33 Cerita dongeng Pendek : Anak, Nusantara, Fantasi, Pendek(Terlengkap) 1

33 Cerita dongeng Pendek : Anak, Nusantara, Fantasi, Pendek(Terlengkap)

Cerita Dongeng – Cerita dongeng adalah suatu karangan orang bisa juga mitos yang biasanya bertujuan untuk di ambil hikmahnya, biasanya di ceritakan untuk anak-anak. mari simak kumpulan Cerita dongeng untuk anak Fantasi Nusantara Lengkap.

CERITA DONGENG ANDE-ANDE LUMUT

CERITA DONGENG ANDE-ANDE LUMUT

Dahulu kerajaan Kediri ditimpa prahara angin topan yang dahsyat. Semua penghuni istana kalang kabut. Seorang putri bernama Dewi Sekartaji terbawa angin puting beliung hingga jauh ke angkasa. Di angkasa mendadak angin topan itu mereda. Tubuh sang Putri seketika meiorot turun. Ia menabrak daun dan ranting pepohonan.

Pada akhirnya sang putri jatuh di sendang (kolam) jauh dari istana Kediri.

“Byur!”sang Putri masuk ke dalam kolam yang becék dan berlumpur. Di beberapa bagian tubuhnya terdapat luka dan Iecet-lecet. Termasuk di bagian wajahnya. Pakaiannya compang-camping. Robek-robek di sana-sini. Penampilannya sebagai putri istana hilang lenyap. Dengan mengaduh kesakitan ia berenang ke tepian dan naik ke atas daratan.

“Di manakah aku ini?” gumamnya bingung sambil bangkit. berdiri. Dari kejauahan tampak perkampungan penduduk maka dia berjalan menuju ke sana.

Karena kejadian dahsyat yang baru dialaminya membuat sang Putri hilang ingatan. Ia tidak mengetahui lagi siapa jati dirinya yang sebenarnya. Saat memasuki perkampungan penduduk ia disoraki anakanak kecil. Ia dianggap orang gila atau gelandangan yang tak punya rumah. Kadang-kadang ia harus berlari-lari kecil karena anak-anak kecil itu melemparinya dengan batubatu kecil

Perutnya sudah terasa lapar, tenggorokannya sudah terasa kering. Tapi ia tak tahu harus kemana. Tidak ada seorang pun yang menaruh simpati dan kasihan kepadanya.

Baca cerita Selengkapnya : Cerita Legenda Ande Ande Lumut (Lengkap)
[/su_note]

CERITA DONGENG BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIHCERITA DONGENG BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH

Alkisah ada sebuah kisah tentang seorang gadis yang sudah tidak punya bapak dan ibu, gadis tersebut adalah Bawang putih. Karena sudah tidak punya orang tua, bawang putih tinggal bersama ibu tiri, dan yang kebetulan ibu tiri tersebut mempunya seorang anak (seumuran dengan dia) yang bernama bawang merah. Sehari-hari Bawang Putih selalu dibebani pekerjaan yang berat-berat, misalnya mengambil air dari sumber yang jaraknya cukup jauh dari rumah.

“Tidak mengapa…” gumam Bawang Putih sambil bekerja, ””Mengambil air dari belik (sumber). Jaraknya dari rumah cukup jauh, Tapi ini seperti olah raga yang menyehatkan tubuhku.” Sementara saudara tiri nya yaitu Bawang Merah tidak pernah disuruh bekerja membantu ibunya. Pekerjaannya sehari-hari hanya bersolek dan bermalas-malasan.

“Ngapain bekerja keras. sekarang biarkan Bawang putih yang bekerja keras melakukan semua tugas.” kata Bawang Merah.” ”

“Dulu saya yang sering bekerja keras untuk melakukan pekerjaan, sekarang biar gantia dia yang mengerjakannya!” Bawang Putih juga diperintah mencari ranting-ranting ka bakar untuk menanak nasi dan memasak. Namun gadis ini tidak pernah mengeluh sedikitpun.

bawang putih jalani hidup ini dengan tabah, walau kadang ia juga merasa diperlakukan tidak adil oleh ibu tirinya. salah satunya seperti memastikan ayam yang dipelihara harus diberi makan, padahal itu pekerjaan mudah dan Bawang Merah pasti bisa melakukannya. la juga yang harus menyapu dan menimbun sampah di belakang rumah. Kareha sering bergerak tanpa disadari tubuh Bawang Putih semakin sintal padat dan sehat. Kecantikannya tidaklah berkurang karena kesibukannya mengerjakan pekerjaan pekerjaan rumah.

Sementara Bawang Merah dibiarkan begitu saja. Apabila ada kesalahan sedikit saja ia selalu dimarahi habis-habisan oleh ibu tirinya. “Ingat jangan ulangi Iagi kesalahanmu, dasar gadis bodoh ! Jelek !” bentak ibu tirinya suatu hari. “Maaf Bu.…saya tidak akan mengulangi kesalahan saya lagi. Tolong berikan maafmu ibu… ” kata Bawang Putih penuh sopan.

 

CERITA DONGENG LEGENDA DANAU TOBA

CERITA DONGENG LEGENDA DANAU TOBA

Konon hiduplah seorang pemuda bemama Toba. Toba adalah seorang yatim piatu. Sehari-hari Toba bekerja di ladang, sepulang dari berladang biasanya dia akan berangkat memancing ikan untuk lauk makan. Seperti biasanya, sore itu Toba memancing ke danau, baru beberapa saat dia masukkan umpan kedalam air langsung disambar oleh seekor ikan besar.

Rupanya keberuntungan sedang menghampirinya hari itu, gumam Toba dalam hati. Dengan bersemangat Toba melangkah pulang sambil menenteng ikan hasil tangkapannya. Dalam benaknya sedang membayangkan alangkah nikmatnya daging lkan ini, Toba langsung menuju dapur untuk menyalakan api, tapi kebetulan kayu bakarya sedang habis.

la bergegas keluar menuuju kolong rumahnya untuk mengambil kayu bakar Setelah mengambil kayu bakar secukupnya Toba segera kembali kedapur ia, sudah sangat kelaparan dan ingin segera memasak ikan yang ia dapat tadi. Tobe memutuskan meninggalkan dapur den masuk rumah. ia bingung dengan kejadian aneh yang menimpanya. Belum habis rasa bingung yang mengitari kepalanya, Toba kembali dibuat terkejut melihat seorang gadis cantik yang sedang duduk di kamamya. Wanita itu sangat cantik, Toba terpana dan jatuh cinta pada pandangan pertama pada wanita itu.

Setelah merasa cukup kenal tanpa berfikir ulang Toba memutuskan menikahi wanita itu dan mereka hidup bersama Setelah rnjenlkah, tak berselang lama istru toba mengandung, bertambah bahagia hati Toba meskipun Toba tahu siapa sebenarnya. sang istri la sangat mencintainya, bahkan cintanya bertambah besar manakala sang lstri tengah Mangandung buah cinta mereka, Hingga tibalah sang istrimelahirkan bayi “Laki-laki yang sangat tampan, Toba dan istrinya sangat menyayangi buah cinta merekaSamosir, nama ltu mereka berikan untuj anak laki-laki mereka.

