Pencemaran Air : Penyebab, Contoh, Dampak dan Cara Menanggulanginya 1

Pencemaran Air : Penyebab, Contoh, Dampak dan Cara Menanggulanginya

Pencemaran Air – Tentu kita tau bahwa sebagian besar permukaan bumi memang tertutup dengan perairan, sehingga air menjadi unsur yang sangat familiar bagi kehidupan. Apalagi air juga merupakan salah satu unsur yang berperan penting bagi makhluk hidup. Karena dalam tubuh makhluk hidup sebagian besar unsur penyusun nya adalah cairan, sehingga tanpa adanya air maka bisa mengakibatkan kematian. Dalam keseharian, air juga sangat dibutuhkan untuk memasak, mencuci, mandi, pengairan, dan masih banyak lagi.

Pencemaran air merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi dan hal ini sangat mengganggu. Tentu sebagai manusia yang membutuhkan air, Anda perlu paham mengenai pencemaran air. Sehingga Anda bisa tahu apa penyebabnya sampai cara menanggulangi nya. Jika Anda sudah paham maka Anda bisa melakukan tindakan untuk mencegah dan memperbaiki kondisi air.

Manfaat Air Bagi Makhluk Hidup

Manfaat Air Bagi Makhluk Hidup

Sebagai makhluk hidup, Anda sudah pasti tahu apa fungsi air bagi kehidupan sehari-hari maupun bagi tubuh. Untuk manfaat air bagi kehidupan secara lebih jelas ada di daftar berikut ini.

1. Membersihkan Tubuh

Tubuh memang harus dibersihkan secara rutin dengan mandi, dan tentu membutuhkan air. Dengan begitu tubuh akan bersih dan terbebas dari kuman serta penyakit. Air yang digunakan juga harus bersih, jika tercemar sama saja mendatangkan penyakit bagi tubuh kita.

2. Pengairan Dalam Pertanian

Selain manusia, tanaman juga membutuhkan air untuk hidup. Sebab air dibutuhkan tanaman untuk membuat makanan dengan berfotosintesis. Jika tanaman kekurangan air, maka bisa membuat proses metabolisme nya terganggu dan tanaman bisa mati. Makanya dalam pertanian air sangat diperlukan supaya tanaman tidak mati dan gagal panen.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit adalah organ manusia yang paling luar, mempengaruhi penampilan, dan melindungi organ di dalamnya. Perawatan kulit memang bisa dikatakan cukup sulit, karena Anda perlu mengenali tipe dan karakteristik kulit Anda. Namun, yang pasti apapun jenis kulitnya pasti perlu hidrasi yang cukup. Sehingga Anda perlu konsumsi air yang cukup supaya kulit tetap sehat.

4. Pembangkit Listrik

Listrik adalah kebutuhan pada zaman sekarang, tentu ada sumber untuk menghasilkan listrik. Air atau perairan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air.

5. Memenuhi Cairan Tubuh

Makhluk hidup itu selain makan juga membutuhkan minum, dan berarti membutuhkan air. Apapun itu spesies nya sama-sama membutuhkan air, karena sebagian besar penyusun tubuh adalah air. Sehingga jika Anda kekurangan cairan dalam tubuh, maka akan mengalami dehidrasi. Dan hal ini membuat sel tubuh tidak berfungsi dengan baik, bahkan bisa saja mati.

6. Keperluan Pekerjaan Sehari-hari

Setiap hari orang akan melakukan aktivitasnya, dan itu juga tidak lepas dengan penggunaan air. Mulai dari minum, menyiram tanaman, memasak, mencuci, mandi, dan banyak lagi. Kebutuhan air memang tinggi, namun jika air tercemar maka sumber air bersih menjadi menipis.

