45+ Gunung Tertinggi di Indonesia Yang Indah Dan Wajib Di Kunjungi 7

45+ Gunung Tertinggi di Indonesia Yang Indah Dan Wajib Di Kunjungi

Gunung Tertinggi di Indonesia – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa. Dengan bentang alam yang luas dan beragam, Indonesia memiliki kekayaan alam yang patut untuk dieksplor. Salah satunya adalah banyaknya gunung tertinggi yang memiliki keunikan dan menantang untuk didaki. Keunikan tersebut hanya dapat Anda nikmati saat berada di puncak gunung tersebut.

Dapat mencapai puncak gunung tertinggi pasti akan memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda. Beberapa medan pendakian yang sulit harus Anda lalui satu demi satu. Namun, semua akan terbayarkan jika Anda telah melihat betapa luar biasa indahnya panorama alam dari atas puncak. Anda pun juga akan merasa takjub saat melihat betapa besarnya kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.

Daftar 45 Gunung Tertinggi di Indonesia

Bagi Anda yang memiliki hobi hiking, terdapat beberapa gunung tertinggi di Indonesia yang patut buat Anda taklukan. Setidaknya terdapat 45 gunung tertinggi yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Gunung-gunung tertinggi tersebut diantaranya adalah :

1.        Gunung Puncak Jaya

1.        Gunung Puncak Jaya

Bagi Anda yang gemar mendaki, nama gunung yang satu ini pasti tidak akan asing lagi di telinga. Puncak Jaya atau biasa dikenal dengan nama Cartensz Pyramid adalah gunung tertinggi di Indonesia. Gunung dengan ketinggian mencapai 4.884 meter ini terletak di Provinsi Papua.

Untuk menaklukkan Puncak Jaya bukanlah sesuatu yang mudah. Selain membutuhkan banyak uang, Anda juga harus melewati beberapa rintangan. Rintangan yang pertama yaitu Anda harus menyusuri Lembah Illaga. Setelah itu, dibutuhkan waktu sekitar seminggu untuk mendaki melewati hutan.

Namun, jika Anda ingin memakai cara yang lebih mudah dan aman, Anda bisa menggunakan helikopter. Helikopter tersebut akan mengantarkan Anda langsung menuju tempat perkemahan. Pilih yang mana? Cara yang aman dan mudah tapi mahal atau dengan cara yang lebih murah namun sulit. Tapi, bagi Anda yang hobi mendaki pastinya lebih memilih cara yang mampu menguji adrenalin.

2.        Puncak Mandala

2.        Puncak Mandala

Selain Puncak Jaya, di Provinsi Papua juga terdapat beberapa gunung lainnya. Salah satunya adalah Puncak Mandala. Gunung dengan ketinggian mencapai 15.617 kaki atau 4.760 meter ini merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Saat mencapai Puncak Mandala, Anda akan menemukan lapisan es atau gletser.

Anda dapat melakukan pendakian dengan memulainya dari Desa Bime. Beberapa hambatan yang harus Anda lewati saat ingin melakukan pendakian di Puncak Mandala adalah trek yang cukup berat, lokasinya yang sulit untuk dijangkau, dan biayanya yang mahal.

3.        Puncak Trikora

3.        Puncak Trikora

Sama seperti halnya dengan Puncak Jaya dan Puncak Mandala, gunung tertinggi yang ketiga di Indonesia pun juga terletak di Provinsi Papua. Gunung dengan ketinggian 4.750 meter ini bernama Puncak Trikora. Sebagian masyarakat mengenalnya dengan nama Ettiakup dan dulunya gunung ini bernama Wilhelmina Peak. Pada tahun 1963 nama gunung tersebut diubah menjadi Puncak Trikora.

Jika Anda melakukan pendakian di Puncak Trikora, jarang sekali akan menemukan lapisan es pada puncaknya. Hal ini dikarenakan lapisan es hanya muncul pada musim-musim tertentu saja. Dan itu pun tidak akan bertahan lebih dari satu atau dua hari kemudian mencair.

Tidak sedikit orang yang melakukan bird watching atau pengamatan burung dengan mendaki Puncak Trikora. Terdapat beberapa spesies burung langka seperti Tawny Grassbird, Snow Mountain Quail, Alpine Robin, Lorentz Whistler, Snow Mountain Robin, dan beberapa spesies burung lainnya di sekitar Puncak trikora dan Danau Habema.