 

CERITA DONGENG TIMUN EMAS

CERITA DONGENG TIMUN EMAS

Dahulu kala hiduplah seorang janda tua yang bernama mbok Sarni. Ia tinggal seorang diri di lereng sebuah gunung. Setiap hari dia menghabiskan waktunya dengan ber|adang sekedar membunuh waktu, karena mbok Sarni tidak memiliki seorang anak. Sebenarnya dia ingin sekali mempunyai anak, agar ada sosok yang memberi warna setiap hari dalam hidupnya.

Sore itu mbok Sami pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar, dan ditengah jalan mbok Sarni bertemu dengan raksasa penghuni hutan. Raksasa itu mengeram. la meminta agar Mbok Sami memberikan anaknya untuk dimakan Dengan sangat ketakutan mbok Sarni mengatakan bahwa dia tidak punya anak , bahkan ia sangat ingin sekali punya anak, maka si Raksasa memberikan biji mentimun. “Tanamlah biji ini di halaman rumahmu, dan setelah dua minggu kamu akan mendapatkan seorang anak. Tetapi ingat, serahkan anak itu padaku setelah usianya enam tahun”.

Kata Raksasa itu dengan suara menggelegar Dengan tangan gemetar Mbok Sami menerima biji mentimun itu. Ia bergegas pulang, sesampainya dirumah segera ia menanam biji mentimun itu di depan rumahnya, ia merawat tanaman timun itu dengan baik, menyirami setiap hari. Mbok Sarni sangat gembira melihat  tanamannya tumbuh subur dan berbuah lebat.

Setelah hampir dua minggu, mentimun-mentimun itu nampak sudah siap panen. Tapi Mbok Sarni mendapati ada salah satu buah timun dengan buah yang sangat besar. Namun ada satu buah yang sangat besar dan berwarna keemasan, mbok Sarni sangat tertarik dengan buah itu maka ia memetiknya dan di bawa ke rumah untuk di belah  Sesampainya di dapur Mbok Sami segera membelah mentimun besar itu, betapa terkejutnya ia setelah dibelah ternyata didalam buah timun raksasa itu berisi seorang bayi merah dengan paras cantik jelita, ternyata raksasa itu memang tidak berbohong.

 

CERITA DONGENG ANAK BEBEK YANG BURUK RUPA

CERITA DONGENG ANAK BEBEK YANG BURUK RUPA

Dahulu kala, adalah sekelompok bebek yang tinggal di tepi sungai. Mereka terdiri terdiri dari baPak dan Ibu Bebek, dan telur-telur bebek yang sedang dierami. Suatu hari, telur-telur itu menetas satu persatu. Mereka senang bukan main. Sambil memperhatikan telur-telur yang menetas satu persatu, ia pun tersenyum dan memeluk satu persatu anak bebek yang sudah lahir Itu.

Namun ketika telur terakhir menetas, anak bebek yang keluar bentuknya sangat berbeda dengan saudara-saudaranya. Bila ibu dan Pak Bebek berwarna kuning keemasan dan berparuh oranye, maka anak bebek yang terakhir ini berbulu kehitaman dan berparuh kecoklatan, wajahnya tidak cantik seperti saudara-saudaranya dan suaranya pun berbeda

Bebek kecil yang buruk rupa tadi selalu diejek oleh saudara-saudaranya yang lain. Namun demikian, si bebek kecil yang buruk rupa itu tetap mengikuti kemanapun induknya pergi, walaupun induknya tidak pernah sekalipun memperhatikannya.

Semakin besar, ia semakin berbeda dengan saudara-Saudaranya yang lain. Hal ini sangat memalukan bagi keluarga Ibu Bebek. Apalagi si Bebek buruk rupa ini ternyata tidak bisa berenang sebaik saudara-saudaranya yanglain.  Pada hari saat sedang berenang bersama lbu dan saudara-saudaranya sang Bebek buruk rupa ini tertinggal jauh di belakang. Ia kemudian memanggil-manggil ibunya dengan suaranya yang jelek itu, namun tidak ada balasan dari ibunya.

Akhirnya ia pun berenang menyusuri sungai untuk mencari keluarganya kembali, berhari-hari ia lalui  tanpa menyerah. Hujan angin ia lalui tanpa kenal lelah, hingga akhirnya ia benar-benar putus asa dan menangis sedih di sudut sungai Tangisannya begitu memilukan hati. Ia masih begitu kecil. belum mengerti mengapa ibunya meninggalkannya dan tidak pernah sayang padanya. Padahal ia anaknya mengapa langit begitu kejam padanya, ia bertanya-tanya di dalam hati sambil terus menangis Tak lama, datanglah dua ekor bebek. Mereka sama buruknya dengan bebek buruk rupa itu, bahkan suaranya pun juga sama. Mereka mendatangi bebek kecil yang sedang menangis itu dan menghiburnya.

 

CERITA DONGENG ANGSA BERTELUR EMAS

CERITA DONGENG ANGSA BERTELUR EMAS

Seorang petani memiliki seekor angsa yang sudah lama ia pelihara sejak masih sangat kecil. Ia selalu memberi makan angsa itu, dan terkadang angsa itu menjadi teman bicaranya saat Ia sedang kesepian. Angsa itu menjadi binatang kesayangan sang petani.

“Kau tahu angsa, hanya kaulah satu-satunya yang mau berteman dengan laki-laki miskin seperti aku ini, “kata si petani kepada angsa miliknya .

Petani itu mengusap-usapkan paruh sang angsa pada telapak tangannya sebagai tanda persahabatan.

“Tidak seorang pun yang mau berteman denganku. Mungkin. keadaannya akan lain jika aku seorang yang kaya raya,” ucap petani itu dengan sedih.

Kali ini sang angsa mengepak-ngepakkan sayapnya hingga membuat si petani tersenyum “Terima kasih angsa, kamu memang sahabat terbaik. Kau seIalu ada untukku kapanpun aku membutuhkanmu dan kau juga selalu menghiburku ketika aku sedang sedih,” ucap petani lirih.

Sang angsa mendekatkan tubuhnya kepada si petani yang kemudian mengusap-usapkan  tangannya ketubuh sang angsa.

Keesokan hannya keitika Si petani akan pergi ke sawah untuk bekerja, tiba-tiba angsa datang mendekatinya. Di depan sipetani angsa itu mengeluar kan sebutirtelur.

 

CERITA DONGENG ARIEL SI PUTRI DUYUNG

CERITA DONGENG ARIEL SI PUTRI DUYUNG

Raja Triton, Raja Lautan yang perkasa, punya banyak anak perempuan. Mereka mencintai dunia bawah laut; tempat mereka tinggal. Tetapi Ariel si Putri Duyung, anak bungsunya,memimpikan dunia di atas permukaan air, dunia manusia. Meskipun ayahnya telah memperingatkannya agar tidak ke sana, Ariel mengabaikannya. Dia sering berenang ke permukaan laut.

Ariel dan sahabatnya, Flounder, senang mengunjungi Skatel si burung camar. Skatel memberitahu mereka tentang segala barang manusia yang ditemukan Ariel di dasar laut. Pada suatu hari Triton tahu bahwa Ariel sering pergi ke permukaan laut. Triton marah sekali. Dia mencemaskan keselamatan Ariel. Maka dia meminta sahabat kepercayaannya, Sebastian si kepiting, untuk mengawasi Ariel.

