16+ Sumber Energi Alternatif Masa Depan Yang Ramah Lingkungan 3

16+ Sumber Energi Alternatif Masa Depan Yang Ramah Lingkungan

Sumber Energi Alternatif – Apa itu energi alternatif dan apa saja yang disebut energi alternatif? Energi alternatif merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai sumber energi dimana tujuannya adalah menggantikan bahan bakar konvensional. Energi alternatif juga biasa disebut energi yang berasal dari alam, sehingga mudah didapat dan tidak dapat habis. Selain itu, energi alternatif juga tidak akan berdampak buruk pada lingkungan. Mungkin beberapa energi alternatif berikut ini sudah sering Anda dengar, sebut saja angin, panas bumi, air, dan matahari.

Seiring berjalannya waktu kini manusia semakin sadar bahwa mereka tidak mungkin menggunakan bahan bakar konvensional secara terus menerus dalam skala besar. Pasalnya penggunaan bahan bakar hidrokarbon dapat menimbulkan pemanasan global serta hujan asam. Dimana kedua peristiwa tersebut dapat berdampak buruk bagi bumi. Dewasa ini telah banyak bermunculan berbagai sumber energi alternatif yang dapat dimanfaatkan, dimana dinilai dapat mengurangi dampak buruk yang akan ditimbulkan.

Allah telah menciptakan berbagai sumber energi hanya untuk manusia, oleh sebab itu manusia dengan akal fikirannya diharapkan dapat mengembangkan sumber daya yang ada untuk kelangsungan hidup mereka. Bahkan energi yang berasal dari alam tidak dapat habis meski dipakai dalam skala besar. Lalu apa saja energi alternatif yang kini telah dikembangkan sebagai pengganti sumber energi konvensional? Berikut akan kami ulas satu per satu.

Manfaat Energy Alternatif

Manfaat Energy Alternatif

Dewasa ini telah kita ketahui banyak Negara yang dalam skala berbeda mencoba menanggulangi dampak dari pemanfaatan energi. Para ilmuan dan ahli teknologi juga saling bekerja sama untuk menciptakan atau memanfaatn berbagai energi alternative yang ada. Bahkan untuk bahan bakar kendaraan bermotor mereka sudah mengurangi penggunaan gas bumi. Hal ini dibuktikan dengan rilisnya berbagai kendaraan yang menggunakan panel tenaga surya. Memanfaatkan energi elternatif juga dimaksudkan untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Energi alternative merupakan energi yang tidak akan habis, maka tidak heran manfaatnya pun juga banyak sekali. Sebut saja energi alternative matahari yang sudah kita ketahui memiliki banyak manfaat, seperti mengeringkan pakaian, membuat garam, dan masih banyak lagi. Energi alternatif tidak hanya berupa matahari saja, tapi masih banyak lagi, seperti air, angin, panas bumi, dan lain sebagainya. Dan tentunya setiap sumber energi memeiliki manfaat yang baik untuk kelangsungan hidup. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat energi alternative yang sudah sepatutnya menjadi khazanah ilmu pengetahuan bagi kita semua.