 

Peristiwa Pencemaran Air di Lingkungan

Peristiwa Pencemaran Air di Lingkungan

Pencemaran memang menjadi masalah bagi lingkungan, salah satu pencemaran yang paling mengganggu adalah pada air. Air yang tercampur dengan komponen lain akan membuat kualitas nya menurun. Komponen pengganggu itu bisa energi, unsur, dan berbagai macam zat lain. Untuk jenis air yang bisa tercemar adalah semua jenis air, mulai dari air tanah, air danau, air sungai, hingga air laut.

Pencemaran air telah diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 1997, di dalamnya menyatakan bahwa kualitas air menurun sebab adanya energi, makhluk hidup, energi dari aktivitas manusia yang masuk ke dalam air. Kondisi air yang tercemar itu bisa disebabkan oleh aktivitas manusiaa baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Salah satu tindakan kesengajaan untuk mencemari air air adalah dengan membuang air ke sungai.

Tentunya sebelum air dinyatakan tercemar akan dilihat kondisinya sesuai dengan indikator. Jika sudah ada hasilnya, maka bisa dinyatakan air tersebut tercemar atau tidak dan bagaimana tingkat pencemaran nya. Apa saja indikator yang perlu dicek?

1. Parameter Fisika

Parameter ini diukur dan dilihat dari unsur fisikanya, pengamatan dilakukan pada kekeruhan, bau, warna, dan rasa air.

2. Parameter Kimia

Untuk mengetahui kondisi air dengan parameter kimia, maka yang diamati adalahzat organik, pH, dan kandungan logam berat.

3. Parameter Bakteriologi

Parameter yang satu ini sama dengan namanya yaitu untuk mengetahui kandungan bakteri pada air. Sedangkan untuk hal yang diamati adalah jumlah patogenik, coliform, dan puristik yang ada di dalam air.

4. Parameter Suhu

Sebenarnya suhu bisa dijadikan indikator terhadap pencemaran, karena ada beberapa jenis organisme yang memiliki kepekaan pada perubahan suhu air. Makanya dengan ini bisa diketahui kandungan organisme dan apakah air di lingkungan tersebut tercemar.

5. Parameter Rasa dan Bau

Air yang tercemar memang mengalami perubahan bau dan rasa, dan kebanyakan berbau busuk, seperti gas, rasanya menjadi asam atau pahit. Sedangkan untuk air murni dan sehat memiliki pH netral, tidak ada rasa maupun bau. Maka dari itulah rasa dan bau bisa dijadikan indikator yang terkuat dan bisa diamati secara langsung.

6. Parameter Warna

Air yang tercemar juga mengalami perubahan warna, tergantung dengan unsur pencemarnya. Tetapi yang pasti air murni transparan tidak berwarna dan tidak menimbulkan bau.

7. Parameter Kekeruhan

Air murni memang jernih, jadi jika air yang Anda temukan keruh entah itu karena limbah, tanah, maupun mikroorganisme itu berarti pencemaran.

 

Sumber Masalah Pencemaran Air

Sumber Masalah Pencemaran Air

Air yang sebelumnya murni tidak akan tercemar jika tidak ada sumber pencemarannya. Ada banyak sumbernya, dan yang paling besar adalah limbah. Apa saja sumber pencemaran air?

1. Limbah Rumah Tangga

Rumah tangga merupakan penyumbang limbah terbesar untuk pencemaran air. Sebab ada banyak limbah yang berasal dari rumah tangga yang dibuat ke sungai sembarangan.

2. Limbah Pertanian

Apabila menggunakan pestisida dan pupuk kimia terlalu banyak dari dosisnya, maka menyebabkan pencemaran air. Terlebih lagi jika pestisida dan pupuk kimia terbawa air hujan, maka pencemaran bisa terjadi dalam skala besar.

3. Limbah Industri

Memang industri diwajibkan mengolah limbahnya sebelum dibuang, tetapi ada juga industri tidak bertanggung jawab. Biasaya mereka membuang limbahnya begitu saja ke sungai tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu.

