Macam-Macam Polusi : Tanah, Air, Udara (Pengertian, Dampak dan Macamnya) 1

Macam-Macam Polusi : Tanah, Air, Udara (Pengertian, Dampak dan Macamnya)

Macam-macam Polusi – Pencemaran lingkungan atau biasa disebut polusi, pasti tidak asing lagi bagi semua orang.  Hal ini karena polusi menjadi permasalahan serius yang sering terjadi di sekitar kita. Ada beberapa sebab yang mempengaruhi terjadinya pencemaran lingkungan yaitu, akibat kelalaian manusia maupun faktor alam. Namun, beberapa pencemaran lingkungan yang terjadi saat ini sebagian besar diakibatkan oleh faktor manusia dalam kehidupan sehari-hari baik secara langsung maupun tidak.

Polusi biasanya terjadi pada 3 bagian lingkungan yaitu tanah, udara, dan air. Dampak dari pencemaran lingkungan tersebut bisa membuat keadaan menjadi tidak nyaman dan sangat merugikan bagi kelangsungan makhluk hidup yang ada di dalamnya.  Karena polusi lebih banyak disebabkan oleh ulah manusia, untuk itu dibutuhkan pemahaman dan kesadaran akan dampak dari pencemaran lingkungan agar bisa menjaga kelestarian dan tidak merusaknya.

Simak beberapa ulasan tentang jenis-jenis polusi beserta penyebab dan dampaknya, agar wawasan mengenai pencemaran lingkungan menjadi bertambah.

Pengertian Dari Polusi

Pengertian Dari Polusi

Pengertian polusi adalah adanya percampuran beberapa zat kimia berbahaya yang terjadi pada lingkungan dan mengandung Sifat racun, sehingga mengakibatkan beberapa dampak yang bisa membahayakan bagi manusia atau organisme di sekitarnya. Saat terjadi polusi, maka fungsi dari lingkungan tidak akan stabil karena sudah tercemar sehingga membuat tidak nyaman dan bisa saja mendatangkan penyakit maupun kuman.

Adapun dampak yang timbul akibat polusi, tergantung berdasarkan situasi dan kondisi masing-masing lingkungan. Namun, dampak tersebut tetap membahayakan dan bisa mengancam kelangsungan kehidupan manusia maupun hewan dan tumbuh-tumbuhan. berikut kami akan ulas tentang macam-macam pencemaran :

Pencemaran /Polusi Pada Air

Pencemaran /Polusi Pada Air

Salah satu macam-macam Polusi adalah polusi air. Komponen alam yang pertama dan rentan terhadap pencemaran adalah air, hal ini karena air mempunyai sifat yang mudah melarutkan zat. Sehingga, jika ada bahan kimia atau sesuatu yang masuk di di dalamnya akan mengubah keadaan dan kemurnian air tersebut. Apabila air sudah tercemar maka akan menimbulkan dampak yang membahayakan bagi makhluk hidup, karena air adalah sumber kehidupan yang sangat dibutuhkan.

Walaupun pencemaran air bisa ditanggulangi dengan beberapa cara, namun jika pencemaran sudah fatal akan sulit untuk di kembalikan lagi kemurnian dan kesehatannya. Untuk itu, menjaga ketersediaan air dari berbagai macam hal yang bisa membuat polusi sangat penting. Hal ini bertujuan agar sumber air yang sehat dan bisa di manfaatkan tetap tersedia di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Terjadinya Polusi Air

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Terjadinya Polusi Air

Air sangat mudah tercemar karena mempunyai sifat dapat mengalir dan bisa melarutkan sesuatu yang masuk di dalamnya. Adapun factor yang memicu pencemaran air tersebut adalah, secara alamiah yaitu berdasarkan keadaan alam yang kurang baik dan akibat dari ulah manusia yang menggunakan bahan-bahan kimia secara terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari.

Agar lebih mengetahui tentang penyebab terjadinya pencemaran pada air, simak penjelasan singkat berikut ini:

  • Faktor Alam

Terjadinya pencemaran pada air bisa disebabkan oleh alam atau secara alamiah, factor yang satu ini tentunya tidak bisa dihindari karena sudah menjadi konsekuensi dari keadaan alam. Pencemaran air secara alamiah contohnya, adanya biota air yang mati dalam jumlah banyak kemudian membuat air menjadi keruh dan berbau. Biasanya pencemaran air secara alamiah tidak berlangsung lama dan mudah cara penanganannya.