4.        Gunung Ngga Pilimsit

4.        Gunung Ngga Pilimsit

Sekitar 15 km dari Puncak Jaya terdapat gunung tertinggi keempat di Indonesia yang bernama Gunung Ngga Pilimsit. Sebelumnya, gunung dengan ketinggian 4.717 mdpl ini bernama Gunung Idenburg. Pendaki asing bernama Heinrich Harrer dan Philip Temple dipercaya sebagai orang pertama yang mencapai puncak gunung ini pada tahun 1962.

5.        Gunung Yamin

5.        Gunung Yamin

Masih terletak di Provinsi Papua, yaitu Gunung Yamin yang merupakan gunung tertinggi kelima di Indonesia. Gunung Yamin memiliki luas sekitar 3.947,1 km persegi dengan ketinggian mencapai 4.595 m di atas permukaan laut. Keunikan Gunung Yamin yaitu memiliki struktur batuan karang glaciated, batuan gamping, dan batuan klastik.

Untuk mencapai puncak Gunung Yamin, setidaknya Anda memerlukan waktu selama tiga hari jika tertarik untuk melakukan pendakian.

6.        Gunung Kerinci

45+ Gunung Tertinggi di Indonesia Yang Indah Dan Wajib Di Kunjungi 8

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi selanjutnya yang memiliki ketinggian mencapai 3.805 m di atas permukaan laut. Gunung yang terletak di Provinsi Jambi, Sumatera ini berfungsi sebagai tempat hidup badak dan harimau. Lokasinya yang terletak di sekitar Bukit Barisan digunakan untuk melindungi hewan tersebut dari kepunahan dengan pembangunan Taman Nasional Kerinci.

Gunung Kerinci memiliki beberapa nama diantaranya adalah Puncak Indrapura, Gadang, dan Berapi Kerinci. Gunung Kerinci pernah meletus sekitar tahun 2009 dan ini menandakan jika Gunung Kerinci adalah salah satu gunung berapi yang aktif di Nusantara.

7.        Gunung Rinjani

7.        Gunung Rinjani

Apakah Anda ingin melakukan pendakian sembari menikmati pemandangan yang eksotis? Jika ya, maka cobalah untuk mengunjungi Gunung Rinjani. Hamparan padang rumput yang luas dan asrinya hutan tropis di sekeliling Gunung Rinjani, menyuguhkan pemandangan yang eksotis saat Anda melakukan pendakian. Maka tak heran jika gunung ini dikenal dengan nama Gunung Bintang 5.

Di kawasan Gunung Rinjani, Anda juga akan menjumpai kawah danau segara anak dan Taman Nasional Lombok. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.762 m di atas permukaan laut ini terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

8.        Gunung Semeru

8.        Gunung Semeru

Gunung yang tertinggi ke delapan di Indonesia adalah Gunung Semeru. Gunung dengan ketinggian sekitar 3.676 m di atas permukaan laut ini terdapat di Provinsi Jawa Timur. Mahameru adalah sebutan bagi puncak Gunung Semeru. Saat melakukan pendakian, Anda akan disuguhkan pemandangan Jonggring Saloko yaitu sebuah kawah yang terdapat pada gunung tersebut.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung favorit bagi masyarakat Indonesia. Tidak sedikit masyarakat yang gemar melakukan pendakian di gunung ini.

9.        Gunung Latimojong

9.        Gunung Latimojong

Gunung tertinggi berikutnya adalah Gunung Latimojong atau biasa dikenal dengan nama Bulu Rantemario. Gunung dengan ketinggian sekitar 3.478 m di atas permukaan laut ini bertempat di Provinsi Sulawesi Selatan. Jika Anda ingin mencapai Gunung Latimojong melewati Makassar, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 10 jam.

10.    Gunung Slamet

10.    Gunung Slamet

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya terletak di Purbalingga, Jawa Tengah. Gunung yang termasuk gunung aktif ini bernama Gunung Slamet. Hingga kini Gunung Slamet telah meletus sebanyak 42 kali. Gunung yang memiliki ketinggian 3.428 m di atas permukaan laut ini memiliki panorama alam yang menyejukkan mata dan sangat indah.

