15+ Kumpulan Doa untuk Anak Baru Lahir, Sakit parah (Insya Allah Mustajab)

Kumpulan Doa untuk anak – Anak merupakan sebuah anugerah yang diidam-idamkan setiap orang tua di muka bumi ini. Kehadirannya begitu berarti hingga menjadikannya harta paling berharga dalam sebuah keluarga. Karenanya, anugerah ini haruslah terus dijaga hingga akhir hayat. Berikut 15+ kumpulan doa untuk anak sholeh, baru lahir, sakit parah (lengkap) yang bisa Anda panjatkan di sela sujud dan waktu mujarab lainnya.

Doa untuk Anak Sakit

Doa untuk Anak Sakit

Si kecil yang tengah sakit tentu sangat meresahkan orang tua. Memberikan pengobatan secara medis tentu akan menjadi pilihan utama demi kesembuhan si buah hati. Namun, selain melakukan usaha berupa pengobatan secara medis, Anda juga dianjurkan untuk memanjatkan doa demi kesembuhannya. Lalu, bagaimana doa yang bisa dipanjatkan untuk si buah hati yang tengah tak enak badan?

Doa saat anak demam tinggi

Penyakit demam alias panas seringkali menyerang si kecil lantaran berbagai faktor penyebab. Anda sebagai orang tua hendaknya tak perlu risau. Cobalah untuk memberikan pertolongan pertama dengan tindakan memberikan kompres untuk menurunkan suhu tubuhnya. Selain itu, ada doa mujarab yang bisa Anda lantunkan sebagai berikut.

Bismillaahil Kabiiri. Nauudzu Billaahil Adhiimi Mm Syarri Irqin Na aarin Wa Min Syarri Harrin Naari.

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Saya berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang mendidihkan darah dan dan kejahatanpanas api nereka.”

1. Doa saat anak terserang batuk pilek

Selain panas, batuk dan pilek nampaknya telah menjadi langganan bagi anak-anak yang memang imunnya masih rendah. Selain mencegah dengan memberikan berbagai multivitamin dan suplemen tambahan untuk daya tahan tubuhnya, Anda juga harus bersiap menghadapi kemungkinan si kecil yang pada akhirnya tumbang juga.

Jika sudah terserang batuk dan pilek, segera fokuslah untuk mengatasinya dengan berbagai pengobatan baik herbal maupun medis. Yakinlah bahwa semua penyakit datangnya dari Allah SWT dan memiliki penyembuh masing-masing. Tak terkecuali batuk dan pilek. Untuk mengatasi keadaaan ini, bacakan ayat berikut yang dipercaya ampuh untuk mengatasi sakit anak.

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Asalulallahu ‘Azhiim robbul ‘arsyil ‘szhiim ayyasyfiyak

“Aku memohon kepada Alloh Dzat Yang Maha Besar, Tuhan Yang Mempunyai Arasy, Yang Maha Besar, semoga Dia berkenan memberi kesembuhan padamu. (HR. Abu Dawud & Tirmidzi)”

2. Doa saat anak diare

Urusan perut sangatlah sensitif dan bisa mengakibatkan dampak yang besar bagi seseorang, apalagi anak. Ketika melihat si kecil diare hingga lemas dan kekurangan cairan, Anda tentu tidak tega dan mencari cara untuk segera mengobatinya. Di samping terus memberikan asupan cairan yang cukup dan larutan oralit, Anda bisa membacakan doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا . وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا . وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا . وَقُوْتِ اْلأَرْوَاحِ وَغِذَائِه . وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-iha wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim.

“Ya Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan barokah dan kesejahteraan”

Doa untuk Anak yang Baru Lahir

Doa untuk Anak yang Baru Lahir

Kelahiran seorang anak adalah momen yang paling dinantikan bagi orang tua. Terutama bagi ibu yang sudah bersusah-payah mengandungnya selama 9 bulan. Untuk itu, doa yang baik untuk anak yang baru lahir sangatlah penting. Hal ini agar nantinya si anak mendapat keberkahan dan sesuai dengan harapan orang tua agar menjadi anak sholeh/ sholehah.

