Naskah Drama : Panduan dan Contoh Dengan Berbagai Alur Cerita (Terlengkap) 1

Naskah Drama : Panduan dan Contoh Dengan Berbagai Alur Cerita (Terlengkap)

Naskah Drama – Naskah Drama merupakan informasi yang penting untuk diketahui oleh Anda yang bercita-cita menjadi  penulis script drama. Setiap drama memiliki unsur tema, konflik, karakter dan pesan yang berbeda. Agar cerita lebih berkesan, biasanya drama akan menceritakan kisah yang dialami oleh kebanyakan orang. Pada akhir cerita biasanya akan terdapat makna dari cerita tersebut.

Untuk membuat naskah drama yang menarik, Anda harus mampu mengembangkan imajinasi dan pola pikir agar menghadirkan sesuatu yang baru. Cerita drama bisa menjadi pelajaran untuk para penonton. Dalam pertunjukkan drama Anda akan merasakan suasana yang klimaks dan penuh emosional. Pada tahap terakhir akan muncul solusinya. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang menyukai drama.

Pengertian Drama

Pengertian Drama

Jika dibahas mengenai perkata, drama merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti bertindak atau berbuat sesuatu. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang memahami bahwa drama adalah sebuah tindakan saat sebuah kondisi sedang berlangsung. Namun menurut bahasa Indonesia, drama merupakan karya sastra yang didalamnya terdapat dialog antar tokoh.

Dialog inilah yang nantinya akan menyampaikan sebuah pesan dan makna dari drama yang ditunjukkan oleh seorang aktor dan aktris. Kegiatan pementasan drama dikenal sebagai nama teater. Pada aktor akan memperagakan adegan sesuai dengan naskah yang sudah diberikan. Drama akan dimainkan pada sebuah pertunjukkan yang ditonton oleh banyak orang.

Pemain drama harus menyampaikan emosi yang sesuai dengan panduan naskah agar penonton bisa merasakan kisah dan juga watak dari karakternya. Dengan begitu maka pesan yang ingin disampaikan melalui drama tersebut bisa berjalan dengan baik dan mudah dipahami. Biasanya drama akan dipertunjukkan selama beberapa babak. Tiap babak akan berkaitan dan menentukan akhir dari cerita.

Tips, Panduan, dan Contoh Naskah Drama

Tips, Panduan, dan Contoh Naskah Drama

Untuk Anda yang ingin mencoba membuat naskah drama, ada berbagai contoh naskah drama di luar sana yang bisa Anda cari dan gunakan sebagai referensi. Mulai dari naskah drama singkat yang hanya berdurasi sekitar 10 sampai 15 menit, sampai naskah drama yang menggunakan bahasa daerah seperti naskah drama bahasa Jawa, ada begitu banyak contoh yang bisa Anda temukan. Apalagi, berkat adanya internet, berbagai sumber informasi bisa diperoleh dengan lebih mudah dan cepat.

Meski demikian, dalam membuat naskah drama apapun, tentu alangkah lebih baik apabila Anda tahu teknis atau sistem yang sesuai. Dengan demikian, Anda bisa belajar untuk membuat sendiri naskah drama apapun, mulai dari naskah drama komedi maupun persahabatan, tanpa harus bergantung pada contoh yang ada.

Nah, pada kesempatan kali ini, Anda akan menemukan ulasan dan panduan untuk membuat naskah drama serta sedikit contoh naskah drama yang bisa Anda jadikan materi untuk belajar. Panduan ini diulas dengan ringkas, namun sejelas mungkin, dengan harapan agar Anda bisa langsung mulai mencoba dan membuat sendiri naskah drama yang diinginkan, termasuk naskah untuk drama pendek dengan hanya 2 atau 3 karakter, sampai naskah drama 5 orang sekalipun.

Selamat membaca dan semoga informasi yang diulas berikut ini bermanfaat untuk Anda!

Bagian-Bagian Penting dalam Naskah Drama

Bagian-Bagian Penting dalam Naskah Drama

Sebelum Anda mulai menulis sendiri naskah drama yang ingin dipentaskan nanti, ada satu hal penting yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Di dalam sebuah naskah drama, terdapat beberapa bagian penting yang perlu diperhatikan. Bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Prolog.

Di dalam cerita atau drama, prolog adalah bagian pendahuluan. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran kepada para penonton soal para lakon atau karakter yang ada di dalam cerita serta karakter mereka masing-masing, dan setting di dalam drama yang akan dipentaskan.

  1. Epilog.

Kebalikan dari prolog adalah epilog, yang artinya bagian ini berada pada akhir pementasan. Karena diletakkan pada akhir cerita, epilog biasanya berisikan kesimpulan, pesan moral, maupun pelajaran penting yang terkandung di dalam cerita.

Misalnya, epilog untuk naskah drama Bawang Merah Bawang Putih fokus pada penyampaian pesan moral bahwa kejahatan akan berbuah kejahatan, sementara kebaikan akan membawa kebaikan pula. Dengan begitu, epilog untuk drama Bawang Merah dan Bawang Putih mengajak para penonton untuk selalu berbuat kebaikan, seperti sikap Bawang Putih yang sabar dan tidak ikut-ikutan membalas perlakuan buruk dari Bawang Merah yang ia terima dengan perbuatan jahat.

  1. Dialog.

Dialog adalah percakapan yang terjadi antar lakon atau pemain di dalam drama. Peran dialog ini sangat penting, karena menjadi alat sebagai pengarah lakon drama dan membantu penonton dalam memahami jalan cerita drama dengan lebih baik.

Misalnya, untuk naskah drama untuk 6 orang dengan karakter bernama Ana, Beni, Citra, Dion, Eka, dan Fajar, dialog merupakan interaksi dan percakapan antara dua karakter atau lebih yang terlibat. Misalnya antara Ana, Beni, dan Citra, Dion dan Eka, atau Fajar, Citra, dan Eka.

  1. Monolog.

Berkebalikan dari dialog, monolog merupakan percakapan seorang pemain yang ditujukan kepada dirinya sendiri. Isi monolog bisa jadi merupakan isi pikiran atau perasaan dari lakon tersebut, dan tidak untuk ditujukan kepada karakter lainnya.

Sebagai contoh singkat, masih dengan menggunakan contoh naskah drama 6 orang di atas, monolog dilakukan oleh Ana ketika ia sendirian di dalam kamar, atau ketika Beni memiliki isi pikiran tertentu yang ia batin di dalam hati saat melihat Dion dan Citra bertengkar. Dengan demikian, monolog dapat membantu penonton dalam memahami isi pikiran dan perasaan yang dirasakan oleh lakon di dalam drama dengan lebih baik dan jelas.

Nah, sekarang setelah Anda sudah tahu beberapa bagian penting di dalam sebuah naskah drama. Untuk ulasan berikut, Anda bisa simak panduan ringkas cara membuat naskah drama yang bisa diterapkan dalam proses pembuatan naskah drama apapun, termasuk naskah drama persahabatan maupun naskah drama cerita rakyat.

Panduan Ringkas Menulis Naskah Drama

Panduan Ringkas Menulis Naskah Drama

  1. Membuat kerangka cerita.

Di dalam tahap ini, kembangkan apa ide cerita yang telah Anda miliki dan pikirkan secara matang. Setelah itu, jabarkan ide ke dalam sebuah rerangka cerita.

