4 Contoh Cerpen Singkat yang Mengandung Banyak Makna

Contoh-contoh cerpen singkat – Cerpen atau biasa disebut dengan Cerita Pendek saat ini banyak dicari oleh masyarakat yang ingin lebih memahami dengan baik tentang pengertian cerpen. Melalui contoh, orang bisa lebih memahaminya dengan baik. Setiap cerpen mengandung makna yang berbeda dan biasanya bisa dijadikan sebagai motivasi atau pengalaman hidup. Dengan menyampaikan pesan melalui cerpen, maka para masyarakat akan lebih memaknainya.

Ketika membaca cerpen, orang akan terasa masuk ke dalam ceritanya dan bisa memahami jalan ceritanya dengan lebih baik. Pembaca akan diberikan pertimbangan akan hal yang mungkin akan menimpanya. Melalui cerpen ini Anda bisa belajar untuk lebih memaknai hidup.

Contoh-contoh cerpen singkat

Pengertian Cerpen

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, cerpen adalah sebuah cerita singkat yang menggambarkan suatu tokoh yang terlibat beserta dengan karakternya. Pada cerpen akan mengandung sebuah konflik yang mungkin biasa terjadi di kehidupan nyata. Pada cerpen akan diceritakan bagaimana konflik tersebut terjadi dan bagaimana penyelesaian dari masalah tersebut.

Cerpen merupakan cerita singkat yang harus dikemas dalam secara padat dan ringkas. Biasanya cerpen ditulis tidak lebih dari 10.000 kata. Sehingga ceritanya akan dihadirkan secara padat namun memiliki makna yang cukup dalam. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang menyukai cerpen.

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan

3 Serangkai

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan

Masa SMA memang dikatakan sebagai masa yang paling indah. Di masa tersebut banyak sekali kenangan yang bisa diukir, mulai dari kenakalan hingga prestasi. Cerita ini dimulai dari tiga orang sahabat bernama Rio, Luna dan Mira. Mereka bertiga sudah sejak SMP sekolah di tempat yang sama.

Hal ini terjadi karena jarak rumah mereka yang berdekatan dan orang tua mereka lebih suka jika anaknya bersekolah yang dekat dari rumah. Mereka bertiga selalu bersama-sama sejak SMP dan bahkan memilih untuk masuk di SMA yang sama. Ketiganya kembali dipersatukan saat mereka diterima di SMA yang mereka pilih.

Dari sinilah cerita persahabatan mereka di mulai. Saat ini mereka sudah berada di tahun terakhir SMA, waktu kelulusan pun sudah dekat. Sudah waktunya untuk mereka memikirkan masa depan dan memilih universitas yang akan dituju. Memiliki minat yang berbeda, membuat ketiga sahabat ini memilih jalur pendidikan yang berbeda.

Rio akan mengambil kuliah di UGM, Yogyakarta. Sedangkan Luna mengambil kuliah di ITB, Bandung. Dan Mira sendiri tetap bertahan di Jakarta dan meneruskan sekolah di Universitas Indonesia. Ketiganya merasa sedih karena harus berpisah dan tidak lagi bersama-sama. Namun ketiganya berjanji untuk tetap saling berkomunikasi dan saling mengingat.

2 tahun pertama masuk kuliah, hubungan mereka masih tetap berjalan dengan baik dengan komunikasi yang lancar. Bahkan mereka sering melakukan video call untuk saling berbagi cerita. Masuk tahun terakhir, komunikasi mereka mulai renggang lantaran sibuk dengan kuliahnya masing-masing dan sudah memiliki pacar.

Berbagai faktor tersebut membuat hubungan mereka semakin merenggang. Yang biasanya sering melakukan video call saat ini mereka tidak pernah lagi melakukannya. Tibalah saat Mira sudah lulus dan menyelesaikan sekolahnya di Universitas Indonesia. Mira ingin teman-temannya hadir pada saat acara wisudanya dan bisa merayakan bersama orang-orang yang disayanginya.

Melalui chatting grup Mira pun memberikan kabar bahwa ia akan menyelenggarakan acara wisuda. Namun harapannya harus putus karena tidak seorang pun merespon chatting Mira. Dengan penuh harapan Mira tetap menunggu sahabatnya untuk memberikan kabar dan bisa menghadiri acara wisudanya.

