7+ Kumpulan Doa untuk Suami Beserta Arti, Arab dan Latin 1

7+ Kumpulan Doa untuk Suami Beserta Arti, Arab dan Latin

Kumpulan Doa untuk Suami – Pernikahan adalah cara beribadah kepada Allah dan menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW. Pernikahan yang Anda langsungkan akan menyempurnakan separuh dari agama Anda.

Dalam pernikahan terdapat dua orang yang saling melengkapi yaitu suami dan istri. Istri yang sholehah hendaknya mendoakan suaminya dengan doa untuk suami ini.

Doa doa tulus dari istri sholehah akan diijabah dan dikabulkan oleh Allah SWT. Apabila keluarga Anda dilindungi oleh Allah SWT, maka keluarga Anda bisa menjadi keluarga yang harmonis dan sakinah wa maddah wa rohmah.

Cinta antara suami istri yang dikuatkan dengan doa juga akan memengaruhi perkembangan anak-anak yang baik, sholeh, dan sholehah. Pilihlah doa terbaik untuk suami Anda yang akan Anda panjatkan kepada Allah.

Doa Agar Suami Diberikan Keselamatan Dunia dan Akhirat

Doa Agar Suami Diberikan Keselamatan Dunia dan Akhirat

Berikut adalah doa sehari-hari yang bisa Anda panjatkan untuk kesalamatan suami Anda:

Rabbanaa atinaa fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzabannar

Artinya: Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.

Sebagai seorang istri yang sholehah hal pertama yang paling penting adalah keselamatan untuk suami, baik keselamatan di dunia maupun di akhirat. Doa istri yang sholehah akan diijabah oleh Allah. Doa ini mungkin sudah cukup umum bagi Anda, namun Anda bisa mengkhususkan membaca doa untuk sang suami agar diberikan keselamatan oleh Allah.

Doa ini lafadzkan dengan hati tulus di setiap harinya. Allah akan memberikan keselamatan dunia dan akhirat kepada Anda, suami, dan para keluarga. Selain diberikan keselamatan, doa ini juga memanjatkan kebaikan dunia berupa amal shaleh, suami lebih mencintai istrinya, semangat dalam pekerjaan dan lainnya. Sedangkan, kebaikan di akhirat dengan dikumpulkan bersama suami kelak.

Doa Agar Suami Diampuni dan Diberi Kasih Sayang

Doa Agar Suami Diampuni dan Diberi Kasih Sayang

Ampunan dan kasih sayang Allah salah satu hal yang paling berharga. Mendapatkan ampunan dan kasih sayang akan membuat kita selalu berada dalam lindungan dan pertolongannya. Selain berdoa untuk diri sendiri, doa ini juga bisa Anda panjatkan untuk suami tercinta. Doa untuk suami agar diampuni dan diberi kasih sayang oleh Allah SWT:

اللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَ ارْحَمْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِي وَ ارْزُقْنِيْ

Allahummaghfirli, warhamni, wahdini, wa ‘aafini, warzuqni.

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku, dan berikanlah rezeki kepadaku

Sebenarnya doa ini termasuk doa yang umum. Dengan memanjatkan doa tersebut Anda sudah meminta segala pertolongan, perlindungan, ampunan, kasih sayang, dan rejeki kepada Allah SWT. Suami yang sholeh dan baik merupakan rezeki dari Allah untuk para istri. Sehingga bagi istri khususkan doa untuk meminta ampunan dan kasih sayang Allah untuk sang suami.

Jika suami menerima ampunan dari Allah, maka apapun pekerjaan yang suami kerjakan akan mendapatkan pertolongan dari Allah dan terasa ringan. Dengan kasih sayang Allah, suami diberikan ketenangan dalam menjalankan aktivitas dan semakin semangat bekerja menghasilkan rezeki yang halal. Selain itu dilindungi dan diberikan pertolongan oleh Allah atas permasalahannya. Hal itu bisa terjadi karena doa istri sholehah yang diijabah oleh Allah.

Doa Diberikan Nafkah yang Halal

Doa Diberikan Nafkah yang Halal

Suami adalah kepala rumah tangga yang wajib memberikan nafkah kepada istri dan anaknya. Meskipun istrinya juga bekerja dan mendapatkan penghasilan. Namun, sebagai seorang suami tetap wajib memberikan nafkah materil kepada istri. Hendaklah nafkah yang diberikan halal dari perkara-perkara yang haram. Untuk mendapatkan nafkah yang halal, cara yang digunakan untuk bekerja juga harus cara yang baik dan halal.

