properti tari tanggai

5 Properti Tari Tanggai (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi)

Properti Tari Tanggai – Tari tanggai yaitu salah satu jenis tari tradisional yang berasal dari daerah Palembang. Tarian ini biasanya disajikan untuk penyambutan tamu undangan yang sudah hadir di suatu acara pernikahan.  Tarian ini memiliki simbol keramahan dan rasa hormat dari masyarakat Palembang untuk menyambut para tamu. Ada beberapa jenis properti tari tanggai yang wajib dikenakan pada saat pertunjukan.

Dalam tari tanggai terdapat makna yang cukup dalam yaitu sebagai ucapan selamat datang dari tuan rumah yang memiliki hajat dan mengundang para tamu. Tarian ini hampir sama dengan jenis tari Gending Sriwijaya, perbedaannya hanya pada anggota penarinya. Jika tari tanggai dibawakan oleh 5 penari, sedangkan pada tari gending terdiri dari 9 orang.

Properti yang Digunakan dalam Tari Tanggai

Dalam sebuah tarian membutuhkan beberapa properti yang mendukung, agar tarian tersebut terlihat lebih menarik. Begitupun pada tari tanggai, ada beberapa perlengkapan yang dikenakan saat pertunjukan. Perpaduan antara gerakan tari dan busana yang dikenakan menambah estetika dalam tarian ini. Berikut ini beberapa properti tari tanggai yang wajib Anda ketahui:

1. Kain songket

Kain songket

Kain songket merupakan kain tenunan tradisional dari rumpun masyarakat melayu di Indonesia, Bruney dan Malaysia. Songket termasuk ke dalam keluarga tenunan dari kain brokat. Cara pembuatan kain songket ini dengan cara di tenun secara tradisional menggunakan tangan dari benang perak dan emas.

Kain songket tidak hanya dikenakan oleh penari tanggai, namun digunakan oleh masyarakat Melayu untuk menghadiri acara-acara resmi. Benang dari logam metalik ini akan memberikan efek kemilau cemerlang yang mewah.

2. Kembang goyang

Kembang goyang

Kembang goyang akan dikenakan pada bagian kepala yang telah dibuat sanggul oleh penari. Perhiasan ini biasanya akan ikut bergerak-gerak, karena terdapat pegas pada perhiasan tersebut. Biasanya dibuat dari bahan emas, kuningan, tembaga atau bahan perak. Terkadang pada hiasan ini ditambahkan batu permata agar semakin mewah.

Selain dikenakan oleh penari ketika akan melakukan pertunjukan, kembang goyang juga dipakai  untuk melengkapi busana adat Jawa, Bali dan Sunda.

3. Kalung

Kalung

Kalung merupakan perhiasan yang dikenakan oleh penari tanggai. Biasanya kalung yang dikenakan terbuat dari logam mulia seperti platina, perak, emas atau perak. Bahkan tidak hanya itu saja, terkadang juga terbuat dari bahan permata dan intan atau serangkain mutiara yang sangat cantik.

Namun semakin berkembangnya jaman, kini bahan pembuatan kalung semakin bervariasi. Misalnya dari bahan besi, tembaga, perunggu, keramik, rotan, kerang hingga bahan plastik, Biasanya kalung tersebut akan dibentuk seperti rantai dan terkadang ditambahkan liontin atau bandul sebagai tambahan pemanisnya.

4. Kuku palsu

Kuku palsu

Setiap penari tanggai akan menggunakan kuku palsu yang bentuknya panjang. Pada saat melakukan gerakan tarian, maka kuku-kuku tersebut akan terlihat sangat indah. Bahn pembuatan kuku tersebut dari lempengan tembaga. Karena penari mengenakan tanggai atau kuku tersebut, maka tarian ini dinamaka sebagai tari tanggai.

5. Alat musik

Alat musik

Alat musik yang digunakan sebagai iringan musik tari tanggai yaitu lebih bersifat instrumental yang dikerjakan oleh seorang composer. Alat musiknya terdiri dari beberapa gendang dan satu buah gong sebagai rite. Lagu yang digunakan yaitu lagu daerah yang bernuansa melayu.

Sedangkan alat musik daerah yang digunakan terdiri dari gendang, accordion, gong, biola dan alat musik terbangan atau sejenis rebana. Pada suatu pertunjukan tari tanggai, biasanya menggunakan lagu berjudul “enam bersaudara”. Akan tetapi, sekarang tarian ini selain menggunakan iringan musik tradisional juga di kombinasi dengan alat musik modern.

Beberapa properti tari tanggai yang disebutkan di atas, kini bentuknya semakin modern. Bahkan busana yang dikenakan juga menyesuaikan dengan tema acara. Maka tidak heran, jika properti tarian yang dikenakan saat pertunjukan semakin menarik penonton.

5 Properti Tari Tanggai (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi)

One Response

  1. M. Akmal Lathif November 3, 2020

Leave a Reply