  • Polutan Organik

Salah satu penyebab polusi pada air yang selanjutnya yaitu sampah organic, sampah jenis ini pastinya sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan apabila tidak diolah dengan baik akan membuat air tercemar. Hal ini karena sampah organic yang biasanya dibuang pada saluran air maupun selokan akan bercampur menjadi satu dan larut di dalamnya, sehingga akan timbul bau tidak sedap dan membuat air menjadi tercemar.

Sumber polutan organic juga bisa dihasilkan dari sampah domestik, yaitu sampah sisa rumah tangga seperti sayur-sayuran yang tidak terpakai dan juga sisa makanan. Berkenaan dengan hal itu, pembuangan sampah domestic juga harus diperhatikan jangan asal membuangnya di dalam saluran air. Hal ini bertujuan agar tidak menambah daftar panjang penyebab terjadinya polusi air yang sangat merugikan.

  • Pemakaian Bahan Peledak Dalam Menangkap Ikan

Di jaman sekarang, tidak jarang yang orang suka berpikir instant untuk mencari nafkah. Salah satunya dengan menggunakan bahan peledak untuk mencari ikan, dengan menggunakan bahan ini memang sangat menguntungkan karena bisa menangkap ikan dengan jumlah banyak dalam waktu singkat.

Namun, penggunaan bahan peledak tersebut sebenarnya sangat tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan polusi pada air. Hal itu bisa terjadi karena zat kimia dan gas yang ada pada bahan peledak habis pakai, akan tertinggal di dalam air sehingga timbul polusi atau pencemaran pada air.

  • Limbah Dari Pabrik Yang Tanpa Pengolahan

Limbah pabrik merupakan salah satu penyumbang terbesar atas terjadinya beberapa polusi yaitu pada tanah, udara dan juga air. Hal ini dikarenakan limbah pabrik sangat berbahaya apabila di buang tanpa pengolahan terlebih dahulu, karena di dalamnya terdapat beberpa zat kimia yang bisa membahayakan untuk mahkluk hidup.

Jika limbah dari pabrik sudah melalui pengolahan dan penyaringan, maka potensi untuk membuat polusi bisa pada air diperkecil karena zat-zat berbahaya di dalamnya sudah dihilangkan sehingga bisa larut dengan air secara aman.

Akibat Yang Bisa Ditimbulkan Oleh Pencemaran/Polusi Air

Akibat Yang Bisa Ditimbulkan Oleh Pencemaran/Polusi Air

Polusi yang terjadi pada air akan menimbulkan dampak yang banyak. Hal ini dikarenakan manusia dan makhluk hidup lainnya tidak bisa melakukan kehidupan tanpa bantuan air, air yang terkena polusi akan membahayakan dan tidak bisa dimanfaatkan dengan baik karena bisa saja mengandung zat berbahaya atau penyakit di dalamnya. Berikut beberapa akibat yang bisa timbul karena pencemaran atau polusi pada air:

Berkurangnya Kualitas Air Tanah

Pencemaran air membawa dampak yang sangat merugikan bagi kehidupan, hal ini ditandai dengan berkurangnya kualitas air di dalam tanah. Pada dasarnya setiap air yang ada di permukaan bumi di serap oleh tanah dan bisa menjadi mata air di kemudian hari, bisa di bayangkan apabila air sudah tercemar maka hal itu ikut berpengaruh terhadap tingkat kualitas air tanah sehingga cadangan air bersih dan sehat akan sulit dijumpai.

Berkurangnya Kandungan Oksigen Di Dalam Air

Saat terjadi polusi di dalam air, maka hal itu akan mempengaruhi kualitas air dan kehidupan yang ada di dalamnya. Hal tersebut dikarekan kandungan oksigen yang ada di dalam air semakin berkurang, sehingga bisa menyebabkan air mengandung sifat racun akibat polutan-polutan pencemarnya.

Mempengaruhi Kesehatan

Air yang tercemar oleh polusi apabila dikonsumsi akan membuat kesehatan menjadi terganggu, bahkan bisa saja terserang penyakit seperti diare bahkan kanker. Air yang sudah tercemar oleh zat-zat tertentu akan mempunyai sifat racun dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan mikroba pathogen maupun bakteri lainnya, sehingga hal tersebut sangat merugikan bagi manusia yang ada di sekitarnya.

