Site icon Sekolahnesia

53+ Ucapan Kelahiran Bayi (dalam islam, kristen, jepang, arab)

ucapan kelahiran bayi

Ucapan Kelahiran Bayi – Bagaimana perasaan Anda jika datang anggota baru di dalam rumah? Tentunya merasakan keceriaan bukan? Ya, kelahiran merupakan momen yang paling membahagiakan sekaligus mengharukan bagi sebuah keluarga. Maka, tidak heran jika orang-orang di sekitar memberikan ucapan kelahiran bayi dengan berbagai cara.

Pada era sekarang ini, beberapa fase kehidupan manusia menjadi momen yang penting untuk dirayakan, mulai dari fase kehamilan hingga kelahiran. Jika sebelum lahirnya bayi diadakan baby shower, maka saat bayi lahir ke bumi, Anda akan banyak menerima ucapan selamat dari beberapa teman terdekat. Berikut ungkapan-ungkapan yang biasanya diucapkan saat momen kelahiran!

Ucapan Kelahiran Bayi Dalam Islam

Agama islam selalu mengajarkan umatnya untuk senantiasa berperilaku baik terhadap sesama manusia. Adab menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan karena umat yang beragama harus memiliki akhlak yang mulia. Jika saudara Anda sedang melahirkan bayi, maka sesuai tuntunan Islam, Anda harus memberikan ucapan selamat seperti:

“AlhamdulillahirabbIl ‘alamin. Selamat ya mbak, atas lahirnya putra tercinta. Semoga tumbuh dengan baik, menjadi anak yang sholih dan sholihah. Selalu diberikan kesehatan, kecerdasan dan senantiasa berguna bagi kedua orang tua dan agamanya. Aamiin.”

“MasyaAllah..Semoga Allah senantiasa memberikan berkah untukmu atas anak yang telah dititipkan lewat engkau. Semoga rasa syukur selalu mengalir kepada Sang Pemberi dan kelak dia dewasa selalu dikaruniai kebaikan dan akhlakul kharimah.”

“Semoga Gusti Allah SWT selalu memberikan berkah kepadamu dan senantiasa memberikan berkah atas anak-anakmu.”

“Alhamdulillah.. semoga Allah SWT senantiasa memberikan balasan terbaikNya untukmu layaknya pemberian rizki atas bayi ini kepadamu. Dan semoga Allah juga melipat-gandakan pahala untukmu. Aamiin.”

“MasyaAllah, Tabarakallah. Semoga Kamu selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Sang Pemberi riski atas kehadiran anak sholih sholihah ini. Semoga menjadi anak ini cepat tumbuh besar dan dewasa serta pahala terus mengalir kepadamu akan baktinya.

Ucapan Kelahiran Bayi dalam Kristen

Ucapan kelahiran bayi tidak hanya ditujukan untuk sesama umat Islam saja, tetapi toleransi dalam kehidupan sosial juga perlu Anda lakukan. Jika ada sanak saudara atau tetangga yang sedang melahirkan, sudah selayaknya Anda juga mengucapkan selamat atas kelahiran bayinya. Berikut beberapa ucapan atas kelahiran bayi dalam Kristen, di antaranya:

“Aku ucapkan selamat atas hadirnya buah hatimu di dunia ini. Semoga anakmu menjadi berkat untuk seluruh umat, agama dan khususnya bagi kedua orang tuanya. Tuhan Yesus memberkati.”

“Keluarga besar kami mengucapkan selamat untuk kelahiran putra bapak dan ibu. Semoga menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan keluarga. Semoga juga selalu taat dalam beragama dan takut pada Tuhan Yesus.”

“Puji Tuhan Yesus atas lahirnya putra dan putri Anda. Kami sekeluarga mengucapkan selamat dan hanya doa yang bisa kami haturkan supaya anak ini bisa tumbuh dengan penuh kasih dan menjadi orang hebat di masa mendatang.”

“Puji Tuhan, kasih Tuhan Yesus atas segala kuasaNya sudah member anugerah bayi kecil ini dengan sehat tanpa kekurangan. Kami ucapkan selamat kepada bapak dan ibu. Semoga anak ini senantiasa berbakti kepada orang tua dan TuhanNya.”