Sampailah pada hari H wisuda Mira. Tidak seorang pun temannya terlihat di acara tersebut, Mira memasuki ruangan wisuda didampingi oleh kedua orang tuanya. Serangkaian acara wisuda pun berjalan, Mira nampak lesu karena merasa tidak lagi dipedulikan oleh teman-temannya. Selama acara berlangsung Mira nampak sedih dan kecewa.

Selesai acara Mira pun keluar dari ruangan wisuda, dengan terkejutnya ia melihat kedua sahabatnya tersebut datang menghampirinya dengan membawa rangkaian bunga. Mira terlihat sangat senang dan ingin berlari memeluk temannya tersebut. Mereka menyampaikan permintaan maaf karena tidak sempat membalas chat Mira karena sedang sibuk dengan kuliahnya masing-masing.

Namun sebenarnya mereka sudah mempersiapkan diri untuk hadir pada acara wisuda Mira. Mendengar hal tersebut Mira merasa sangat bahagia dan bahkan rasa sedih serta kecewa yang dirasakan sebelumnya sudah sirna. Mira pun dapat memenuhi keinginannya untuk merayakan wisuda bersama dengan sahabatnya. Mereka saling memeluk dan berfoto bersama.

Contoh Cerpen Singkat Motivasi

“Keistimewaan, Milikmu”

Contoh Cerpen Singkat Motivasi

Diceritakan seorang anak bernama Mike yang sangat menyukai dunia seni namun tak pintar dalam pelajaran akademik. Mike selalu dimarahi oleh orang tuanya karena tidak pernah mendapatkan ranking dan seringkali terkena hukuman karena salah mengerjakan PR. Orang tuanya yang merasa malu akan perilaku Mike di sekolah pun menjadi kesal dan mulai membenci hobi Mike yang sudah menggambar.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar Mike memang sangat menyukai karakter anime karena dinilai sangat lucu dan unik. Dari kesukaannya tersebut, Mike suka membuat gambar anime yang berbeda dan memiliki karakter unik. Tak jarang ia juga menambahkan beberapa kata sebagai percakapan seperti di komik.

Mike bisa menghabiskan waktu seharian untuk menggambar dan tidak kuat lama jika harus belajar, karena kemampuan menghafalnya rendah. Hal ini membuat Mike merasa bahwa pelajaran sangat membosankan. Hingga pada ketika orang tuanya membuang semua buku gambar dan hasil karya Mike karena dirinya tidak bisa berkonsentrasi dalam pelajaran.

Mike pun merasa kesal dan rasanya ingin pergi dari rumah, namun karena dia sangat menghormati orang tuanya, ia mengurungkan niatnya. Mulai saat itu Mike menjadi anak yang pemurung di sekolah bahwa di rumah. Proses belajarnya pun tak berkembang banyak.

Bahkan ketika jam pelajaran ia hanya fokus menggambar pada buku catatannya, namun ia langsung menyobeknya karena tidak ingin orang tuanya melihat. Mulai saat itu Mike menjadi pendiam dan bahkan tak ingin bersosialisasi dengan lingkungannya.

Suatu ketika, saat pelajaran berlangsung. Mike yang sedang asik menggambar dipergoki oleh teman sebangkunya. Respon teman sebangkunya pun tidak terduga, ia tidak melaporkannya pada guru namun justru mendukung Mike.

Teman sebangku Mike berkata bahwa karya Mike sangat unik dan berbeda. Bahkan temannya menginformasikan kepada Mike sedang terdapat kompetisi menggambar komik yang bisa diikuti.

Dengan pikiran bimbing, Mike akhirnya memutuskan untuk ikut dalam perlombaan tersebut. Selama seminggu Mike memikirkan jalan cerita dan membuat gambar karakternya sendiri dan akhirnya mengirimkan hasil karyanya untuk perlombaan tersebut. Sebulan kemudian akhirnya tibalah saat pengumuman.

Tak disangka, Mike mampu meraih juara utama dan mendapatkan hadiah sebesar 20 juta. Mike pun merasa kaget saat teman sebangkunya menginformasikan bahwa ia mendapatkan juara utama. Mendengar hal tersebut Mike tampak senang namun khawatir, ia takut jika perbuatannya tersebut diketahui oleh orang tuanya.