Terdapat dua jalur transportasi jika Anda ingin mencapai Gunung Slamet. Jalur yang pertama yaitu Purwokerto -> Purbalingga -> Serayu -> Kutabawa -> Bambangan. Dan untuk jalur alternatif yang kedua adalah Purwokerto -> Purbalingga -> serayu -> Bobot Sari -> Karangreja -> Gua Lawa -> Kutabawa -> Bambangan.

Jalur Bambangan, Purbalingga memang menjadi jalur utama pendakian Gunung Slamet karena wilayah ini terletak di kaki Gunung Slamet.

11.    Gunung Binaiya

11.    Gunung Binaiya

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Gunung Binaiya. Gunung dengan ketinggian sekitar 3.027 m di atas permukaan laut ini terletak di Pulau Seram, Ambon. Gunung Binaiya mempunyai dua puncak dengan ketinggian 3.011 mdpl dan 3.019 mdpl. Kedua puncak tersebut memiliki ketinggian yang tidak sama.

Gunung Binaiya berlokasi di Taman Nasional Manusela yang memiliki tingkat curah hujan tinggi. Anda dapat mengendarai bus untuk mencapai gunung ini. Dari Ambon, naiklah bus menuju Pelabuhan Tulehu. Lalu untuk menuju Pulau Seram, Anda dapat menggunakan speed boat atau kapal feri. Pilihlah waktu yang tepat karena hanya seminggu dua kali kapal feri ini beroperasi.

12.    Gunung Bukit Raya

12.    Gunung Bukit Raya

Gunung Bukit Raya adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.278 m di atas permukaan laut dan terletak di Pulau Kalimantan. Puncak Gunung Bukit Raya dijadikan daerah konservasi yang bernama Taman Nasional BUKIT Baka – Bukit Raya. Tetapi yang disayangkan butuh biaya mahal dan medan yang sulit untuk mendaki gunung ini.

13.    Gunung Sanggar

13.    Gunung Sanggar

Gunung Sanggar merupakan gunung tertinggi di Indonesia berikutnya. Meski belum pernah terjamah dan tersentuh namun gunung ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Gunung Sanggar memiliki ketinggian mencapai 3.564 m di atas permukaan laut dan terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

14.    Gunung Sumbing

14.    Gunung Sumbing

Gunung Sumbing memiliki ketinggian mencapai 3.371 m di atas permukaan laut. Gunung yang masih memiliki kawah aktif ini terletak di 3 kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah yaitu Temanggung, Magelang, dan Wonosobo.

Di sekitar Gunung Sumbing dimanfaatkan untuk bertani oleh masyarakat sekitar. Selain itu, berbagai macam hutan mengelilingi gunung ini. Terdapat tiga jalur yang menjadi rute pendakian Gunung Sumbing, yaitu jalur Desa Garung, jalur Cepit Parakan, dan Jalur Bogowongso.

15.    Gunung Raung

15.    Gunung Raung

Gunung Raung memiliki ketinggian mencapai 3.344 m di atas permukaan laut. Gunung yang memiliki kaldera kering nomor dua di Indonesia ini terletak di 3 kabupaten yang berada di Jawa Timur yaitu Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso. Untuk mencapai puncak Gunung Raung terdapat dua rute pendakian yaitu jalur Sumber Waringin dan jalur Kalibaru.

16.    Gunung Lawu

16.    Gunung Lawu

Salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki tempat pendakian yang bagus adalah Gunung Lawu. Gunung dengan ketinggian mencapai 3.265 m di atas permukaan laut ini terletak di dua tempat yaitu Karanganyar, Jawa Tengah dan Magetan, Jawa Timur. Terdapat tiga puncak utama pada Gunung Lawu diantaranya yaitu Hargo Dumilah, Hargo Dumiling, dan Hargo Dalem.

Ketiga puncak Gunung Lawu merupakan tempat yang disakralkan oleh masyarakat sekitar. Untuk dapat mencapai puncaknya, terdapat dua rute pendakian yaitu jalur Cemoro Kandang (jalur barat) dan jalur Cemoro Sewu. Namun, masyarakat jarang yang memilih jalur Cemoro Kandang karena memakan waktu yang banyak.

Jika Anda menggunakan jalur Cemoro Sewu maka Anda dapat menemukan beberapa titik sumber air serta melewati 5 pos.