Beberapa hari kemudian Ariel melihat ada kapal melintas di permukaan laut Manusia!’ seru Ariel sabil cepat-cepat berenang mendekati kapal itu. “Oh, tidak!” teriak Sebastian.

Cepat-cepat dia dan Fiounder mengejar Ariel. Ketika Ariel muncul di permukaan air, dilihatnya sebuah kapal besar penuh pelaut yang bernyanyi-nyanyi dan menari-nari. Mata Ariel bercahaya ketika dia melihat pemuda gagah yang oleh para pelaut dipanggil Pangeran Erik. Ariel jatuh cinta pada pandangan pertama. Tiba-tiba langit menjadi gelap dan kilat menyambar-nyambar.

Kapal Pangeran Erik bukan tandingan badai yang mengerikan itu. Kapal itu diombang-ambingkan ombak dan Pangeran Erik terlempar ke laut.

 

CERITA DONGENG BAJU BARU SANG RAJA

CERITA DONGENG BAJU BARU SANG RAJA

AIkisah pada jaman dahulu hiduplah seorang Baginda Raja yang sangat menyukai pakaian . Koleksi pakaiannya sangat banyak karena hampir setiap hari yang ia pikirkan hanyalah modeI-model pakaian yang terus berkembang. Tiada satu haripun ketinggalan mengikuti perkembangan model baik dalam maupun luar negeri.

Almari khusus untuk pakaian Sang Raja sangat banyak dan terus bertambah karena model tak pernah berhenti dan selama itu Raja akan selalu membuat pakain dengan model terbaru

Hingga pada suatu saat, tibalah hari untuk memperingati ulang tahun kemerdekaan kerajaan. Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan rakyat karena akan banyak pertunjukan yang ramai dan banyak tamu dari manca negara yang tentu saja akan . menambah penghasilan tambahan bagi rakyat. Karena kebanyakan tamu-tamu akan membeli berbagai macam souvenir yang khas sebagai oleh-oleh. .

Raja sangat bingung dengan pakaian yang akan dikenakan pada acara puncak perayaan, semua. pakaian yang dia koleksi rasanya sudah. dipakai semua dan tidak baru lagi. Karena. itu ia memutuskan untuk membuat. sebuah sayembara. la mencari penjahit yang ahli dan dapat menciptakan pakaian yang tidak mungkin modelnya sama dengan orang lain.

Benar saja setelah selang sehari sayembara itu di umumkan datanglah dua orang yang menyatakan sanggup memenuhi permintaan Sang Raja.

 

CERITA DONGENG BONEKA PEMECAH KACANG DAN RAJA TIKUS

CERITA DONGENG BONEKA PEMECAH KACANG DAN RAJA TIKUS

Marie dan saudaranya Fritz duduk di luar ruang tamu sedang menduga-duga hadiah apa yang telah dibuat untuk mereka’dari kakek Drosseimeyer, seorang pembuat jam dan penemu; Mereka akhirnya diizinkan masuk ke ruang tamu, dimana mereka menerima banyak hadiah yang indah-indah, termasuk hadiah dari kakek Drosselmeyer, yang berupa jam berbentuk kastil dengan boneka orang mekanik di dalamnya. Namun, karena anak-anak hanya bisa memainkan hal yang sama berulangulang, akhirnya mereka cepat bosan.

Pada saat ini, Marie memperhatikan sebuah boneka pemecah kacang, dan bertanya siapa yang memilikinya. “Boneka itu milik kalian semua,” kata Ayah Marie.

Tetapi, Marie sangat menyukainya dan ingin menjadi pemiliknya. Marie, Fritz, dan adik mereka Louise memainkannya bersama untuk memecah kacang, hingga Fritz berusaha memecah sebuah kacang yang besar dan keras, dan rahang dari Boneka Pemecah Kacang” itu rusak. Marie sangat marah melihat hal tersebut. Ia membawa boneka itu pergi dan membalutnya dengan pita yang berasal dari bajunya.

Ketika Waktu tidur, anak-anak meletakkan hadiah mereka di dalam sebuah peti khusus untuk menyimpan mainan mereka. Fritz dan Louise pergi ke tempat tidur. Tetapi Marie meminta ijin untuk membawa Boneka Pemecah Kacang ke tempat tidurnya. Dia meletakkan boneka itu di tempat tidur dan berkata padanya bahwa Drosseimeyer akan memperbaikinya seperti baru.

Tiba-tiba, wajah boneka itu tampak seperti hidup, dan Marie sangat takut melihatnya tetapi dia kemudian berpikir bahwa itu hanyalah mimpi.

 

CERITA DONGENG PUTRI TIDUR

CERITA DONGENG PUTRI TIDUR

Dahulu kala, hiduplah “seorang Raja dan Ratu yang tidak . memiliki anak. Raja dan Ratu sangatlah sedih. Tetapi suatu hari ketika sang Ratu berjalan di tepi sungai, seekor ikan kecil mengangkat kepalanya keluar dari air dan berkata kepada sang Ratu.

“Apa yang kamu inginkan akan terpenuhi, dan kamu akan segera mempunyai seorang putri,” kata ikan.

Apa yang ikan kecil tersebut ramaikan segera menjadi kenyataan. Sang Ratu melahirkan seorang gadis kecil yang sangat cantik sehingga sang Raja tidak dapat menahan kegembiraahnya dan mengadakan perjamuan besar-besaran. Dia mengundang semua sanak keluarga, teman dan seluruh penduduk dikerajaannya. Semua peri yang ada dikerajaannya juga turut diundang agar mereka dapat ikut menjaga dan memberikan berkah kepada putri kecilnya.

Di kerajaannya terdapat tiga belas orang peri dan. sang Raja hanya memiliki dua belas piring emas, sehingga Raja tersebut memutuskan untuk mengundang dua belas orang peri saja dan tidak mengundang peri yang ketiga belas. Semua tamu dan peri telah hadir dan

setelah perjamuan mereka memberikan hadiah-hadiah untuk putri kecil itu. Satu orang peri memberikan kebaikan, peri yang lainnya memberikan kecantikan yang lainnya lagi membelikan kekayaan.

 

CERITA DONGENG CINDERELACERITA DONGENG CINDERELA

Alkisah, di sebuah kerajaan, hidup seorang gadis cantik jelita dan baik hati bernama Cinderella. ia tinggal, bersama ibu dan kedua kakak tirinya, karena orang tuanya telah meninggai dunia. Di rumah tersebut ia selalu disuruh mengerjakan se|uruh pekerjaan rumah. Cinderella selalu dibentak dan hanya diberi makan satu kali sehari oleh ibu tirinya.

Suatu hari, datang pengawal kerajaan yang membawa surat undangan pesta dari Istana untuk disampaikan kepada se|uruh rakyat kerajaan yang memiiiki anak gadis. Sang Pangeran akan mencari seorang gadis untuk dijadikan istrinya. Kedua kakak tiri Cinderella merasa sangat kegirangan.

“Asyik! kita akan pergi dan berdandan secantik-cantiknya. Kalau aku jadi putri raja, ibu pasti akan gembira,” kata mereka.

