Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) 1

Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap)

Contoh Teks Pidato Singkat – Setiap orang pastinya memiliki cara yang berbeda-beda ketika berpidato, pengertian dari pidato itu sendiri adalah cara untuk menyampaikan suatu hal dengan tujuan tertentu. Biasanya orang yang baru pertama kali berpidato mengalami grogi, maka dari itu diperlukan persiapan teks dan latihan sebelum pidato dilaksanakan, serta Anda perlu Contoh Teks Pidato Singkat sebagai referensi.

Pidato yang mudah diterima oleh pendengar, yaitu pidato yang memiliki penjelasan yang singkat serta jelas isinya dan maksud tujuannya, dengan itu maka tujuan pidato akan sukses disampaikan kepada pendegar. Bagi Anda yang hendak menulis sebuah teks pidato, Anda dapat menjadikan contoh teks pidato dari internet atau buku-buku, sebagai referensi dan sumber yang dapat dipertimbangkan.

Salah satu jenis dari pidato yang sering digunakan adalah pidato singkat, biasanya digunakan dalam acara formal ataupun non formal. Selain karena mudah dalam proses pembuatannya, pendengarnya pun tidak mudah bosan karena isinya singkat, jelas, serta mudah untuk dimengerti. Anda dapat membuat pidato singkat, dengan melihat contoh teks pidato singkat atau contoh teks pidato persuasif.

Contoh Teks Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Contoh Teks Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Sebelum membuat sebuah teks pidato, Anda harus menentukan judul. Agar lebih mudah menentukan judul, lebih baik menentukan tema yang umum terlebih dahulu. Sehingga nantinya topik tema bisa dipersempit, hingga mendapat judul yang akan digunakan untuk sebuah teks pidato. Simak Contoh teks pidato singkat dibawah ini, yang berjudul Sebuah Bahasa Menunjukan Suatu Bangsa.

Bapak/Ibu RW yang saya hormati
Bapak/Ibu RT yang saya hormati
Serta warga sekalian yang sangat saya banggakan

Bismillahirrahmanirrahim
Puji serta syukur saya panjatkan kehadirat Allah Swt. Semoga kita semua dalam lindunganNya.

Pada kesempatan kali ini untuk memperingati hari sumpah pemuda saya akan menyampaikan sebuah pidato mengenai bahasa yang menunjukan suatu bangsa.

Para Hadirin yang berbahagia,
Bagaimana jadinya jika dalam suatu bangsa tidak ada suatu bahasa? tentunya akan sulit untuk berkomunikasi. Karena komunikasi merupakan cara untuk berinteraksi sosial, apa jadinya jika tidak ada bahasa yang berperan sebagai pemersatu suatu bangsa. Bukankah kita sebagai bangsa Indonesia, yang memiliki bahasa pemersatu sudah sepatutnya bersyukur dengan adanya bahasa Indonesia.

Bahasa memiliki sebuah peran yang sangat penting, serta sangat berguna dalam kehidupan berinteraksi antar masyarakat di suatu negara. Bahasa sudah sejak lama ada, dan dijadikan sebagai suatu alat untuk berkomunikasi. Dengan tujuan agar apa yang ada dalam pikiran seseorang, dapat tersampaikan kepada lawan bicara, dan bahasa ini lahir bersama-sama dengan adanya suatu bangsa.

Maka dari itu, bahasa sangat berkaitan erat dengan sosial dan budaya suatu masyarakat. Tak heran dalam setiap daerah memiliki bahasa yang beragam, namun tetap memiliki maksud dan tujuan yang sama. Tidak hanya itu saja dalam perkembangannya pun berbeda-beda, ada yang berkembang dengan pesat dan ada juga yang malah meredup hingga berpotensi punah atau hilang.

Apalagi di masa kini, dimana teknologi dan budaya sangat dipengaruhi oleh globalisasi yang semakin besar. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang menggunakan bahasa asing saat berbicara, mengobrol dalam sehari-harinya dengan orang sekitar. Banyak sekolah internasional yang ada di perkotaan, yang kadang kurang membudayakan bahasa Indonesia kepada para pelajar berwarga negara Indonesia.