17.    Gunung Merbabu

17.    Gunung Merbabu

Nama berbabu menurut filosofi berasal dari kata abu yang memiliki makna abu-abu dan meru yang memiliki makna gunung. Gunung ini terletak di 4 daerah yaitu Semarang, Magelang, Salatiga, dan Boyolali. Bagi masyarakat setempat, Gunung Merbabu adalah tempat yang disakralkan.

Namun tidak sedikit orang yang gemar melakukan pendakian ke Gunung Merbabu. Jika Anda memutuskan untuk mendaki gunung ini, Anda akan mendapatkan beberapa rintangan diantaranya adalah udaranya yang dingin, kabut yang tebal serta tidak adanya sumber air. Selain itu, untuk menuju puncak Merbabu Anda harus mendaki dengan menyusuri hutan yang lebat.

Terdapat empat rute pendakian yaitu jalur Thekelan, jalur Kopeng Cunthel, jalur Kopeng, dan jalur Welas.

18.    Gunung Agung

18.    Gunung Agung

Di Provinsi Bali tepatnya di Kecamatan Rendang, Karangasem terdapat salah satu  gunung tertinggi di Indonesia yaitu Gunung Agung. Gunung dengan ketinggian mencapai 3.031 m di atas permukaan laut ini bertipe stratovolcano. Untuk menikmati pemandangan yang luar biasa, Anda disarankan untuk mendaki hingga puncak.

Terdapat tiga jalur untuk mencapai Gunung Agung, diantaranya adalah jalur Budakeling, jalur Pura Besakih, dan jalur Pura Sar Agung. Dari ketiga jalur tersebut, jalur Pura Besakih banyak dipilih pengunjung karena hanya jalur tersebutlah yang mampu mengantarkan Anda hingga mencapai puncak. Sedangkan dua jalur lainnya akan berhenti sebelum sampai puncak.

Tidak sedikit orang yang hilang ketika mendaki Gunung Agung. Oleh sebab itulah, Anda disarankan untuk dipandu oleh guide saat melakukan pendakian. Warga umat Hindu mempercayai bahwa Gunung Agung merupakan gunung yang disucikan.

19.    Gunung Ciremai

19.    Gunung Ciremai

Salah satu gunung yang masuk daftar gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Ciremai yang berada di Provinsi Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian mencapai 3.084 m di atas permukaan laut ini merupakan gunung tertinggi di provinsi tersebut. Keunikan dari gunung Ciremai adalah bentuknya kerucut dan termasuk salah satu gunung aktif di Indonesia.

Terdapat kawah ganda pada bagian atas Gunung Ciremai. Pada sebelah barat terdapat kawah dengan lebar sekitar 600 meter. Sedangkan pada bagian timur terdapat kawah dengan lebar mencapai 400 meter. Untuk mencapai puncak Gunung Ciremai, biasanya para pengunjung memilih jalur Palutungan karena mudah untuk diakses.

Jika Anda ingin melakukan pendakian, maka Anda wajib mendaftar di kantor taman Nasional Gunung Ciremai.

20.    Gunung Sindoro

20.    Gunung Sindoro

Salah satu gunung berapi yang menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Sindoro. Gunung yang pernah meletus pada tahun 1971 ini terletak di Provinsi Jawa Tengah. Terdapat jurang sekaligus kawah di bagian selatan Gunung Sindoro. Masyarakat sekitar menyebut kawah terbesar Gunung Sindoro dengan nama Kembang.

Jika Anda ingin mencapai gunung dengan ketinggian 3.150 mdpl ini, terdapat beberapa jalur yang dapat Anda pilih. Jika Anda dari arah timur maka Anda dapat berangkat dari Magelang, jika dari sebelah selatan maka dapat melewati Purworejo, jika dari sebelah barat maka bisa dari Banjarnegara atau dari Candiroto jika berada di sebelah utara.

21.    Gunung Dempo

21.    Gunung Dempo

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Gunung Dempo yang memiliki tinggi sekitar 3.173 m di atas permukaan laut. Gunung Dempo merupakan gunung bertipe stratovolcano yang terletak diantara Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan. Gunung ini menyajikan panorama alam yang sangat elok.

Untuk mencapai puncak Gunung Dempo, setidaknya Anda akan membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Anda juga tidak perlu khawatir akan kehabisan air selama mendaki karena di gunung ini terdapat sumber mata air yang dapat diminum.

