5 Contoh Cerita Inspiratif Singkat Berbagai Tema Untuk Tugas Sekolah

5+ Cerita Inspiratif Singkat Berbagai Tema untuk Tugas Sekolah

Cerita Inspiratif – Contoh cerita inspiratif tidak jarang dicari untuk bahan kajian atau bahan membuat cerita sejenis. Cerita jenis ini memiliki ciri khas amanat yang bisa jelas didapatkan saat selesai dibaca oleh orang. Bagi Anda yang mencari referensi terkait cerita inspiratif, berikut beberapa contohnya.

5 Contoh Cerita Inspiratif

Cerita inspiratif biasanya mengangkat tema keseharian dengan menonjolkan nilai moral di akhir ceritanya. Anda tentu bisa dengan mudah mengidentifikasi mana cerita bertema inspiratif dan mana cerita lainnya. Berikut beberapa contoh referensi kisah inspiratif berbagai tema.

1. Cerita Inspiratif Menolong Tanpa Pamrih

Cerita Inspiratif Menolong Tanpa Pamrih

Nin Redjo, begitu ia sering dipanggil tetangganya, adalah seorang nenek tua yang ternyata masih akhir bergerak dan terlihat super sehat. Ia masih fasih berbicara, jalan dengan postur lebih tegak dari umur sebayanya hingga penglihatan dan pendengaran yang masih jelas.

Nin yang berarti nenek disematkan pada wanita tangguh satu ini karena memang sudah masuk umur 70 tahunan. Kendati demikian, Nin tetap bisa beraktivitas secara bebas untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Nin Redjo setiap harinya pergi ke kebun untuk melihat kondisi kebun sayur dan buah milik orang. Nantinya ia akan pulang dengan sedikit hasil kebun juga uang hanya Rp 20.000,- atau bisa kurang atas jasa berkebunnya.

Ia juga hanya tinggal sendiri di rumah anyaman bambu peninggalan orang tuanya zaman dulu. Anak-anaknya sudah berkeluarga dan ada juga yang pergi merantau. Ia hidup sendiri semenjak 10 tahun yang lalu saat Abah sang suami meninggal dunia.

Namun uniknya Nin tidak pernah menyusahkan tetangganya. Bahkan ia sering menolak pemberian cuma-cuma. Sebagai gantinya ia sering datang memberikan kerupuk aci buatannya yang memang enak dimakan.

Tidak hanya gigih dalam berkebun nyatanya Nin juga terampil mengolah singkong jadi berbagai kudapan yang lezat. Dari satu buah singkong Nin bahkan bisa membuat 3 jenis makanan sekaligus. Salah satunya kerupuk aci dengan cita rasanya yang khas.

Kebaikan hati dan kegigihannya sudah banyak diketahui banyak orang. Bahkan ia berani berbuat lebih tanpa pamrih. Katanya biar Tuhan yang membalas segala perbuatannya kelak. Ia bahkan berani berkorban hingga kemarin lengannya patah.

Ia menyelamatkan seorang anak kecil yang hampir terjatuh ke lembah akibat bermain di tempat curam. Untungnya Nin datang tepat waktu dan menyelamatkan anak tersebut. Namun sayangnya lengan Nin jadi taruhannya.

Tidak menuntut atas keadaannya kala itu Nin tidak mau menerima pemberian dari keluarga anak kecil. Ia hanya membalas dengan terima kasih sambil tersenyum lalu pulang ke rumahnya. Ia juga yang merawat lengan cederanya sendiri.

Perbuatan Nin Redjo akhirnya banyak menginspirasi orang. Keikhlasan dan kegigihan hidup membuatnya banyak menjadi panutan. Di sisa umurnya ia tetap berjuang untuk bermanfaat bagi orang sekitar bahkan tanpa pamrih.

2. Cerita Inspiratif Berbakti pada Orang Tua

Cerita Inspiratif Berbakti Pada Orang Tua

Panggil saja Iko, seorang anak kecil yang hidup dengan ayahnya yang seorang buruh serabutan. Ia masih berumur 7 tahun dan masih belajar di bangku sekolah dasar. Berbeda dengan temannya kebanyakan, di umurnya yang masih belia ia dituntut untuk jadi orang lebih dewasa.

Iko harus berbagi tugas dengan ayahnya yang kebanyakan beraktivitas di luar rumah. Ayahnya sejak pagi buta akan berangkat ke pasar untuk jadi buruh angkut. Menjelang siang ia akan pergi ke ladang dan sore hari ia akan menjadi buruh anyam bambu.