“Selamat kami ucapkan atas lahirnya anugerah terbesar yang diberikan Tuhan Yesus. Semoga menjadi anak yang cerdas, berbakti kepada orang tua, taat kepada agama, takut kepada Tuhan Yesus dan berguna untuk nusa serta bangsanya. Tuhan Yesus memberkati”

Congratulation ! untuk lahirnya anak pertamamu. Semoga anakmu bisa tumbuh dengan baik dan selalu mendapatkan berkat dari Tuhan Yesus. Semoga juga selalu memberikan kebahagiaan dan kasih bagi kedua orang tuanya.”

“Puji Tuhan, selamat atas lancarnya persalinanmu kemarin. Semoga anak yang telah dihadirkan Tuhan Yesus untukmu menjadi salah satu alasan atas kebahagiaanmu dan suami di dunia. Amin.”

“Shalom..selamat lahirnya putra ganteng Anda. semoga berkat terus mengalir dari Tuhan Yesus untuk anak ini. Semoga bisa tumbuh menjadi anak yang berbudi luhur, berguna untuk bangsa dan negara.”

“Shalom. Puji Tuhan Yesus. Selamat Kami ucapkan atas lahirnya putra ganteng Anda. semoga berkat Tuhan Yesus senantiasa melimpah dan tercurah dalam kehidupan Anda dan putra. Amin.”

“Selamat. Shalom..Puji Tuhan. Semoga berkat Tuhan Yesus selalu melimpah di dalam keluarga Anda atas kelahiran sang putri cantik. Semoga anak ini menjadi wanita yang membanggakan orang tua, agama, nusa dan bangsa. Amin.”

Ucapan Kelahiran Bayi Perempuan

Memiliki buah hati adalah anugerah paling indah yang diberikan Tuhan untuk sepasang suami istri. Hal ini juga akan memberikan kebahagiaan bagi lingkungan sekitar. Berikut beberapa ungkapan untuk memberikan selamat atas kelahiran bayi jika berjenis kelamin perempuan, di antaranya:

“Selamat Bunda atas lahirnya bayi cantik nan mungil ini. Semoga menjadi anak yang sholihah, cerdas, berbakti kepada orang tua dan senantiasa menjaga martabat keluarganya.”

“Selamat atas lahirnya putri kecil yang cantik jelita. Semoga semua berkah dan karunia Tuhan selalu terlimpahkan dalam hidupnya.”

“MasyaAllah, anak sholihah ini semoga menjadi wanita hebat dan tangguh di masa mendatang. Selalu membawa berkah untuk kedua orang tuanya dan menjadi pemimpin wanita yang tegas dan bermartabat.”

“Sungguh beruntunglah kamu si cantik nan rupawan. Selamat datang di dunia ya nak. Semoga menjadi anak yang luar biasa saat dewasa nanti dan menjadi kebanggaan untuk ayah dan ibumu.”

“Selamat Bunda, setelah 9 bulan berada di kandunganmu, sekarang engkau siap bersama putri cantik ini setiap waktu. Semoga hari-harimu selalu bahagia dan berkah. Selamat menjadi orang tua baru.”

“Aku berharap dengan datangnya bayi mungil, cantik dan bersih ini melengkapi kebahagiaan keluarga kecilmu. Semoga si kecil selalu sehat dan ceria hingga dewasa kelak. Selamat menjadi ibu baru.”

“Perjuanganmu akhirnya telah terbalaskan atas hadirnya si bayi cantik ini di dunia. Selamat atas kelahiran putri rupawan ini. Semoga menjadi wanita yang sholihah dan menjadi panutan untuk para wanita.”

“Kebahagianmu semakin lengkap dengan kehadiran si bayi rupawan. Semoga menjadi orang tua yang selalu sabar dalam merawat dan membesarkan anak-anak. Selamat Bunda!

“Untaian doa selalu kau panjatkan untuk mendapatkan anak yang sholih sholihah. Sekarang, Allah telah mengabulkan doa-doa mu untuk mendapatkan bayi perempuan yang cantik rupawan. Selamat bunda, semoga selalu membawa berkah dan kebahagiaan dalam keluarga.”

