Properti Tari Garuda Nusantara

4 Properti Tari Garuda Nusantara (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Properti Tari Garuda Nusantara РTari Garuda Nusantara atau juga biasa disebut tari Sliwedari merupakan tarian kreasi baru dan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Karena selalu mengalami perubahan-perubahan, gerakan tari dan properti tari garuda nusantara juga berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum terdapat properti tari dan gerakan tari yang masih sama.

Tari Garuda Nusantara sendiri berasal dari pulau jawa, namun tidak ada kepastian asal daerahnya. Tarian Garuda Nusantara ini menggambarkan burung garuda yang memamerkan keindahan, kegagahan dan kelincahan. Burung garuda sendiri dipercaya sebagai makhluk setengah dewa yang memiliki karakter berani, kuat, setia, dan berjiwa bebas.

Properti Tari Garuda Nusantara

Dalam menampilkan sebuah pertunjukan tari tradisional, kreasi maupun modern biasanya akan menggunakan berbagai properti sebagai penyempurna penampilannya. Selain menjadi pelengkap penampilan, properti yang digunakanpun juga memiliki makna tertentu. Makna yang terkandung dalam setiap properti yang digunakan pun biasanya berasal dari nilai-nilai budaya asal tarian tersebut.

Begitu pula properti tari Garuda Nusantara, meskipun tarian ini termasuk dalam tari kreasi namun properti yang digunakan memiliki makna tersendiri. Properti yang digunakan dalam pertunjukan tarian ini pun beraneka ragam dan terkadang terdapat perbedaan. Namun, masih terdapat properti yang umum digunakan dalam tari Garuda Nusantara ini.

1. Mahkota Garuda

Mahkota Garuda

Properti tari Garuda Nusantara yang pertama adalah mahkota Garuda. Seperti namanya, mahkota ini berbentuk seperti burung garuda dan dikenakan di kepala para penari. Karena mahkota ini berbentuk seperti burung garuda, banyak orang menyebut jika mahkota ini merupakan simbol dari tarian Garuda Nusantara. Secara umum mahkota ini berwarna keemasan dan terbuat dari kuningan.

Penggunaan mahkota ini membuat penampilan para penari Garuda Nusantara terlihat lebih gagah dan berani. Seiring berjalannya waktu, bentuk mahkota yang digunakan oleh para penari pun telah banyak mengalami perubahan. Perubahan tersebut terlihat dari bentuk mahkota yang dipakai. Saat ini, terkadang dijumpai mahkota yang dipakai oleh para penari Garuda Nusantara tidak lagi berbentuk garuda.

2. Gelang

Gelang

Gelang ini digunakan pada kedua tangan para penari dan biasanya berwarna emas dan terbuat dari kuningan. Tujuan penggunaan gelang dalam tarian ini adalah untuk memperindah gerakan tari yang menggunakan tangan.

3. Sampur

Sampur

Sampur merupakan selendang panjang yang biasanya digunakan oleh penari sebagai properti suatu tarian. Sampur juga digunakan sebagai salah satu properti tari Garuda Nusantara yang wajib di pakai oleh para penari. Tujuan penggunaan sampur adalah sebagai simbol sayap burung garuda dan diikatkan di pinggang para penari. Biasanya, sampur yang digunakan untuk tarian ini berwarna merah.

Namun saat ini banyak pertunjukan tari Garuda Nusantara yang tidak lagi menggunakan sampur. Sampur digantikan dengan kain yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai sayap burung dan diikatkan di pergelangan tangan para penari. Warna sayap yang digunakanpun berbagai macam seperti hijau, kuning dan biru.

4. Gongseng

Gongseng

Properti tari Garuda Nusantara selanjutnya adalah Gongseng. Gongseng merupakan gelang kaki yang berupa kumpulan lonceng dan biasanya dipakai di kaki sebelah kanan. Tujuan pemakaian gongseng dalam tarian garuda adalah agar tarian ini terkesan tegas dan gagah selayaknya burung garuda. Bunyi yang dihasilkan oleh Gongseng juga menambah kesan kelincahan para penarinya.

Tari Garuda Nusantara merupakan salah satu tarian kreasi yang populer di Indonesia. Tarian ini juga banyak dipentaskan oleh para siswa SD hingga SMA bahkan mahasiswa. Biasanya pertunjukan tari Garuda Nusantara ini banyak dipentaskan dia acara-acara kebudayaan, lomba tari maupun Pensi yang diadakan di sekolah. Sehingga saat ini pertunjunjukan tari Garuda Nusantara masih mudah ditemui.

Tari Garuda Nusantara yang merupakan tarian untuk hiburan biasanya ditarikan oleh 2 orang penari atau lebih. Karakteristik tarian ini adalah gerakannya yang rancak dan dinamis serta berfokus pada gerakan kepala, kaki serta tangan. Gerakan-gerakan ini didukung dengan properti tari Garuda Nusantara yang semakin menunjukkan karakteristik dari tarian ini.

4 Properti Tari Garuda Nusantara (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Leave a Reply