Ada baiknya seorang istri memohonkan kepada Allah agar suaminya selalu mendapatkan nafkah yang halal. Ada kala saat suami lalai, suami mendapatkan nafkah yang sebenarnya tidak halal. Nafkah yang haram akan memengaruhi nafkah lainnya yang halal dan membahayakan bagi keluarga di dunia maupun di akhirat. Itulah bentuk bahayanya jika suami tidak mendapat nafkah yang halal.

Doa yang telah dipanjatkan oleh istrinya akan mencuci nafkah yang diperoleh oleh suaminya menjadi nafkah yang halal. Berikut adalah doa untuk suami yang bisa Anda panjatkan dalam memohon pemberian nafkah yang halal kepada Allah SWT.

سِوَاكَ عَمَّنْ وَبِفَضْلِكَ حَرَامِكَ عَنْ لِكَ بِحَلاَ اَغْنِنِىْ يْدُ يُرِ لِمَا يَافَعَّالُ يَاوَدُوْدُ يَارَحِيْمُ يَامُعِيْدُ يَامُبْدِئُ ياَحَمِيْدُ غَنِىُّ ياَ مَّ اَللَّهُ

 

Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak

 

Artinya: Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMu.

Saat suami telah mendapatkan nafkah, sebagai seorang istri jangan melupakan sedekahkan sebagian dari nafkah tersebut. Sebenarnya, nafkah yang disedekahkan akan menjadi penawar bagi nafkah yang haram. Dengan kata lain, nafkah yang tidak halal akan disucikan dengan melakukan sedekah. Sebagian nafkah yang suami Anda dapatkan ada beberapa hak orang lain juga.

Doa Diberikan Nafkah yang Barokah

Doa Diberikan Nafkah yang Barokah

Agar keluarga mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat, maka nafkah dari suami harus memiliki keberkahan. Nafkah yang berkah bukan berarti memiliki jumlah nominal yang banyak. Jadilah istri qonaah meskipun penghasilan suami tidak banyak. Hal ini akan menambah keberkahan dan menghindarkan suami dari perbuatan yang menyebabkan mencari nafkah yang tidak halal. Gunakanlah nafkah yang diberikan oleh suami dengan sebaik mungkin.

Nafkah yang berkah adalah nafkah yang memberi manfaat pada saat digunakan baik untuk keperluan keluarga maupun untuk keperluan orang lain. Menggunakan nafkah yang halal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik dan bijak merupakan bentuk dari keberkahan rezeki suami. Sebagai seorang istri jangan lupa untuk memanjatkan doa nafkah yang barokah.

Doa ini bukan hanya untuk suami namun juga untuk Anda sebagai istri agar menerima ridho Allah dalam mencapai keberkahan dari nafkah yang digunakan. Berikut adalah doa yang bisa istri panjatkan kepada Allah agar suami diberikan rezeki yang barokah:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَاِلي(لَنَا) وَوَلَدِي (نَا) وَبَارِكْ لي (لَنَا) فِيهِ

Allahumma aktsir maa lii (lanaa) wawaladii (naa) wabaaRiklii (lanaa) fiihi

Artinya: Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.

Baca : Doa Tahlil

Doa Memperoleh Rejeki yang Baik

Doa Memperoleh Rejeki yang Baik

Salah satu rejeki yang baik adalah nafkah yang diberikan jauh dari perkara haram dan memiliki keberkahan di dalamnya. Suami adalah seseorang yang berusaha mencari nafkah yang baik untuk para keluarganya. Nafkah yang baik akan memengaruhi keharmonisan keluarga. Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang tenteram dan damai dalam hidupnya. Dukunglah tujuan suami Anda dengan memanjatkan doa kepada Allah.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbal

Artinya: Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima.

Berdasarkan arti dari doa tersebut yang dimaksud rejeki yang baik bukan hanya pada nafkah yang halal dan berkah. Ilmu yang bermanfaat merupakan bentuk lain dari rejeki yang baik. Jika suami dan istri memiliki ilmu, hendaklah digunakan sebaik-baiknya untuk menggapai ridho Allah. Ilmu yang digunakan dalam kebaikan tidak akan terputus pahalanya walaupun sudah meninggal karena memberi manfaat bagi orang lain.

Selain itu, rejeki yang baik lainnya adalah amal yang diterima. Amal yang diterima oleh Allah merupakan suatu hal yang luar biasa karena menambah pahala dan dapat menghapuskan dosa. Jika amal suami diterima oleh Allah SWT, maka amal tersebut akan menjadi bekal akhirat untuk suami dan menghindarkannya dari siksa api neraka.