Untuk memanjatkan doa bagi anak yang baru lahir, Anda patut memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Memohonkan keberkahan

Doa yang baik tentu akan membawa kebaikan pula. Begitu pun dalam hal mendoakan kelahiran seorang bayi, Anda dianjurkan untuk berdoa memohonkan keberkahan bagi si anak. Hal tersebut sesuai dengan yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW saat dulu mendoakan dan memohonkan keberkahan bagi putra Asma binti Abu Bakr. Berikut bacaan yang bisa Anda ucapkan.

فليس هناك دليل – فيما نعلم – يدل على مشروعية قراءة شيء من القرآن، أو الأدعية عندما يولد الطفل، سواء من قبل الأم، أو من قبل الأب، أو من قبل غيرهما

“Tidak terdapat dalil – sepengetahuan kami – yang menunjukkan dianjurkannya membaca ayat Al-Quran atau doa tertentu ketika seorang anak dilahirkan. Baik dao dari ibunya, bapaknya, atau doa dari orang lain. [Fatawa Syabakah Islam, di bawah bimbingan Dr. Abdullah Al-Faqih, no. 13605].”

2. Memohon perlindungan dari godaan setan

Bayi merupakan ciptaan Allah yang masih suci dan belum memiliki kekuatan untuk melindungi dirinya sendiri. Hal ini sesuai dengan hadist riwayat Bukhari 3431 bahwa setiap bayi dan seluruh anak keturunan Adam akan ditusuk tangan setan tepat saat dilahirkan. Hal inilah yang menyebabkannya menangis, yakni karena bersentuhan dengan setan. Yang terbebas dari kejadian ini hanyalah Maryam dan putranya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa membacakan ayat berikut ini.

Untuk bayi laki-laki

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Untuk bayi perempuan

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهُ بِكَ وَذُرِّيَّتَهُ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu untuknya dan untuk keturunannya dari setan yang terkutuk.”

Selain itu, ada alternatif lain seperti yang pernah dicontohkan Rasulullah SAW. Doa ini dibaca beliau ketika memohonkan perlindungan pada cucunya, yakni Hasan dan Husein.

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

“Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pAndangan mata buruk. (HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani).”

Doa untuk Anak Perempuan

Doa untuk Anak Perempuan

Memiliki anak perempuan yang sholehah tentu menjadi dambaan tersendiri bagi setiap orang tua. Namun, meminta jenis kelamin tertentu untuk anak dalam kandungan sebenarnya sangatlah dilarang. Anjuran untuk memperbanyak membaca Surat Yusuf untuk mendapat anak laki-laki, dan Surat Maryam untuk mendapatkan buah hati perempuan juga tak terbukti kebenaran tuntunannya.

Rasulullah pun tak pernah mencontohkan tindakan seperti itu. Sudah selayaknya menghindarkan diri dari hal-hal yang belum ada kejelasannya. Sebaiknya, ketika sedang mengandung perbanyaklah doa agar si kecil nanti bisa menjadi sosok yang sholeh/ sholehah. Anda bisa membacakan doa berikut ini agar keinginan memiliki anak berbakti bisa tercapai.

1. Anjuran bagi ibu

Bagi ibu yang tengah mengandung, Anda dianjurkan untuk banyak melafalkan doa berikut ini.

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

“Wallâhu ahrajakum mim buthûni ummahâtikum târatan ukhra.”

“Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).”

2. Doa bagi ayah

Nah, bagi Anda si calon ayah dari anak yang terkandung di dalam Rahim, Anda bisa mempraktekkan untuk melakukan hal berikut ini.

  • Melafalkan Surat Al Fatihah sebanyak 7 kali. Ketika membacakannya, usahakan unruk meniupkan pada perut ibu yang tengah hamil. Lakukan hal ini setiap ba’da shalat shubuh agar keinginan Anda untuk memiliki anak yang sehat dan berbakti bisa lebih didengar Allah SWT.
  • Perbanyaklah membaca surat Al Hasyr. Dianjurkan untuk membacakannya sambal meniupkan pada perut si ibu sebanyak 7 kali. Lakukan kebiasaan ini secara rutin setiap ba’da magrib.
  • Perbanyaklah membaca doa yang dianjurkan untuk mendapat momongan yang sholeh/sholehah. Lafalkan doa berikut dengan khidmat.

اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.”

“Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Doa untuk Anak Sholeh

Doa untuk Anak Sholeh

Anak yang sholeh selalu menjadi keinginan setiap orang tua di dunia ini. Keberadaannya sebagai titipan yang terjaga dan dapat tumbuh menjadi pribadi sholeh yang berguna tentu memberikan kesan dan kepuasan tersendiri bagi orang tua yang membesarkannya. Ditambah, nantinya doa anak sholeh akan lebih dihijabah oleh Allah SWT ketika orang tua telah menghadap kepada-Nya.

Selain memberikan pendidikan yang benar dan mengenalkan ajaran Islam sejak dini, Anda juga bisa membacakan doa yang secara kontinyu. Nantinya, diharapkan si anak bisa menjadi pribadi yang sholeh/ sholehah dan berguna. Anda bisa membacakan beberapa penggalan ayat Al Quran untuk membantu mewujudkan keinginan untuk mendapat anak sholeh/ sholehah.

Hal ini sempat dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS saat tengah membangun Baitul Haram di kota Makkah. Saat itu beliau meminta agar Allah SWT mempermudah perjuangan dakwahnya dengan memberikan keturunan yang sholeh/ sholehah. Berikut ini doa yang dipanjatkan beliau dan tercantum dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 127 hingga 129.

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ (١٢٧) رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيم (١٢٨) رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (١٢٩

“Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahu“. Ya Tuhan Kami, Jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau, dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau serta tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) Kami, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. Ya Tuhan Kami, utuslah di tengah mereka sesorang rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan Al kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) kepada mereka serta menyucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.”

Doa untuk Anak Ulang Tahun

Doa untuk Anak Ulang Tahun

Bertambahnya umur merupakan suatu fenomena yang wajar seiring banyaknya hari yang dilewati. Bagi seorang anak, momen ulang tahun seringkali dirayakan dengan pesta meriah tanpa tahu arti pertambahan umur yang sebenarnya. Padahal, momen ulang tahun mengindikasikan bahwa jatah umur yang ditetapkan Tuhan YME semakin berkurang tiap harinya.

Untuk menghindari anak tumbuh menjadi pribadi yang suka hura-hura dan pesta, sebaiknya Anda mulai membiasakan merayakan momen ulang tahun dengan cara yang berbeda. Dibanding menggelar pesta yang megah dan meriah, ada baiknya Anda mengajaknya berbagi dengan kalangan yang tidak mampu, anak yatim, atau panti jompo.

Dengan melakukan hal yang demikian, Anda tetap bisa merayakan momen ulang tahun Anak sekaligus mengajarinya berbagi. Yang lebih penting dari itu sebenarnya adalah doa. Ada beberapa doa yang bisa Anda panjatkan di momen ulang tahun si kecil, di antaranya:

1. Doa panjang umur

Permohonan untuk keberkahan dan perpanjangan umur telah banyak dipanjatkan dalam tiap kesempatan. Tapi, momen ulang tahun sangatlah tepat untuk meminta berkah ini kepada Allah SWT. Meski pada kenyataannya, Anda bisa melakukannya setiap saat, setiap waktu. Berikut ini bacaan yang bisa Anda lafalkan untuk memohon agar diperpanjang umurnya.

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

“Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

2. Doa memohon keselamatan dan kesejahteraan

Memohonkan keselamatan dan kesejahteraan bagi anak tentu sudah sering dilakukan oleh orang tua. Siapa pula yang tak ingin anaknya tumbuh dengan selamat dan sejahtera? Namun, di momen ulang tahun ini, Anda bisa kembali memanjatkan doa agar si anak senantiasa dilindungi dan dijauhkan dari segala macam mara bahaya.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Alloohumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti

“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

3. Doa memohon agar menjadi anak sholeh

Harapan setiap orang tua muslim adalah memiliki anak sholeh/ sholehah yang nantinya diharapkan bisa mengantarkan menuju surge-Nya. Doa memohon agar memiliki anak yang sholeh bisa dipanjatkan kapan pun, meski Anda belum memiliki anak sekalipun.

