10 Cerita Fantasi Terbaik dari Berbagai Era dan Penulis 1

10 Cerita Fantasi Terbaik dari Berbagai Era dan Penulis

Cerita Fantasi Terbaik dari Berbagai Era – Mempelajari contoh cerita fantasi terbaik adalah langkah awal yang dapat dilakukan penulis untuk merancang sebuah kisah. Sesuai namanya, fantasi menggunakan imajinasi, angan-angan, atau khayalan penulis sebagai pondasi dasar. Meski begitu, mereka tetap perlu mempertahankan logika di dalamnya. Sebagai contoh, berikut ini 10 cerita fantasi terbaik dari berbagai era dan penulis yang bisa Anda pertimbangkan.

Cerita Fantasi Terbaik dari Berbagai Era

Harry Potter (J. K. Rowling)

Harry Potter (J. K. Rowling)

Bisa dikatakan serial Harry Potter adalah satu dari sekian cerita fantasi tersukses selama hampir dua dekade terakhir. Kompleksitas plot, tokoh-tokoh menarik, dan adaptasi filmnya yang memukau hanyalah sekian alasan yang membuat Harry Potter layak disebut sebagai contoh cerita fantasi.

Petualangan Harry Potter, Hermione Granger, dan Ron Weasley dalam tujuh buku pun tak akan memikat bila sang penulis, J. K. Rowling, kurang lihai dalam merangkai setiap kata. Tingginya jumlah pembaca serial ini adalah bukti bahwa Rowling menguasai keterampilan menulis yang patut disanjung. Wajar saja bila beberapa bagian Harry Potter pun kerap dijadikan contoh teks cerita fantasi.

Fortunately, the Milk (Neil Gaiman)

Fortunately, the Milk (Neil Gaiman)

Neil Gaiman dikenal akan karya-karyanya yang unik dan mengesankan. Selain menulis cerita panjang seperti American Gods dan Good Omen, Gaiman juga menunjukan kemampuannya membuat contoh cerita fantasi yang pendek seperti Fortunately, the Milk.

Plotnya terbilang simpel, tetapi nyeleneh khas Gaiman: tentang seorang ayah yang mendapati piringan perak raksasa menggantung di atas jalan saat dia hendak membeli susu. Dalam petualangannya itu, sang ayah berusaha menjaga botol susu yang dibawanya tetap utuh sampai rumah. Dari Fortunately, the Milk, Anda akan memperoleh contoh cerita fantasi pendek yang berkualitas.

Lord of the Rings (J. R. R. Tolkien)

Lord of the Rings (J. R. R. Tolkien)

Kali pertama diterbitkan pada 1954, Lord of the Rings lahir sebagai trilogi yang berhasil mengundang atensi dari seluruh dunia. Kesuksesannya pun membuat serial tersebut diangkat ke layar perak dengan Elijah Wood sebagai salah satu pemeran utamanya.

Lantas, mengapa Lord of the Rings pantas masuk ke daftar contoh cerita fantasi? Semesta yang dibangun Tolkien dalam ketiga bukunya begitu rumit sekaligus rapi, sehingga mampu menarik para pembaca untuk berkelana bersama para tokohnya. Trilogi ini pun dianggap sebagai contoh cerita fantasi total, sebab dunia yang diciptakan Tolkien bersifat fiktif secara keseluruhan.

Bumi (Tere Liye)

Bumi (Tere Liye)

Penulis satu ini tak hanya dikenal produktif, tetapi juga mampu menerbitkan novel-novel dari berbagai genre. Dari populer, religi, hingga fantasi! Ya, serial Bumi yang terdiri atas empat buku merupakan contoh cerita fantasi yang berhasil menembus daftar best-seller di Indonesia.

Dalam serial tersebut, Tere Liye memperkenalkan pembaca pada Ali, Raib, dan Seli yang masuk ke dunia paralel yang tak diketahui banyak orang. Di semesta itu pula mereka bersua dengan klan Bumi, klan Bulan, dan klan Matahari. Kesuksesan serial Bumi menjadikannya sebagai contoh cerita fantasi bahasa Indonesia yang patut diapresiasi dan dibanggakan.

[/su_note]

Alice’s Adventure in Wonderland (Lewis Caroll)

10 Cerita Fantasi Terbaik dari Berbagai Era dan Penulis 2

Dikenal juga sebagai Alice in Wonderland, cerita fantasi dengan sentuhan adventure ini sudah beberapa kali diangkat ke sejumlah media. Bukan tanpa alasan bila karya Lewis Caroll ini begitu populer dan jadi contoh cerita fantasi yang mendunia.