Doa Agar Suami Selalu Dilindungi Oleh Allah SWT

Doa Agar Suami Selalu Dilindungi Oleh Allah SWT

Suami yang bekerja di luar rumah dan jauh dari istri hendaknya didoakan agar selalu berada di dalam lindungan Allah SWT. Berikut adalah salah satu alternatif doa yang bisa Anda gunakan untuk mendoakan suami agar dilindungi oleh-Nya:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Astawdi’ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik

Artinya: Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah.

Doa yang dipanjatkan tersebut memiliki makna menitipkan suami dengan sepenuhnya kepada Allah. Hanya Allah yang mampu melindungi umat-Nya dari berbagai godaan setan maupun manusia. Mempercayakan suami agar dihindarkan dari marabahaya yang sekiranya akan menimpanya. Berpasrah kepada Allah, karena Allah adalah dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Selain menjaga dan melindungi suami, pembacaan doa tersebut mengharapkan agar Allah membimbing dan memberi petunjuk yang benar. Harapan agar suami selalu mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi yang dilarang oleh-Nya. Mencari nafkah dalam kondisi yang jauh dari keharaman. Doa’ doa yang dipanjatkan akan membuat hati tenang karena pasrah kepada Allah SWT adalah cara yang tepat untuk menghilangkan kekhawatiran.

Doa Agar Dilancarkan Pekerjaan Sang Suami

Doa Agar Dilancarkan Pekerjaan Sang Suami

Dalam pekerjaannya suami tidak selalu mendapatkan perjalanan yang lurus. Ada kalanya ketika suami menghadapi permasalahan di jalan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan menjamin keselamatan suami. Doakanlah agar suami dilancarkan dalam segala hal dan urusan di pekerjannya. Berikut alternatif contoh doanya:

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Sesungguhnya Allah SWT lah yang memberikan segala kemudahan dalam segala urusan di dunia. Pasrah dan memohon kepada Allah agar memberikan pertolongan-Nya dalam setiap pekerjaan yang dilakukan oleh suami Anda. Doa istri yang sholehah akan diijabah sehingga suami bisa melewati segala urusan pekerjaannya dengan mudah dan tidak ada halangan yang berat.

Panjatkan doa setiap hari saat suami hendak berangkat kerja. Ini adalah waktu yang pas dengan melepas suami bekerja dirumah dan menitipkannya kepada Allah. Suami dilindungi oleh Allah dan mendapatkan keberkahan dalam bekerja atas ilmunya yang disalurkan dalam pekerjaan yang baik. Allah akan membantu segala pekerjaan suami, karena tanpa bantuan dan ridho Allah keberhasilan tidak akan tercapai.

Selain 7 doa bahasa arab di atas, pada artikel ini memberikan alternatif untuk Anda berdoa dengan keinginan apa yang ingin Anda panjatkan untuk suami Anda. Karena doa yang diijabah bukanlah doa dengan bahasa arab namun doa yang berasal dari hati yang pasrah dan tulus menghadap kepada Allah SWT.

Doa untuk Suami Khusus (Tambahan)

Doa untuk Suami Khusus

Selain doa dengan bahasa arab, Allah juga menerima doa atas kehendak hambanya. Karena dalam hukumnya doa tidak harus Anda panjatkan dalam bahasa arab. Anda bisa membaca doa dalam hati atau ucapan menggunakan bahasa yang Anda gunakan sehari-hari. Sesungguhnya Allah adalah dzat yang paling mengerti di segala urusan. Adapula beberapa doa yang bisa Anda gunakan untuk mendoakan suami Anda.

Berikut adalah doa doa pilihan selain yang sudah tertulis di atas dan bisa Anda panjatkan kepada Allah SWT:

“Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, lindungilah suami hamba dari godaan setan dan iblis yang menjerumuskannya kepada hal-hal yang buruk. Jauhkan suami hamba dari perkara yang Engkau haramkan. Karena sesungguhnya hanya Engkau lah yang mampu memberikan pertolongan.”

“Ya Allah Ya Tuhanku, tunjukkan jalan yang terbaik untuk suami hamba yang sedang berjalan untuk menggapai ridho-Mu dalam memperoleh rezeki yang halal. Jauhkanlah perkara-perkara haram padanya. Lindungilah dirinya dari godaan-godaan setan baik yang berwujud manusia atau yang berwujud jin. Wahai Allah yang Maha Memberi Petunjuk kabulkanlah doa hamba.”

