Contoh Proposal Penelitian Akuntansi Wajib Disimak Agar Tidak Salah Membuat

Contoh proposal penelitian akuntansi – Untuk Anda yang sedang belajar akuntansi dan sedang menyusun proposal untuk tugas akhir, Anda pasti bingung mencari contoh proposal penelitian akuntansi bukan? Dibandingkan sibuk mencari contoh, Anda juga bisa buat proposal Anda sendiri dengan menggunakan contoh berupa komponen proposal akuntansi berikut ini.

Komponen dalam proposal penelitian akuntansi 

Komponen dalam proposal penelitian akuntansi 

 

Pada dasarnya proposal penelitian akan memiliki komponen yang sama. Bisa dikatakan bahwa proposal penelitian untuk tugas akhir adalah 3 bab pertama dalam tugas akhir Anda. 3 bab ini meliputi :

  • Pendahuluan
  • Landasan teori
  • Dan juga metode penelitian

Ketiga komponen ini merupakan komponen wajib untuk Anda yang susun dalam proposal Anda. Lalu bagaimana cara menyusun masing-masing bagian ini? Berikut ini akan kami jelaskan.

Contoh Proposal Penelitian Akuntansi “Bagian pendahuluan”

Contoh Proposal Penelitian Akuntansi

 

Sesuai dengan namanya, bagian pendahuluan adalah bagian yang paling awal Anda. Bagian ini merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan karena merupakan bagian yang akan mengawali proposal Anda. Baik tidaknya sebuah proposal bisa terlihat dengan jelas dari bagian pendahuluan ini.

Mengapa bisa begitu? Ini disebabkan karena bagian pendahuluan merupakan bagian yang akan Anda gunakan untuk menjelaskan permasalahan dan mengapa sebuah topik pantas untuk di angkat ke dalam penelitian.

Dalam bagian pendahuluan Anda akan membuat uraian mengenai latar belakang masalah, masalah yang akan dibahas dan juga tujuan masalah ini dibahas dalam sebuah penelitian. Hal-hal ini nantinya akan dibahas dalam sub bab tersendiri dalam bagian pendahuluan Anda. Biasanya sub bab ini akan diberikan nama :

  • Latar belakang
  • Perumusan masalah
  • Tujuan penelitian.

Jika penelitian ini mengandung manfaat, Anda juga bisa memasukkan manfaat penelitian pada bagian ini.

Bagian landasan teori 

Bagian landasan teori 

 

Dalam contoh proposal penelitian akuntansi, hal selanjutnya yang harus dibahas dalam sebuah proposal adalah mengenai landasan teori. Landasan teori adalah teori-teori yang akan Anda gunakan saat menyelesaikan penelitian Anda.

Landasan teori ini bisa berupa teori-teori yang mendasari pemilihan masalah dalam penelitian Anda. Inilah yang membuat landasan teori sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa mencari teori mengenai dasar penelitian Anda, hasil penelitian berupa dugaan sementara dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam contoh proposal penelitian selai melihat teori-teori yang digunakan dalam penelitian, bagian ini juga digunakan untuk menuliskan mengenai kerangka penelitian dan hipotesis seperti disebutkan sebelumnya.

Metode penelitian

Metode penelitian

Bagian dari proposal yang terakhir adalah bagian metode penelitian. Bagian ini digunakan untuk menginformasikan waktu dan tempat pelaksanaan penelitian. Bukan itu saja, Anda juga akan menuliskan hal-hal penting lain seperti metode penelitian, teknik pengelolaan data masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk memulai membuat proposal, Anda bisa mencari contoh proposal penelitian akuntansi lalu menirunya. Akan tetapi sulit untuk menemukan contoh yang lengkap dan mirip dengan kegiatan penelitian Anda ya! Oleh karena itu, harusnya informasi komposisi proposal di atas cukup membantu Anda.

Contoh Proposal Penelitian Akuntansi Wajib Disimak Agar Tidak Salah Membuat

Advertisements

Add Comment