Tanpa disangka ternyata pengumuman pemenang dilakukan melalui media televisi. Hal ini pun membuat orang tua Mike mengetahui tindakannya. Mike pulang dengan lemas karena takut dimarahi oleh orang tuanya. Namun sesampai di rumah, Mike justru disambut dengan pelukan hangat dari kedua orang tuanya.

Kejadian tersebut membuka mata orang tua Mike bahwa anaknya memang tidak berbakat di bidang akademik, namun memiliki bakat lain. Tak masalah jika ia tidak pintar di sekolah, yang penting dia bisa berkreasi dan membangkitkan semangat para generasi muda untuk terus maju dan lebih kreatif.

Contoh Cerpen Singkat Lucu

“Scrub Alami”

Contoh Cerpen Singkat Lucu

Disuatu pagi yang cerah, kedua sahabat ini saling berbercerita dan mencurahkan isi hatinya. Kedua sahabat itu adalah Ana dan Ina. Saat ini mereka duduk di bangku sekolah tingkat atas. Namun Ana seringkali mengeluh karena belum bisa mendapatkan pacar juga hingga mereka hendak lulus. Sedangkan Ina merupakan anak yang lebih suka belajar dibandingkan dengan berpacaran.

Pagi itu pembicaraan dimulai dengan rasa penasaran Ana yang bertanya kepada Ina apakah dia cukup menarik dan bagaimana pendapat Ina tentang diri Ana. Dengan polos Ina pun menjawab apa adanya. Mereka pun bercanda sambil berdebat tentang masalah penampilan. Tiba-tiba Ana memiliki keinginan untuk terlihat lebih cantik dengan memiliki bibir yang merah alami.

Ana menganggap bahwa perempuan yang memiliki bibir merah merona akan terlihat lebih seksi dan cantik. Akhirnya Ana pun mencari cara memerahkan bibir secara alami melalui internet. Selama 30 menit ia sama sekali belum menemukan cara yang cocok, Ana pun meminta bantuan Ina untuk mencarinya. Mereka berdua sibuk mencari cara alami memerahkan bibir.

Ana pun akhirnya mendapatkan sebuah artikel yang menginformasikan tentang cara memerahkan bibir secara alami dengan mudah. Bahan alami yang dipakai adalah gula pasir. Tanpa pikir panjang Ana pun langsung kegirangan karena menemukan cara memerahkan bibir yang efektif. Ana menceritakan hal tersebut kepada Ina, dengan polosnya Ina hanya membenarkan saja perilaku temannya tersebut.

Setiap malam Ana menggunakan gula pasir sebagai scrub agar bibirnya menjadi merah merona secara alami. Beberapa hari kemudian Ana tampil dengan paras yang berbeda dan bibir yang merah merona. Melihat perubahan tersebut Ina pun menanyakan keadaan temannya. Ina merasa mungkin saja scrub alami berhasil membantunya untuk mendapatkan bibir yang merah merona.

Tanpa ragu Ina langsung mendatangi Ana dan memujinya. Bahkan Ina bilang bibir Ana saat ini seperti milik para artis. Namun dengan muka cemberut Ana menceritakan hal yang mengejutkan. Ana mengatakan bibirnya menjadi merah bukan karena scrub alami yang berhasil.

Namun karena bibir nya digigit oleh para semut karena menggunakan gula di bagian bibir setiap malam. Sontak hal tersebut membuat Ina tertawa terbahak-bahak. Ana pun merasa kesal dan meninggalkan Ina. Menyadari temannya merajuk, Ina pun menyusulnya dan mencoba menenangkan.

Contoh Cerpen Singkat Anak Sekolah

Pesan Ibu Guru

Contoh Cerpen Singkat Anak Sekolah

Hari sekolah dimulai seperti biasa. Hari senin yang cerah seperti biasa para murid mengadakan upacara bendera. Setelah upacara seluruh murid kembali ke kelasnya masing-masing untuk mendapatkan pelajaran. Pada hari senin itu terdapat pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi dan Matematika. Proses belajar mengajar berjalan seperti biasa tenang dan tertib.

Anak-anak pun istirahat pada jam 12. Kebanyakan murid makan di kantin sekolah dan saling mengobrol. Sampailah pada jam terakhir yaitu pelajaran Matematika. Guru Matematika yang mengajar bernama Ibu Sri. Seperti biasa Ibu Sri menjelaskan materi yang sudah terdapat di kurikulum dan memberikan beberapa nasehat kepada muridnya.