22.    Gunung Yaramamafaka

22.    Gunung Yaramamafaka

Gunung tertinggi di Indonesia banyak terdapat di Provinsi Papua. Salah satunya adalah Gunung Yaramamafaka yang memiliki ketinggian sekitar 3.370 m di atas permukaan laut. Letak Gunung Yaramamafaka pun tidak jauh dari gunung-gunung tertinggi di Papua lainnya seperti Puncak Mandala, Puncak Trikora, dan lain sebagainya.

23.    Gunung Arjuno

23.    Gunung Arjuno

Salah satu gunung tertinggi yang mengandung nilai sejarah adalah Gunung Arjuno. Gunung yang bertipe strato ini pasalnya sering dipakai sebagai tempat pemujaan pada zaman Kerajaan Majapahit. Banyaknya penemuan arca dan candi di sepanjang jalur pendakian menjadi bukti sejarah atas berdirinya kerajaan tersebut.

Gunung Arjuno memiliki ketinggian sekitar 3.339 m di atas permukaan laut dan terletak di Provinsi Jawa Timur.

24.    Gunung Welirang

24.    Gunung Welirang

Gunung tertinggi berikutnya memiliki ketinggian sekitar 3.156 m di atas permukaan laut. Gunung ini bernama Gunung Welirang yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Salah satu keunikan dari Gunung Welirang yaitu menghasilkan belerang sehingga dapat menunjang ekonomi masyarakat di sekitarnya. Mereka biasanya mencari belerang kemudian menjualnya.

25.    Gunung Argopuro

25.    Gunung Argopuro

Gunung Argopuro adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 3.088 m di atas permukaan laut ini memiliki dua puncak yang terkenal yaitu Puncak Argopuro dan Puncak Rengganis.

Untuk mencapai puncak Gunung Argopuro, terdapat dua alternatif jalur yang dapat Anda pilih. Jalur yang pertama yaitu jalur Bremi yang berangkat dari Surabaya menuju Probolinggo dengan mengendarai bus. Setelah itu, untuk menuju arah Bremi Anda dapat menggunakan bus kecil.

Sedangkan alternatif berikutnya adalah jalur Baderan yang berangkat menuju kantor Perhutani dari Baderan menggunakan angkot. Kemudian, Anda harus menuju sumber air desa dengan berjalan kaki. Sesudahnya, Anda akan melewati jalan berbatu sepanjang 1.5 km yang harus dilalui dengan berjalan kaki.

26.    Gunung Pangrango

26.    Gunung Pangrango

Salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang berada di wilayah konservasi adalah Gunung Pangrango. Gunung ini terletak di Provinsi Jawa Barat tepatnya di wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.019 m di atas permukaan laut.

27.    Gunung Gede

27.    Gunung Gede

Selain Gunung Pangrango, terdapat gunung lain yang lokasinya berada dalam wilayah Taman Nasional Gede Pangrango yaitu Gunung Gede. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.958 m di atas permukaan laut ini terletak di tiga daerah yaitu Sukabumi, Cianjur, dan Bogor.

28.    Gunung Cikuray

28.    Gunung Cikuray

Salah satu gunung yang populer di Provinsi Jawa Barat adalah Gunung Cikuray. Gunung yang memiliki ketinggian 2.818 m di atas permukaan laut ini terkenal dengan udaranya yang dingin karena berada di Kabupaten Garut. Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang melakukan pendakian di Gunung Cikuray, dan beberapa gunung lainnya di Kabupaten Garut.

Banyak wisatawan yang mendaki Gunung Cikuray untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Letaknya yang strategis dan dapat diakses dari tiga jalur membuat gunung ini memiliki daya tarik tersendiri. Ketiga jalur tersebut yaitu jalur Bayongbong, jalur Dayeuhmanggung, dan jalur Cikajang.

29.    Gunung Wayang

29.    Gunung Wayang

Gunung tertinggi berikutnya masih terdapat di Provinsi Jawa Barat yaitu Gunung Wayang. Gunung dengan ketinggian sekitar 2.241 m di atas permukaan laut ini berlokasi di Desa Tarumajaya, Kertasari, Bandung. Gunung Wayang merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia.

Terdapat beberapa gunung besar yang mengelilingi Gunung Wayang diantaranya Gunung Malabar, Gunung Papandayan, dan beberapa gunung besar lainnya sehingga menciptakan panorama alam yang sangat menakjubkan.