Hanya di malam hari dan jarang di pagi saat ia hendak berangkat ke sekolah Iko bertemu dengan ayahnya. Hal inilah yang membuatnya terbangun rasa tanggung jawabnya sedari kecil. Uniknya ia tidak pernah mengeluh bahkan enggan meminta bantuan pada orang lain.

Di pagi hari ia dengan sigap memasak untuk ayah dan dirinya walaupun tidak jarang ayahnya berangkat terlebih dulu. Setelahnya ia akan berbenah membersihkan rumah lalu menyiapkan diri untuk pergi ke sekolah.

Di sekolah juga ia berjualan mainan sederhana dari bambu. Tentu saja ia tertarik untuk main bersama temannya namun ia tetap memilih untuk berjualan. Pulang dari sekolah bukannya sibuk mencari makan karena lapar ia akan lanjut mengerjakan tugas sekolah.

Setelahnya pergi menemui ayahnya di sentra anyaman bambu. Ia ikut membantu ayahnya agar cepat pulang ke rumah bersama. Ia tidak pernah mengeluh atau meminta pamrih pada ayahnya. Iko paham betul keadaan ia dan ayahnya.

Iko bahkan tidak jarang mencuci baju ayahnya karena keinginannya sendiri. Sejak lama ia belajar sendiri bagaimana mengurus diri dan perlahan belajar untuk mengurus orang lain. Ia juga terkenal tidak banyak bicara dan lebih banyak bekerja.

Perilaku baik bocah kecil ini sudah diketahui oleh banyak orang. Semenjak ibunya tiada hanya ayahnya yang ia punya. Inilah salah satu alasannya untuk terus berbakti pada ayahnya. Karenanya Iko banyak disebut bocah pejuang tanpa pamrih yang menginspirasi banyak orang.

3. Cerita Inspiratif Berbuat Baik walau Memiliki Keterbatasan Fisik

Cerita Inspiratif Berbuat Baik Walau Memiliki Keterbatasan Fisik

Keterbatasan fisik sering kali membuat seorang menyerah untuk menjalankan hidupnya. Namun berbeda dengan Siti, seorang bocah berumur 12 tahun yang hidup tanpa kedua lengannya sejak lahir.

Ia lahir dengan kondisi struktur tulang yang tidak biasa. Ini membuatnya harus mengamputasi kedua tangannya bahkan sejak awal lahir. Namun orang tuanya tetap memberi kasih sayang yang sangat banyak pada anak semata wayangnya.

Ia tidak pernah malu untuk beraktivitas di luar rumahnya bahkan dengan berani sering maju di depan kelas untuk mengerjakan soal. Siti nyatanya merasa tidak malu atas keterbatasan fisik yang ia miliki walaupun hingga kini ia sering mendapat cemoohan dari orang-orang.

Tidak hanya pemberani, ia juga dikenal dengan sosok bocah yang baik hati. Ia tidak pernah pandang bulu untuk membantu orang-orang. Karena ini ia juga di cap sebagai seorang murid yang teladan di sekolahnya.

Katanya keterbatasan tidak boleh membatasi kita untuk berbuat baik dan menolong sesama. Ia banyak membantu orang bila ingin menyeberang jalan walaupun tidak memiliki lengan. Ucapan yang dilontarkan juga selalu sopan dan manis.

Bahkan suatu hari ia pernah menolong orang yang kecopetan. Berbekal dua kakinya ia mengejar pencuri sambil meneriakkan kata “copet”. Untungnya polisi segera melihat pelaku dan berhasil menyelesaikan masalah hingga ke pengadilan.

Kisah ini sudah banyak sampai ke warga satu kampung. Bahkan ada media besar yang meliputnya hingga sosok Siti si bocah tanpa lengan terdengar hingga kota jauh. Kita bisa belajar bahwa berbuat baik bisa dilakukan bahkan dengan keterbatasan.

Tidak hanya itu, semangat hidup dari seorang bocah dengan keterbatasan fisik nyatanya bisa menginspirasi banyak orang. Keterbatasan bukan pemberian dari Tuhan melainkan orang itu sendiri yang membatasi dirinya.

4. Cerita Inspiratif Pahlawan

Cerita Inspiratif Pahlawan

Pahlawan Indonesia memiliki andil yang sangat besar dalam memperjuangkan kemerdekaan. Kini sosok pahlawan di setiap daerah Indonesia memiliki kisah inspiratif. Salah satunya Dewi Sartika, pahlawan wanita asal kota Bandung.