  • Mulai dengan para karakter yang terlibat. Di sini, Anda bukan hanya perlu menentukan jumlah dan nama masing-masing karakter, tapi juga karakteristik dan ciri-ciri dari tiap karakter, mulai dari fisik maupun karakteristik sifatnya. Dengan demikian, karakter di dalam drama akan lebih berkesan bagi penonton, bahkan meskipun mereka tidak mengingat nama karakter tersebut.
  • Pilih setting atau latar cerita. Setting yang perlu dipertimbangkan bukan hanya setting lokasi atau waktu saja, tapi juga suasana alias situasi. Pastikan pemilihan setting dilakukan dengan masuk akal dan sesuai alur cerita.
  • Tentukan inti cerita. Tuliskan apa saja peristiwa yang ingin Anda tambahkan ke dalam cerita, dan tentukan apa sebenarnya inti dari drama yang akan Anda buat. Bahkan untuk naskah drama pendek sekalipun, apa inti cerita harus jelas. Sebab, dengan begitu Anda bisa memahami bagaimana alur cerita harus mengalir, seperti apa konflik yang timbul, apa klimaks atau puncak dari cerita, kemudian bagaimana konflik diselesaikan dan akhirnya cerita mengarah menuju ke epilog.
  1. Mulai tulis naskah drama.

Setelah rencana dibuat dengan matang lewat rerangka cerita, eksekusi dengan proses pembuatan naskah yang sesungguhnya. Mulailah dari prolog, kemudian arahkan ke tahap komplikasi ketika masalah mulai timbul, bagaimana masalah menimbulkan konflik sebagai klimaksnya, penyelesaian, sampai epilog sesuai dengan rerangka yang telah dibuat.

Hal lain yang perlu Anda cermati dalam penulisan naskah drama adalah kaidah penulisannya, seperti yang bisa Anda simak di berbagai contoh naskah drama. Secara garis besar, kaidah penulisannya adalah sebagai berikut.

  • Penulisan dialog di dalam naskah diawali dengan nama tokoh atau lakon yang mengucapkan dialog tersebut, kemudian diikuti dengan tanda titik dua (:). Apabila ada petunjuk lakuan, petunjuk ditulis di dalam tanda kurung. Misalnya:

Ana: “Beni, kamu mau pergi ke mana?”

Beni: (Sambil berlari menjauh dan masuk kembali ke sekolah.) “Sebentar ya, aku harus ambil barang yang tertinggal di kelas dulu.”

Citra: (Menyikut Dion sambil tersenyum jahil.) “Alah, paling Beni ingin curi-curi kesempatan supaya bisa melewati kelasnya Eka!”

  • Penulisan perpindahan setting, adegan, atau babak ditulis secara terpisah dan tidak digabung dengan dialog tokoh. Misalnya:

Jam pulang sekolah sudah tiba dan sebagian besar murid sudah keluar dari ruang kelas. Ana, beni, citra, dan dion sedang mengobrol di depan sekolah sambil duduk di bangku dan menunggu kedatangan driver ojek yang mereka pesan. Tapi, tiba-tiba beni langsung bangkit berdiri sambil mengantongi smartphone-nya, dahinya berkerut setelah membaca sebuah pesan yang ia terima lewat whatsapp.

Ana: “Beni, kamu mau pergi ke mana?”

Beni: (Sambil berlari menjauh dan masuk kembali ke sekolah.) “Sebentar ya, aku harus ambil barang yang tertinggal di kelas dulu.”

Citra: (Menyikut Dion sambil tersenyum jahil.) “Alah, paling Beni ingin curi-curi kesempatan supaya bisa melewati kelasnya Eka!”

Contoh Naskah Drama Komedi

Panduan Ringkas Menulis Naskah Drama

“Sekolah Hari Minggu”

Seperti hari minggu biasanya. Anak-anak berkumpul di balai desa untuk berolahraga dan bermain. Umar pun tiba-tiba bangun dan langsung mandi. Orang tua Umar pun merasa bingung kenapa anaknya bangun pagi sekali di hari libur. Karena terburu-buru Umar main lari saja tanpa berpamitan. Saat lewat di depan balai kota.

Anton: Woi Umar, mau kemana?

Umar: Sekolah lhaa. Kalian gak pada ganti baju? Nnti telat lhoo.

Karena terburu-buru Umar bahkan tidak mendengar apa yang dikatakan oleh Anton setelahnya. Anton pun dan teman-temannya penasaran dan ngikutin Umar. Sampai di sekolah.

Umar: Lhaa kok sekolah tutup? Ada acara apa ya?

Anton: Woi Umar, ngapain sih buru-buru? Ada apaan emang?

Umar: Lhaa kok kalian gak pake baju sekolah. Nanti diusir lhoo sama pak satpam.

Anton: Lhaa ini bocah ngapa dah, hahahahaha.

Umar: Diihh malah ngetawain, udah buru ganti baju sana.

Anton. Mar, ini hari minggu!

Umar: Apaan?

Anton: Hari minggu!

Umar: Masa?

Anton: iya ini hari minggu, ngapain lo sekolah? Emang lupa sama hari?

Umar pun langsung mengecek hpnya dan memang itu hari minggu. Temannya pun tertawa terbahak-bahak karena kekonyolan yang dilakukan oleh Umar. Dengan menunduk lemas Umar malu perilakunya ketahuan teman-temannya. Akhirnya mereka pergi ke balai kota dan bermain di sana.

Contoh Naskah Drama Percintaan

Contoh Naskah Drama Percintaan

“Cinta Dalam Diam”

Bella adalah murid pindahan dari Sumedang ke Jakarta. Ia pun masuk ke sekolah Karya Bakti sebagai anak baru. Logatnya yang masih kental membuat banyak teman yang menertawakannya dan menganggapnya aneh. Bahkan karena keanehannya tersebut, Bella seringkali di bully oleh murid sekolahnya.

Pada suatu ketika, ada sekelompok cewek nakal mendekatinya, dengan ketua geng bernama Milka.

Milka: Sana beliin gue bakso!

Bella: Mana uangnya kak?

Milka: Pake uang lo lhaa, udah sana buru!

Bella: iya kak. Ini kak.

Milka: Udah gue bilang gak pake saos kenapa lo pakein?

Bella: Maaf kak, tadi saya udah bilang. Tapi abangnya mungkin gak denger.

Milka: Gue gak mau tau, lo beli lagi.

Bella: Maaf kak saya sudah tidak punya uang.

Milka dengan marah langsung menjambak rambut Bella dan mendorongnya. Bella pun terjatuh, anggota geng lain malah menendangnya. Tiba-tiba Hilman melintasi jalan tersebut dam kaget melihat kejadian itu. Hilman merupakan cowok terganteng di sekolah yang juga disukai oleh Milka.

Hilman: Ehh pada ngapain? Kok kasar sama orang lain?

Milka: Siapa yang kasar, lo salah liat aja. Ayoo cabut.

Milka dan gengnya pun langsung pergi meninggalkan tempat kejadian agar tidak dianggap buruk oleh Hilman.

Hilman: kamu gpp? Aku belum pernah liat kamu di sekolah ini, apa kamu anak baru?

Bella: Gpp kak. Ia kak saya anak baru pindahan dari Sumedang.

Hilman: Salam kenal ya, aku Hilman.

Bella: Saya Bella.

Hilman: Kamu bisa bangun, sini aku bantu. Klo kamu dijahatin, harus ngelawan. Jangan diam aja. kalau kamu diam saja mereka tambah senang.