Tanpa terasa hari yang dinanti telah tiba. Kedua kakak tiri Cinderelia mulai berdandan dengan gembira. Mereka mengenakan gaun indah yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Ibu tiri Cinderella pun tidak ketinggalan, dia turut membenahi pakaian kedua anaknya, berharap sang Pangeran akan memilih salah satu anaknya.

Cinderella hanya dapat melihat mereka dengan hati sedih. Dia ingin ikutan ke pesta Istana, tetapi ibu dan kedua kakak tirinya meiarangnya.

 

CERITA DONGENG GULLIVER DAN NEGRI LILIPUT

 

Dahulu ka|a di negara Inggris ada seorang dokter muda bernama Gulliver. la senang berlayar ketempat yang sangat jauh, hingga pada suatu saat mendapat badai di tengah |autan. Saat sedang berlayar datanglah angin topan yang sangat dahsyat. Semua orang yang ada di kapal tersebut terlempar ke laut. Gulliver terus bertahan dan berenang di tengah ombak yang bergulung-guiung. Akhirnya ia terdampar. di sebuah pantai.

Ketika membuka matanya Gulliver mendapatitubuhnya telah diikat dengan taIi-tali kecil dan begitu banyak prajurit-prajurit kecil yang membawa tombak mengelilinginya

“Jangan bergerak! Lihatlah keadaanmu kau telah kami tawan!” , teriak seorang prajurit kecil.

“Hai laki-laki raksasa, siapakah kau sebenarnya?” teriak yang lainnya.

“Namaku Gulliver, kapalku tenggelam diterjang badai dan aku terdampar disini,” jawab Gulliver.

“Baiklah, kau akan kami bawa ke Istana. Rajaku akan menentukan apakah kau harus diUsir atau boleh tinggal di sini,” kata prajurit kecil itu lagi.

 

CERITA DONGENG GADIS KECIL PENJUAL KOREK API

Suatu malam Natal, orang-orang berjalan dengan wajah gembira memenuhi jalanan di kota. Di sudut jalan seorang gadis kecil mengenakan pakaian compangcamping sedang menjual korek api.

“Mau beli korek api? ibu, belilah korek api ini,” serunya menawar

kan korek api dagangannya. “Aku tidak butuh korek api, sebab di rumah ada banyak,” sahut seorang Ibu kepada si gadis.

Tidak ada seorang pun yang membeli korek api dari gadis itu. Tetapi, kalau ia pulang tanpa membawa uang hasil penjualan korek api, ia akan dipukuli oleh ayahnya. Ketika akan menyeberangi jalan. . TIba-tiba sebuah kereta kuda berlari dengan kencangnya. Gadis itu melompat karena terkejut. Pada saat itu sepatu yang dipakainya terlepas dan terlempar entah ke mana. Sedangkan sepatu sebelahnya jatuh di seberang jalan.

Ketika gadis itu bermaksud pergi untuk memungutnya, seorang anak laki-Iaki memungut sepatu itu lalu melarikan diri “Wah, aku menemukan barang yang bagus.” kata anak laki-laki itu sambil membawa lari sepatu sang gadis.

‘Akhirnya, gadis itu bertelanjang kaki. Di sekitarnya, korek api jatuh berserakan. Sudah tidak bisa dijual lagi. Kalau pulang ke rumah begini saja, ia tidak dapat membayangkan bagaimana hukuman yang akan diterima dari ayahnya. Apa boieh buat, gadis’ itu membawa korek api yang tersisa, lalu berjalan dengan sangat ielahnya. Terlihatiah sinar yang terang dari jendela sebuah rumah. Ketika gadis itu pergi mendekatinya, terdengar suara tawa gembira dari dalam rumah.

 

CERITA DONGENG HANZEL AND GRETEL

Sebuah desa pada zaman dahuiu hiduplah sebuah, keluarga bahagia. Mereka mempunyai dua orang anak yang manis namanya Hansel dan Gretel. Suatu ketika Ibu mereka meninggal karena sakit. Sejak kematian sang Ibu, mereka selalu bersedih sepanjang hari.

Agar mereka tidak bersedih, sang Ayah menikah lagi untuk menghibur mereka. Ternyata ibu baru mi sangat jahat dan memperlakukan mereka dengan buruk. Dari pagi hingga petang mereka ‘ disuruh terus bekerja dan hanya diberi makan satu kali Musim kemarau puntiba, dan mereka tidak mempunyai makanan apa-apa.  Sang Ibu menyuruh anakanak untuk, dibawa ke hutan dan meninggalkannya disana.

Ayah mereka sangat terkejutmendengar hal itu. Bicara apa kau ingin anak-anak mati?” kata sang  ayah Kau ini memang bodoh, kalau kita tidak melakukannya,kita semua akan mati! sang lbu menjawab.  Sementara itu dari balik kamar, Hansel dan Gretel mendengarkan pembicaraan mereka. Mereka ketakutan dan Gretel pun menangis. Akhirnya Ayah mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena istrinya terus mendesaknya. Hansel mempunyai akal agar mereka tidak tersesat di hutan.

ia keluar rumah dan mengumpuikan batu-batu kecil putih yang bila terkena cahaya bulan, akan bersinar.

Pada esok paginya dengan berteriak keras, Ibunya membangunkan Hansel dan Gretel. Sebelum berangkat ia memberikan sepotong roti kepada mereka. Setelah itu semua berangkat menuju hutan.

 

CERITA DONGENG HARTA YANG TERPENDAM DI LADANG

Ada seorang petani yang sedih dengan anak-anaknya yang malas bekerja keras.

Untuk mengubah kemalasan anak-anaknya, sebelum meninggal, sang petani kemudian berpesan pada mereka, “Ayah memiliki harta pusaka yang terpendam di ladang milik kita. Coba kalian temukan harta terpendam itu jika kalian ingin hidup sejahtera.”

Sesuai dengan pesan ayahnya, mereka kemudian bekerja keras menggali seluruh ladang itu.

Namun meski semua ladang sudah digali, mereka tidak’juga menemukan harta terpendam itu.

Mereka mulai putus asa dan kecewa.

Tapi, kemudian mereka iseng-iseng menanami ladang itu dengan tanaman gandum.

Beberapa waktu kemudian, tanaman gandum mereka bisa dipanen dengan hasil melimpah ruah dan menguntungkan.

 

CERITA DONGENG JACK DAN KACANG AJAIB

Dahulu, ada seorang ibu dan seorang anak muda yang tinggal di sebuah desa. Anak muda tersebut bernama Jack. Kehidupan mereka tergolong miskin. Harta mereka yang ada hanya seekor sapi, yang lama kelamaan produksi susunya sudah berkurang. Menyadari hal itu, sang ibu pun berencana menjual sapi yang mereka miliki, kemudian uangnya akan dipergunakan untuk membeli gandum. Rencananya, gandum tersebut akan ditanam di ladang dekat rumah mereka.

Keesokan harinya, Jack membawa sapi miliknya ke pasar. Di tengah jalan menuju ke pasar, Jack bertemu dengan seorang kakek yang menegurnya.

“Hai Jack maukah engkau menukar sapimu dengan kacang ajaib ini?” tanya sang kakek.

“Apa, menukar sebutir kacang dengan sapiku?”kata Jack terkejut.