Pada zaman sekarang juga banyak bahasa baru yang sering muncul yang disebut dengan bahasa slank atau bahasa gaul. Biasanya bahasa gaul adalah campuran bahasa dari bahasa asing, local dan Indonesia yang tidak baku. Contoh bahasa gaul seperti aku mah kalo mau cari apa aja teh suka browsing di internet. Hal-hal seperti itu perlahan-lahan akan menggeser penggunaan bahasa menjadi tidak baku.

Para hadirin yang saya hormati,

Bahasa asing memang perlu untuk diketahui dan dikuasai, demi mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman. Akan tetapi dengan pengetahuan itu jangan sampai bahasa Indonesia tergeser, hingga menjadi punah atau hilang. Lestarikan bahasa Indonesia yang menjadi pemersatu bangsa dan menjadi identitas bangsa kita, supaya dapat diwariskan secara turun temurun dengan menggunakannya sehari-hari.

Penggunaan bahasa juga akan menunjukan pola piker seseorang, semakin baik dalam berkata-kata maka pola pikirnya juga tertata dengan baik. Kita semua harus menumbuhkan rasa bangga, terhadap bangsa dan bahasa yang kita miliki. Dan juga harus merasa bangga, terhadap kebudayaan yang dimiliki Indonesia dengan keberagamannya dan disatukan dengan bahasa yang satu.

Untuk bisa menanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia sejak dini, dapat dimulai ketika dalam bangku sekolah, yaitu melalui pendidikan. Tujuannya agar siswa mempunyai keterampilan dalam berbahasa baik dalam berbicara, membaca, menulis dan juga mendengarkan. Sehingga siswa dapat secara cerdas berkomunikasi, kepada masyarakat luas dengan baik dan juga dengan percaya diri.

Banyak manfaat dan pelajaran ketika kita bisa menguasai bahasa Indonesia, dan ketika kita memiliki keterampilan berbahasa. Selain bisa menghilangkan jarak antar suku yang berbeda, juga dapat menumbuhkan kecintaan yang besar terhadap bangsa dan bahasa Indonesia. Bahasa juga dapat mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi, baik komunikasi secara verbal atau non verbal.

Hadirin yang saya hormati, mungkin cukup sekian pidato yang dapat saya sampaika. Mohon maf bila terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, atau kata yang kurang berkenan saat diucapkan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat dimengerti dan dipahami oleh semuanya, mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan bahasa kita sebagai pemersatu bangsa kita.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarokatu

Contoh teks pidato diatas dapat Anda jadikan sebagai acuan atau referensi, untuk Anda bisa membuat teks pidato. Pidato tersebut menjelaskan mengenai bahasa, sangat penting untuk dijaga yang berguna sebagai pemersatu bangsa. Teks pidato diatas memiliki amanat, dan ada unsur untuk mengajak audience agar melakukan sesuatu yaitu menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia.

Contoh Teks Pidato Tentang Pengaruh Telivisi

Contoh Teks Pidato Tentang Pengaruh Telivisi

Selanjutnya ada contoh teks pidato pesuasif, mengenai tayangan di televisi yang berkaitan dengan tantang pendidikan yang sekarang ini terjadi. Contoh teks pidato ini, dapat dipakai ketika dalam suatu acara dengan audiencenya dari kalangan orangtua atau anak-anak. Kalangan tersebut sedang dalam masa pertumbuhan, dalam suatu instansi pendidikan serta dapat dijadikan sebagai referensi.

Para orangtua murid yang saya hormati
Rekan-rekan yang saya banggakan
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarokatu

Puji serta syukur mari kita panjatkan kepada Allah Swt, dimana atas ridoNya kita semua bisa berkumpul di tempat ini. Dan atas kuasaNya kita diberi umur untuk bertemu dan bersilaturahmi. Pada kesempatan kali ini saya mengucapkan terimakasih atas kesedian bapak dan ibu untuk hadir di sekolah ini dalam rangka acara seminar yang diadakan oleh murid-murid sekolah.