Bella: iya kak. Terima kasih.

Bella pun kembali ke kelasnya. Mulai dari saat itu ia menjadi penasaran dengan sosok Hilman dan mulai mengaguminya. Setelah Hilman menolong tempo hari, geng cewek tidak lagi mengusiknya. Namun ia tetap sendiri karena kesulitan bergaul dengan yang lain. Di tengah kesendiriannya tersebut ia memiliki hobi melukis.

Ia pun diam-diam mengikuti Hilman dan melukis wajahnya. Hilman pun lulus terlebih dahulu karena dia memang kakak kelas.

Hari perpisahan sekolah pun tiba. Seluruh siswa mengecek pengumuman. Bella dinyatakan lulus dan berniat mendaftar ke Universitas Indonesia. Melalui seleksi akhirnya dia diterima di sana. Sampai hari itu, Bella belum bisa melupakan sosok Hilman dan berharap mereka bisa lebih dekat. Bella bahkan masih menyimpan lukisan yang dibuatnya dahulu.

Hari pertama kuliah pun tiba. Ketika ingin pergi ke kantin tanpa diduga Bella berpapasan dengan Hilman. Tapi dirinya tidak percaya itu Hilman dan menganggap hanya ilusi saja. Namun tiba-tiba seseorang berteriak dari belakang.

Hilman: Bella! Kamu Bella kan? Anak SMA Karya Bakti yang pindahan dari Sumedang itu?

Bella: iya kak. Ini kak Hilman?

Hilman: iya aku Hilman, masa lupa. Kamu kuliah disini juga? Ambil jurusan apa?

Bella: iya kak aku baru masuk. Aku ambil jurusan management.

Hilman. Wah kebetulan banget donk. Aku juga jurusan management. Mau kemana? Ke kantin? Ayoo bareng aja.

Akhirnya mereka berdua ke kantin dan melakukan beberapa perbincangan. Melalui percakapan tersebut mereka menghabiskan waktu bersama lebih dekat lagi. Bahkan ternyata rumah mereka searah. Sehingga sekarang mereka pulang pergi kampus bersama. Sewaktu pulang kampus.

Hilman: kalau kamu merasa ada pelajaran yang sulit, tanya aja sama aku. Nanti aku bantuin.

Bella: iya kak. Rumah ku yang itu. Terima kasih ya kak sudah diantar. Maaf sudah merepotkan kak.

Hilman: Gak lhaa, orang kita searah. Besok aku jemput ya. Bosen di jalan kalau sendirian gak ada teman ngobrol.

Bella: iya kak hati-hati di jalan ya.

Hubungan keduanya pun semakin dekat. Hilman pun mulai tidak bisa jauh dari Bella, begitu juga yang Bella rasakan. Pada suatu ketika Hilman pun memutuskan untuk mengungkapkan perasaannya pada Bella.

Hilman: Bella, aku mau ngomong sesuatu boleh gak?

Bella: Boleh kak, ngomong aja.

Hilman: Kedekatan kita ini membuat aku merasa nyaman dan tidak bisa jauh darimu. Bagaimana kalau kita berpacaran?

Dengan ekspresi kaget Bella pun terdiam. Ia tidak fokus dan menganggap dirinya berhalusinasi.

Hilman: Kok diam saja? Kamu tidak punya perasaan yang sama ya dengan aku.

Bella: Bukan gitu kak.

Bella pun mengambil lukisan wajah Hilman dan memberikan kepadanya.

Bella: Ini kak.

Hilman: Apa ini? Bukankah ini aku?

Bella: iya itu kakak. Aku sudah membuatnya sejak SMA, namun tidak pernah memiliki kesempatan untuk memberikannya. Hari ini aku rasa merupakan waktu yang cocok untuk memberikannya.

Hilman: Terima kasih. Ternyata kamu sudah mengagumiku sejak dulu.

Dengan perasaan senang bercampur sedih akhirnya Hilman memeluk Bella dengan erat. Hilman merasa sudah menemukan belahan jiwa yang selama ini dicarinya. Cinta dalam diam yang dilakukan Bella pun akhirnya terwujud karena mereka sudah ditakdirkan untuk bersama.

Contoh Naskah Drama Anak Durhaka

Contoh Naskah Drama Anak Durhaka

“Hukuman Untuk Anak Durhaka””

Disebuah desa di kota Sumedang hidup seorang ibu tunggal dengan seorang anaknya. Ibu tersebut bernama ibu Atun, ia ditinggal oleh suaminya yang berselingkuh. Dari pernikahannya, ibu Atun memiliki seorang anak laki-laki bernama Amir. Mereka terpaksa harus pulang kampung karena tidak memiliki kemampuan untuk menghidupi dirinya sendiri dan anaknya.

Di desa ibu Atun memiliki sebidang tanah yang bisa digunakannya untuk bekerja dan menghasilkan uang. Singkat cerita Amir sudah hampir lulus SMA dan berniat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Amir pun mengikuti ujian untuk bisa diterima di kampus negeri, namun harapannya pupus karena tidak satupun yang berhasil dilewatinya.

Ibu Atin: Amir, bagaimana tes mu? Apakah sudah ada pengumuman?

Amir: sudah buu, Amir tidak bisa diterima dimanapun karena kurang memenuhi persyaratan.

Ibu Atin: Ya sudah jangan bersedih, masih ada kesempatan lain waktu untuk kamu mencoba lagi.

Amir: Iya buu

Amir berangkat sekolah dengan wajah sedih karena tidak bisa masuk ke kampus yang diinginkannya. Teman Amir bernama Rudi tiba-tiba menghampirinya.

Rudi: Bagaimana tesnya Mir?

Amir: Gagal Rud

Rudi: Ya sudah gak usah sedih gitu, ikut gue aja yuk ke Jakarta. Gue mau nyari kuliah swasta di sana dan ngekost di sana. Di Jakarta katanya suasananya lebih asik dan ramai Mir, kamu bisa dapat sekolahan dengan mudah di sana.

Amir: Emang iya Rud, bukannya di Jakarta semakin banyak saingannya?

Rudi: Siapa bilang, dicoba aja dulu yuk, daripada di desa ngerjain apa coba. Masak jadi pertani?

Amir: Nanti ku tanya ibu dulu.

Sampailah Amir di rumah dan bertemu ibunya. Rencananya saat makan malam nanti Amir akan memberitahukan ibunya jika dirinya ingin pergi ke Jakarta bersama Rudi

Amir: Bu, aku boleh ke Jakarta gak sama Amir? Katanya di Jakarta terdapat banyak kampus yang bisa menerima mahasiswa baru seperti ku.

Ibu Atin: Tidak usah Mir, lebih baik kamu di desa saja. Kamu belum memahami bagaimana kejamnya kota Jakarta. Di sana kota besar, kamu bisa terjerumus atau dijebak orang.

Amir: Tidak buu, Amir kan sudah besar, bisa menjadi diri sendiri.

Ibu Atin: Sudah ibu bilang tidak usah, kamu akan lebih baik disini.

Perbincangan tersebut pun ditutup dengan rasa kecewa Amir ke Ibunya. Amir merasa marah karena ibunya tidak mewujudkan keinginannya. Padahal ibu Atin sudah lebih dulu tinggal di Jakarta dan memahami bagaimana bahayanya di sana. Ibu Atin bukan melarang Amir untuk mengejar impiannya, namun mengkhawatirkan Amir terjerumus dalam hal-hal yang buruk.