“Jangan menghina, ya! ini adalah kacang ajaib. Jika kau menanamnya dan membiarkannya semalam, maka pagi harinya kacang ini akan tumbuh sampai ke langit ” kata kakek itu menjelaskan.

Jack pun tertarik dan menukarnya Sesampainya di rumah, Ibu Jack sangat terkejut dan marah.

“Benar-benar bodoh kau! Bagaimana mungkin kita hidup hanya dengan sebutir biji kacang?” bentak sang Ibu.

 

CERITA DONGENG KISAH 3 EKOR BERUANG

Pada suatu masa, ada tiga ekor beruang yang tinggal bersama di sebuah rumah yang mereka bangun sendiri .

di dalam hutan. Satu beruang berukuran kecii, satu beruang berukuran sedang, dan satunya lagi berukuran besar. Mereka memiliki setiap mangkuk untuk bubur mereka, sebuah mangkuk kecil untuk beruang kecil, mangkuk berukuran menengah untuk beruang sedang, dan mangkuk besar untuk beruang besar.

Mereka memiliki kursi untuk duduk, sebuah kursi kecil untuk beruang kecil. kursi berukuran menengah untuk beruang sedang, dan kursi besar untuk beruang besar. Dan mereka masing-masing memiliki tempat tidur untuk tidur, tempat tidur. kecil untuk beruang kecil, dan tempat tidur berukuran menengah untuk beruang sedang, dan tempat tidur besar untuk beruang besar.

Suatu hari, setelah mereka telah membuat bubur untuk sarapan mereka, dan menuangkannya ke dalam bubur mangkuk mereka. mereka berjalan keluar ke dalam hutan sambil menunggu sampai bubur mereka menjadi dingin agar mulut mereka tidak kepanasan saat memakannya Sementara mereka keluar berjalan-jalan, seorang gadis kecil bernama Goldilocks kebetulan di rumah para beruang. Pertama Goldilocks melihat dari jendela.dan kemudian dia mengintip lubang kunci. karena dia tidak melihat siqpapun di rumah tersebut. ia pun memutar pegangan pintu. Kebetulan pintu tersebut tidak dikunci, karena para beruang adalah beruang yang baik, yang tidak pernah melakukan kejahatan dan tidak pernah menduga bahwa akan ada orang yang akan berbuat jahat kepada mereka.

 

CERITA DONGENG KISAH ANGSA EMAS

Ada seorang lak-laki yang memiliki tiga orang anak, yang paling muda dipanggil Dummling, yang selalu diejek; dihina, dan selalu direndahkan pada setiap kesempatan. ltu terjadi ketika anak tertua ingin pergi ke hutan untuk menebang kayu, dan sebelum dia pergi sang Ibu memberinya bekal roti manis dan sebotol sari buah anggur agar dia tidak menderita kelaparan atau kehausan .

Ketika dia memasuki hutan, disana dia menjumpai seorang laki-Iaki tua kecil berambut putih yang menyapanya selamat siang, dan kemudian berkata padanya

BisakahAnda memberiku sepotong roti dari kantongmu, dan biarkan saya meminum sari anggurmu Saya sangat kelaparan dan kehausan,” kata laki-laki itu.

Tetapi pemuda itu menjawab, “Jika saya memberimu roti dan sari anggur ini, saya tidak akan kebagian untuk diri saya sendiri. Menyingkirlah dari hadapanku.”

Pemuda itu kemudian meninggalkan laki-laki tua itu dan terus melanjutkan perjalanannya. Tetapi ketika dia mulai memotong sebuah pohon, tidak lama dia membuat kesalahan, kapaknya melukai lengannya sendiri. Oleh karena itu ia pulang ke rumah dengan lengan terbalut. Ini akibat perbuatan. orang tua kecil berambut putih.

 

CERITA DONGENG KISAH KELEDAI PEMBAWA GARAM

Seorang pedagang, menuntun keledainya untuk melewati sebuah sungai yang dangkal. Selama ini mereka telah melalui sungai tersebut tanpa pernah mengalami satu pun kecelakaan, tetapi kali ini, keledainya tergelincir dan jatuh ketika mereka berada tepat di tengah-tengah sungai tersebut.

Ketika pedagang tersebut akhirnya berhasil membawa keledainya beserta muatannya ke pinggir sungai dengan selamat, kebanyakan dari garam yang dimuat oleh keledai telah meleleh dan iarut ke dalam air sungai. Gembira karena merasakan muatannya telah berkurang sehingga beban yang dibawa menjadi lebih ringan, sang Keledai merasa sangat gembira ketika mereka melanjutkan perjalanan mereka.

Pada hari berikutnya, sang Pedagang kembali membawa muatan garam. Sang Keledai yang mengingat pengalamannya kemarin saat tergelincir di tengah sungai itu, dengan sengaja membiarkan dirinya tergelincirjatuh ke dalam air, dan akhirnya dia bisa mengurangi bebannya kembali dengan cara itu.

 

CERITA DONGENG KUCING BERSEPATU BOOTS

Suatu hari hidup seorang petani miskin yang memiliki tiga putranya. Ketika dia wafat, dia tidak memiliki banyak warisan untuk dibagikan kepada mereka. Putra sulung mendapat penggilingan padi Putra kedua mendapat keiedai, tapi putra ketiga hanya mendapat seekor kacing dan tiga keping uang.

Apa yang bisa kulakukan dengan seekor kucing dan tiga keping uang?” pikir pemuda itu dalam hati.

“Majikanku berhentilah berpikir, carikan pakaian indah dan sepasang bot untukku,” kata si Kucing.

Pemuda itu melihat kucingnya sangat cerdik dan membelikan apa yang ~ dimintanya. Setelah berpakaian, si Kucing mengambil karung besar dan menangkap kelinnci yang gemuk Kucing Bersepatu Bot mendatangi raja negeri itu .

“Ini hadiah dari majikanku, Marquis de Carabas!” katanya. Sang raja yang senang makan sangat gembira. Kucing itu datang setiap hari sambil membawakan kelinci, ayam hutan, atau kalkun!

“Majikanmu baik sekali! Aku ingin bertemu dengannya,” kata sang Raja suatu hari.

 

CERITA DONGENG KISAH URASIMA TARO

Dahulu kala, hidup seorang pemuda bernama Urashima Taro. la adalah anak satu-satunya dan merupakan kesayangan dari seorang nelayan tua dan istrinya. Diasangat baik, muda dan kuat. Dia dapat beriayar dengan perahu jauh lebih pandai dari orang-orang yang tinggal di tepi pantai lainnya. Dia sering ‘berlayar jauh ke tengah laut, dimana para tetangganya sering memperingati orangtuanya bahwa mungkin suatu saat dia akan pergi terlalu jauh ke laut dan tidak pernah kembali lagi.

Orangtuanya tahu akan hal ini, bagaimanpun juga, mereka mengerti bahwa anaknya sangat pandai beriayar, dan mereka tidak pernah terlalu mengkuatirkannya. Bahkan biia Urashima pulang lebih lambat dari yang diharapkan, mereka selalu menunggu kedatangannya tanpa rasa cemas. Mereka mencintai’Urashima lebih dari hidup mereka sendiri, dan bangga bahwa dia sangat berani dan lebih kuat dari anak laki-Iaki tetangganya.