“Anak manis nan cantik ini pasti merasa bahagia karena telah dilahirkan olehmu. Semoga menjadi orang tua yang mampu mendidik dengan baik hingga si cantik kelak mampu meraih kesuksesan dan keberkahan.”

Ucapan Kelahiran Bayi Laki-Laki

Sepasang suami istri pasti menginginkan seorang anak yang lahir dengan sehat dan mampu membawa kebahagiaan untuk keluarga. Anda sebagai tetangga, teman dan kerabat akan melengkapi kebahagiaan orang tua ini dengan memberikan ucapan selamat. Berikut beberapa contoh ucapan selamat untuk bayi laki-laki:

“Alhamdulillah bunda, setelah sekian lama menanti kedatangan si jagoan kecil, akhirnya dia datang dengan sehat tanpa kekurangan apapun. Semoga menjadi anak sholih dan selalu memberikan baktinya untuk kedua orang tua tercinta.”

“Puji syukur Alhamdulillah kami ucapkan atas lahirnya si bayi ganteng nan rupawan ini.semoga rezeki dan berkah selalu melimpah di keluarga kecil Anda. selamat menjadi orang tua baru.”

“Hai Bunda, selamat atas lahirnya si jagoan yang ganteng ya! Semoga menjadi anak yang sholih dan semoga selalu menjadi kebanggaan untuk kedua orang tuanya. Anak ini pasti akan menjadi pemimpin yang bijaksana kelak di kemudian hari.”

Ucapan Kelahiran Bayi Bahasa Jawa

Kelahiran bayi memang menjadi salah satu momen yang paling membahagiakan. Bagi orang Jawa biasanya diadakan sebuah ritual sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta. Jika Anda ingin memberikan ucapan selamat atas kelahiran bayi menggunakan bahasa Jawa, berikut beberapa referensinya yaitu:

“Ndherek mangayubagya awit lairipun putra/putri panjenengan ing minggu kapungkur. Mugiya dados lare ingkang saged ngugemi agami, bekti marang tiyang sepuhipun ugi bangsa sarta nagari.”

Arti dari kalimat bahasa Jawa diatas adalah “kami ikut berbahagia atas kelahiran putra/putrinya. Semoga menjadi anak yang menjalankan perintah agama, berbakti terhadap kedua orang tua, bangsa dan negara.”

“Ndherek bingah awit miyosipun lare panjenengan ing dunyo menika. Mugi-mugi tansah ngabekti marang tiyang sepuh. Saged dados tiyang ingkang becik, dados pemimpin ugi tuladha kangge tiyang sanes.”

Arti dari kalimat bahasa Jawa diatas adalah “Kami turut bahagia atas lahirnya sang anak ke dunia. Semoga selalu menjadi anak selalu bakti kepada orang tua. Kelak bisa bisa pribadi yang baik, pemimpin yang adil dan contoh untuk orang lain.”

“Katur syukur Alhamdulillah dhumateng panjenengan amargi sampun dados tiyang sepuh enggal. Mugi-mugi lare-nipun saged dados putra ingkang utama, becik saha sholih sholihah.”

Arti dari kalimat bahasa Jawa diatas adalah “Kami ucapkan puji syukur Alhamdulillah untuk kalian karena menjadi orang tua baru. Semoga anak yang dilahirkan mampu menjadi anak yang berbudi luhur, baik dan sholih juga sholihah.”

Ucapan Kelahiran Bayi Bahasa Inggris

Ucapan atas kelahiran bayi bisa direalisasikan dalam berbagai bahasa baik bahasa nasional, bahasa daerah hingga internasional. Jika Anda ingin menggunakan bahasa inggris dalam menyampaikan ucapan selamat atas kelahiran bayi, berikut beberapa referensi yang bisa Anda pilih, yakni:

“Congratulations of your new baby in the world! This is such a wonderful time to your family. We hope that your babyhood can filled with lots of love, cuddles dan fun. All the very best for your family.”

Terjemahan dari kalimat diatas adalah ”Selamat atas kehadiran bayinya di dunia. Ini merupakan salah satu momen yang luar biasa dalam keluarga Anda. Kami berharap agar bayi Anda dapat mengisi banyak cinta, pelukan dan keceriaan. Semoga yang baik selalu untuk keluarga Anda.”