  1. Energi alternative yang dimanfaatkan dengan baik akan mengurangi penggunaan batu bara yang telah banyak digunakan sampai saat ini, sehingga tidak akan membuat lingkungan menjadi tercemar, terutama dari polusi
  2. Mengubah senyawa kimia menjadi energi listrik tanpa melalui proses pembentukan emisi gas buangan. Artinya pengubahan yang dilakukan tanpa melalui proses pembakaran sehingga lebih ramah lingkungan
  3. Energi alternative dapat diubah ke dalam senyawa yang lbih sederhana dan dapat diperbaharui, sebut saja etanol, bensin, gas alam, dan hydrogen
  4. Teknologi yang digunakan lebih mudah dalam perawatannya
  5. Penggunaan energi alternative dinilai lebih efisien, karena tidak cepat habis dan tidak pula mencemari lingkungan, bahkan dapat pula digunakan bersamaan sebagai sumber hybrid
  6. Energi matahri yang telah diolah melalui panel surya dapat diubah menjadi energi listrik alami, biasanya panel surya tersebut akan dipasang pada atap rumah
  7. Kincir angin yang berputar sebab angin dapat menjadi sumber energi listrik yang kemudian dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan
  8. Anergi alternative air dapat menjadi energi listrik setelah melewati generator air
  9. Pasang surut air laut yang biasanya kita pelajari fenomenanya ternyata juga dapat menjadi sumber energi, teknisnya adalah saat air laut sedang pasang maka akan ditahan di dalam bendungan, sedangkan ketika air laut kembali turun maka generator akan menggerakkan turbin air
  10. Matahari menghasilkan energi panas yang banyak manfaatnya, salah satunya adalah sebagai pengawet makanan. Sebuat saja dalam pembuatan ikan asin, proses penjemuran berlangsung beberapa hari sehingga ikan tersebut dapat disimpan dalam waktu cukup lama
  11. Munculnya teknologi yang memanfaatkan tenaga surya juga semakain menambah deretan manfaat dari energi alternative yang digunakan
  12. Panas bumi yang berasal dari dasar bumi dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga angin, seperti di salah satu daerah yang bernama Kamojang maupun Dataran tinggi Dieng

Sumber Energi Alternatif Piezoelektrik

Sumber Energi Alternatif Piezoelektrik

Energi alternative berikut ini dihasilkan dari perubahan energi mekanik yang kemudian diubah menadi energi listrik sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas. Jepang menjadi sebuah Negara dengan teknologi canggih kini sudah menggunakan piezoelektrik di stasiun kereta. Dan Negara Inggris yang juga menggunakan energi yang satu ini pada lantai rumah disco.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa piezoelektrik dihasilkan dari energi mekanik, oleh sebab itu teknis kerjanya mengikuti tekanan dari orang-orang yang ada dilokasi tersebut, dimana setiap tekanannya akan dikonversi menjadi energi listrik. Energi mekanik yang sudah dikonversikan kemudian akan menjadi pemasok listrik utama di tempat tersebut.

Sumber Energi Alternatif Energy Nuklir

Sumber Energi Alternatif Energy Nuklir

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan energi nuklir. Bahkan saat ini pun telah hadir PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. Nuklir adalah jenis energi yang berasal dari berbagai bahan radioaktif, sehingga dapat menghasilkan energi yang sangat besar. Mari kita renungkan, apabila 1 g zat radio aktif saja bisa menghasilkan tegangan listrik setinggi 50 rb kwh perjam, lalu bagaimana jika puluhan gram atau ratusan?

Meski begitu, energi alternative nuklir tidak akan menimbulkan efek rumah kaca sehingga tidak kan memicu pemanasan global. Kembali ke Negara Jepang yang saat ini memang sudah mengembangkan energi nuklir, pasalnya kini nuklir menjadi pemasok kebutuhan listrik di Negara tersebut.

Sumber Energi Alternatif Hydropower

Sumber Energi Alternatif Hydropower

Hydropower atau energi listrik yang daihasilkan dari kekuatan air ini memanfaatkan adanya bendungan. Selain itu, bendungan tersebut akan diberi pipa air besar yang disalurkan menuju turbin. Yang teknis kerjanya adalah tentang jatuhnya air ke turbin yang diukur dengan berapa banyaknya air yang mengalir.

Oleh sebab itu PLTA yang sudah kita kenal ditentukan oleh sedikit atau banyaknya air yang ada. Sehingga agar menjadi pembangkit listrik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas perlu sumber air yang juga banyak. Maka dari itu, sebelum membangun stasiun pembangkit listrik tentukan dahulu loksai strategis yang memiliki sumber air yang besar.

Sumber Energi Alternative Gas Alam

Sumber Energi Alternative Gas Alam

Salah satu sumber energi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia selanjutnya adalah gas alam. Energi alternatif yang satu ini merupakan gas yang terkumpul di bawah tanah, dimana merupakan kumpulan beberapa senyawa hidrokarbon dengan daya tekan tinggi. Nah, salah satu pemanfaatan gas alam yang sudah kita rasakan saat ini adalah gas elpiji.

