Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar Beserta Artinya (Arab dan Latin) 1

Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar Beserta Artinya (Arab dan Latin)

Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar – Sebagai umat muslim, Anda tentu dibiasakan untuk membaca doa terutama pada aktivitas sehari-hari bukan? Terdapat doa sebelum dan sesudah belajar beserta Arab, latin, dan artinya yang wajib Anda ketahui, pahami, dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Belajar merupakan sarana untuk memperoleh ilmu. Bagi umat Islam, ilmu merupakan suatu hal yang wajib dimiliki sebagai bekal untuk hidup di dunia maupun di akhirat. Dalam hal ini, Allah SWT mewajibkan umat-Nya untuk menuntut ilmu, bahkan di ujung dunia sekalipun.

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Rasulullah SAW mengajarkan bahwa dalam setiap aktivitas, hendaknya mengawali dan mengakhirinya dengan doa. Selain bertujuan untuk memperoleh keberkahan, hal ini juga menjadi salah satu alat untuk meminta dan berharap kepada Allah SWT agar ilmu yang dipelajari bermanfaat.

Belajar merupakan kewajiban bagi umat muslim, tidak ada batasan usia, jenis kelamin, suku, ras, budaya, dan lain sebagainya. Doa sebelum dan sesudah belajar beserta Arab, latin, dan artinya dipaparkan di bawah ini :

1. Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

2. Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ


Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

Belajar dalam Hukum Islam

Belajar dalam Hukum Islam

Islam merupakan agama yang mengatur keseluruhan aspek kehidupan umat-Nya, dimulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, hubungan antara manusia dengan Allah SWT maupun hubungan antara manusia dan manusia. Salah satu aspek yang diajarkan dalam Islam adalah belajar.

Belajar merupakan suatu proses menuntut ilmu yang memang diajarkan oleh Allah SWT agar umat Islam menjadi umat yang cerdas, sehingga dapat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, nusa dan bangsa, serta agama. Adapun beberapa poin terkait hukum Islam dalam belajar dalah sebagai berikut :

1. Menuntut ilmu dari segi ibadah

Apakah Anda sudah mengetahui, bahwa belajar dapat memberikan pahala yang sangat besar untuk umat Islam yang mengerjakannya? Hal ini disebutkan Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa barangsiapa yang mempelajari ayat dari Al-Qur’an baik pagi maupun malam, maka pahalanya lebih baik daripada beribadah dalam satu tahun.

Selain itu, hadist riwayat Turmudzi mengatakan :

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya: “Barang siapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (orang yang menegakkan agama Allah) hingga sampai ia pulang kembali.”

Belajar atau menuntut ilmu disini berkaitan dengan ilmu pengetahuan maupun ilmu agama Islam. Bagi umat muslim, mempelajari semua ilmu sangat bagus, karena pada dasarnya setiap obrolan tanpa ilmu adalah hoaks, atau berita bohong.

Bagi umat muslim yang menuntut ilmu akan memperoleh pahala yang besar, karena ilmu yang diperoleh tersebut akan menjadi amal jariyah bagi Anda. Tahukah Anda? Bahwa ilmu merupakan salah satu dari hal tersebut. Ketika Anda telah habis kontrak untuk hidup di dunia, maka ilmu yang Anda sebarkan akan menjadi lading amal dan pahala bagi Anda dalam kubur.

Amal ibadah yang tidak didasari oleh ilmu, akan menjadi sia-sia dan tidak memperoleh manfaat. Hal ini juga diperkuat melalui perkataan dari Syaikh Ibnu Ruslan yang menyatakan bahwa barangsiapa yang beramal tanpa ilmu, maka semua amalannya tersebut akan ditolak oleh Allh SWT.

Hal ini patut menjadi introspeksi bagi umat muslim di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Bahwa setiap perbuatan terlebih amalan, harus didasari dengan ilmu yang benar terlebih dahulu. Telah banyak contoh yang ditampilkan bahwa ketika mempelajari apapun, pastikan untuk melihat ajaran yang benar, yang baik dari orang tua maupun guru mengaji dirumah.

Berilmu tidak semerta merta percaya atas semua hal yang berkaitan dengan agama. Kini banyak sekali amalan yang dilakukan namun tidak didasari oleh ilmu agama Islam yang sebenarnya. Sebenarnya dalam hal ini yaitu Al-Qur’an, sunnah Rasulullah SAW, dan hadist.

Selain itu, Allah SWT juga telah berjanji akan meningkatkan derajat orang yang berilmu. Hal ini tercantum dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11 yang memiliki arti “Allah SWT meninggikan segala orang yang beriman dan segala orang yang diberikan ilmu dengan beberapa derajat”.

2. Menuntut ilmu dari segi jihad

Menurut para ulama, menuntut ilmu merupakan jihad yang lebih utama dibandingkan dengan senjata. Karena seperti yang kita ketahui, dalam berjihad perlu dilandasi dengan ilmu terlebih dahulu. Dengan ilmu yang benar, maka jihad pun akan dilakukan secara benar dan tepat.