Keesokan hari sesampai Amir di Sekolah.

Rudi: Gimana Mir, secepatnya kita berangkat setelah lulus.

Amir: Gue gak diijinin sama ibu.

Rudi. Sudah pergi aja, lo kan sudah besar bisa nentuin jalan hidup sendiri

Amir pun hanya terdiam dan berjalan ke kelas. Proses belajar mengajar berjalan seperti biasanya. Hingga saatnya acara perpisahan kelulusan berlangsung.

Rudi: Yeah akhirnya kita lulus Mir. Ayo besok kita berangkat ke Jakarta. Besok gue jemput ya siap-siap. Jangan biarkan orang tua ngatur hidup kita Mir. Kita juga harus mandiri.

Sesampai di rumah Amir merasakan dilema antara harus mementingkan egonya sendiri atau mendengarkan perkataan ibunya. Karena desakan dari Rudi akhirnya Amir pun merasa marah dan membentak ibunya.

Amir: Ibu! Pokoknya besok aku akan ke Jakarta. Jika ibu tidak setuju aku akan kabur saja.

Ibu Atin: Dengarkan perkataan ibu nak, di Jakarta tidak seperti apa yang kamu fikirkan. Di sana lebih  keras dan kejam.

Amir: Ibu tahu apa soal Jakarta?!

Ibu Atin: Ibu pernah tinggal di sana dan merasakan kesengsaraan hidup!!

Amir: Itu hidup ibu!! Bukan hidup aku!! (banting pintu kamar)

Keesokan harinya ketika ibu Atin sedang mencuci baju, tiba-tiba Amir mengendap-ngendap masuk ke kamar ibunya. Amir mencari kotak penyimpanan uang milik ibunya. Setelah mencari-cari akhirnya Amir menemukannya dan pergi bersama Rudi tanpa pamit ke Ibunya.

Tanpa merasa bersalah Amir pergi saja meninggalkan ibunya. Ketika ibu Atin selesai mencuci ia pun mencari keberadaan anaknya. Melihatnya tidak di rumah membuat ibu Atin panik dan bertanya pada seluruh warga di desa. Salah satu warga melihat Amir pergi bersama Rudi. Ibu Atin semakin panik dan mencoba untuk menghubungi Amir tapi tidak ada jawaban.

Ketika ibu Atin mengecek kotak penyimpanan uang dya mendapati kotaknya kosong. Ibu Atin merasa sedih dan merasa gagal mendidik anak. Beberapa bulan kemudian Amir pun pulang dan langsung mendekati ibunya.

Amir: Buu, maafin Amir buu. Amir sudah banyak salah sama ibu. Maafin Amir buu (sambil menangis).

Ibu Atin: kamu kemana saja, kenapa tidak memberikan ibu kabar?

Amir: Amir ke Jakarta buu demi keegoisan sendiri dan mengambil uang ibu. Ternyata sesampai di Jakarta Amir ditipu oleh Rudi. Uang yang Amir bawa diminta Rudi katanya akan didaftarkan kuliah. Setelah itu Rudi bahkan tidak bisa dihubungi.

Ibu Atin: Ibu kan sudah bilang apa ke kamu, di sana lebih kejam.

Amir: iya buu, salah Amir buu. Maafin Amir.

Ibu Atin: Ya sudah sana kamu mandi terus solat. Minta ampun sama Allah. Ibu sudah maafin.

Dengan perasaan bersalah akhirnya Amir sudah berhasil meminta maaf kepada ibunya dan memulai kehidupan yang lebih baik.

[/su_note]

Tips Membuat Naskah Drama Komedi yang Berkualitas

Tips Membuat Naskah Drama Komedi yang Berkualitas

Naskah drama komedi adalah salah satu naskah yang perlu ditulis dengan baik. Hal ini disebabkan karena menulis sebuah naskah yang lucu memang bukan sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. Bagi anda yang ingin mengetahui cara membuat naskah yang lucu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kami berikan.

Perhatikan kondisi diri

Ketika anda akan membuat sebuah naskah drama terlebih yang memiliki humor di dalamnya. Pastikan kondisi diri anda sedang dalam keadaan baik. Hindari menulis naskah humor pada saat kondisi diri anda sedang tidak dalam keadaan baik. Hindari menulis naskah drama humor ketika anda merasa stres. Pastikan anda masih rileks ketika akan menulis naskah humor tersebut.

Baca referensi 

Ketika anda akan membuat sebuah contoh naskah drama yang berbau komedi, pastikan anda memiliki banyak referensi. Baca lebih banyak buku yang memiliki nilai seni komedi untuk menambah pengetahuan anda. Dalam buku komedi ada banyak cara untuk membuat sebuah adegan menjadi adegan komedi. Hal inilah yang membuat anda menjadi lebih kreatif dalam mengembangkan naskah anda.

Perhatikan pokok tulisan

Ketika membuat sebuah naskah komedi, tentukan terlebih dahulu arah komedi yang anda inginkan. Jenis naskah komedi bisa berupa komedi situasi atau bisa juga berupa slapstick. Ketika anda ingin membuat naskah drama yang memiliki komedi situasi, maka salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah mengenai aksi mengundang tawa yang dilakukan dalam komedi. Sebaiknya anda membuat komedi dalam sebuah kesalahpahaman yang nantinya akan membuat naskah anda menjadi lebih mengundang tawa.

Perhatikan audience

Hal lain yang perlu anda perhatikan ketika akan membuat naskah drama komedi adalah mengenai audience anda. Pastikan audience yang anda miliki sesuai dengan naskah yang anda buat. Pasalnya tidak semua komedi bisa diterima oleh kalangan masyarakat tertentu. Contohnya ketika anda akan membuat naskah drama untuk anak-anak di kalangan remaja, maka menggunakan humor orang dewasa mungkin akan membuat naskah anda terdengar garing. Hal ini disebabkan karena pengetahuan dari remaja dan daya tangkap mereka masih kurang jika dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh karena itu, pastikan anda mengenal dan membuat komedi sesuai dengan audience yang anda miliki.

Hindari SARA

Salah satu hal yang belakangan banyak digunakan untuk mengundang gelak tawa adalah adalah SARA atau lebih banyak digunakan adalah ras dan suku. Sayangnya komedi ini mungkin bisa diterima sebagian orang tapi tidak bisa diterima beberapa orang lagi. Sebisa mungkin hindari membawa hal-hal yang dapat membuat perpecahan dalam skala besar seperti membawa komedi dalam hal SARA. Selain itu lebih berhati-hati juga ketika anda akan membawa hal-hal yang berbau komedi fisik ketika anda akan membuat naskah drama komedi hal ini bisa melukai sebagian orang yang mungkin menjadi penonton anda.

 

Dasar-Dasar Penting dalam Pembuatan Sebuah Naskah Drama Persahabatan

Dasar-Dasar Penting dalam Pembuatan Sebuah Naskah Drama Persahabatan

Ketika akan menulis naskah drama persahabatan atau naskah drama dengan tema lainnya, maka hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah bagaimana anda akan memulai tulisan anda. Tidak mudah membuat tulisan yang akan dipentaskan, salah satunya disebabkan karena banyak orang merasa kesulitan dalam memulainya. Untuk anda yang juga merasa kesulitan untuk memulai membuat naskah drama berikut ini adalah beberapa tip yang bisa kami berikan.

