Site icon Sekolahnesia

3+ Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial, Lomba, Event

3 Contoh Proposal Kegiatan dalam Berbagai Event

contoh proposal kegiatan x Ada banyak contoh proposal kegiatan yang bisa Anda jadikan referensi untuk mengajukan proposal di tempat kerja atau lingkup lainnya. Pengertian sederhana dari proposal kegiatan adalah sebuah rencana dari suatu kegiatan yang akan dilakukan, sehingga proposal seringkali disebut sebagai rancangan kerja.

Secara umum, tujuan dari dibuatnya proposal kegiatan adalah untuk memperoleh tinjauan formal dari kegiatan yang diusulkan, memperoleh izin dari beberapa pihak yang terkait, serta untuk mendapatkan sponsor acara, sehingga total biaya dari kegiatan tersebut bisa berkurang alias lebih murah.

Struktur Proposal Kegiatan

Sebuah proposal kegiatan harus menggambarkan kerangka waktu, tujuan, dan estimasi biaya dari kegiatan yang dimaksud. Tiga hal ini minimal harus ada.

Tapi, akan lebih baik lagi jika sebuah proposal menggunakan struktur lebih lengkap yang terdiri dari nama kegiatan, pendahuluan yang berisi latar belakang dari diadakannya kegiatan tersebut, isi (peserta kegiatan, fasilitas kegiatan, waktu dan lokasi kegiatan), susunan acara, panitia, anggaran, dan penutup.\

Adapun contoh proposal kegiatan dengan tema berbeda-beda yang bisa Anda tiru atau jadikan referensi untuk membuat proposal kegiatan sendiri ada pada daftar di bawah ini.

Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial

A. JUDUL PROPOSAL

Kegiatan Bakti Sosial Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka, RT/RW 11/14, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur

B. LATAR BELAKANG

Selain menimba ilmu sebagai bekal untuk masa depan, mahasiswa juga merupakan agen perubahan yang memiliki tugas untuk mewujudkan ide-ide sekaligus menerapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh guna menciptakan sistem pendidikan yang lebih adil dan efektif serta membantu kehidupan bermasyarakat.

Sebagai para pelopor, mahasiswa harus memiliki sikap berani dalam menerapkan ilmu yang dimiliki untuk membantu kelompok masyarakat yang memiliki masalah tertentu sekaligus membantu memajukan bangsa dan negara.

Meski sudah merdeka sejak puluhan tahun silam, namun beberapa kelompok masyarakat di Tanah Air rupanya masih memiliki sejumlah permasalahan yang hingga kini belum tersentuh oleh tangan-tangan pemerintah.

Salah satu permasalahan yang termasuk sangat penting dan harus segera ditangani adalah masalah di bidang perekonomian, atau lebih spesifik lagi dalam hal kemiskinan.

Memang benar bahwa dari tahun ke tahun kondisi pertumbuhan ekonomi bangsa ini kian meningkat, tapi sayangnya pertumbuhan ini tidak merata di seluruh pelosok negeri.

Salah satunya adalah kondisi ekonomi warga Dusun Kayuasih Barat yang terbilang masih jauh dari kata standar dan stabil. Berdasarkan informasi dan data-data yang ada, hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor seperti berikut:

Keadaan kurang baik di Dusun Kayuasih Barat dengan sejumlah faktor seperti di atas adalah alasan mengapa Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta ingin mengadakan kegiatan bakti sosial.

Kami ingin melakukan yang terbaik untuk mengatasi ketiga penyebab di atas, sekaligus sebagai salah satu bentuk empati dan kepedulian kami terhadap kondisi masyarakat yang ada di sekitar yang salah satunya adalah warga Dusun Kayuasih Barat.

C. TEMA KEGIATAN

Mewujudkan sikap peka dan rasa kemanusiaan terhadap masyarakat di sekitar terutama dalam hal ekonomi sehingga jumlah kemiskinan bisa berkurang dan jumlah masyarakat berdikari bisa lebih meningkat.

D. SASARAN KEGIATAN

Sosialisasi dengan tema perekonomian dan cara mengelola keuangan rumah tangga:

Pelatihan wirausaha dan prakarya:

Kerja bakti dan penyerahan sembako:

LOKASI DAN WAKTU PELAKSANAAN

Sosialisasi Kegiatan

Pelaksanaan Pelatihan:

F. ACARA

Kegiatan bakti sosial ini akan dibagi menjadi tiga sesi seperti yang sudah disebutkan di atas. Masing-masing dilaksanakan pada hari dan jam yang berbeda serta dengan sasaran yang berbeda pula.

Adapun kegiatan bersih dusun terutama akan difokuskan di tempat-tempat umum seperti masjid / mushola, pos jaga / pos kamling, dan sejenisnya.

Sedangkan untuk pemberian bantuan, akan diberikan dalam bentuk barang yang meliputi pakaian anak-anak dan remaja dan bersih dan masih layak pakai, sembako (minyak goreng, beras, gula, mie instan, susu, dll.), serta alat tulis menulis dan buku bacaan anak-anak.