Ibu Sri pun menyampaikan kepada muridnya untuk mengulang pelajaran yang dipelajari di sekolah agar bisa memahaminya dengan baik. Hal tersebut harus dilakukan para murid setiap hari karena Ibu Sri bisa saja sewaktu-waktu akan memberikan kuis. Untuk itu Ibu Sri menyampaikannya agar para murid bisa menyiapkan diri dengan baik.

Tibalah jam pulang sekolah dimana seluruh murid merasa sangat senang karena bisa bermain sepulang sekolah. Terdapat 3 orang anak perempuan bersama Mirna, Ati, Rini. Mereka semua tinggal di lingkungan yang sama. Hal tersebut membuat ketiganya akrab dan sering pulang pergi sekolah bersama.

Saat pulang sekolah Rini mengajak kedua temannya untuk bermain di rumahnya sambil mengulas kembali pelajaran sekolah. Tanpa ragu kedua temannya pun menyetujuinya. Mereka pulang ke rumah masing-masing kemudian mandi dan berpamitan kepada orang tuanya ingin belajar bersama di rumah Rini.

Mirna pun bergegas membawa buku yang diperlukannya untuk mengulang kembali pelajaran sekolah. Sesampai Mirna di rumah Rini, ternyata Ati pun sudah datang. Keduanya sedang asyik bermain boneka. Mirna pun langsung mengajak kedua temannya untuk mengulas kembali pelajaran. Namun ajakan tersebut justru ditolak dengan alasan mereka sedang seru bermain boneka.

Tanpa menghiraukannya lagi Mirna langsung mulai belajar sendiri. Mirna membuka kembali buku catatannya dan mengulas kembali apa yang diajarkan Ibu Sri di kelas. Mirna mengulang kembali pelajaran karena ia mengingat pesan Ibu Sri. Sedangkan Rini dan Ati justru asyik saja bermain boneka.

Keesokan lusanya, kembali lagi para murid harus mendapatkan pelajaran Matematika yang diajarkan oleh Ibu Sri. Hari itu Ibu Sri tiba-tiba mengadakan kuis. Seluruh murid ricuh karena tidak menyangkanya dan kepanikan karena belum belajar. Padahal sebelumnya Ibu Sri sudah pernah memperingatkan mereka untuk mengulas kembali pelajaran sekolah.

Namun Mirna dengan percaya diri menganggap hal tersebut bukan masalah karena ia sudah memahami berbagai materi yang diajarkan oleh Ibu Sri. Kuis pun dimulai, terdapat 5 pertanyaan essay yang harus diisi oleh para murid beserta caranya. Yang sudah selesai bisa langsung mengumpulkan dan pulang.

Di saat Rini dan Ati kesulitan untuk mengerjakan soal kuis, Mirna pun sudah selesai mengerjakan soal dan mengumpulkannya duluan. Namun karena harus pulang bersama ia akhirnya menunggu temannya di depan kelas. Waktu mengerjakan kuis pun telah selesai dan akhirnya Rini dan Ati keluar. Mereka pulang bersama seperti biasa.

Keesokan harinya, Ibu Sri mengumumkan hasil kuis kemarin. Mirna mendapatkan nilai yaitu 10 sedangkan Ati dan Rini harus mendapatkan pelajaran tambahan karena nilainya yang jelek. Merasa menyesal, Ati dan Rini pun tidak ingin mengulang kesalahannya lagi dan akan mengulas pelajaran bersama Mirna agar bisa menguasai pelajaran dengan baik.

Beberapa contoh-contoh cerpen singkat diatas bisa Anda gunakan sebagai bahan referensi untuk menghadirkan cerpen baru yang lebih menarik. Setiap cerpen akan menyimpan misteri dan ceritanya sendiri. Untuk itu ketika membacanya, sebaiknya Anda perhatikan alurnya agar bisa memahami maknanya dengan baik.

Selain itu, biasanya cerpen juga mengambil berbagai pelajaran yang memang biasa dijalani pada kehidupan nyata sehingga Anda bisa turut merasakannya juga. Jika Anda mungkin mengalami beberapa kejadian yang sama dengan cerita cerpen di atas, maka Anda bisa mendapatkan referensi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Contoh-Contoh Cerpen Singkat

Leave a Reply