Alice’s in Adventure in Wonderland membawa pembaca pada perjalanan ke dunia antah berantah bersama Alice. Tokoh-tokohnya unik seperti Chesire’s Cat, Queen of Hearts, The White Rabbit, serta Mad Hatter pun membuatnya masuk ke daftar contoh cerita fantasi anak karena dinilai sanggup menarik perhatian mereka sejak kali pertama melihatnya.

The Chronicles of Narnia (C. S. Lewis)

10 Cerita Fantasi Terbaik dari Berbagai Era dan Penulis 3

Ingin mempelajari struktur yang baik dan rapi untuk kisah fantasi? The Chronicles of Narnia adalah contoh cerita fantasi yang bisa diperhitungkan. Seperti Harry Potter, serial ini terdiri dari atas tujuh buku serta telah ditampilkan ke dalam berbagai jenis media.

Pusat The Chronicles of Narnia yang terbit pada dekade 1950-an adalah empat anak di masa Perang Dunia II, yakni Peter, Susan, Edmund, dan Lucy. Keduanya menemukan dunia ajaib saat masuk ke sebuah lemari kayu besar. Dari sana, Anda dapat menggali The Chronicles of Narnia sebagai contoh cerita fantasi dan strukturnya yang berlapis.

Nini Anteh

Nini Anteh

Cerita-cerita rakyat Indonesia tak hanya kaya akan nilai moral, melainkan juga unsur fantasinya. Nini Anteh adalah contoh cerita fantasi dari Tanah Pasundan tentang seorang gadis penenun yang konon tinggal di Bulan bersama kucingnya.

Sebelum memutuskan pergi ke Bulan, Nini Anteh adalah dayang Putri Endahwarni. Sang putri telah dijodohkan dengan pangeran tampan bernama Anantakusuma. Sayangnya, sang pangeran malah jatuh hati pada Nini Anteh. Pada akhir contoh cerita fantasi singkat ini, Nini Anteh memutuskan pergi karena tak mau terus dikejar Anantakusuma dan menyakiti hati sang putri yang juga sahabatnya.

Legenda Danau Toba

Legenda Danau Toba

Seperti di tempat-tempat wisata alam lainnya, Danau Toba juga menyimpan legenda yang sarat akan unsur fantasi. Kisahnya juga tak terlalu panjang, sehingga cocok bagi Anda yang mencari contoh cerita fantasi terbaik untuk flash fiction atau cerita pendek (cerpen).

Pada legenda ini, seorang pemuda bernama Toba diminta untuk menutup rahasia oleh sang istri yang sempat dikutuk menjadi ikan. Sayangnya, Toba melanggar janji tersebut saat membentak Samosir, sang anak, dan menjadikan desa tempat tinggalnya menjadi danau yang kini dikenal sebagai Danau Toba. Cukup menarik untuk dijadikan contoh cerita fantasi pendek dan singkat, bukan?

[/su_note]

Made of Stars (Hana Krisviana)

10 Cerita Fantasi Terbaik dari Berbagai Era dan Penulis 4

Kisah-kisah fantasi bermain juga dengan latar waktu yang digunakan atau dikenal juga dengan nama fantasi sezaman. Penulis biasanya hanya akan menggunakan satu masa saja, yakni masa lampau, kini, dan depan. Made of Stars adalah satu dari sekian contoh cerita fantasi dengan latar waktu modern.

Made of Stars sendiri tak sepenuhnya mengusung genre fantasi karena ada sentuhan romance di dalamnya. Namun faktor ini pula yang membuatnya menarik dan dekat dengan kehidupan sehari-hari para pembaca. Pada contoh cerita fantasi sezaman ini, sang tokoh utama bertemu malaikat yang menyamar sebagai pemuda asing.

Percy Jackson (Rick Riordan)

Percy Jackson (Rick Riordan)

Bagi penggemar mitologi Yunani, serial Percy Jackson termasuk contoh cerita fantasi yang terbilang memuaskan. Betapa tidak? Rick Riordan alias Uncle Rick berhasil memadukan kisah remaja bernama Percy Jackson dengan berbagai cerita dalam mitologi Yunani.

Tak hanya itu, Percy Jackson termasuk contoh cerita fantasi irisan yang dapat Anda jadikan pegangan. Jika Lord of the Rings sepenuhnya merupakan imajinasi, maka Percy Jackson memadukan unsur dunia nyata (kehidupan Percy) dengan fantasi (semesta para dewa-dewi Olympus). Eksekusi yang tepat pun membuat karya Riordan laris di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Semoga daftar contoh cerita fantasi terbaik dari berbagai era dan penulis ini membantu Anda merampungkan proyek menulis!

10 Cerita Fantasi Terbaik dari Berbagai Era dan Penulis

Leave a Reply