6 Properti Tari Kipas (Lengkap beserta gambar dan deskripsi) 1

6 Properti Tari Kipas (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Properti Tari Kipas – Indonesia memang beraneka ragam, mulai dari suku, bahasa, sampai tari khas daerah masing-masing. Pernahkah Anda mendengar tari kipas? Tahukah Anda dari mana tari kipas itu berasal? Tari kipas atau tari kipas pakarena merupakan salah satu tari tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Tarian ini memiliki gerakan yang menarik dan indah.

Sulawesi Selatan terkenal dengan aneka macam tarian. Ada sekitar 316 tari yang berasal dari daerah tersebut. Wah, banyak sekali, bukan? Tentu properti tari kipas pastilah berbeda dengan tari lainnya. Tarian ini ternyata dimainkan oleh sekitar 5-7 orang perempuan.

Properti Tari Kipas

Setiap tarian tentunya memiliki beberapa properti yang menjadi ciri khas atau wajib dalam tarian tersebut tak terkecuali properti tari kipas. Apa saja properti yang terdapat pada tari kipas? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Kipas

Kipas

Sesuai dengan namanya, kipas merupakan salah satu properti tari kipas yang wajib ada. Setiap penari akan memegang kipasnya masing-masing yang berukuran cukup besar.

2. Tabuhan Gandrang Pakarena

Tabuhan Gandrang Pakarena

Properti tari kipas yang kedua adalah tabuhan gandrang pakerana dan bunyi suling. Permainan musik tradisional ini dimainkan oleh 7 orang dan melambangkan sifat para laki-laki Gowa yang memiliki sifat tegas dan keras.

3. Baju Pahang

Baju Pahang

Properti tari kipas ini adalah baju pahang. Baju pahang merupakan tenunan tangan yang berasal dari Sulawesi Selatan.

4. Gelang Khas Sulawesi

Gelang Khas Sulawesi

Selanjutnya properti tari kipas lainnya adalah gelang.

5. Sanggul

Sanggul

Pada bagian kepala, rambut penari akan disanggul dan kemudian dikasih beberapa tusuk konde yang berwarna emas dan bercorak bunga.

6. Kalung

Kalung

Tak hanya gelang, kalung juga merupakan salah satu properti yang tidak kalah penting dalam tari kipas. Gelang bisa menambah estetika gerakan tangan para penari.

Jadi itulah beberapa macam properti tari kipas yang perlu dipersiapkan sebelum dilakukannya pementasan.

 

6 Properti Tari Kipas (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Leave a Reply