tersendiri. Sehingga setiap tarian daerah bisa dipentaskan dengan acara yang sesuai dengan energi yang dimiliki oleh tarian tersebut. Contohnya adalah Tari Udang Windu yang memiliki energi ceria dan energik, maka sangat cocok dipentaskan sebagai tarian penyambutan atau yang lain.

Energi yang dimiliki oleh suatu tarian tentu menyesuaikan dengan konsep dan keadaan penciptanya pada saat itu. Selain itu energi yang dipancarkan oleh sebuah tari tradisional juga tak lepas dari properti yang digunakannya. Properti tersebut  berupa kostum yang khas dari tarian tersebut dan juga kostum yang menjadi ciri khas suatu tarian.

Properti Khas yang Digunakan dalam Tari Udang Windu

Tari udang windu merupakan salah satu tarian yang memiliki energi positif berupa keceriaan dan energik dalam tariannya. Hal ini menjadi gambaran nelayan di Sidoarjo yang begitu semangat mencari rejeki di laut. Tarian tradisional dari Sidoarjo tersebut juga menggambarkan kegigihan para nelayan dalam menghadapi ombak dan gelombang besar di lautan saat mencari ikan.

Tarian Udang Windu memang sederhana, baik dalam gerakan tariannya maupun durasi waktunya yang sebentar, yakni hanya sekitar 6 menit saja. Oleh karena itu tari tersebut sering dibawakan oleh anak-anak dan remaja. Biasanya Tari Udang Windu akan ditarikan oleh penari perempuan. Gerakannya pun identik dengan suasana pesisir Sidoarjo yang sangat energik dan semangat.

Keunikan yang dimiliki oleh Tari Udang Windu juga tak lepas dari sosok udang windu sebagai hewan yang memiliki keunikan, yakni garis-garis uniknya. Energi dari Tari Udang Windu akan semakin masuk ke dalam jiwa penonton saat musik pengiringnya dimainkan. Musik yang meriah tersebut berasal dari perpaduan musik khas bernuansa Jawa, Banyuwangi, dan Madura.

Kekhasan Tari Udang Windu selain dari yang telah disebutkan sebelumnya yakni ada pada properti dan kostum yang digunakan oleh para penarinya. Properti yang digunakan berupa kostum khas yang dipakai oleh penarinya yang mayoritas ditarikan oleh anak-anak. Kostum dan properti tersebut juga menambah daya tarik tersendiri yang bisa mengundang penonton untuk menikmati tarian tersebut.

Properti Tari Udang Windu cukup mudah dibuat dan tidak terlalu banyak. Properti dan kostum tersebut antara lain:

Kostum

Kostum

Kostum yang tak bisa lepas dari penari Udang Windu adalah warnanya yang khas. Warna yang digunakan pada kostum Tari Udang Windu kebanyakan adalah warna-warna yang menggambarkan keceriaan dan tarian yang hidup yakni warna kuning dan oranye. Anak-anak yang menarikan tarian tersebut akan menggunakan baju pendek dan celana dengan panjang selutut.

Selain baju penari yang berwarna khas, aksesoris yang ada pada kostum penarinya pun cukup banyak, seperti selendang dan juga aksesoris lain yang mengelilingi pinggang sampai ke bagian paha. Aksesoris pelengkap lainnya adalah gelang tangan dan gelang kaki berwarna emas yang juga memiliki bentuk unik.

Hiasan kepala udang windu

Hiasan kepala udang windu

Ciri khas properti Tari Udang Windu yang ditonjolkan selain kostum adalah hiasan kepala berupa topi yang berbentuk udang atau kepala udang yang membuat penarinya semakin lucu dan menggemaskan. Selain membuat gemas karena lucu, aksesoris udang windu di atas kepala juga digunakan sebagai daya tarik yang bisa mengundang penonton untuk menyaksikan pertunjukan tarian.

Properti Tari Udang Windu hanya sedikit, namun memiliki kerumitan dalam memasangnya, seperti selendang yang melilit pada bagian pinggang. Untuk itu butuh kejelian dan ketelitian yang cukup tinggi untuk memasangnya.

Properti Tari Udang Windu (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Leave a Reply