4. Peternakan

Ada banyak jenis peternakan, tergantung dengan jenis hewan dan pemanfaatannya. Jika diambil dagingnya, maka perlu disembelih terlebih dahulu dan pasti mengeluarkan darah. Apabila darah dibuang ke sungai tentu akan mencemari air, karena darah yang dihasilkan peternakan jumlahnya tidak sedikit.

5. Pertambangan

Apabila Anda pernah tau wilayah pertambangan, maka Anda bisa melihat airnya tercemar dan air bersih minim.

6. Sampah

Sampah memang menjadi masalah besar bagi air, terutama air sungai. Karena banyak orang yang membuang sampahnya sembarangan ke sungai dan menimbulkan pencemaran. Bukan hanya itu pencemaran air karena sampah bisa membuat sungai tersumbat dan mendatangkan penyakit.

7. Hutan Gundul

Hutan yang gundul dan memiliki sedikit tanaman akan menjadi masalah. Karena hal ini bisa membuat kandungan air tanah menurun dan jumlah air bersih berkurang.

8. Limbah Kendaraan

Kendaraan memang mengeluarkan banyak buangan dan limbah yang bisa mencemari. Salah satunya adalah oli yang bisa mencemari air apabila dibuang ke sungai.

Penyebab Dari Pencemaran Air

Penyebab Dari Pencemaran Air

Air yang tercemar memiliki ciri tertentu secara jelas, sehingga Anda bisa membedakan mana yang murni dan mana yang tercemar. Air yang baik tentu jernih, sedangkan yang tercemar akan memiliki warna dan kebanyakan berasal dari limbah pabrik dan rumah tangga. Sedangkan untuk air yang memiliki bau lebih baik tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Karena bisa jadi bau tersebut berasal dari bahan kimia atau organisme yang ada dalam air tersebut. Selain yang berbau, yang memiliki rasa juga tidak boleh digunakan karena sudah pasti tercemar. Adanya kandungan logam berat dalam air juga termasuk pencemaran air yang parah. Sebab dari logam berat tersebut bisa enyebabkan mikroorganisme dalam perairan tidak seimbang.

Setelah Anda tahu sumber dari pecemaran air, selanjutnya Anda perlu mengenal faktor penyebab apa saja yang menimbulkan pencemaran air. Berikut adalah daftar faktor penyebab yang memengaruhi terjadinya pencemaran air.

1. Sampah

Pencemaran air memang tidak lepas dengan sampah, karena banyak orang secara sengaja membuang sampah ke sungai.

2. Limbah Industri

Limbah industri dalam bentuk cair memang menjadi momok bagi lingkungan. Bagaimana tidak, kalau banyak industri yang membuang limbah cairnya ke sungai tanpa ada pengolahan terlebih dahulu. Hal ini membuat sungai tercemar dan ekosistem nya menjadi rusak. Jadi ada baiknya sebelum membuang limbah cair ke sungai, olah dahulu supaya lebih ramah lingkungan.

3. Pertambangan

Bagaimana pertambangan bisa mencemari air? Pertambangan memang bisa menghasilkan unsur yang berbahaya bagi lingkungan, lebih tepatnya pertambangan batu bara. Unsur tersebut adalah merkuri yang merupakan hasil dari pembakaran batu bara yang lepas ke udara. Unsur yang lepas tadi akan  mencemari tanah, dan secara otomatis air ikut tercemar.

4. Bahan Peledak Untuk Menangkap Ikan

Bahan peledak banyak digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk menangkap ikan di laut. Tahukah Anda dampaknya? Tentu akan membuat ekosistem laut terganggu, terumbu karang rusak, dan semua ikan mati baik yang kecil maupun besar. Jika sudah seperti ini, maka ikan di laut tidak bisa regenerasi dan bisa hilang semua.

5. Peternakan dan Perikanan

Hewan ternak pasti membutuhkan makanan dan mengeluarkan kotoran, dan itu pasti menimbulkan limbah. Apabila dibuang ke sungai, maka sudah pasti akan menyebabkan pencemaran air.