“The coolest part about being new parents is catching a glimpse of yourself in your little one! Congratulations! Happy parenting dear!”

Terjemahan dari kalimat diatas adalah “momen paling keren saat menjadi sebuah orang tua baru ketika Anda melihat diri Anda pada bayi mungil ini Selamat. Selamat mengasuh anak, sayang.”

“Welcome to the world little one cute baby. It’s a place full of delight anda wonders!”

Terjemahan dari kalimat diatas adalah “Selamat datang ke dunia bayi kecil yang lucu. Ini adalah tempat yang penuh kebahagiaan dan keajaiban.”

“I don’t know who is more blessed. Either you’re for having a new little cute baby or your baby is for having a wonderful you as parents. Congratulations for everyone!”

Terjemahan dari kalimat diatas adalah “aku tidak mengerti siapa yang lebih mendapatkan berkat. Anda yang memiliki seorang bayi yang lucu atau bayi Anda yang memiliki Anda sebagai orang tua yang hebat. Selamat untuk kalian.”

“Having a new baby is one of the most awesome, exiting, wonderful and life changing event that can happen. Congratulations!”

Terjemahan dari kalimat diatas adalah “Memiliki seorang bayi adalah salah satu hal yang menakjubkan, menarik, indah dan mampu mengubah setiap momen kehidupan. Selamat.”

“There is no greater gift to loving couple wanting to be parents than a child. I’m glad to hear that. You have been given that gift. Congratulations!”

Terjemahan dari kalimat diatas adalah “Tidak ada hadiah yang membahagiakan bagi pasangan orang tua yang penyayang selain memiliki seorang anak. Saya senang mendengar kabar baik dari Anda. Anda telah memilih hadiah terbesar itu. Selamat.”

“We are wishing you in a lifetime of happiness with your new little baby. Congratulations!

Terjemahan dari kalimat diatas adalah “ Kami selalu berharap atasmu agar senantiasa bahagia dalam setiap waktu dengan bayi mungilmu. Selamat.”

“We pray that you’ll enjoy in your new little gift from God, and that you’ll be blessed with the wisdom to be great parents in this world!”

Terjemahan dari kalimat diatas adalah “Kami berdoa agar kamu selalu menikmati hadiah kecil yang indah dari Tuhan. Dan kamu juga akan mendapatkan berkah dengan kebijaksanaan sebagai orang tua yang hebat di dunia ini.”

“Parenthood is one of the best journeys in people life. Enjoy to being a new parents that a big gift from God. Congratulations! Always wishing you the very best of luck with a new baby!”

Terjemahan dari kalimat diatas adalah “Menjadi orang tua merupakan salah satu perjalanan terbaik dalam kehidupan manusia. Nikmatilah posisi sebagai orang tua baru dengan hadiah terbesar dari Tuhan. Selamat! Selalu berharap agar kamu beruntung dengan bayimu.”

“Always wishing you and your newborn many years of good health, happiness and love. Enjoy to be a new life as a family.”

Terjemahan dari kalimat diatas adalah “Selalu berharap untukmu dan bayimu agar dalam setiap waktu diberikan kesehatan, kebahagiaan dan penuh cinta. Selamat menikmati kehidupan baru sebagai keluarga!”

Ucapan Kelahiran Bayi Bahasa Arab

Jika Anda ingin membuat kartu ucapan atas kelahiran bayi untuk tetangga atau anak saudara, Anda bisa menggunakan bahasa arab agar tampak lebih beda dan unik. Anda bisa menuliskan huruf arab beserta artinya maupun huruf latinnya saja. Berikut beberapa referensi ucapan selamat atas lahirnya bayi dalam bahasa arab, yaitu:

“Baarokallohu laka fil mauhuubi laka wa syakartal Waahib wa balagho asyuddahu wa ruziqta birrohu.”

Arti dari doa diatas adalah “Semoga Allah SWT senantiasa memberikan berkah atas anak yang telah engkau dapatkan darinya. Dan semoga engkau juga senantiasa bersyukur atas anugerah itu kepada Sang Pemberi Rizki. Semoga anak Anda selalu dikaruniai kebaikan hingga dewasa.”