Suatu pagi, Urashima Taro pergi untuk mengambil tangkapan di Jaringnya, sepertl yang ditebarkannya kemarin malam Di salah ‘ satu jaringnya, diantara ikan yang tertangkap, dia menemukan seekor penyu kecil yang ikut terjerat. Penyu itu di ambilnya dan diletakkannya di daiam perahu sendiri, disimpannya-di tempat yang ‘ aman, hingga dia dapat membawanya pulang ke rumah.

Tetapi dengan kagum, Urashima mendengarkan penyu itu memohon dengan suara yang sangat lirih.

“Apa gunanya saya bagi kamu? Saya terlalu kecil untuk dimakan, dan terlalu muda hingga butuh waktu yang lama hingga saya menjadi besar. Kasihanilah saya dan kembalikan saya ke laut, karena saya tidak ingin mati,” pinta sang penyu.

 

CERITA DONGENG PANGERAN KATAK

Pada Jaman dahulu kala, ketika saat itu dengan mengharapkan sesuatu hai itu dapat terwujud ada seorang Raja yang mempunyaiputri-putri yang sangat cantik jelita. Di dekat istana tersebut terletak hutan kayu yang gelap dan rimbun,” dan di hutan tersebut terletak sebuah sumur ‘

Ketika cuaca panas, putri Raja yang  termuda sering ke hutan tersebut untuk duduk di tepi sumur yang dingin. Dan jika waktu terasa panjang dan membosankan, dia akan mengeluarkan bola emas dan melemparkannya ke atas, kemudian menangkapnya kembali.

Hal itu menjadi hiburan putri raja untuk melewatkan waktu.  Suatu ketika, bola emas itu dimainkan dan dilempar-lemparkan keatas, bola emas itu tergelincir dan tangan putri Raja dan terjatuh di tanah dekat sumur lalu terguling masuk ke dalam sumur tersebut. Mata putri raja hanya bisa memandangi bola tersebut meluncur kedalam sumur yang dalam, begitu dalamnya hingga dasar sumur tidak kelihatan lagi. Putri raja tersebut mulai menangis, dan terus menangis seolah-olah tidak ada yang bisa . menghiburnya lagi.

Di tengah-tengah tangisannya dia mendengarkan satu suara yang berkata kepadanya. “Apa yang membuat kamu begitu sedih, sang Putri? Air matamu dapat melelehkan hati yang terbuat dari batu.”

Dan ketika putri raja tersebut melihat darimana sumber suara tersebut berasal, tidak ,ada seseorangpun yang kelihatan, hanya seekor katak yang menjulurkan kepala besamya yang jelek keluar dari air.

 

CERITA DONGENG PENIUP SERULING DARI HAMELIN

Dahulu kala, ada sebuah kota besar bernama Hamelin, Kota itu terletak di tepi sebuah sungai besar. Penduduk kotanya hidup serba berkecukupan. Mereka tingga! di rumah-rumah batu yang kokoh dan memiliki berlimpah-Iimpah persediaan makanan di gudang mereka Kota itu selalu ramai dan dipenuhi dengan kegembiraan. Namun suatu ketika, sebuah wabah melanda kota itu.

Entah dari mana datangnya,tiba-tiba banyak sekali tikus yang berkeliaran di kota itu. Mereka memakan roti, keju, gandum, dan semua persediaan makanan para warga. Mereka merusak pakaian warga, menggigiti  kayu-kayu dan batu-batu, hingga rumah warga banyak yang robohdan hancur. Jumlah mereka pun semakin banyak dari hari ke hari.

Para warga sudah berusaha untuk mengerahkan kucing-kucing mereka untuk membasmi tikus-tikus itu, namun mereka malah menjadi mangsa si tikus. Banyak di antara kucing-kucing warga malah memilih kabur ke hutan di dekat kota itu. Maka paniklah warga kota itu. Mereka segera menyerbu dewan kota agar para anggota dewan segera menyelesaikan masalah itu. Para anggota dewan pun segera mengadakan rapat.

“Apa yang harus kita lakukan untuk membasmi tikus-tikus itu? Para warga sudah sangat ketakutan. TIkus-tikus itu juga semakin besar dan ganas!” seru seorang anggota dewan.

“Kita kumpulkan kucing-kucing paling besar yang kita miliki. Kita harus membuat armada kucing untuk menyerang tikus-tikus itu! seru anggota lainnya.

 

CERITA DONGENG PETUALANGAN PETERPAN

Wendy, John, dan Michael Darling tinggal di London. Suatu maLam, Wendy terbangun dan mendapatkan seorang anak aneh yang sedang duduk di lantai dan sedang menangis Wendy kemudian berbicara dengan anak itu.

“Namaku Wendy. Siapa kamu? Mengapa kamu menangis?” tanya Wendy.

“Nama saya Peter Pan. Saya menangis karena bayangan tidak . mau menempel padaku,” kata anak itu.

Jangan menangis. Kita dapat memperbaikinya, ” kata Wendy.

Dan, Wendy pun menjahit bayangan Peter Pan di ujung sepatunya. Peter sangat gembira.

“Terbang pulang ke Neverland, Tinker Bell,” pinta Peter Pan

“Kamu dapat menjadi ibu dan mengurus kami ” kata Peter Pan kepada Wendy.

“Dapatkan kau mengajari aku terbang?”  tanya Wendy.

Peter Pan mengangguk.

“Mari kita bangunkan John dan Michael. Kamu dapat mengajari kami semua untuk terbang dan kita akan pergi ke Neverland,” kata Wendy gembira.

 

CERITA DONGENG PINOKIO SI BONEKA KAYU

Di suatu kota, ada sebuah toko miiik kakek Gepeto pembuat boneka. DIa selalu memimpIkan untuk memiliki seorang anak. Pada suatu hari, kakek Gepeto mendapat ide untuk membuat sebuah boneka

“Alangkah senangnya kalau boneka manis ini menjadi seorang anak, ” bisik kakek Gepeto.

Setelah kakek berbisik demikian, terjadi satu keajaiban pada bonekanya.

“Selamat siang, Papa.” kata sang boneka.

Boneka itu mulai berbicara dan berjalan. Dengan amat gembira, kakek Gepeto berbicara pada bonekanya.

“Mulai hari ini, engkau adalah anakku. Kau kuberi nama Pinokio.

Agarkau menjadi anak pintar, besok kau mulai sekolah, ya!” kata kakek Gepeto.

Keesokan paginya, Kakek Gepeto. menjual beberapa pakaiannya untuk mendapatkan uang. la kemudian membelikan Pinokio sebuah buku pelajaran “Belajarlah baik-baik dengan buku ini!” kata kakek Gepeto

“Terima kasih, Papa. Aku pergi sekolah, dan akan belajar dengan giat. ” ucap Pinokio kepada kakek Gepeto.

“Hati-hati ya!” pesan kakek.

 

CERITA DONGENG PURI THUMBELINA

Pada suatu hari adalah seorang ibu yang sudah lama menginginkan seorang gadis kecil. ia selalu memimpik’an memiliki seorang anak, tetapi mimpinya tidak pernah terwujud. Ia menjadi sangat sedih. Suatu-hari ia mendengar bahwa ada seorang wanita tua yang-bijak yang dapat menolongnya. la pundatang ke wanita itu. Wanita tua itu memberinya sebuah biji kecil yang katanya akan tumbuh menjadi seorang gadis kecil. Ibu tadi segera menanam biji itu di sebuah pot. Tak lama kemudian tanaman itu tumbuh dan muncul kuncup bunga.