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar Doa.”

4. Doa memohon diberi kemuliaan

Sebagai orang tua, memohonkan kemuliaan untuk anak telah menjadi naluri tersendiri yang tak bisa dihindari. Mendoakan agar anak panjang umur dan selalu dikarunia berkah merupakan harapan yang mulia. Agar harapan mulia ini bisa benar-benar dihijabah Allah SWT, Anda bisa memanjatkan doa berikut.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuni waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama

“Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Doa untuk Anak Laki-laki

Doa untuk Anak Laki-laki

Bagi masyarakat Indonesia, utamanya Jawa, memiliki keturunan bayi laki-laki banyak diidamkan oleh para pasutri. Oleh sebab itu, kelahirannya begitu dinantikan dan disambut dengan luapan kebahagiaan. Meski demikian, bukan berarti bayi perempuan menjadi bayi yang tak diinginkan. Kenyataannya memang bayi laki-laki seakan memiliki kesan tersendiri bagi pasangan.

Bagi seorang ibu yang melahirkan bayi laki-laki, Anda dianjurkan untuk melantunkan doa di bawah ini.

بَارَكَ اللَّهُ لَكِ فِيهِ، وَجَعَلَهُ بَرًّا تَقِيًّ

Baarakallahu laki fiihi, wa ja’alahu barra taqiyyan

“Semoga Allah memberkahi anak ini untukmu dan menjadikannya orang berbakti yang bertaqwa”

Doa untuk Anak agar Sukses

Doa untuk Anak agar Sukses

Anda tentu menginginkan buah hati bisa menjadi sosok yag sukses di kemudian hari. Selain mendidik dengan benar, Anda bisa mengusahakan keinginan ini lewat doa yang khusuk. Berikut ini doa yang bisa Anda panjatkan agar kelak anak Anda bisa sukses di berbagai hal.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan

“Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal”

Doa untuk Anak Aqiqah

Doa untuk Anak Aqiqah

Aqiqah merupakan salah satu bentuk rasa syukur orang tua akan karunia yang diberikan Allah SWT berupa anak. Prosesi ini dilakukan dengan berkurban hewan sesuai dengan syariat Islam. Hukum aqiqah sendiri digolongkan dalam jajaran sunnah muakkadah (berdasarkan pendapat terkuat). Untuk menyelenggarakan prosesi ini, Anda tentu wajib membacakan doa aqiqah sebagai berikut.

1. Niat

Dalam hal apapun, niat merupakan hal yang paling pokok. Seperti yang pernah disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist riwayat Bukhari, segala amal bergantung pada niatnya. Untuk meniatkan kurban untuk tujuan aqiqah, Anda dianjurkan membaca ayat di bawah ini saat menyembelih hewan. Meski sebenarnya tak apa untuk menyembelih dengan bismillah saja, tetapi niat lengkap lebih utama.

بِسْمِ اللهِ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ ، هَذِهِ عَقِيقَةُ فُلاَن

Bismillah Allahu Akbar Allaahumma minka wa laka, haadzihi ‘aqiiqotu fulaan

“Dengan Nama Allah, Allah adalah Yang Terbesar, Ya Allah ini dariMu dan untukMu. Ini adalah aqiqoh fulaan.”

2. Doa ketika mencukur rambut bayi

Aqiqah identik dengan mendukur rambut bayi, entah sebagian ataupun secara keseuruhan. Untuk melakukan prosesi ini, Anda perlu membacakan doa berikut.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillâhirrahmânirrahîm. Alhamdulillâhirabbil ‘âlamîn. Allâhumma nûrus samâwâti wa nûrusy syamsyi wal qamari, Allâhumma sirruLlâhi nûrun nubuwwati RasuluLlâhi ShallaLlâhu ‘alaihi wasallam walhamduliLlâhi Rabbil ‘âlamin.

“Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

3. Doa saat meniup ubun-ubun bayi

Setelah selesai mencukur, biasanya Anda akan diminta untuk meniup ubun-ubun si kecil. Sembari melakukannya, lafalkan bacaan berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”

4. Doa walimah aqiqah

اللهم احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اللهم اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَا تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَ الظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ

Allâhummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyâni wa min jamî’is sayyiâti wal ‘ishyâni wahrishu bihadlânatika wa kafâlatika al-mahmûdati wa bidawâmi ‘inâyatika wa ri’âyatika an-nafîdzati nuqaddimu bihâ ‘alal qiyâmi bimâ kalaftanâ min huqûqi rububiyyâtika al-karîmati nadabtanâ ilaihi fîmâ bainanâ wa baina khalqika min makârimil akhlâqi wa athyabu mâ fadldlaltanâ minal arzâqi. Allâhummaj’alnâ wa iyyâhum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`âni wa lâ taj’alnâ wa iyyâhum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni.

“Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

Doa untuk Anak Cepat Tidur

Doa untuk Anak Cepat Tidur

Memiliki bayi memang kadang memberikan tantangan sendiri bagi pasangan yang baru memiliki keturunan. Lantaran belum bisa berbicara dan mengeluhkan kondisinya, satu-satunya cara bayi berkomunikasi adalah lewat tangisnya. Wajar memang. Hal ini juga sebagai alarm untuk Anda bahwa ada yang tak beres dan patut ditindaklanjuti.

Untuk mengantisipasi situasi ini agar tak begitu membuat Anda lelah karena selalu terjaga di malam hari, Anda bisa membacakan doa agar buah hati lekas terlelap.

 اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

Allahumma gharatin nujum wa hadaatil ‘uyun, wa anta hayyun qayyum, la takkhuzuka sinatun wala naumun. Ya hayyu ya qayyum, ahdi’ laili wa anim ‘aini

“Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hayati lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. tak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hayati dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.”

Doa untuk Anak Dikhitan

Doa untuk Anak Dikhitan

Khitan merupakan salah satu syariat Islam yang dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap umatnya. Caranya dengan memotong kulit pada ujung dzakar pria atau bagian atas wanita. Tujuannya adalah untuk menjaga agar terhindar dari kotoran yang ada di bagian saluran kencing. Karenanya, tentu Anda akan mengkhitankan buah hati, terutama jika ia laki-laki, bukan?

Ketika anak hendak dikhitan, Anda tentu akan memiliki kekhawatiran tersendiri. Hal ini sangatlah wajar. Namun, tugas Anda adalah tetap tenang dan mengendalikan segala keadaan. Dengan begitu, buah hati juga tak mudah parno menghadapi proses khitannya. Agar semuanya berjalan lancar, bacalah doa berikut sebelum anak dikhitan

اَللهم وَفِّقْنَا  ِلاجْتِلاَبِ الْفَضَائِلِ وَجَنِّبْنَا مِنْ اِقْتِرَاحِ الرَّذَائِلِ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اَعْذَارَنَا وَسَلِّمْ اُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ مَخْتُوْنَنَا وَاقْضِ دُيُوْنَنَا وَبَلِّغْ اَمَالَنَا وَوَسِّعْ اَرْزَاقَنَا وَجُوْدِكَ يَاجَوَّادُ. اَللهم اِنَّا نَسْئَلُكَ السَّلاَمَ وَالْعَافِيَةَ عَلَيْنَا وَعَلَى الْحُجَّاجِ وَالْغُزَاةِ وَالْمُسَافِرِيْنَ مِنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَجْمَعِيْنَ فِيْ بَرِّكَ وَبَحْرِكَ اِنَّكَ عَلى مَا تَشَاءُ قَدِيْرٌ يَا نِعْمَ الْمَوْلى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

“Ya Allah, berilah kami pertolongan untuk memperoleh keutamaan-keutamaan, dan jauhkan kami dari melakukan hal-hal yang hina. Ya Allah, terimalah khitan kami, selamatkanlah urusan-urusan kami, sembuhkanlah dari sakit (karena khitan) ini, bayarkanlah hutang-hutang kami, jadikanlah (kenyataan) cita-cita kami, lapangkanlah rezeki kami dengan kemurahan-Mu, wahai Dzat Yang Maha Memberi.”