G. ANGGARAN DANA KEGIATAN

Uang Terkumpul
Total iuran mahasiswa Rp 2.770.000
Uang program kerja Rp 1.450.000
Total bantuan dosen Rp 1.500.000
Sumbangan dari dekanat Rp 1.500.000
TOTAL Rp 7.220.000

x

Uang Keluar
Dokumentasi (cetak foto) Rp 150.000
Transportasi (uang bensin untuk mobil mahasiswa yang digunakan mengangkut barang dan alat dalam kegiatan) Rp 800.000
Pembelian air mineral 5 dus @ Rp 18.000 Rp 90.000
Nasi kotak 100 buah @ Rp 22.000 Rp 2.200.000
Camilan ringan Rp 200.000
Anggaran pembelian sembako Rp 1.500.000
Buku bacaan anak-anak + alat tulis Rp 450.000
Pembelian pakaian preloved yang masih layak pakai dari supplier (total 50 pcs @ Rp 35.000) Rp 1.750.000
TOTAL Rp 7.140.000

x

Contoh Proposal Kegiatan Pameran

A. JUDUL PROPOSAL

Kegiatan Pameran Seni Rupa SMK Negeri 01 Pakis Malang dalam Rangka Hari Seni Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 15 April.

B. LATAR BELAKANG

Seni rupa adalah salah satu media paling sempurna untuk menunjukkan keindahan. Seni rupa berakar pada gambar dan karya berbasis desain seperti lukisan, seni grafis, dan seni pahat, yang kini berkembang ke fotografi dan arsitektur

Seni rupa diciptakan terutama untuk tujuan estetika dan intelektual, kemudian dinilai dari segi keindahan dan makna yang dimilikinya. Manusia dapat menuangkan rasa, ide, pikiran, atau bahkan opini dan bentuk protes melalui seni rupa, baik dalam sketsa dan warna, atau pun dalam bentuk lagu dan foto.

Sedangkan dalam lingkup sekolah, pendidikan seni rupa telah terbukti membantu meningkatkan prestasi akademik sekaligus memberikan peluang kepada para murid untuk mengasah keterampilan yang dimiliki atau ingin dikembangkannya.

Selaras dengan manfaat seni rupa dan klub seni rupa yang ada di SMK Negeri 01 Pakis Malang, guru penanggung jawab klub bersama para siswa-siswi yang menjadi anggota klub ingin mengadakan pameran karya seni rupa sebagai salah satu cara memperkenalkan seni kepada murid-murid lainnya.

Jika disetujui, kamu bermaksud untuk menggelar kegiatan pameran ini bersamaan dengan Hari Seni Sedunia yang akan diperingati pada 15 April 2021 mendatang.

Tujuan lain dari kegiatan ini adalah agar para siswa-siswi yang bukan anggota klub dan memiliki minat dalam bidang seni bisa ikut menggali potensi dan bakat yang dimilikinya. Selain itu, pameran ini juga menjadi ajang bagi para anggota klub untuk terus semangat dan termotivasi dalam berkarya.

C. JENIS KARYA

Seluruh hasil karya anggota klub seni rupa SMK Negeri 01 Pakis Malang mulai dari lukisan, decollage, photomontage, patung tanah liat, found-art, dan sebagainya.

D. SASARAN KEGIATAN

E. WAKTU DAN LOKASI

F. SUSUNAN PANITIA

G. ANGGARAN DANA

Jenis Kebutuhan Perkiraan Biaya
Dekorasi ruangan Rp 900.000
Dokumentasi Rp 250.000
Publikasi Rp 220.000
Snack box untuk para tamu Rp 500.000
Cinderamata untuk para tamu Rp 900.000
Lain-lain Rp 300.000
TOTAL Rp 3.070.000

x

H. SUMBER DANA

Sumber Dana
Uang kas klub seni rupa SMK Negeri 01 Pakis Malang Rp 300.000

x

Iuran seluruh siswa, guru, dan staf SMK Negeri 01 Pakis Malang 280 orang x Rp 10.000 = Rp 2.800.000

x

TOTAL DANA Rp 3.100.000

x

Contoh Proposal Kegiatan Lomba

PROPOSAL KEGIATAN LOMBA 17 AGUSTUS

DALAM RANGKA MEMERIAHKAN HARI ULANG TAHUN (HUT) KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-75 YANG AKAN JATUH PADA 17 AGUSTUS 2019

logo kecamatan x

KECAMATAN RENGGONG TIMUR

KOTA MALANG

TAHUN 2019

x

A. PEMBUKA

Puji syukur kehadirat Tuhan YME atas segala nikmat dan seluruh anugerah yang telah diberikan kepada kami, sehingga dapat menyusun dan mengajukan proposal kegiatan ini.