Kuncup bunga itu berkembang dengan mahkotanya yang berwarna kuning dan di tengahnya terdapat Seorang gadis kecil tak lebih dari ukuran ibu jari seorang wanita. Gadis kecil ini diberi nama Thumbelina. Tempat tidurnya dibuat dari kulit buah kenari,

kasurya terbuat dari kelopak bunga violet, dan selimutnya berasal dari kelopak bunga mawar.

Di waktu siang, dia bermain di. atas kapal yang terbuat dari ‘kelopak bunga tulip, yang mengambang di sebuah piring yang berisi air. Menggunakan dua rambut kuda sebagai dayung. Thumbelina berlayar mengelilingi danau kecil dan bernyanyi dengan suara Iembut serta  merdu.

Si ibu sangat senang memiliki Thumbelina dan merawatnya dengan baik. Pada suatu hari, seekor kodok mendengar nyanyian Thumbelina dan melompat ke jendela untuk membawa Thumbelina ke sungai tempat Ia tinggal. Kodok itu berkata, “ia akan menjadi istri yang sangat cantik untuk anakku.”

Thumbelina tidak mau menikah dengan kodok yang buruk rupa tetapi ia tidak tahu bagaimana melarikan diri dari sana. Kodok itu meninggalkan gadis kecil malang itu di atas sebuah daun teratai dan pergi mencari anaknya.

 

CERITA DONGENG PUTRI SALJU DAN 7 KURCACI

Dahulu kala di belahan dunia ini. Pada saat di musim salju, seorang ratu duduk menjahit di dekat jendela. Ketika ia melirik ke luar rumah untuk melihat serpihan salju yang . tertiup angin, tiba-tiba jarinya tertusuk jarum dan tiga titik darah telah menodai baju jahitannya.

“Jika nanti aku punya anak. Aku ingin seorang putri yang pipinya semerah darah, kulitnya seputih salju, dan rambutnya sehitam kayu eboni,” kata sang Ratu.

Ajaib, beberapa bulan sesudah itu, keinginan sang Ratu terkabuI. Ia mengandung dan kemudian melahirkan seorang putri cantik dengan pipi yang merah, kulit putih, dan berambut hitam pekat. Anak itu diberi nama Putri Salju.

Namun sungguh malang nasib Putri Salju, ibunya tidak dapat menemani lebih lama lagi di dunia ini. Sang Ratu meninggal dunia, dan ayahnya telah menikah lagi. Ratu baru ini cantik, namanya Ratu Elvira, tetapi sifatnya penuh iri dan dengki. Hanya mementingkan diri sendiri Ratu Etvira mempunyai benda ajaib yang paling disayanginya, yaitu sebuah cermin ajaib. Setiap hari Ia bertanya kepada cerminnya .  “Cermin ajaib siapa wanita tercantik di dunia?” kata Ratu Elvira “Oh Ratu, engkaulah wanita paling cantik di dunia ini!” jawab cermin ajaib.

Tetapi, Putri Salju semakin besar dan setiap hari menjadi semakin cantik Pada suatu hari ketika Ratu bertanya kepada cermin ajaibnya “Cermin ajaib, siapa wanita tercantik di dunia?” tanya Ratu EMra. Kan” ini cermin memben jawaban lain. “Oh Ratu, Putri Saljulah wanita paling cantik di dunia!”.

 

CERITA DONGENG RAPUNZEL

Pada suatu masa, hiduplah pasangan suami istri yang sangat mendambakan seorang anak. Rasa sedih dan sepi selalu menyelimuti mereka saat itu. Tapi sekian lama bertalu, sang istri pun menunjukan tanda bahwa dia akan hamil. Mereka pun sangat senang akan hal itu .

Tapi kesenangan mereka tidak bertahan lama. Sang istri jatuh sakit Sang suami pun bingung karena tidak ada obat atau tabib yang bisa menyembuhkannya. Tiba-tiba seorang wanita tua menyarankan untuk memakan bunga rampion yang hanya tumbuh di balik bukit.

Sang suami pun pergi untuk mengambil bunga tersebut untuk dijadikan obat bagi istrinya. Ternyata tempat dimana bunga tersebut tumbuh merupakan wilayah seorang penyihir jahat. Sang suami pun tidak mempuyai pilihan lain, jika dia tidak mendapatkan bunga .

tersebut istrinya akan meninggal. Dia akhirnya memberanikan diri untuk mengambil bunga tersebut. Tapi sayang usahanya gagal. penyihir jahat pemilik kebun dimana bunga rampion menemukan sang suami sedang mencuri bunga dikebunnya.

“Berani sekali kamu, mencuri bunga di kebun kesayanganku!” kata sang Penyihir marah.

“Mohon ampunilah saya. Istri saya sedang mengandung dan sekarang ia sedang jatuh sakit. Hanya bunga rampion inilah yang bisa menyembuhkannnya” kata Sang suami memohon.

 

CERITA DONGENG SI CANTIK DAN SI BURUK RUPA

Pada suatu masa, hiduplah seorang saudagar kaya yang memiliki tiga putri cantik bernama, Pretty, Sweety, dan Beauty. Suatu hari, ketika pedagang tersebut akan berangkat ke pasar, ke-tiga putrinya meminta sesuatu ketika dia kembali. Pretty memintanya untuk membelikan sebuah gaun cantik, Sweety meminta kalung mutiara tapi Beauty hanya menginginkan setangkai mawar.

Ketika pedagang tersebut menyelesaikan bisnisnya, ia lekaslekas pulang ke rumah. Namun, tiba-tiba badai menerjang yang memaksanya untuk berhenti di perjalanan dan mencari tempat . berlindung. Kemudian ia melihat sebuah istana besartapi ia tidak menjumpai seorang pun di sana, akhirnya pedagang tersebut pun memutuskan untuk berlindung di dalam istana.

Keesokan harinya, ketika badai sudah reda, pedagang tersebut memutuskan untuk melanjutkan perjalanan pulang. Saat ingin keluar dari istana, ia melihat setangkai mawar cantik yang terdapat di taman istana tersebut. Ingat janjinya kepada Beauty. ia memberanikan diri untuk memetik bunga mawar: Tapi tiba-tiba sesosok binatang buas yang sangat mengerikan keluar dari dalam istana. Binatang buas itu marah karena ada seseorang yang berani mencuri mawar miiiknya.

Binatang itu ingin membunuh pedagang tersebut. Tapi pedagang itu meminta maaf padanya. Kemudian ia memberitahu bahwa ia berjanji memberikan setangkai mawar untuk putri bungsunya ketika ia kembali ke rumah.

 

CERITA DONGENG SI KERUDUNG MERAH

Pada suatu masa hiduplah seorang gadis kecil. Semua orang menyayanginya; terutama neneknya. Tak ada sesuatu pun yang tak ingin diberikan Nenek kepadanya. Pada suatu hari Neneknya memberinya kerudung beludru berwarna merah. Gadis kecil itu sangat menyukai kerudungnya, dan ia hanya mau mengenakan kerudung itu. Karena itulah ia dipanggil “Si Kerudung Merah”.