Doa untuk Anak Gaza

Doa untuk Anak Gaza

Membuat daftar 15+ kumpulan doa untuk anak sholeh, baru lahir, sakit parah (lengkap) belum lengkap rasanya jika tak menyertakan doa untuk anak-anak yang ada di Gaza. Daerah yang selalu dihiasi konflik tanpa ending ini memang memberikan teror tersendiri bagi masyarakatnya, terutama anak-anak. Jika belum bisa memberikan bantuan dalam bentuk fisik, sebaiknya Anda mendoakan anak-anak di sana.

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَلاَ نَكْفُرُكَ، وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَخْلَعُ مَنْ يَفْجُرُك

اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُد، ولَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُد، وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنحْفِدُ، نَرْجُو رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ، إنَّ عَذَابَكَ الجِدَّ بالكُفَّارِ مُلْحِقٌ

اللهُمَّ أَعِزَّ الإسْلَامَ وَالْمُسلمين، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالْمُشْرِكِيْنَ، وَدَمِّرْ أَعْدَاءَكَ أَعْدَاءَ الدِّيْن

اللَّهُمَّ أَنْجِ الْمُؤْمِنِينَ فِى غَزَةْ فلِسْطِيْنَ خَاصَّةً وَفِى أَنْـحَاءِ بُلْدَانِ المْـُؤْمِنِيْنَ عَامّةً

أَللَّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى الْكُفَّارِ يَهُوْدِى اِسْرَائِيْلِ وَشُرَكَائِهِمْ وَشَطِّطْ شَمْلَهُمْ وَفَرِّقْ جَمْعَهُمْ أَللَّهُمَّ إِهْزِمْهُمْ وَزَلْزِلْهُمْ

“Ya Allah kami memohon pertolongan kepada-Mu, beristighfar kepada-Mu dan tidak kufur pada-Mu, kami beriman kepada-Mu dan berlepas dari orang yang bermaksiat kepada-Mu. Ya Allah hanya kepada-Mulah kami beribadah, shalat dan sujud, kepada Engkau kami beramal dan berusaha, kami mengharap rahmat-Mu dan takut akan adzab-Mu. Sesungguhnya adzab-Mu pasti sampai pada orang kafir.

Ya Allah muliakanlah Islam dan kaum muslimin, dan hinakanlah kesyirikan dan kaum musyrikin. Ya Allah hancurkan musuh-musuh-Mu yang merupakan musuh-musuh agama (Islam).

Ya Allah, selamatkan orang-orang beriman di Gaza Palestina pada khususnya, dan di negeri-negeri orang-orang beriman lainnya. Ya Allah keraskanlah pijakan-Mu atas orang-orang kafir Yahudi Israil dan sekutu-sekutunya, dan goncangkanlah mereka, dan cerai-beraikanlah kesatuan mereka.Ya Allah, hancurkanlah mereka dan porak-porandakanlah mereka.”

Doa untuk Anak Jadi Pemimpin

Doa untuk Anak Jadi Pemimpin

Setiap orang adalah pemimpin, baik untuk orang lain maupun bagi dirinya sendiri. Karenanya, wajar jika Anda mendoakan buah hati agar kelak menjadi pribadi yang cerdas, beradab dan memiliki jiwa kepemimpinnan. Toh, ia akan menjadi pemimpin di kemudian hari, setidaknya untuk diri sendiri atau keluarganya nanti. Bacakan doa berikut agar si kecil kelak menjadi seorang pemimpin sejati.