6. Limbah Pertanian

Pertanian memang berhubungan  dengan tanaman, tapi bukan berarti tidak menghasilkan limbah pencemar. Karena sisa pertanian seperti jeram, sekam, buah busuk, ranting, dan sebagainya masih merupakan limbah yang bisa mencemari air.

7. Tumpahan Minyak

Apabila ada tumpahan minyak di perairan, maka ini akan menjadi masalah besar untuk keseimbangan ekosistem. Apalagi ada banyak tambang minyak di tengah laut, sehingga membuat kecelakaan tumpahnya minyak di laut sering terjadi. Peristiwa ini bisa membuat air laut tercemar, ikan mati, hingga kerusakan terumbu karang.

8. Detergen

Detergen merupakan salah satu limbah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Dan sudah pasti mencemari lingkungan, karena dalam penggunaannya harus dengan air.

9. Perusakan Hutan

Hutan yang rusak membuat daerah penyimpan air menjadi berkurang, dan ini bisa membuat air tercemar semakin parah. Lebih parahnya lagi, bisa meinimbulkan erosi dan bencana tanah longsor.

10. Limbah Rumah Tangga

Limbah yang berasal dari rumah tangga memang sering dibuang secara langsung tanpa ada pengolahan. Makanya pencemaran air yang sering Anda temui merupakan pencemaran dari limbah rumah tangga. Ada beberapa jenis limbah rumah tangga, berikut ini daftarnya.

  • Limbah padat, contohnya seperti botol, plastik, dan lain-lain.
  • Limbah organik, berasal dari sisa sayuran dan jika dibuang e sungai akan menyebabkan bau tidak sedap.
  • Limbah anorganik, adalah yang mengandung logam berat seperti air raksa, timbal, kalsium, nikel, merkuri, dan banyak lagi.
  • Cairan berminyak, memang terkadang ada orang yang membuang masakan berminyak ke sungai. Hal ini bisa membuat keseimbangan ekosistem di sungai bisa terganggu.
  • Limbah zat kimia, kebanyakan memang berasal dari detergen, sabun, shampo, dan lainnya. Biasanya limbah jenis ini akan memengaruhi tingkat pH air, sehingga bisa membuat ekosistem tidak seimbang.
[/su_note]

Dampak yang Ditimbulkan Akibat Pencemaran Air

Dampak yang Ditimbulkan Akibat Pencemaran Air

Pencemaran tentu membawa dampak yang negatif, apalagi air merupakan unsur penting dalam kehidupan. Lalu apa saja dampak dari pencemaran air?

1. Hama Meningkat

Keseimbangan ekosistem memang sangat penting, karena jika salah satu komponen terganggu maka bisa membuat komponen lainnya tidak terkendali. Apabila air tercemar, maka jumlah predator bisa terganggu dan hama bisa meningkat drastis.

2. Spesies Punah

Adanya pencemaran air tentu mengganggu kehidupan makhluk yang hidup di air. Bahkan sekarang saja, banyak hewan malang yang terjerat dengan sampah atau memakan sampah. Yang pasti bisa membuatnya mati dan jika peristiwa yang sama sering terjadi, maka bisa membuat suatu spesies punah. Bukan hanya itu, adanya kontaminasi dan perubahan pH juga bisa membuat spesies tertentu banyak yang mati dan bisa punah.

3. Keseimbangan Lingkungan Terganggu

Sudah pasti, jika alam mengalami perubahan maka keseimbangannya akan terganggu. Bukan perubahan yang bersifat baik, melainkan perubahan ke arah negatif.

4. Kesuburan Tanah Berkurang

Apabila air tercemar masuk ke dalam tanah, maka bisa membuat kesuburan tanah berkurang dan ikut tercemar.

5. Tingkat pH air Menurun

Air yang tercemar dengan zat bersifat asam akan mengalami penurunan pH. Jika pH menurun, maka bisa membuat tumbuhan air yang tidak tahan asam bisa mati.

6. Perubahan pH Air

Apabila pH air mengalami perubahan, maka bisa membuat keanekaragaman biota di perairan juga berubah. Bagaimana pengaruhnya?