Gas alam tidak hanya sebagai bahan bakar untuk memasak, namun juga bias untuk kendaraan bermotor loh. Atau bias juga dimanfaatkan untuk menggerakkan berbagai macam peralatan pabrik. Bahkan sampai saat ini telah ditemukan PLTG atau Pembangkit Listrik Tenaga Gas.

Sumber Energi Alternatif Matahari

16+ Sumber Energi Alternatif Masa Depan Yang Ramah Lingkungan 4

Matahari adalah sumber utama energy di bumi, dari padanya ada sinar untuk tumbuhan berfotosintesis, serta sebagai pembangkit listrik yang memudahkan kehidupan manusia. Maha kuasa Allah menciptakan matahari yang memiliki sinar dan panas, dimana keduanya memiliki banyak manfaat untuk kehidupan bumi. Selama berabad-abad panas matahari telah dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kegiatan, seperti menjemur pakaian, pembangkit litrik tenaga surya dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, salah satu bumbu masak juga memanfaatkan panas matahari untuk membuatnya. Sebuat saja garam laut, dimana garam ini adalah hasil dari penjemuran air laut. Bahkan panas matahari juga mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk kepadatan tulang, maka tidak heran banyak orang yang berjemur di pagi hari untuk kesehatan mereka.

Selain itu, panas matahari telah memunculkan energy baru yang ramah lingkungan, bias disebut PLTS yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Dimana sumber listrik ini adalah hasil pengubahan energy matahari menjadi lebih ramah dengan menggunakan panel surya yang memiliki unsur semikonduktor, misalnya unsur silicon yang tipis.

Sumber Energi Alternatif Panas Bumi

Sumber Energi Alternatif Panas Bumi

Panas bumi adalah salah satu sumber alternatif yang berasal dari dasar bumi. Seperti yang kita ketahui pada inti bumi terdapat latar panas yang kemudian terlapisi oleh berbagai lapisan bumi hingga permukaan yang dihuni oleh manusia. Nah energy panas bumi ini dapat berasal dari letusan gunung berapi atau aktivitas vulkanik lainnya. Ada beberapa sumber utama panas geothermal, seperti bebatuan kering, uap alam, air panas belerang.

Penggunaan air panas sebagai sumber energy alternatif sampai saat ini masih menjadi uji coba. Selain itu, bebatuan panas dinilai menjadi sumber panas terbesar yang ada di bumi, namun untuk penggunaannya masih menjadi uji coba sampai sekarang, semoga segera ditemukan solusinya.

Sumber Energi Alternative Angin

Sumber Energi Alternative Angin

Allah menciptakan angin yang merupakan salah satu sumber energi bagi manusia. Sungguh Maha Sayangnya Tuhan kita kepada hambanya sehingga hembusan angin pun memiliki manfaat. Seperti yang kita tahu, sampai saat ini ada beberapa negara yang mulai menyadari pemanfaatan angin sebagai energy, sebut saja Negara Belanda yang dikenal sebagai negeri kincir angin. Dimana kincir angin tersebut digunakan untuk memompa air irigasi.

Kincir angin yang ada di negara tersebut bukanlah kincir angin kecil, namun ukurannya sangat besar. Selain itu, perputarannya terlihat lambat akibat bobotnya yang memang berat. Meski begitu, energi yang dihasilkan dari kincir angin ini sangat besar loh. Bahkan hasil dari pemanfaatan energi angin dapat menjadi salah satu sumber energi listrik, yang sebelumnya telah disambungakan menggunakan generator.

Sumber Energi Alternative Hydrogen

Sumber Energi Alternative Hydrogen

Energi alternatif yang satu ini menurut penelitian mampu menggantikan penggunaan Bahan Bakar Minyak atau BBM. Hasil pengolahan hydrogen menjadi bahan bakar dinilai lebih efektif dan bebas polusi dari pada penggunaan BBM. Dewasa ini, Bumi kita sedang darurat polusi, oleh sebab itu untuk meminimalisir dampak yang akan ditimbulkan, penggunaan gas hydrogen sangatlah efisien.