Perhatikan format

Salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan ketika akan membuat tulisan naskah adalah mengenai format yang anda butuhkan. Ketika anda akan membuat sebuah naskah, pastikan formal penulisan anda benar. Contoh format tulisan yang perlu diperhatikan adalah mengenai cara penulisan nama, mengenai penulisan blocking yang ditulis dengan menggunakan huruf kecil dan masih banyak hal yang lainnya. Hal-hal seperti ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk memudahkan para aktor yang profesional untuk mengetahui bagiannya dan beradaptasi dengan naskah drama anda.

Mengenai waktu

Ketika anda akan membuat sebuah naskah drama, sangat penting bagi anda untuk mengetahui waktu yang digunakan untuk memainkan drama anda. Standarnya, 1 lembar naskah akan dimainkan dalam waktu kurang lebih 1 menit. Hal ini menyebabkan sebuah drama yang dimainkan dalam waktu 10 menit kira-kira akan membutuhkan 10 hingga 15 halaman.

Mengetahui waktu yang digunakan untuk menulis naskah drama persahabatan dan naskah drama yang lain ini sangat penting sehingga anda dapat memperkirakan selama apa naskah anda akan dimainkan sehingga waktu penyelesaian drama anda tidak melebihi waktu yang diberikan. Jika anda tidak mengetahui dasar ini, maka ada kemungkinan anda perlu merombak total contoh naskah drama yang sudah anda buat sebelumnya.

Berikan banyak area kosong

Hal lain yang juga merupakan dasar dari permainan drama anda adalah mengenai area kosong dalam naskah anda. Ketika anda akan membuat sebuah naskah drama pastikan anda meninggalkan banyak lahan kosong. Lahan ini memiliki fungsi untuk memberikan tempat pada para aktor untuk mengembangkan karakter mereka. Ketika naskah anda mulai dimainkan dengan cara latihan, para aktor akan menulis hal yang perlu mereka perhatikan dari adegan mereka. Hal inilah yang membuat keberadaan area kosong pada naskah anda menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Membuat dialog 

Hal paling penting yang perlu diperhatikan kembali adalah mengenai dialog. Dialog adalah salah satu bagian yang nantinya digunakan untuk menjelaskan kejadian, karakter dan juga cerita utama dalam naskah drama anda. Sangat penting bagi anda untuk membuat dialog bermutu dan tidak berbelit-belit sehingga penonton bisa mengerti naskah drama persahabatan yang anda buat dengan lebih baik dan tidak bosan saat menontonnya.

 

Kaidah dan Format Penulisan Naskah Drama

Kaidah dan Format Penulisan Naskah Drama

Meski membuat sebuah naskah drama pendek, tapi anda tetap perlu memperhatikan kaidah yang dimilikinya. Ada banyak dasar dan kaidah dalam penulisan drama. Untuk dasar penulisan drama digunakan untuk memudahkan anda dalam penulisan awal naskah drama anda. Selain mengenai dasar penulisannya, ada juga beberapa kaidah yang perlu diperhatikan dalam penulisan naskah drama baik yang singkat maupun yang panjang. Beberapa kaidah dalam penulisan drama ini antara lain adalah :

Penulisan awal dari naskah drama 

Salah satu kaidah penting dalam penulisan drama adalah mengetahui awalan dari sebuah drama ketika anda akan menulis sebuah drama sangat penting bagi anda untuk menulis prolog. Prolog adalah salah satu bagian dari drama yang digunakan untuk membuat sebuah situasi sehingga para penonton mengetahui situasi yang akan anda gambarkan selanjutnya. Inilah fungsi dari prolog sebagai penjelasan dan untuk membantu para audience untuk membuat paham yang sama satu dengan yang lainnya.

Prolog ditulis dari sudut pandang mereka yang bercerita. Bisa dari pandangan orang ketiga atau dari pihak pertama yang menjadi protagonis dalam naskah anda. Selain menuliskan awalan dari naskah berupa prolog, akhir dari naskah drama ini juga perlu disimpulkan dengan adanya epilog.

Penulisan aspek dalam naskah drama 

Dalam sebuah naskah drama pendek yang ada banyak aspek yang ada di dalamnya. Mulai dari blocking, dialog, prolog, epilog dan masih banyak hal yang lainnya yang perlu anda masukkan dalam naskah drama anda. Aspek-aspek dalam drama ini perlu dituliskan dengan format yang jelas sehingga aktor yang anda miliki mampu mengerti naskah drama anda dengan lebih baik.

Dalam sebuah contoh naskah drama yang baik, sebuah prolog harus dituliskan secara terpisah, dialog perlu ditulis dengan menggunakan awalan berupa nama tokoh dan juga menggunakan titik dua dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penulisan perpindahan adegan

Setiap drama seperti halnya film yang tidak mungkin dibuat secara runtut. Anda perlu bermain dengan perpindahan adegan atau mungkin anda juga perlu menggunakan kisah flashback untuk membuat adegan dalam naskah drama anda menjadi lebih menarik. Ketika akan menulis perpindahan dengan ini perlu dilakukan dengan cara terpisah, artinya tidak boleh disamakan dengan bagian dialog dari tokoh.

Penulisan petunjuk 

Penulisan petunjuk dalam sebuah rama juga dilakukan tidak sembarangan. Petunjuk yang di maksudkan di sini adalah blocking, mengenai lokasi dari pemain yang akan membuat pekerjaan dari sutradara menjadi lebih mudah. Dengan membuat petunjuk blocking yang tepat, pihak dari produser dari naskah drama anda tidak perlu banyak melakukan pengarahan. Penulisan blocking yang benar dilakukan dengan menggunakan tanda kurung atau dengan menggunakan huruf yang lebih kecil. Penulisan blocking yang cukup baik memiliki arti bahwa tulisan anda cukup baik sebagai naskah drama pendek.

 

Tips Mudah Mengubah Cerita Rakyat Menjadi Naskah Drama 

Kaidah dan Format Penulisan Naskah Drama

Salah satu bentuk dari naskah drama yang menarik bisa saja berupa naskah drama cerita rakyat yang kemudian diangkat menjadi drama. Bagi anda yang sedang dalam proyek untuk mengerjakan naskah drama yang diangkat dari kisah atau cerita rakyat ini berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti.

Perhatikan dan hayati cerita rakyat yang ingin anda angkat

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika anda akan membuat sebuah naskah drama dari cerita rakyat adalah mengenai penghayatan dari cerita rakyat itu sendiri. Anda perlu mengenal tema yang dimiliki oleh cerita rakyat yang ingin anda angkat ini. Tema adalah salah satu hal yang penting karena merupakan ide pokok dari sebuah cerita. Dengan menemukan tema yang dimiliki oleh sebuah cerita rakyat, maka anda akan mendapatkan dasar dan ruh dari cerita rakyat ini. Contohnya, ketika anda akan membuat naskah drama dari cerita rakyat mengenai timun mas, maka kesan utama yang perlu anda dapatkan adalah mengenai rasa takut yang dirasakan oleh timun mas saat dikejar raksasa. Meski anda ingin memberikan unsur komedi, tapi unsur horor tidak boleh lepas dari cerita angkatan anda.