“Syakartal wahiiba wabuurika laka fil mauhuubi wa balagha asyuddahuu warazaqnaa birrahuu”

Arti dari doa diatas adalah “Semoga Anda selalu mengucap syukur atas pemberian Allah SWT. Berkah dan anugerah selalu dilimpahkan untuk anak dan Anda sekeluarga. Semoga anak ini lekas dewasa dan Anda diberikan rezeki atas kepatuhannya.”

“Ja’alallahu mubarokan ‘alaika wa ‘ala ummati Muhammadin”

Arti dari doa diatas adalah  “Semoga Allah SWT menghadirkan anak Anda sebagai berkah yang luar biasa atasmu, keluargamu dan seluruh umat nabi Muhammad SAW.”

Ucapan Kelahiran Bayi Bahasa Jepang

Jika kebetulan tetangga atau kerabat dekat Anda adalah orang Jepang dan baru saja melahirkan, Anda bisa memberikan ucapan selamat dengan menggunakan bahasa Jepang yang simple dan mudah, seperti:

“ しいの/ののをいてもとてもうれしいです” dibaca “Atarashii otoko no ko/ onna no ko no tanjou wo kiite watashi mo totemo ureshii desu”

Arti dari kalimat diatas adalah “Kami dan keluarga sangat bahagia atas kelahiran putra/putri Anda. selamat!

“赤ちゃんのご誕生おめでとうございます” dibaca “Akachan no gotanjou omedetou goaimasu”

Arti dari kalimat diatas adalah “selamat atas lahirnya bayi mungil Anda.”

“元気な男の子/美しい女の子のご誕生おめでとうございます” dibaca “Sutekina otoko no ko/ utsukushii onna no ko no go tanjou omedetou gozaimasu.”

Arti dari kalimat diatas adalah “selamat untuk Anda atas lahirnya bayi laki-laki yang tampan dan bayi perempuan yang cantik ini.”

“2のおめでとう” dibaca “Ni ninme no syutsusan omedetou.”

Arti dari kalimat diatas adalah selamat untuk Anda atas lahirnya putri yang cantik / pangeran yang tampan.”

“赤ちゃんおめでとう”dibaca “Akachan omedetou.”

Arti dari kalimat diatas adalah “semua harapan terbaik untuk si bayi.”

“しいをったちゃんになりますように” dibaca “Yasashiii kokoro wo motta akachan ni narimasuyouni”

Arti dari kalimat diatas adalah “semoga bayi yang Anda lahirkan menjadi anak yang berbudi luhur dan memiliki akhlak yang baik.”

“あなたのしいに” dibaca “Anata no atarashii kazoku ni kanpai.”

Kalimat diatas memiliki arti yakni “mari berbahagia atas lahirnya anggota baru di keluarga Anda.”

“いさん、はじめまして。はあなたのお母さんのおです” dibaca “Kawaii tenshi-san, hajimemashite. Watashi wa anata ni oka- san ni otomodachidesu.”

Arti dari kalimat diatas yakni “ Saya sangat bahagia bisa bertemu dengan kamu, si malaikat kecil, aku adalah teman baik dari ibumu.”

Format Kartu Ucapan Kelahiran Bayi

Pembuatan kartu ucapan atas kelahiran bayi bisa Anda buat sesuai keinginan. Anda bebas memilih desain, jenis huruf dan background warna sesuai dengan jenis kelamin bayi yang baru lahir tersebut. Tidak ada aturan khusus dalam aturan tata letak font atau gambar. Tetapi, hal-hal yang harus ada pada format kartu ucapan yakni:

  1. Pembuka (bisa berupa salam atau sapaan)
  2. Doa yang dipanjatkan
  3. Ucapan selamat
  4. Sertakan nama bayi (jika ada)
  5. Nama Anda sebagai pengirim kartu

Menjadi orang tua baru merupakan momen yang paling membahagiakan. Alangkah baiknya jika Anda juga menambah kebahagiaan itu dengan memberikan ucapan kelahiran bayi. Anda bisa mengirim kartu ucapan beserta kado cantik untuk si mama dan papanya.

53+ Ucapan Kelahiran Bayi (dalam islam, kristen)

Exit mobile version