Perjuangannya tercatat bukan hanya memerangi para penjajah tapi juga berperan memperjuangkan hak belajar bagi para perempuan. Pada masa hidupnya ia mendirikan sekolah khusus perempuan di Bandung.

Karenanya para perempuan kala itu yang bahkan tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan bisa merasakan bagaimana asyiknya belajar. Mulai dari mengenal huruf, membaca, menulis, berhitung hingga kemampuan dasar perempuan lainnya.

Sebuah Pendopo yang sederhana diubahnya jadi sekolah khusus perempuan. Dibalik keterbatasannya saat itu ia mampu mengajar banyak hal sekaligus pada murid-muridnya. Bahkan seiring waktu muridnya terus bertambah.

Di sekolah rintisan Dewi Sartika perempuan juga diajarkan untuk memperjuangkan haknya. Ia tidak segan berkorban untuk memperjuangkan hak kaum para wanita. Ia percaya hak wanita sama halnya dengan hak para laki-laki.

Ia tidak pernah lelah untuk banyak mengajarkan hal yang mungkin tabu dikenal oleh perempuan pada zaman itu. Namun kegigihan untuk tetap mengajar nyatanya membuahkan hasil. Perempuan di sekitar sekolahnya bangun dengan pola pikir yang cukup berkembang.

Hal ini bahkan menginspirasi kaum wanita hingga kini. Karenanya banyak kaum wanita yang kini berani memperjuangkan haknya bahkan membuka kesempatan kerja bagi laki-laki di bawah naungannya.

Lewat Dewi Sartika kita belajar bahwa pergerakan kecil sekalipun bisa berdampak besar di kemudian hari. Karenanya tetap semangat dan yakin seperti halnya Dewi Sartika bisa jadi landasan bagi siapa saja dalam memperjuangkan apa yang ingin dituju.

5. Cerita Inspiratif Sukarelawan Konservasi Pohon Bakau

Cerita Inspiratif Sukarelawan Konservasi Pohon Bakau

Siapa sangka cerita inspiratif bisa datang dari seorang sukarelawan yang rela hidup sendiri di ujung pulau dekat pantai. Pak Hamdi, seorang relawan yang sudah 5 tahun tinggal di tepi pantai yang awalnya gersang dan curam.

Ia menilai abrasi bisa saja mengikis bagian daratan bahkan setiap ombak yang datang bisa merusak kawasan rumah nelayan dengan mudah. Berbekal pemikiran tersebut Pak Hamdi mengajak warga sekitar untuk mulai menanam bakau untuk menahan abrasi pantai.

Bapak yang ternyata sudah memiliki keluarga ini berani mengeluarkan uang dari sakunya sendiri untuk membeli bibit pohon bakau atau pohon Mangrove. Tidak banyak, awalnya ia hanya menanam sekitar 70an bibit pohon.

Namun seiring berjalannya waktu, pohon bakau yang ditanam akhirnya tumbuh dan bisa dijadikan benih tanam di tempat lainnya. Warga dan pak Hamdi menanam pohon dengan celah di tengah untuk jalannya perahu nelayan.

Tidak hanya mencegah abrasi dan erosi pantai ternyata lahan yang dikelolanya bisa jadi tempat wisata yang begitu memesona. Kini para warga tidak hanya berharap lewat hasil melaut dan menjual hasilnya.

Warga bisa mendapat pemasukan dari para turis yang datang untuk menikmati alam terbuka dengan pemandangan pohon hijau bakau yang cukup rapat. Pak Hamdi bukan hanya berjasa menanggulangi abrasi dan erosi tapi juga berjasa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar.

Walaupun jauh dari keluarganya di kota sana, pak Hamdi tetap fokus memberikan seluruh tenaga dan pikirannya demi menyelamatkan pesisir pantai yang dulu tampak memprihatinkan. Ia juga banyak memberi pemahaman terkait lingkungan.

Sosoknya yang menginspirasi membuat penghargaan pemerintah jatuh padanya. Pada tahun 2019 kemarin ia mendapatkan penghargaan atas dedikasinya menghijaukan lahan dan membuat ekosistem laut pantai kembali hidup.

Cerita inspiratif mana yang paling berkesan bagi Anda?. Tentu saja Anda bisa menuliskan sendiri cerita inspiratif yang di dapat dari lingkungan sekitar. Tidak perlu panjang, cerita inspiratif bisa dibuat singkat dengan berbagai tema namun teta p menyematkan amanat mendalam di dalamnya.

5+ Cerita Inspiratif Singkat Berbagai Tema untuk Tugas Sekolah

Leave a Reply