Menuntut ilmu sifatnya wajib, sehingga bagi Anda yang belajar tentu harus membaca doa sebelum dan sesudah belajar agar ilmu yang diperoleh dapat masuk ke dalam otak dan dapat dipahami sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Keutamaan Belajar dalam Islam

Keutamaan Belajar dalam Islam

Ketika mencari ilmu dengan sungguh-sungguh, maka Anda akan dilancarkan untuk menuju surga. Rasulullah SAW mengatakan bahwa : “Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim). 

Ilmu merupakan warisan para Nabi, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh hadits,

اَلْعُلَمَاءُ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَلَا دِرْهَامًا، وَلَكِنْ وَرَّثُوْا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

“Para ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi mewariskan ilmu. Maka dari itu, barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang cukup.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah; dinyatakan shahih oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 6297). 

Ketika membaca doa sebelum dan sesudah belajar, ilmu yang telah Anda pelajari tersebut akan bermanfaat baik bagi diri Anda sendiri maupun orang yang ditinggalinya. Bagi Anda yang memanfaatkan ilmu sebaik mungkin untuk diajarkan kepada orang lain, maka akan memberikan manfaat yang lebih luas. Sebuah hadist riwayat Muslim mengatakan,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

 “Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang berdoa untuknya” .

Kemudian tahukah Anda? Bahwa ilmu yang Anda miliki merupakan kehendak dari Allah SWT. Ketika Allah SWT berkehendak untuk memberikan kebaikan kepada Anda dalam bentuk ilmu, maka Allah SWT akan memberikan pemahaman tentang agama, sehingga dapat meningkatkan derajat orang yang diberi kehendak tersebut.

Adab Belajar

Adab Belajar

Belajar juga memiliki adab yang harus Anda penuhi sebagai pencari ilmu. Rasulullah SAW menyampaikan bahwa seorang penuntut ilmu harus memiliki adab serta akhlak yang mulia. Sehingga dapat menerapkan hasil belajarya dengan cara yang baik kepada orang lain. Adapun adab belajar yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut :

1. Niat

Sebelum belajar, alangkah baiknya untuk memfokuskan niat terlebih dahulu untuk belajar. Niat yang baik akan menghasilkan tindakan yang baik pula. Dalam hal ini, Anda perlu meniatkan diri untuk menuntut ilmu demi kebaikan.

2. Ikhlas

Pada saat belajar, Anda juga harus memantabkan diri untuk mengikhlaskan hati untuk belajar karena Allah SWT. Karena pada dasarnya, sifat manusia adalah ingin menampilkan sesuatu yang bagus-bagus. Dalam hal ini, harus ikhlas belajar karena Allah, bukan karena manusia.

3. Rajin berdoa

Fungsi dari membaca doa sebelum dan sesudah belajar ini dapat menjadi salah satu pelajaran untuk meningkatkan intensitas berdoa. Berdoa merupakan salah satu syarat bagi Anda sebelum mempelajari sesuatu agar memperoleh ilmu yang bermanfaat.

4. Fokus dan serius dalam belajar

Belajar khususnya dalam hal agama merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Anda sebagai penuntut ilmu harus berupaya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan maupun agama yang banyak sehingga dapat meningkatkan derajat di mata Allah SWT.

Ketika blajar apapun, pastikan untuk mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Sehingga ilmu yang dipelajari akan melekat dalam otak yang kemudian akan memperoleh manfaat terbaik bagi Anda sendiri maupun orang terdekat.

5. Menjauhkan diri dari dosa dan maksiat

Salah satu hambatan seseorang dalam belajar adalah dosa dan maksiat yang dilakukan. Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari dosa dan maksiat agar ilmu dapat secara mudah masuk diterima oleh otak Anda.

Selain itu, dosa dan maksiat dapat merusak kehidupan serta mengakibatkan murka Allah SWT. Jika sudah terlanjur, laksanakanlah shalat taubat untuk memohon ampunan serta meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Sehingga dipermudah untuk mendapatkan dan memahami ilmu.

6. Menuntut ilmu sewajarnya

Haus akan ilmu tentu diperbolehkan bagi Anda yang memiliki semangat yang tinggi dalam belajar. Namun, dalam belajar tidak diperbolehkan berperilaku sombong karena memiliki ilmu yang lebih dibandingkan orang lain. Sikap sombong dapat diperoleh ketika seseorang mendapatkan nilai yang bagus kemudian mengolok-olok orang lain.

Selain itu, ketika belajar tentu tidak boleh ada rasa malu. Pada dasarnya, Anda sebagai umat manusia tentu belajar mulai dari awal. Pengetahuan ini terus bertambah seiring berjalannya waktu dan kegigihan dalam menuntut ilmu.