Ubah bagian cerita rakyat menjadi babak

Hal selanjutnya yang perlu dikenali dari sebuah cerita rakyat adalah mengenai pembagian dari cerita rakyat. Mari kita contohkan dari cerita timun mas. Jika dilihat dari bagiannya, cerita timun mas memiliki beberapa bagian yaitu :

  • Bagian mengenai permintaan pasangan yang tidak dikarunia anak
  • Bagian dari pasangan yang mendapatkan anak perempuan timun mas
  • Bagian pertumbuhan timun mas
  • Bagian timun mas diminta oleh raksasa
  • Dan bagian timun mas dikejar oleh raksasa yang menjadi ending dari kisah ini.

Bagian dari cerita ini kemudian bisa anda ubah menjadi babak dalam naskah drama cerita rakyat yang anda ingin buat. Dengan membuat bagian menjadi babak ini akan lebih mudah bagi anda dan untuk membuat kreasi dalam naskah drama dari cerita rakyat anda bukan? Intinya adalah cari runtutan yang menjadi pokok dari cerita rakyat yang akan anda angkat kemudian jadikan bagian-bagian sesuai dengan kreativitas anda.

Buat dialog yang berujung pada konflik 

Pada tiap bagian ini temukan konflik yang muncul. Contoh naskah drama adalah konflik berupa emosi ketika pasangan tidak memiliki anak dan memohon untuk diberikan anak. Konflik ini adalah konflik batin yang bisa anda ubah menjadi sebuah kejadian dan dialog dari para pemain anda.

Buat latar 

Sebuah naskah drama yang baik tidak akan sempurna tanpa adanya deskripsi latar. Selain membuat gambaran latar belakang cerita, hal lain yang perlu anda perhatikan dari sebuah naskah drama adalah mengenai lighting. Lighting atau pencahayaan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dari bagian pencahayaan ini anda bisa membuat kejadian dalam naskah drama cerita rakyat menjadi lebih menarik dan lebih dramatis.

 

Tips membuat naskah Drama 5 Orang yang Lebih Menarik

Tips membuat naskah Drama 5 Orang yang Lebih Menarik

Ketika anda akan membuat naskah drama 5 orang, maka penting bagi anda untuk membuat naskah drama anda menjadi tidak membosankan. Ketika ada banyak tokoh dalam sebuah naskah drama akan cukup sulit bagi anda untuk membuat kelima tokoh menjadi penting dalam sebuah naskah. Untuk anda yang ingin membuat naskah drama yang baik dan berkualitas, maka berikut ini adalah beberapa tips untuk anda.

Pastikan untuk menyelesaikan naskah drama anda sebelum latihan dimulai 

Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Ketika anda akan membuat sebuah naskah drama, pastikan anda menyelesaikan naskah drama anda terlebih dahulu. Pastikan naskah yang anda buat sesuai dengan ide awal ketika anda membuatnya. Sangat penting untuk mengikuti ide awal pembuatan sebuah naskah karena akan menentukan kualitas dari naskah drama anda.

Banyak orang yang pada merasa sulit untuk menentukan durasi dari naskah drama yang akan mereka buat, hal ini disebabkan karena banyak orang mulai menulis naskah drama tanpa pengertian dasar yang kuat terlebih dahulu. Jika anda ingin membuat sebuah naskah drama yang berkualitas, maka kenali dasar pembuatannya terlebih dahulu. Untuk anda yang ingin tahu beberapa dasar dari pembuatan naskah drama yang berkualitas, maka anda bisa menyimak artikel kami sebelumnya.

Siapkan catatan ke mana pun anda pergi 

Ketika anda akan membuat sebuah naskah drama 5 orang, maka maka mungkin anda akan mengalami writer blocking. Writer blocking ini adalah kondisi di mana seorang penulis mengalami buntu dan membuatnya tidak bisa meneruskan cerita. Hal inilah yang membuat penyelesaian sebuah naskah drama menjadi sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, pastikan anda menyiapkan catatan yang anda miliki dan membawanya ke mana pun. Mengapa? Hal ini disebabkan karena anda perlu mencatat semua inspirasi yang datang ke kepala anda sebagai seorang penulis naskah drama. Sayangnya inspirasi bisa datang kapan saja sehingga sangat penting bagi anda untuk mendapatkan ide ini kapan pun ia muncul. Jadi jangan sampai catatan anda tertinggal ya!

Pastikan karakter anda ingin sesuatu dalam naskah drama anda

Salah satu hal yang membuat sebuah naskah drama menjadi menarik adalah mengenai apa yang diinginkan dari tokoh dalam contoh naskah drama yang akan anda buat. Sangat penting bagi anda untuk membuat sebuah karakter yang memiliki keinginan tersendiri dalam drama anda. Keinginan dari karakter akan memunculkan konflik dalam cerita naskah drama anda yang pastinya akan membuat drama anda menjadi lebih menarik.

Gunakan dialog 

Ketika anda akan membuat sebuah naskah drama, pastikan setiap hal yang anda ingin sampaikan disampaikan dalam sebuah kejadian bukan dalam sebuah prolog. Hal ini akan membuat naskah drama 5 orang anda sukses besar.

 

Tips Penting dalam membuat naskah Drama yang Sukses

Tips Penting dalam membuat naskah Drama yang Sukses

Banyaknya orang yang ingin anda masukkan dalam drama anda bukan salah satu hal yang terpenting dalam pembuatan naskah drama anda. Baik itu naskah drama 6 orang atau lebih ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan dalam penulisan sebuah naskah drama. Bagi anda yang ingin menulis naskah drama dengan baik, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda perhatikan dalam penulisan drama anda.

Mulailah dari ide yang terbuka 

Jika anda ingin membuat sebuah naskah drama dari sebuah cerita pendek atau dari cerita rakyat, maka sangat penting untuk membuat ide dari naskah yang anda inginkan tersebut, akan tetapi bagi anda yang ingin membuat naskah drama dari nol, maka sangat penting bagi anda untuk berpikir lebih terbuka mengenai drama yang ingin anda sampaikan. Anda bisa memulai dari setting waktu yang anda inginkan.

Contohnya, membuat drama tidak harus sesuai dengan kehidupan masa kini. Bagi anda yang tertantang untuk membuat sebuah drama dari cerita masa lalu, maka anda bisa menggunakan setting waktu yang unik seperti tahun 70 an untuk menghasilkan naskah drama yang lebih menarik. Tidak mudah untuk melakukan hal ini, akan tetapi akan menjadi sebuah hal yang menarik untuk audience anda.

Buat pandangan anda sesuai dengan setting yang sudah anda buat

Setelah menentukan tema dan juga ide cerita sangat penting bagi anda untuk menempatkan pikiran anda pada setting yang sudah anda buat tersebut. Untuk melakukan hal ini, maka anda bisa melakukannya dengan 2 cara, membuat sudut pandang anda kembali pada masa tersebut atau melakukan riset untuk naskah drama 6 orang jika pada waktu tersebut anda belum lahir atau belum memiliki kenangan yang menarik untuk dipertunjukkan. Ya, riset adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk membuat naskah drama anda menjadi lebih hidup dan terasa nyata.

Buat karakter kejutan

Selain membuat karakter utama dan juga karakter sampingan. Sangat penting bagi anda untuk membuat kejutan di dalam naskah drama anda. Contoh naskah drama dengan kejutan berupa karakter adalah dengan menghadirkan karakter yang didamba oleh audience ketika menonton drama anda. Untuk menghadirkan ini salah satu contoh yang bisa dilakukan adalah membuat sebuah karakter menjadi hidup dan bernilai bagi audience anda meski ia tidak ada, contohnya orang di masa lalu yang penting.