Menggunakan hydrogen sebagai sumber energi alternatif cukup menguntungkan karena persediaannya pun tidak cepat habis. Karena untuk menggunakannya Anda hanya membutuhkan air yang dibakar layaknya bensin. Meski memerlukan energi yang besar, namun penggunaan hydrogen akan mengurangi polusi udara. Selain itu, apabila ANda menggunakan energi yang berasal dari fosil, maka keuntungan pun minim.

Sumber Energi Alternative Biomassa

Sumber Energi Alternative Biomassa

Maha kuasa Allah menjadikan manusia berakal, sehingga dapat memiliki ide untuk membuat energi alternatif berupa biomassa. Sumber energi yang satu ini merupakan hasil ekskresi atau massa pada tumbuhan dan hewan yang penggunaannya dapat dibakar langsung ataupun diubah ke dalam senyawa yang lebih sederhana agar proses pembakaran lebih mudah. Energi biomassa dapat didapatkan dari mana saja, karena sumbernya sendiri berasal dari setiap makhluk yang hidup di bumi, entah itu manusia, tumbuhan, bahkan hewan sekalipun.

Sumber energi biomassa yang didapat dari manusia dan hewan adalah berupa kotoran, hal ini dikarenakan energi instalasi biomassa dibangun melalui tangka kotoran. Selanjutnya tangka tersebut akan mengeluarkan sumber energi berupa biogas.

Sumber Energi Alternative Gelombang Laut

Sumber Energi Alternative Gelombang Laut

Energi alternative yang satu ini hampir mirip dengan energi tidal, yakni sama-sama menggunakan energi air laut. Energi yang merupakan hasil pasang surut air laut ini dikonversi menjadi tenaga listrik. Untuk teknisnya sendiri, sumber energi gelombang laut akan memutar turbin pada generator yang telah dipasang sedemikian rupa.

Sampai saat ini ada beberapa Negara yang sudah mengembangkan pembangkit listrik dari gelombang air laut. Dimana air laut ini memanglah memiliki manfaat yangsangat banyak.

Sumber Energi Alternatif Biodiesel

Sumber Energi Alternatif Biodiesel

Untuk mengganti bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui semacam fosil, serta untuk menjaga stabilitas lingkungan, biodiesel merupakan salah satu solusinya. Sampai saat ini, sudah ada Negara yang dinyatakan menggunakan bahan bakar biodiesel agar tidak mengandalkan BBM yang mungkin memiliki dampak cepat habis. Selain itu, biodiesel juga digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

Biodiesel berasal dari lemak binatang maupun tumbuhan, yang mungkin saja masih dalam keadaan murni atau sudah bercampur dengan senyawa yang lain. Biodiesel juga merupakan energi yang dapat diperbaharui, sehingga penggunannya pun juga termasuk ramah lingkungan. Bahkan biodiesel mampu menghilangkan emisi pembuangan gas. Biodiesel telah dinobatkan sebagai salah satu energi yang dapat menanggulangi penggunaan energi fosil, yakni sebagai penggantinya.

Sumber Energi Alternative Biofuel

Sumber Energi Alternative Biofuel

Jika biomassa lebih kepada kotoran hewan dan manusia, maka energi alternatif yang satu ini lebih kepada penggunaan bahan-bahan nabati. Sebut saja beberapa fauna seperti jagung, tanaman jarak, dan lain sebagainya. Energi biofuel ini dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang biasa disebut BBN (Bahan Bakar Nabati).

Nah, bahan bakar seperti biodiesel atau bioethanol dapat digunakan sebagai bahan bakara kendaraan. Namun ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh energi alternatif biofuel berupa biodiesel, yaitu tidak cocok untuk kendaraan yang berkecepatan tinggi. Selain itu, Biodiesel merupakan salah satu sumber energi biofuel yang terbuat dari minyak nabati sehingga ramah lingkungan.