30.    Gunung Wilis

30.    Gunung Wilis

Di Provinsi Jawa Timur terdapat Gunung Wilis yang masuk dalam kategori gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 2.563 m di atas permukaan laut dan merupakan gunung yang tidak aktif. Terdapat lima puncak pada Gunung wilis dan salah satunya bernama Puncak Liman yang dapat dicapai melalui Kota Kediri dan Nganjuk.

Sedangkan keempat puncak lainnya dapat Anda capai melewati Kota Tulungagung dan beberapa kota lainnya.

31.    Gunung Batok

31.    Gunung Batok

Salah satu gunung yang tidak aktif dan masuk dalam kategori gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Batok. Gunung dengan ketinggian mencapai 2.440 m di atas permukaan laut ini terdapat di beberapa daerah di Jawa Timur yaitu pasuruan, Lumajang, malang, dan Probolinggo.

32.    Gunung Sipandu

32.    Gunung Sipandu

Gunung Sipandu merupakan gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.241 m di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Batang yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah.

33.    Gunung Leuser

33.    Gunung Leuser

Salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Aceh bernama Gunung Leuser. Gunung dengan ketinggian 3.119 m di atas permukaan laut ini dapat diakses melalui empat jalur. Jalur utamanya adalah jalur Desa Kedah sedangkan ketiga jalur lainnya yaitu jalur Putri Jeumpa, jalur Manggeng, dan jalur Peulumat.

34.    Gunung Prau

34.    Gunung Prau

Ingin melihat keindahan sunrise dari puncak gunung tertinggi? Cobalah untuk mendaki salah satu gunung di Jawa Tengah yaitu Gunung Prau. Gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl ini berlokasi di dataran tinggi Dieng, Wonosobo. Tidak sedikit orang yang ingin mencapai puncak Gunung Dieng dengan tujuan untuk melihat pesona sunrise.

Jika melakukan pendakian melalui jalur Patak Banteng, diperlukan waktu sekitar 3 hingga 4 jam untuk mencapai puncak Gunung Prau. Anda akan disuguhkan panorama alam yang menakjubkan sesampainya di puncak. Keelokan Telaga Warna serta keasrian Dataran Tinggi Dieng dapat Anda nikmati dari sini.

35.    Gunung Guntur

35.    Gunung Guntur

Garut terkenal sebagai kota yang memiliki panorama alam yang indah dan menyejukkan mata. Di kota ini tepatnya di daerah Sukawangi Tarogong Kaler terdapat Gunung Guntur yang memiliki ketinggian sekitar 2.249 m di atas permukaan laut. Sebagian besar masyarakat sering menyebut Gunung Guntur dengan nama Gunung Api.

36.    Gunung Anjasmoro

36.    Gunung Anjasmoro

Gunung Anjasmoro merupakan salah satu gunung tertinggi yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.282 m di atas permukaan laut ini terdapat di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Jombang, dan Mojokerto. Terdapat dua alternatif jalur untuk mencapai puncak Gunung Anjasmoro yaitu jalur Wonosala dan jalur Canger.

37.    Gunung Ijen

37.    Gunung Ijen

Salah satu gunung berapi yang masih aktif dan masuk dalam kategori gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Ijen. Gunung dengan ketinggian 2.443 m di atas permukaan laut ini terletak di Provinsi Jawa Timur tepatnya diantara kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Lokasi gunung ini berdampingan dengan Gunung Merapi.

Keunikan dari Gunung Ijen salah satunya adalah adanya Kawah Ijen yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kawah tersebut merupakan sebuah danau yang memiliki sifat asam dengan warna hijau tosca yang mempesona. Pada waktu tertentu, Anda juga dapat menikmati keindahan api biru yang hanya dapat Anda temukan di tempat ini.

38.    Gunung Suket

38.    Gunung Suket

Di Provinsi Jawa Timur terdapat gunung yang bersebelahan dengan Gunung Raung yang bernama Gunung Suket. Ketinggian gunung ini mencapai 2.950 m di atas permukaan laut.