7. Pendengar yang baik

Tidak hanya menjadi pendengar yang baik ketika seorang teman atau orang lain menceritakan permasalahannya kepada Anda, ketika belajar juga diperlukan sifat ini. Pendengar yang baik ketika seorang guru mengajarkan ilmu terhadap Anda merupakan hal yang utama.

Allah SWT berfirman dalam Surat Az-Zumar pada ayat 17-18 sebagai berikut (artinya)

“… sebab itu sampaikanlah berita gembira itu kepada hamba-hambaKu, (yaitu) mereka yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik diantaranya. Mereka itulah orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan merekalah orang-orang yang mempunyai akal sehat.”

Keutamaan Membaca Doa Belajar

Keutamaan Membaca Doa Belajar

 

Tidak hanya cukup dengan mengucapkan dua kalimat syahadat, Anda sebagai seorang muslim juga harus mengetahui, memahami, serta mengamalkan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ketika melaksanakan hal tersebut, Anda juga membutuhkan ilmu.

Rasulullah SAW mengatakan bahwa menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim. Seperti yang mungkin Anda ketahui, ilmu merupakan pusat dari kunci segala kebaikan di dunia ini. Adapun keutamaan belajar dalam agama Islam adalah sebagai berikut :

  1. Membaca doa sebelum belajar dapat membantu memudahkan diri untuk mempelajari hal-hal yang akan dibahas. Kemudian setelah membaca doa selesai belajar, Anda akan lebih merasa percaya diri. Selain itu, membaca doa sebelum belajar juga akan menimbulkan rasa ikhlas untuk mempelajari berbagai ilmu dengan tujuan karena Allah SWT.
  2. Mendapatkan berkah karena sesuatu yang diawali dan diakhiri dengan doa akan memberikan berkah terhadap orang yang melaksanakannya. Ketika mempelajari ilmu dunia dan akhirat, maka akan bermanfaat sebagai bekal baik di dunia yang telah diberkahi oleh Allah SWT.
  3. Membaca doa sebelum dan sesudah belajar dapat membentuk karakter agar terus berperilaku disiplin serta ikhlas mempelajari segala hal. Selain itu, ketika membaca doa sebelum dan setelah belajar, berbagai pelajaran yang telah Anda terima akan lebih mudah dipahami.
  4. Ketika belajar, pasti banyak rintangan dan halangan. Baik untuk memulai maupun berfokus untuk mempelajari ilmu pengetahuan. Dengan membaca doa sebelum dan setelah belajar, Anda akan lebih mudah menyerap ilmu yang dipelajari.Sehingga membaca doa sebelum dan sesudah belajar dapat memudahkan dalam memperoleh ilmu. Hal ini juga disebutkan dalam firman Allah SWT pada Surat Al-Mukmin ayat 60 yang artinya:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

  1. Doa merupakan ibadah yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Sehingga ketika membaca doa sebelum dan sesudah belajar, Anda akan memperoleh pahala. Jika dilakukan secara konsisten, maka pahala yang diperoleh akan semakin banyak.
  2. Bagi Anda yang rajin mengucapkan doa sebelum dan sesudah belajar serta memasrahkan diri atas apa yang telah diperoleh tentu menjadikan hati lebih tenang. Ketika berdoa, Anda juga dapat menyertakan harapan Anda ketika belajar dan apa yang diinginkan setelah mempelajari hal tersebut.Dengan mengungkapkan keinginan itu, akan lebih menjadikan hati Anda lebih tenang dan kuat dibandingkan sebelumnya. Karena dalam hal ini terdapat rasa percaya terhadap Allah SWT dan diri Anda bahwa hasil belajar akan memberikan manfaat.
  1. Ketika membaca doa sebelum dan sesudah belajar, pasti Anda akan lebih berfikir positif. Karena dalam doa yang dipanjatkan mengandung sifat pasrah atas apa yang telah terjadi dalam kehidupan ini.Apabila keadaan berkata sebaliknya, kehadiran doa akan membantu Anda untuk menyeimbangkan atau bahkan meningkatkan kondisi dengan secara konsisten berdoa dan berusaha untuk mendapatkan kondisi terbaik.
  1. Ketakwaan kepada Allah SWT akan menghadirkan rasa takut, baik ada atau tidak adanya pengawas. Karena pada dasarnya Allah beserta kedua malaikatnya selalu melihat aktivitas dan mencatat amal buruk dan amal baik Anda.

Ketika membaca doa sebelum dan sesudah belajar, akan menjaga Anda untuk berperilaku baik karena adanya doa dapat mendisiplinkan tubuh untuk tidak berperilaku negatif. Dalam hal ini, ilmu yang dipelajari juga akan diserap dengan mudah.

Penjelasan tentang doa sebelum dan sesudah belajar di atas dapat menjadi salah satu ilmu pengetahuan serta doa wajib yang haus Anda kerjakan. Berbagai manfaat serta keutamaan dari doa sebelum dan sesudah belajar di atas pasti memberikan nilai positif bagi Anda.

Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar Beserta Artinya (Arab dan Latin)

Leave a Reply