Sumber Energi Alternative Tidal

Sumber Energi Alternative Tidal

Mungkin Anda sedikit asing dengan istilah energi tidal, namun jika dijabarkan energi tidal merupakan energi yang didapatkan dari pasang surut air laut. Istilah energi tidal memang tidak terlalu popular dibandingkan dengan energi surya, energi panas maupun lainnya, padahal jika dilihat keuntungan energi yang satu ini memiliki aliran energi yang mudah diprediksi.

Selain tidak butuh teknologi konversi yang rumit, energi alternatif yang satu ini juga lebih menghemat ruang loh. Meski begitu setiap energi alternatif pastilah memiliki kelemahan, salah satu kelemahan dari Tidal ini adalah membutuhkan alat konversi yang mampu bertahan di dalam air, apalagi jika laut tersebut memiliki arus yang kuat dan tingkat korosi yang tinggi pula. Hal ini disebabkan oleh prinsip tidal itu sendiri, yaitu saat air laut pasang maka jutaan volume air dapat naik ke daratan.

Sumber Energi Alternatif Etanol

Sumber Energi Alternatif Etanol

Etil alcohol atau etanol meru[akan simber energi dari proses fermentasi oleh tumbuhan tertentu. Energi alternative yang satu ini biasa didapat dari jagung ataupun gandum. Menurut kabar berita yang terpercaya, Negara Brazil kini sudah menggunakan etanol sebagai sumber energi.

Brazil kini lebih dikenal dengan Negara yang menggunakan etanol sebagai bahan bakarnya, dimana mereka menggunakannya sebagai pengganti bahan bakar kendaraan. Bahkan Brazil disebut sebagai Negara nomor satu pengembang energi alternative etanol. Oleh sebab itu, setiap tahunnya Negara ini menghasilkan energi etanol sebanyak 15 milyar.

Sumber Energi Alternatif Methanol

Sumber Energi Alternatif Methanol

Metal alkohol atau methanol merupakan bahan bakar alkohol yang berasal dari kayu. Bahan bakar yang satu ini memanglah berbeda dengan etanol yang bersumber dari tumbuhan. Energi alternative yang satu ini apabila digunakan dalam keadaan murni maka hasilnya akan lebih baik. Namun tidak ada salahnya mencampur methanol dengan bahan bakar bensin.

Methanol bukanlah senyawa yang sempurna, sebab dari padanya memiliki kelemahan yaitu menimbulkan korosi pada mesin kendaraan.

Maha sayangnya Allah memberikan manusia otak sebagai sumber ilmu pengetahuan, sehingga mereka dapat mengkaji, memanfaatkan serta menolong kehidupan yang sedang berlangsung. Sudah kita bahas satu per satu berbagai sumber energi alternatif di atas. Nah, Anda yang merupakan salah satu populasi manusia yang pastinya membutuhkan energi listrik maupun gas untuk berbagai aktivitas, hendaknya mulai dari sekarang menyadari pentingnya menjaga lingkungan.

Menjaga lingkungan bisa dimulai dari mengurangi penggunaan bahan bakar fosil atau yang lainnya. Selain itu, memnghemat pengggunaaan listrik juga bisa menjadi langkah awal mencintai lingkungan. Karena setiap yang Allah ciptakan tidak akan pernah ada yang sia-sia, semua hanya tentang pola pikir manusia itu sendiri.

Bagaimana? Sudah jelas kan mengenai berbagai sumber energi alternatif di atas. Mari menjaga bumi kita dari kepunahan dengan memanfaatkan sumber energi alternatif dan mulai peduli tarhadap sebab akibat yang akan ditimbulkan dari setiap aktivitas. Cintai lingkungan Anda sebagai rasa syukur atas nikmat dari yang Kuasa. Selian itu, semoga Negara kita Indonesia mulai melakukan upaya mengganti bahan bakar konvensional.

16+ Sumber Energi Alternatif Masa Depan Yang Ramah Lingkungan

Leave a Reply