  • pH 6-6,5 maka plankton dan bentos bisa menurun keanekaragamannya.
  • pH 5,5-6 penurunan keanekaragaman dan jumlah plankton dan bentos semakin terlihat jelas.
  • pH 5-5,5 plankton, bentos, dan perifilton mengalami penurunan semakin besar jumlahnya. Jumlah alga hijau di perairan akan meningkat dan bisa membuat proses nitrifikasi terganggu.
  • pH 4,5-5 penurunan jumlah plankton dan bentos menjadi besar-besaran.

7. Membawa Penyakit

Air tercemat sudah tentu tidak sehat untuk kesehatan dan bisa menimbulkan penyakit. Karena air yang tercemar bisa menjadi tempat hidup bagi mikroorganisme patogen dan serangga pengganggu.

8. Nilai Estetis Lingkungan Berkurang

Adanya pencemaran air akan membuat lingkungan terasa kotor dan menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini tentu bisa membuat nilai estetika lingkungan menjadi berkurang dan tidak indah lagi.

Cara Menanggulangi Pencemaran Air

Cara Menanggulangi Pencemaran Air

Pencemaran air memang harus segera diatasi, karena air adalah sumber kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Bayangkan saja jika semua air tercemar, dari mana Anda bisa menemukan air bersih? Bagaimana dengan kebutuhan Anda? Makanya Anda perlu tahu cara penanggulangan pencemaran air berikut.

1. Wilayah Industri Harus Jauh dari Pemukiman

Industri adalah penyumbang terbesar dalam pencemaran lingkungan, baik itu tanah, air, maupun udara. Masalah utamanya adalah limbah industri yang dibuang ke lingkungan tanpa ada pengolahan terlebih dahulu. Jadi sebagai solusi, maka industri wajib melakukan pengolahan limbah dan wilayah industri harus jauh dari pemukiman. Hal ini supaya limbah dari industri tidak mengganggu aktivitas makhluk hidup.

2. Pengawasan Ketat Terhadap Penggunaan Pestisida dan Bahan Kimia

Bahan kimia yang lepas dalam air tentu akan sangat berbahaya bagi makhluk hidup. Apabila bahan kimianya berbahaya, maka bisa membuat makhluk hidup bisa mati. Jadi perlu adanya pengawasan ketat terhadap pemakaian bahan kimia dan pestisida supaya tidak masuk ke perairan.

3. Reboisasi dan Mencegah Penggundulan Hutan

Pohon memang berperan penting dalam stok air bersih dalam tanah. Jadi Anda perlu menjaga kelestarian pohon di hutan maupun lingkungan sekitar Anda. Caranya adalah dengan mencegah tindakan penggundulan hutan dan melakukan reboisasi di tanah yang tandus.

4. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Sampah memang menjadi pengganggu lingkungan, jadi biasakan membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu maka Anda sudah berkontribusi dalam menjaga lingkungan dari pencemaran air. Selain itu jika sampah dibuang pada tempatnya juga bisa membuat lingkungan terasa bersih dan sehat. Dalam membuang sampah juga perlu dipisah yang organik dengan anorganik. Hal ini dilakukan supaya pengolahan sampah bisa disesuaikan secara tepat tergantung jenisnya.

Menjaga lingkungan adalah kewajiban semua orang, jadi Anda jaga lingkungan supaya tidak mengalami pencemaran, salah satunya adalah pencemaran air. Karena jika sudah terlanjur tercemar bukan hanya Anda yang terkena dampak, tetapi juga berbagai makhluk hidup yang lain. Jadi jaga air di lingkungan supaya tidak tercemar dan membawa dampak negatif bagi berbagai makhluk hidup. Lingkungan yang sehat akan membawa kehidupan yang lebih aman dan damai.

 

Pencemaran Air : Penyebab, Sumber Masalah, Dampak dan Cara Menanggulanginya

Leave a Reply