Hadirin yang sedang berbahagia,
Seiring dengan perkembangan zaman yang terus maju, teknologi pun semakin canggih. Banyak masalah dan tantangan zaman yang harus dihadapi meliputi moral, alam sosial,maupun agama. Disatu sisi hal tersebut menjadi keprihatinan tersendiri, karena informasi apapun dapat masuk secara cepat dalam hitungan detik ke gawai setiap orang, baik informasi benar atau hoax semata.

Permasalahan lainnya, yang berkaitan dengan perilaku berubah-ubah dari diri remaja dan masyarakat umum, yaitu dengan adanya televisi. Televisi ini merupakan media publikasi atau hiburan, yang seringkali dapat sangat mempengaruhi perilaku penontonya. Karena tontonan yang ditayangkan sesuai jadwal yang sudah ada, jadi penontonlah yang harus memilih tayangan yang baik dan bermanfaat.

Hadirin yang berbahagia,
Banyak kasus dari tayangan yang kurang layak ditonton, oleh usia murid sekolah seperti tayangan olahraga tinju. Tayangan yang mengajarkan syirik atau tahayul, contoh-contoh tersebut hanya sedikit dari tayangan tv yang ada. Masih banyak tayangan yang berpotensi merusak moral dan pikiran murid-murid sekolahan, hal tersebut yang menjadi salah satu tantangan pendidikan.

Pada dasarnya media televisi memang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan berbagai usia sebagai sumber informasi yang menyampaikan berita terbaru. Banyak ragam informasi yang bisa diperoleh mulai dari gaya hidup, makeup,makanan, berita selebritis dan pengajaran lain seperti agama dan wawasan. Maka dari itu, orangtua memiliki peran penting untuk mengontrol tontonan anak sesuai usianya.

Hadirin sekalian,
Banyak pemikiran mengenai tayangan telivisi, yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi para orangtua. Hal pertama yaitu kita harus bijak ketika memilah tayangan tv, tayangan yang baik tidak hanya diukur dari kata telah lulus dari sensor saja. Namun, harus lebih dipahami isi dan cara penyampaiannya. Karena bisa saja tayangan tersebut malah menghancurkan moral dan pikiran.

Maka dari itu, orangtua harus pintar-pintar menseleksi tayangan yang baik untuk edukasi anak. Jika tidak ada yang cocok, bisa mengurangi waktu menonton tv anak, supaya terhindar dari hal yang tidak baik. Namun, penonton juga berperan sebagai pengonsumsi hiburan media tv. Dengan begitu harus diingat kembal,i bahwa apa yang ditonton harus bisa mengambil amanat yang terkandung di dalamnya.

Selanjutnya yaitu bagi para murid sendiri, tanamkan dalam diri kalian sikap kritis ketika memahami setiap tayangan di tv. Tidak hanya menelannya bulat-bulat, akan lebih baik jika diproses dan diambil manfaat yang beguna bagi kehidupan murid-murid sebagai penonton. Jika kurang bermanfaat dan mengedukasi sebaiknya hindari menontonnya, jangan sampai waktu kalian terbuang karena hal yang tidak berguna.

Hadirin yang sangat saya hormati, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan jangan biarkan anak-anak menonton televisi tanpa pengawasan orangtua atau orang dewasa. Banyak menonton berita yang didapat dari media tv, dan juga informasi yang bermanfaat. Mohon maaf bila terdapat banyak kekurangan dan kesalahan. Wassalamualaikum waeeahmatullahi wabarokatu.

Dengan adanya penjelasan-penjelasan mengenai cara tepat, mudah dan penjelasan lainnya mengenai pembuatan teks pidato. Memang akan sulit jika tidak memahaminya sama sekali, atau dengan hanya meniru contoh teks pidato dari web, akan tetapi dengan memahami apa yang sudah dijelaskan sebelumnya maka akan lebih mudah dan banyak trik yang bisa diterapkan ketika membuat teks pidato

Diharapkan Anda aka lebih bijak lagi ketika mencari contoh teks pidato di web, dengan memahami penjelasan sebelumnya, Anda akan lebih mudah ketika membuat teks pidato untuk berbagai acara dan dengan topik bahasan apapun. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referennsi juga agar tidak kebingungan, apalagi jika Anda baru pertamakali membuat teks pidato.

Contoh Teks Pidato singkat (terlengkap)

Leave a Reply