Suatu hari tbu berkata kepadanya, “Kerudung Merah, mari sini. ini ada sepotong kue dan sebotol anggur, bawalah ke rumah Nenek. Nenek sakit dan tubuhnya lemah, kue dan anggur ini baik untuknya. Berangkatlah sebelum matahari terik, dan berjalanlah pelan dan hati-hati. Jangan meninggalkanjalan setapak, kalau tidak kau akan jatuh dan botolnya pecah. Dan Nenak tidak akan mendapat apa-apa. Dan waktu kau masuk ke dalam kamarnya, jangan lupa berkata selamat pagi. Jangan berkeliaran di kamarnya

sebelum kau menyapanya.“Aku akan berhati-hati, Bu kata Kerudung Merah berjanji pada ibunya. Nenek Kerudung Merah tinggal di dalam hutan, jauh dari desa. Ketika Si Kerudung Merah memasuki hutan, Serigala menghampirinya. Kerudung Merah tidak tahu serigala itu sangat Jahat, dan ia tidak takut pada hewan itu.

‘Seiamat pagi. Kerudung Merah,“ Serigala berkata: “Selamat pagi Serigala Yang baik, ” sapa Kerudung Merah.

‘Mau kemanakah kau pagi-pagi begini, Kudung Merah?” tanya Serigala.

“Ke rumah Nenek” jawab Kerudung Merah. ‘Apa itu di dalam celemekmu?” tanya Serigala penasaran.

Kue dan anggur. Kemarin Ibu memasak kue untuk Nenek supaya tubuh Nenek lebih segar, ”jelas Kerudung Merah tanpa curiga.

 

CERITA DONGENG SINBAD SI PELAUT

Dahulu, di daerah Baghdad, timur tengah, ada seorang pemuda bernama Sinbad yang kerjanya memanggul barang-barang yang berat dengan upah yang sedikit, sehingga hidupnyatergolong miskin. Suatu hari, Sinbad beristirahat di depan pintu rumah saudagar kaya karena sangat lelah dan kepanasan. Sambil istirahat, ia menyanyikan lagu.

“Namaku Sinbad, hidupku sangat malang, berapapun aku bekerja dengan memanggul beban di punggung tetaplah penderitaan yang kurasakan.”

Tak berapa lama muncul pelayan rumah itu, menyuruh Sinbad masuk karena dipanggil tuannya.

“Apakah namamu Sinbad?” tanya sang saudagar.

“Benar, Tuan,”jawab Sinbad. “Namaku juga Sinbad, ” kata sang saudagar.

Ia pun mulai bercerita kepada Sinbad Dulu ada seorang pelaut bernama Sinbad. Ketika mendengar nyanyianmu, aku sangat sedih karena kau berpikir hanya kamu sendiri yang bernasib buruk, dulu nasib Sinbad juga buruk, orangtuanya meninggalkan banyak warisan tetapi dia hanya bermain dan menghabiskan harta saja.

Setelah jatuh miskin dia bertekad menjadi seorang pelaut. Ia menjual rumah dan semua perabotannya untuk membeli kapal dan para awaknya. Dalam suatu perjalanan, karena sudah lama tidak menemui daratan, maka ketika ada daratan yang terlihat mereka segera merapatkan-kapal. Para awak kapal segera mempersiapkan makan siang. Mereka membakar daging dan ikan. Tiba-tiba, permukaan tanah bergoyang. Pulau itu bergerak ke atas, para pelaut berjatuhan ke laut.

 

CERITA DONGENG TIGA BABI KECIL

Suatu ketika hiduplah tiga anak babi kecil yang hidup bersama ke dua orang tuanya Melihat ketiga anaknya tumbuh besar, sang ibu babi meminta anak-anaknya untuk hidup mandiri dan membangun rumah mereka sendiri. Sang Ibu berpesan kepada ketiga anaknya sebelum pergi meninggalkan rumah.

“Hati-hati ya nak, karena ada serigala jahat diluar sana,” pesan sang lbu.

Sepanjang musim panas, mereka menjelajahi hutan, bermain, permainan dan bersenang-senang. Tidak ada yang sebahagia ketiga babi kecil tersebut Mereka mudah bergaul dengan siapa saja. Kemanapun mereka pergi, mereka disambut dengan hangat.

Tetapi ketika musim panas hampir selesai, mereka menyadari bahwa mereka membutuhkan sebuah ”rumah untuk menghadapi musim gugur dan musim salju. Merka akhirnya berdiskusi mengenai apa yang akan mereka lakukan tapi ke tiga babi tersebut memiliki pendapat yang berbeda.

Babi kecil yang pertama berpendapat bahwa dia akan membangun sebuah pondok dari jerami.

“Ini hanya akan membutuhkan satu hari, ” dia berkata.

Tapi kedua saudaranya yang lain tidak setuju. Karena rumah yang terbuat dari jermai sangat rapuh, tetapi babi kecil yang pertama tidak mendengarkannya.

Tidak semalas babi kecil pertama, babi kecil yang kedua ingin mencari papan kayu sebagai bahan untuk membuat rumahnya Memang akan membutuhkan waktu dua hari untuk membuat rumah dari kayu, tapi rumah dari kayu lebih kokoh dari pada rumah yang terbuat dari jerami Tetapi babi kecil yang ketiga tidak menyukai rumah dari kayu.

 

CERITA DONGENG TUKANG SEPATU DAN LILIPUT

Dahulu kala, disebuah kota tinggal seorang Kakek daan“ Nenek pembuat sepatu. Mereka sangat baik’hati. Si kakek yang membuat sepatu sedangkan nenek yang menjualnya, Uang yang didapat dari setiap sepatu yang terjual selalu dibelikan makanan yang banyak untuk dibagikan dan disantap oleh orang-orang jompo yang miskin dan anak kecil yang sudah tidak ‘ mempunyai orangtua. Karena itu walau sudah membanting tulang, uang mereka selalu habis.

Uang mereka sudah habis, dengan kulit bahan sepatu yang tersisa, kakek membuat sepatu berwarna merah. Kakek berkata kepada si Nenek.

“Kalau sepatu ini terjual, kita bisa membeli makanan untuk Hari Raya nanti,” kata Kakek.

Tak lama setelah itu, lewatlah seorang gadis kecil yang tak bersepatu di depan toko mereka.

“Kasihan sekali gadis itu! Ditengah cuaca dingin seperti ini tidak bersepatu,” kata si Nenek ketika melihat sang gadis kecit. Akhirnya mereka memberikan ‘ sepatu berwarna merah tersebut kepada gadis kecil itu.

“Apa boleh buat, Tuhan pasti akan menolong kita”, kata si kakek. Malam tiba, merekapun tertidur dengan nyenyaknya. Saat itu terjadi kejadian aneh. Dari hutan muncul kurcaci-kurcaci mengangkut kulit Sepatu, membawanya ke rumah si kakek kemudian membuatnya menjadi sepasang sepatu. yang sangat bagus. Ketika sudah selesai mereka kembali ke hutan.

33 kumpulan Cerita dongeng, Fantasi Nusantara Lengkap

Advertisements

Leave a Reply