“Ya Allah jadikanlah rezeki yang suami hamba peroleh keberkahan yang Engkau limpahkan kepada keluarga hamba. Sesungguhnya harta ini adalah titipan-Mu, maka tunjukkanlah jalan yang lurus agar hamba mampu menjadi istri yang qona’ah dan menggunakan harta-Mu sebaik mungkin agar nafkah yang diperoleh suami hamba menjadi nafkah yang berkah. Sesungguhnya, Engkau Tuhan yang Maha Memberi Rezeki”

“Ya Allah yang Maha Pengampun dan Maha Memberi Petolongan. Hapuskanlah dosa-dosaku., dosa-dosa suamiku, dosa-dosa orangtuaku, dan dosa-dosa keluarga hamba. Berikanlah ketentraman dalam keluarga hamba, tambahkan kerharmonisan dengan nafkah halal yang suami hamba dapatkan. Jauhkanlah keluarga hamba dari pedihnya siksa neraka. Hanya kepadamu hamba memohon pertolongan”

“Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, lancarkanlah urusan pekerjaan suami hamba dengan jalan yang baik. Tuntunlah dia kepada jalan-Mu. Jika dia lalai maka ingatkanlah akan siksaan-Mu. Engkau adalah satu-satunya dzat yang layak disembah. Tunjukkan kuasa-Mu untuk melindungi dan menunjukkan jalan yang benar kepada suami hamba. Wahai Allah yang Maha Mengabulkan Doa”.

“Ya Allah lancarkanlah urusan suami hamba di luar rumah ini. Buatlah perkataannya mudah dipahami dan dimengerti oleh lawan bicaranya. Ya Allah hanya kepada-Mu hamba berserah dan hanya kepada-Mu hamba memohon pertolongan. Lapangkanlah dadanya atas apa yang sedang menimpanya. Jangan Engkau buat gusar hati-Nya dan mantapkan padanya perkara-peraka yang baik. Kabulkanlah doa hamba ya Allah.”

“Ya Allah yang maha pengasih lagi maha penyanyang, jagalah suami hamba dari musibah-musibah. Berikanlah keselamatan dan keamanan dalam perjalanannya demi mencari rezki-Mu. Ya Allah, hamba meminta kepada-Mu dengan segala tunduk dan pasrah. Selalu bawalah suami hamba dalam keadaan sehat wal afiat. Hanya dengan ridho dan kasih-Mu segala sesuatu dapat terjadi.”

“Ya Allah berikanlah hamba dan suami hamba, anak-anak yang sholeh dan sholehah. Anak-anak yang senantiasa bertaqwa kepada-Mu. Anak-anak yang berbakti kepada hamba dan suami. Ya Allah, hamba mengetahui bahwa Engkau Maha Pengasih, maka kasihilah suami hamba, kedua orangtua hamba, anak-anak hamba, dan sanak keluarga yang lain. Aamiin”

“Ya Allah, Tuhan semesta alam. Engkau adalah sebaik-baiknya pencipta dan Engkau adalah sebaik-baiknya penjaga ciptaan-Mu. Ya Allah hanya kepada-Mu hamba memasrahkan suami hamba. Ringankanlah beban yang sedang dipikulnua. Berikanlah kekuatan saat dia merasa lelah. Lapangkanlah jalannya dalam menggapai rizky-Mu ya Allah. Sesungguhnya yang ia lakukan adalah berjalan dijalan-Mu. Berikanlah ganjaran untuknya kebaikan di dunia dan di akhirat. Aamiin.”

Selain itu, Anda bisa memanjatkan doa untuk suami dengan kejadian-kejadian khusus yang sedang Anda lalui bersama-sama dengan suami. Jika Anda sedang ingin diberikan momongan dengan segera, mintalah kepada Allah. Jika Anda ingin suami Anda naik jabatan dengan cara yang halal, mintalah kepada Allah. Sesungguhnya, doa memiliki kekuatan yang sangat dahsyat untuk menutupi segala kekurangan yang Anda atau suami miliki.

Berdoalah setiap hari dengan hati tulus dan berserah diri kepada Allah SWT. Tidak ada aturan khusus untuk doa yang ingin Anda sampaikan kepada Allah SWT. Jadilah istri yang sholehah dengan memanjatkan kumpulan doa untuk suami beserta arab, latin, dan artinya ini karena salah satu bentuk ketaatan kepada suami adalah senantiasa mendoakan suami.

7+ Kumpulan Doa untuk Suami Beserta Arti, Arab dan Latin

Leave a Reply