Ketika anda bisa menghadirkan rasa rindu dari audience anda, maka anda bisa membuat kejutan dengan kemunculan dari karakter ini. Hal ini akan menjadi surprise yang menyenangkan untuk penonton dari naskah drama yang anda buat. Surprise ini juga bisa dilakukan dengan banyak cara lainnya yang menurut anda lebih menarik untuk naskah drama 6 orang yang sedang anda susun.

 

Cara Membuat Karakter dalam Naskah Drama Singkat : Metode Pengenalan Dasar

Cara Membuat Karakter dalam Naskah Drama Singkat : Metode Pengenalan Dasar

Meski dalam sebuah naskah drama singkat, karakter yang kuat adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Untuk anda yang sedang menyusun karakter untuk naskah drama anda, berikut ini adalah salah satu cara membuat atau membangun sebuah karakter dengan menggunakan metode pengenalan karakter.

Buat informasi mengenai karakter anda

Salah satu hal yang sangat penting dalam pembuatan sebuah karakter adalah mengenai Indonesia yang dimiliki oleh karakter anda. Ketika anda akan membangun sebuah karakter, pastikan anda memberikan ketegasan pada informasi utama karakter, mulai umur, di mana mereka tinggal, mengenai nama mereka, apa yang mereka sukai dan tidak sukai dan informasi lainnya. Hal ini tidak perlu di jelaskan dalam bentuk narasi karena akan lebih baik dinyatakan dalam bentuk naskah dan kejadian.

Oleh karena itu jika anda sudah selesai membuat naskah anda dan ingin membuat karakter yang lebih hidup, maka baca kembali naskah yang sudah anda buat dan selesaikan lebih dari sekali dan pastikan penggambaran karakter terlihat jelas dan kuat dalam naskah yang sudah anda buat terbuat.

Buat diri anda familier dengan dunia dari karakter 

Untuk membuat sebuah karakter dalam naskah drama singkat menjadi lebih hidup dan lebih kuat, bagi anda penulisnya sendiri sangat penting untuk mengenal dunia dari karakter ini sendiri. Dengan mengetahui dunia dari karakter anda, anda bisa mendapatkan penggambaran karakter yang lebih jelas dan lebih hidup.

Contohnya adalah ketika anda memuat karakter anda menjadi sebuah dokter, maka pastikan anda melakukan research terlebih dahulu mengenai kehidupan para dokter, bagaimana mereka menangani pasien bahkan mengenai kode etik dari sebuah karakter, dari pengenalan dunia karakter ini anda bisa membuat konflik yang memiliki latar belakang sesuai dengan dunia karakter sehingga akan membuat karakter yang anda bangun menjadi lebih kuat.

Jika anda ingin membuat cerita mengenai dunia di masa depan atau dunia fantasi, maka anda tetap tidak boleh mengandalkan pikiran dan imajinasi anda sendiri, tetap melakukan research untuk dari buku-buku dan referensi mengenai dunia masa depan dan dunia fantasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui konsep mengenai masa depan dan dunia fantasi yang sudah dimengerti banyak orang dan membuat anda tidak kesulitan dalam membangun dunia anda sendiri dalam contoh naskah drama yang anda buat.

Selalu objektif 

Ketika bicara mengenai karakter, kita bicara mengenai emosinya. Akan tetapi ketika ingin membangun emosi dari karakter sangat penting bagi penulis karakter untuk tetap berada pada sisi objektifnya. Gunakan alasan yang kuat mengapa karakter anda memiliki emosi seperti yang anda ingin gambarkan, bukan hanya karena iri, maka karakter antagonis anda melakukan kejahatan yang berlebihan. Hal-hal tidak masuk akal akan membuat karakter dan naskah drama singkat anda menjadi tidak berbeda dengan sinetron yang ditonton audience di televisi mereka.

 

Membangun Karakter dalam Naskah Drama Bahasa Jawa dengan Menggunakan Sketsa

Membangun Karakter dalam Naskah Drama Bahasa Jawa dengan Menggunakan Sketsa

Naskah drama bahasa Jawa adalah salah satu hal yang sulit untuk dibuat. Untuk anda yang ingin membangun karakter dalam naskah drama anda, maka sangat penting bagi anda untuk membuat karakter anda menjadi lebih berjiwa. Lalu bagaimana cara membuat karakter ini menjadi lebih berjiwa? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sketsa untuk karakter anda. Mengapa sketsa ini bisa digunakan untuk membuat karakter menjadi lebih hidup? Berikut ini adalah ulasannya.

Sketsa dapat memberikan kesan mengenai kondisi fisik karakter anda

Salah satu alasan untuk menggunakan sketsa dalam pembangunan karakter anda adalah mengenai penggambaran kondisi fisik dari karakter yang anda milik. Sangat penting bagi anda untuk membuat gambaran mengenai karakter anda baik mengenai gender, umur, kesehatan, tinggi, bobot, bentuk rambut dan lain-lainnya. Ketika anda membuat sketsa mengenai karakter fisik dari pemain anda akan lebih mudah bagi anda untuk membuat karakter ini lebih menonjol. Beberapa hal yang perlu anda tanyakan pada diri anda mengenai karakter yang anda buat ketika menggambarkan karakter tersebut.

  • Siapa karakter anda, siapa namanya dan mengapa anda menyukai nama tersebut.
  • Berapa usia dari karakter anda dan mengapa karakter ini harus memiliki usia seperti itu.
  • Bagaimana kulitnya?
  • Apakah ada kekurangan yang dimiliki oleh karakter anda dan mengapa hal ini terjadi
  • Bagaimana mengenai suaranya? Logatnya dan volume bicaranya?
  • Bagaimana postur dari karakter anda dan bagaimana postur ini dapat menjelaskan umur, kesehatan dan juga kondisi mental atau inner feeling dari karakter anda.

Bagaimana dari pertanyaan anda bisa membuat gambaran yang lebih spesifik dan juga lebih unik untuk karakter anda bukan?

Menggambarkan status sosial

Alasan lain mengapa anda perlu menggambarkan sketsa dari karakter yang anda miliki ketika akan membuat sebuah naskah drama bahasa Jawa adalah untuk menggambarkan status sosial dari karakter anda. Dari hal ini anda bisa menggambarkan apa yang disukai oleh karakter anda dan aplikasi yang tidak disukainya. Anda bisa menggambar mengenai hubungan karakter anda dengan lingkungan dan hal-hal lainnya. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan status sosial dari karakter anda ketika anda akan membuat sketsa karakter dari contoh naskah drama anda.

  • Bagaimana masa kecil dari karakter anda? Apakah memori terbaik dan terburuk dari karakter anda.
  • Siapa keluarga dari karakter dan apa pekerjaan mereka?
  • Apa latar belakang pendidikan?
  • Apa pekerjaan dari karakter?
  • Bagaimana mengenai pekerjaannya? Apakah ia menyukainya atau tidak?

Menggambarkan kualitas psikologi dari karakter anda 

Menggambarkan karakter dalam bentuk sketsa juga akan membantu anda untuk menjelaskan kualitas psikologi dari karakter anda. Anda tentu sering kali melihat karakter dari seorang psikopat yang memiliki mata runcing, pandangan yang sayu dan juga bentuk wajah yang cukup identik bukan? Hal inilah yang akan lebih baik bagi anda untuk menggambarkan psikologi dari karakter anda dalam naskah drama bahasa Jawa yang anda buat.