Sebagai salah satu bentuk peringatan HUT RI yang ke-74 pada tahun ini, kami bermaksud untuk mengadakan kegiatan lomba Agustusan di balai Desa Pati, Kecamatan Renggong Timur, Kota Malang.

Proposal ini kamu buat sebagai media permohonan izin sekaligus permohonan bantuan dalam bentuk dana maupun barang. Acara ini akan dihadiri oleh banyak pihak dan warga sehingga nantinya akan ada keramaian yang mungkin bisa menyebabkan penutupan jalan dalam beberapa jam.

Bersamaan dengan hal ini, kamu juga sudah mengajukan surat izin kepada pihak kepolisian setempat sekaligus meminta bantuan penjagaan.

Adapun susunan acara dan hal lain terkait dengan kegiatan ini akan kami lampirkan pada halaman berikutnya. Semoga proposal ini bisa dipertimbangkan dan mendapatkan bantuan demi terwujud dan suksesnya kegiatan yang direncanakan.

Malang, 10 Juli 2019

Ketua Panitia

x

x

Wahyu Arif Pambudi

B. LATAR BELAKANG

17 Agustus menjadi tanggal paling bersejarah bagi bangsa Indonesia karena merupakan hari baru yang bebas dari penjajah. Hari tersebut memiliki makna mendalam bagi masyarakat Indonesia terutama di hati keluarga para pahlawan bangsa.

Sebagai bentuk syukur sekaligus untuk tetap membakar semangat bangsa dan menanamkan rasa nasionalisme di hari para pemuda, hari istimewa ini perlu diperingati dengan beragam kegiatan yang salah satunya adalah lomba.

Diharapkan bahwa lomba ini dapat meningkatkan kerjasama tim, kekompakan, serta sebagai salah satu event yang bisa menjadi hiburan. Lomba ini juga menjadi wadah bagi para warga yang ingin menyalurkan atau menunjukkan kreativitas dalam bentuk seni rupa.

C. NAMA KEGIATAN

“Maju Terus Indonesia! Jangan Padamkan Api Semangat dari Jiwa Kita!x

D. MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN

E. LOKASI DAN WAKTU

Jika semua persiapan berjalan sesuai dengan rencana, kegiatan ini insya Allah akan diadakan pada:

F. BENTUK KEGIATAN

G. SUSUNAN PANITIA

Pameran karya seni Dinar Alamara dan Rini Wahyuni
Stand makanan dan minuman Nurul Ekawati dan Triana
Hiburan musik dan tari daerah Rossa Maya dan Septianawati
Seksi lomba senam massal Agus Sudarmawan dan Anang Hamdan
Seksi lomba menggambar dan mewarnai Ayu Dinda dan Ririn Ekawati
Seksi lomba baca puisi Yogi Indra dan Eka Suputra
Seksi lomba makan kerupuk Ahmad Suteja dan Riko Prima Wijaya
Seksi lomba balap karung Anggi Darmadi dan Ririn Cahyani
Seksi lomba bakiak Brasika Adi Putra dan Dede Surendra
Seksi lomba tarik tambang Anom Risa dan Zian Hamdan
Seksi lomba pantun Ahmad Yuana dan Siti Aminah
Seksi lomba panjat pinang Iwan Apriana dan Lilik Indahsari
Seksi lomba lari estafet Iswara dan Rinjani Mustofa

H. SUSUNAN ACARA

Hari Pertama

Kegiatan / Acara Waktu
Bazar murah Sepanjang kegiatan hari pertama
Pembukaan acara beserta sambutan dari bapak camat 07.00 – 07.30 WIB
Jalan santai warga 07.30 – 08.30 WIB
Lomba senam 08.30 – 09.30 WIB
Lomba menggambar dan mewarnai 09.30 – 11.00 WIB
Lomba baca puisi 11.00 – 12.00 WIB
x Break x 12.00 – 14.00 WIB
Lomba makan kerupuk 14.00 – 15.00 WIB
Lomba balap karung 15.00 – 16.30 WIB
x Break x 16.30 – 18.00 WIB
Hiburan musik dan tari daerah 18.00 – 21.00 WIB

Hari Kedua

Kegiatan / Acara Waktu
Pameran karya seni Sepanjang kegiatan hari kedua
Lomba bakiak 08.00 – 09.00 WIB
Lomba tarik tambang 09.00 – 10.00 WIB
Lomba pantun 10.00 – 11.00 WIB
x Break x 11.00 – 14.00 WIB
Lomba lari estafet 14.00 – 15.00 WIB
Lomba panjat pinang 15.00 – 17.00 WIB
x Break x 17.00 – 18.00 WIB
Stand makanan dan minuman sekaligus penutup 18.00 – 21.00 WIB

Berdasarkan contoh proposal kegiatan di atas, bisa disimpulkan bahwa seberapa singkat atau panjang suatu proposal tergantung pada jenis kegiatan yang akan diadakan, seberapa besar acara tersebut, dan seberapa banyak jumlah partisipan.

3+ Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial, Lomba, Event

Exit mobile version