رَبِّي َهَبْ ِلَي غُلامًا زَكِيًّا، وَاجْعَلْهُ اللَّهُمَّ مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كَانَ، وَأَعِنْهُ عَلَى الصَّلاَةِ وَالزَّكَاةِ

 مَا دَامَ حَيًّا، وَبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَا تَجْعَلْهُ جَبَّارًاشَقِيًّا

Rabbii hablii ghulaaman zakiyyan, wajalhu Allahumma mubaarakan aina maa kaana, wa a’inhu ‘alash-shalah waz-zakaah maa daa ma hayya, wa barran biwalidaihi wa laa taj’alhu jabbaaran syaqiyya.

“Ya Allah, karuniakanlah kepadaku anak yang suci, dan berikanlah keberkahan kepadanya di mana pun ia berada. Dan tegakkanlah dirinya untuk selalu menunaikan shalat, dan zakat sepanjang hidupnya. Jadikanlah pula ia sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Jangan jadikan ia sebagai anak yang sombong lagi durhaka.” 

Doa untuk Anak Jauhi Maksiat

Doa untuk Anak Jauhi Maksiat

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjelma menjadi pribadi yang santun, sholeh dan terhindar dari maksiat. Hal paling fundamental yang perlu diterapkan adalah penanaman aqidah dan pengertian syariat Islam secara mendalam. Namun, tentu kesemuanya membutuhkan waktu yang tak sedikit. Begitu pula ketelatenan dan kejelian merupakan dua hal yang sangat dibutuhkan.

Jika Anda berhasil, nantinya si anak akan menjadi pribadi sholeh yang pahham budi pekerti dan aakan menjauhi maksiat dengan sendirinya. Yang terpenting adalah komitmen Anda untuk menanamkan kebaikan sejak dini dan mencontohkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tak lupa, iringi usaha Anda dengan memanjatkan doa berikut ini.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ ذَنْبَهُ وَطَهِّرْ قَلْبَهُ وَحَصِّنْ فَرْجَهُ

Allahummaghfir dzanbahu (ha)

Wathohhir qalbahu (ha)

Wahashshin farjahu (ha)

(*”hu” utk anak laki. “Ha” utk anak perempuan)

“Ya Allah ampunilah dosanya, sucikanlah hatinya, dan jagalah kemaluannya.”

Doa untuk Anak Mau Tidur

Doa untuk Anak Mau Tidur

Tidur merupakan kebutuhan rohaniah sekaligus bentuk kenikmatan dari Tuhan YME yang diberikan kepada hamba-Nya. Kegiatan ini terjadi secara konstan karena sifatnya yang jaiz (sifat yang harus ada pada tiap manusia). Karena merupakan suatu kebutuhan yang tak terhindarkan, ajari si kecil agar bisa menjadikannya lapak ibadah dengan membaca doa sebelum tidur berikut ini.

باسمِكَ اللَّهُمَ أَحْيا وأمُوتُ

Bismika allahumma ahyaa wa amuut(u)

“Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati.”

Doa Anak yang Sudah Meninggal

Doa Anak yang Sudah Meninggal

Kematian adalah suatu hal yang pasti dialami oleh setiap makhluk hidup dan sama sekali tak bisa dihindari.  Doa bagi yang sudah meninggal akan sedikit meringankan beban dosanya. Lalu, bagaimana dengan doa untuk bayi yang meninggal? Bukankan anak-anak, terutama bayi, belum memiliki dosa? Wajibkah untuk didoakan? Meski bayi belum memiliki catatan dosa, namun sebaiknya Anda tetap mendoakannya.

اللَّهُمَّ اجْعَلْـهُ لَنَا سَلَفًا وَفَرَطًا وَذُخْرًا

Ya Allah, jadikan dia sebagai pahala yang disegerakan dan simpanan abadi bagi orang tuanya. (HR. Baihaqi dalam al-Kubro no. 6585).”

Dari beberapa list 15+ kumpulan doa untuk anak sholeh, baru lahir, sakit parah (lengkap) di atas, adakah yang perlu ditambahkan lagi? Doa di atas sangatlah mudah untuk dilafalkan dan dijalankan. Semoga nantinya anak-anak kita menjadi pribadi sholeh/ sholehah yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agamanya.

 

15+ Kumpulan Doa untuk Anak Baru Lahir, Sakit parah (Insya Allah Mustajab)

Leave a Reply