39.    Gunung Penanjakan

39.    Gunung Penanjakan

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Masih terdapat di Provinsi Jawa Timur yaitu Gunung Penanjakan yang memiliki ketinggian sekitar 2.777 m di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di Pasuruan Jawa Timur tepatnya di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Terdapat beberapa jalur yang dapat Anda pilih untuk mengakses Gunung Penanjakan. Jalur yang pertama yaitu jalur Tumpang jika Anda berangkat dari Malang, jalur Tosari jika Anda dari Pasuruan, atau jika Anda berangkat dari Probolinggo maka Anda dapat memilih jalur Cemoro.

Tidak sedikit pengunjung yang rela bangun dini hari untuk mendaki dan menikmati pesona sunrise dari puncak Gunung Penanjakan. Pemandangan sunrise di Bromo pun juga dapat Anda nikmati di tempat ini.

40.    Gunung Andong

45+ Gunung Tertinggi di Indonesia Yang Indah Dan Wajib Di Kunjungi 9

Gunung yang menjadi pilihan banyak wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan adalah Gunung Andong. Gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini memiliki ketinggian yang mencapai 1.726 mdpl. Terdapat beberapa gunung yang mengelilingi Gunung Andong diantaranya adalah Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan beberapa gunung lainnya.

41.    Gunung Baluran

41.    Gunung Baluran

Gunung dengan ketinggian 1.247 m di atas permukaan laut ini bernama Gunung Baluran. Gunung ini terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur dan tergolong gunung yang tidak aktif. Terdapat kaldera sedalam 600 meter yang membatasi bagian dinding kawah.

Anda dapat mencapai puncak Gunung Baluran dengan melewati Wonorejo dan Karangtekok. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan mengendarai mobil menuju Pesanggrahan di Kelor.

42.    Gunung Bromo

42.    Gunung Bromo

Sebagai pecinta hiking, nama gunung yang satu ini pasti sudah melekat dalam hati. Gunung yang berada di empat daerah ini yaitu Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Malang, dan Probolinggo merupakan gunung yang mampu menarik banyak wisatawan. Gunung Bromo memang merupakan salah satu icon wisata Probolinggo.

Gunung dengan ketinggian 2.392 m di atas permukaan laut ini masih tergolong gunung aktif. Kata Bromo konon katanya berasal dari nama salah satu dewa kepercayaan umat Hindu yang bernama Dewa Brahma.

43.    Gunung Bisma

43.    Gunung Bisma

Salah satu gunung yang berlokasi di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah adalah Gunung Bisma. Gunung ini belum banyak terjamah sehingga masih terlihat asri dan alami. Untuk mencapai gunung dengan ketinggian 2.200 m di atas permukaan laut ini, Anda dapat melalui jalur Silandak -> Slukatan -> Mojotengah -> Wonosobo. Rute ini merupakan jalur terbaik untuk mencapai Gunung Bisma.

44.    Gunung Boklorobubuh

44.    Gunung Boklorobubuh

Gunung tertinggi selanjutnya memiliki ketinggian mencapai 2.230 m di atas permukaan laut. Gunung yang bernama Boklorobubuh ini berlokasi di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Mojokerto. Gunung Boklorobubuh terletak di dua wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Gondang dan Kecamatan Jatirejo.

45.    Gunung Bukit Tunggul

45+ Gunung Tertinggi di Indonesia Yang Indah Dan Wajib Di Kunjungi 10

Gunung tertinggi yang terakhir adalah Gunung Bukit Tunggul yang memiliki ketinggian sekitar 2.209 m di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan sisa dari letusan Gunung Sunda. Terdapat dua alternatif jalur yang dapat Anda gunakan untuk mengakses Gunung Bukit Tunggul yaitu jalur Ujung Berung dan jalur Lembang.

Jika Anda memilih jalur Lembang maka rutenya adalah Bandung -> Lembang -> Maribaya -> Cibodas-> Kawasan PTPN VIII -> Bukit Tunggul. Sedangkan alternatif yang kedua yaitu Bandung ->  Jembatan Pasopati –> Cicaheum –> Ujung Berung –> Pasir Wangi –> Desa Cilengkrang -> Kawasan PTPN VIII –> Bukit Tunggul.

Bagaimana? Tertarik untuk menaklukkan gunung tertinggi di Indonesia? Indonesia memang negara yang menyuguhkan panorama yang luar biasa menakjubkan. Dari puncak tertinggi kita akan melihat betapa eloknya panorama negara kita tercinta.

45+ Gunung Tertinggi di Indonesia Yang Indah Dan Wajib Di Kunjungi

Leave a Reply