Cerita Legenda Ande Ande lumut 1

Cerita Legenda Ande Ande lumut

Ande Ande lumut – Di kerajaan Kediri, hiduplah seorang putri raja yang sangat cantik jelita. Namanya Putri Sekartaji . Bukan saja cantik wajahnya Tapi juga baik budinya. Ia juga sangat dicintai rakyatnya. Tiba-Tiba Terjadi angin topan yang sangat dahsyat. Angin ini menerbangkan apa saja yang di laluinya. Orang-orang mulai panik dan berusaha menyelamatkan diri. Tapi sayang, Putri Sekartaji Terbawa terbang jauh keluar dari kerajaan Kediri dan jatuh di sebuah Sendang (kolam).

PUTRI SEKARTAJI LUPA INGATAN

Putri Sekartaji lupa ingatan

lampungpost.id

Akibatnya Putri Sekartaji menjadi lupa ingatan. Ia tak ingat lagi kalau dia adalah seorang putri raja. Orang-orang Tidak mengenalinya dan malah menghinanya karena pakaiannya yang kotor dan compang-camping. Untung dia ditolong oleh Mbok Randa Dadapan. Karena Putri Sekartaji tak ingat siapa diri nya, maka Mbok Randa Dadapan memberinya nama Klenting Kuning.

Mbok Randa Dadapan juga punya dua orang anak yang bernama Klenting Abang dan KIenting Ijo. Kedua anak itu sangat jahat. Selama tinggal di rumah Mbok Randa Dadapan, Klenting Kuning disuruh mengerjakan semua pekerjaan rumah. Menanak nasi , mencuci pakaian, membersihkan rumah, dan mengerjakan semua pekerjaan seorang diri. Sedangkan Klenting Abang dan Klenting Ijo hanya asik bersolek.

Klenting Abang dan Klenting Ijo sangat iri pada kecantikan Klenting Kuning. Mereka berharap jika Klenting Kuning mengerjakan semua pekerjaan rumah dan wajahnya yang sering terkena asap dari masakan dapat membuat kulitnya hitam. Namun ternyata Klenting Kuning tetap lebih cantik di bandingkan dengan kedua saudara angkatnya itu. Dalam mengerjakan pekerjaan apapun Klenting Kuning tidak pernah mengeluh. Ia selalu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Termasuk saat ia mencuci pakaian di sungai , ia dibantu oleh seekor ikan yang membuat pekerjaannya cepat selesai tanpa merasa lelah.

[/su_note]

BERTEMUNYA KLENTING KUNING DENGAN ANDE ANDE LUMUT

Bertemunya klenting kuning dengan ande ande lumut

pengajar.co.id

Suatu ketika ada kabar dari desa Jenggala bahwa anak angkat Mbok Randa Jenggala yang Tampan bernama Ande-ande lumut mencari istri. Berita itu didengar oleh seisi rumah Mbok Randa Dadapan. Klenting Kuning pun ingin ikut unggah unggahi (melamar). KlenTing Abang dan Klenting Ijo yang juga berniat untuk mengunggah-unggahi Ande-ande lumut menertawakan niat Klenting Kuning yang ingin ikut serta. Mereka pikir KIenting Kuning adalah orang yang Tak Tahu diri.

[/su_note]

Klenting Abang dan Klenting Ijo memperbolehkan KIenting Kuning ikut asal ia memakai pakaian yang kotor yang dilumuri Tahi ayam. Klenting Abang dan Klenting Ijo pun berangkat terlebih dahulu, baru setelah sepenanak nasi atau kira-kira Tiga jam baru Klenting Kuning boleh menyusul. Supaya sampai ke desa Jenggala, Klenting Abang dan Klenting Ijo harus menyeberangi sungai. Seekor yuyu berbentuk batu besar yang bernama Yuyu kongkang bersedia menyebrangkan keduanya asal mereka mau diciumi . Karena merasa Tak ada yang Tahu, keduanya bersedia menuruti perminTaan Yuyu kangkang.

Mbok Randa Jenggala menyambut kedatangan Klenting Abang dan Klenting Ijo. Ia merasa yakin kalau Ande-ande lumut akan memilih salah satu dari mereka. Tapi Ande ande lumut menolak keduanya karena ia Tahu bahwa keduanya Tidak bisa menjaga harga dirinya sehingga mau saja diciumi Yuyu kangkang. Klenting Abang dan Klenting Ijo merasa sangat malu.

Klenting Kuning berangkat dengan berbekal lidi ajaib yang namanya sada lanang pemberian si ikan yang Ternyata adalah Ki Bango Samparan. Dia adalah seorang senopati dari kerajaan Kediri yang ditugaskan untuk mencari dan melindungi Dewi Sekartaji. Saat sampai di sungai, seperti biasa Klenting kuning bertemu dengan Yuyu Kangkang dan memaksa untuk dicium kalau ingin disebrangkan. Klenting Kuning menolak permintaan Yuyu kongkang yang meminta ciuman sebagai syarat untuk menyebrangkannya karena ia punya harga diri. Lalu ia memukulkan lidi ke sungai dan mengenai Yuyu kangkang yang langsung kesakitan dan membuat air sungai terbelah dengan daratan di tengahnya membuat Klenting Kuning bisa menyeberang dengan lancar.

Mbok Randa Jenggala heran karena Ande-ande lumut malah memilih Klenting Kuning yang pakaiannya kotor dan bau. Ia baru mengerti setelah Ande-ande lumut menjelaskan bahwa KIenTing Kuning adalah Dewi Sekartaji yang merupakan putri kedaton kerajaan Daha Kediri dan Ande-ande lumut sendiri adalah suaminya yang memiliki nama asli Raden Panji Asmara. Pertemuan Putri Sekartaji dengan suaminya itu membuat ingatannya pulih kembali. Raden Panji Asmara yang sudah lama mencarinya pun langsung melepas kerinduannya, Keduanya segera pulang ke kerajaan Kediri dan hidup bahagia.

Itulah cerita legenda Ande Ande Lumut yang terkenal di Jawa Timur. Semoga bermanfaat….

Cerita Legenda Ande Ande lumut

Leave a Reply