 

Tips Membuat naskah Drama bawang Merah Bawang Putih Menjadi lebih Menarik

Tips Membuat naskah Drama bawang Merah Bawang Putih Menjadi lebih Menarik

Membuat naskah drama dari cerita rakyat bukan hal yang mudah. Terlebih lagi naskah drama bawang merah bawang putih. Hal ini disebabkan karena naskah drama yang diangkat dari cerita rakyat memang sudah lebih banyak diketahui orang. Lalu bagaimana caranya membuat naskah drama dari cerita rakyat seperti bawang merah dan bawang putih ini menjadi lebih menarik? Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Buat judul yang berbeda

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat naskah drama mengenai bawang merah dan bawang putih menjadi lebih menarik adalah dengan menggunakan judul yang berbeda. Dalam sebuah naskah drama judul adalah salah satu hal yang sangat penting diperhatikan. Selain digunakan untuk identitas, judul dari sebuah drama juga akan membuat kesan dan tema dari drama yang anda buat.

Anda bisa memasukkan kata konyol jika ingin membuat drama anda menjadi drama komedi dan menggunakan kalimat puitis untuk memberikan kesan pada audience anda mengenai kesan sedih atau romantis yang akan di kembangkan dalam cerita naskah drama yang akan anda buat. Sebesar itulah pengaruh dari judul untuk kesuksesan naskah dan drama anda. Oleh karena itu, pastikan anda memilih judul yang tepat untuk membuat naskah anda menjadi naskah yang menarik.

Visualisasikan cerita bawang merah dan bawang putih ke dalam tema tertentu

Sangat mudah untuk membuat cerita bawang merah dan bawang putih dengan visualisasi di masa lalu. Akan tetapi jika anda ingin cerita naskah drama bawang merah bawang putih menjadi lebih menarik, maka coba visualisasikan cerita ini dalam tema tertentu. Anda bisa menggunakan setting dan waktu yang berbeda. Misalnya anda menggunakan masa retro untuk memutar tema dari cerita bawang merah dan bawang putih. Dengan menggunakan setting waktu yang baru akan lebih mudah bagi anda untuk kemasukan unsur yang segar dalam naskah anda yang berhubungan dengan kejadian di waktu yang anda pilih tersebut. Hal ini sudah pasti akan membuat kesan yang lebih menarik pada contoh naskah drama dengan tema bawang merah dan bawang putih yang anda ingin buat.

Bangun karakter anda dengan baik

Dalam cerita bawang merah dan bawang putih, karakter dibagi menjadi 2 yaitu karakter protagonis dan juga karakter antagonis. Karakter antagonis dari cerita ini adalah bawang putih dan juga ibunya. Sayangnya tidak ada pendekatan lebih mendetail mengenai sifat antagonis yang mereka miliki. Inilah tugas anda, mendeskripsikan mengenai karakter ini dengan lebih detail sehingga presensi panggung mereka menjadi lebih kuat. Dengan presensi panggung yang lebih kuat, maka akan lebih mudah bagi anda untuk membuat cerita menjadi lebih menarik. Untuk membangun karakter anda dengan lebih baik, maka anda bisa menggunakan 2 cara yaitu membuat sketsa dari karakter tersebut dan juga membangun karakter dengan menggunakan pengenalan dasar. Kedua cara membangun naskah drama bawang merah bawang putih ini bisa anda lihat pada artikel kami sebelumnya.

[/su_note]

Kunci Membuat Naskah Drama untuk 6 Orang yang Sukses

Kunci Membuat Naskah Drama untuk 6 Orang yang Sukses

Untuk menulis naskah drama untuk 6 orang agar sukses, maka berikut ini adalah beberapa kunci yang ingin kami sampaikan. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

Pastikan definisi sukses anda sendiri 

Salah satu kunci untuk membuat sebuah naskah drama yang sukses adalah membuat definisi sukses untuk diri anda sendiri. Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jangan pernah membandingkan kesuksesan anda dengan kesuksesan dari penulis lainnya. Setiap orang terutama penulis memiliki pencapaian masing-masing. Apalagi jika anda masih pemula. Anda bisa mengukur sukses anda misalnya mulai dengan kesuksesan dalam membangun karakter, membangun blocking dan lain-lainnya. Jangan berharap anda bisa langsung terkenal hanya dengan menulis 1 naskah drama ya!

Kejar impian anda bukan mimpi

Memiliki mimpi memegang harus setinggi-tingginya, akan tetapi mimpi tidak boleh di jadikan sebagai patok kesuksesan anda dalam menulis. Anda boleh saja menulis mimpi anda menjadi seorang penulis drama yang terkenal seperti penulis novel yang menghasilkan banyak uang saat ini. Akan tetapi ini mimpi. Mimpi yang tinggi seperti ini perlu dicapai dalam waktu yang lama melalui goal-goal yang harus anda buat sebelumnya. Oleh karena itu, ketika anda ingin membuat sebuah naskah drama untuk 6 orang yang sukses tentukan dahulu goal kesuksesan ini yang menjadi bagian dari mimpi anda. Buat step step untuk membuat mimpi anda menjadi berhasil, step-step inilah yang harus anda kejar sebagai goal yang anda miliki.

Buat rencana 

Dari goal tersebut anda harus membuat rencana. Contohnya jika anda memiliki tujuan untuk membangun karakter yang kuat dalam naskah drama anda, maka anda perlu mengetahui langkah-langkah apa yang perlu anda lakukan untuk membuat karakter ini menjadi lebih kuat. Langkah-langkah ini bisa dibuat menjadi sebuah rencana.

Misalnya anda membuat sebuah karakter dengan menggunakan metode penggambaran. Anda perlu tahu apa saja yang harus anda gambarkan ketika akan membuat karakter anda. Untuk mencapainya, anda perlu membuat rencana mengenai hal apa saja yang wajib diketahui ketika anda akan membuat karakter dengan metode ini.

Misalnya anda ingin membuat karakter pembunuh dalam drama anda lakukan riset terlebih dahulu dengan mencari contoh naskah drama yang lain atau mencari referensi ilmiah mengenai ciri dan penggambaran orang-orang yang memiliki kelainan secara psikis dan melakukan aksi pembunuhan. Sangat penting bagi anda untuk membuat rencana untuk goal anda dengan rinci dan jelas sehingga naskah drama untuk 6 orang yang anda buat dapat memiliki impact yang besar pada audience anda. Hal ini akan lebih penting lagi jika drama yang anda buat adalah drama yang serius dan benar-benar disajikan untuk pertunjukan komersial.

Dengan mempelajari beberapa contoh naskah drama serta Tips cara membuat naskah drama yang benar, maka Anda bisa menambahkan referensi cerita untuk mengasah imajinasi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan tema cerita baru yang tentunya membuat para penonton tertarik. Membuat naskah drama memang membutuhkan waktu yang cukup lama, karena Anda perlu melakukan beberapa observasi dan menyusun kalimat dengan baik.

Dengan begitu maka naskah drama Anda akan terlihat realistis dan juga menarik bagi para penonton. Kekuatan utama dari sebuah drama adalah emosi para aktor dan aktris yang memerankannya. Aktris dan aktor harus masuk ke dalam karakternya agar bisa mendalaminya dengan baik. Dengan begitu pertunjukkan akan terlihat lebih berkesan dan seru.

Naskah Drama : Panduan dan Contoh Dengan Berbagai Alur Cerita (Terlengkap)

Leave a Reply