Pencemaran/Polusi Pada Udara

Pencemaran/Polusi Pada Udara

Pencemaran udara adalah salah satu macam-macam polusi. karena adanya percampuran zat-zat berbahaya di dalam udara dan bisa menimbulakan dampak yang kurang baik untuk kehidupan. Sedangkan udara adalah sesuatu yang sangat vital untuk menunjang kehidupan kehidupan semua makhluk di atas bumi. Karena di dalam udara terdapat oksigen yang harus dihirup setiap hari agar bisa bertahan hidup, dan metabolisme tubuh bisa berjalan dengan lancar. Apabila udara yang ada menjadi tercemar secara terus-menerus, maka bisa mengancam kehidupan dan menimbulkan berbagai masalah yang serius.

Masalah polusi pada udara menjadi permasalahan umum dan sangat serius di masa sekarang ini, hal ini sebagai imbas dari majunya teknologi di dalam kehidupan manusia yang menimbulkan terbuangnya gas maupun bahan kimia di udara. Bahan yang terbuang di dalam udara tersebut, akhirnya tergabung dengan atmosfer dan menyebabkan timbulnya beberapa dampak buruk yang sangat mengkhawatirkan.

Beberapa Hal Yang Bisa Menyebabkan Terjadinya Polusi Di Udara

Beberapa Hal Yang Bisa Menyebabkan Terjadinya Polusi Di Udara

Adanya polusi di udara, sebagian besar disebabkan oleh gas berbahaya yang terbuang di di dalamnya. Yang perlu diketahui bahwa, gas yang ada di permukaan bumi tidak semuanya baik untuk kelangsungan hidup ada yang bermanfaat ada pula yang bersifat membahayakan. Berikut beberapa gas yang berbahaya dan bisa menimbulkan polusi di udara.

  • Sulfur Dioksida (Senyawa SO2)

Partikel ini mempunyai bau yangs sangat menyengat dan terdapat senyawa asam sulfat di dalamnya. Partikel SO2 ini sangat berbahaya jika terbuang di udara, karena bisa membuat polusi di udara dan memicu terjadinya hujan asam yang bisa mengancam kehidupan karena sangat berbahaya.

  • Gas H2S

Gas yang mengandung sifat racun ini merupakan salah pemicu terjadinya polusi di udara. Gas ini banyak ditemui pada letusan gunung berapi dan secara tidak langsung menimbulkan polusi pada udara secara alamiah. Selain terdapat pada letusan gunung berapi, gas ini juga bisa ditemui pada pembakaran batu bara dan minyak bumi contohnya seperti yang ada di dalam kendaraan bermotor. Pembakaran yang dihasilkan oleh mesin kendaraan bermotor sebagian besar mengandung gas H2S sehingga untuk meminimalisir polusi di udara ada baiknya untuk membatasi penggunaannya.

  • Gas Karbon Dioksida (CO) Dan Karbon Monoxyda (CO2)

Gas karbon monoxyda timbul akibat pembakaran di dalam bahan bakar secara tidak sempurna, gas ini mempunyai sifat racun dan bia menimbulkan polusi di dalam udara. Sedangkan gas carbon dioksida merupakan sisa dari pernapasan yang sebenarnya tidak begitu membahayakan, namun jika jumlahnya terlalu berlebihan di udara maka bisa menyebabkan polusi di dalam udara.

Beberapa Akibat Yang Timbul Karena Polusi Di Dalam Udara

Beberapa Akibat Yang Timbul Karena Polusi Di Dalam Udara

Terjadinya polusi di dalam udara menimbulkan masalah yang sangat serius  dan bisa membahayakan jika terjadi secara terus-menerus. Masalah yang timbul meliputi beberapa aspek, berikut penjelasannya:

Terjadinya Efek Rumah Kaca

Akibat yang bisa ditimbulkan oleh polusi di udara yaitu terjadinya efek rumah kaca yang bisa membuat jumlah Sinar UV dan radiasi yang terpantul di bumi menjadi semakin meningkat secara berlebihan dan bisa membawa efek yang kjrang baik untuk manusia dan makhluk hidup lainnya.

Membuat Kesehatan Menjadi Terganggu

Polusi di dalam udara bisa membuat kesehatan manusia menjadi terganggu, hal tersebut karena udara yang terhirup setiap hari kurang berkualitas akibat pencemaran udara. Sedangkan efek yang bisa timbul adalah gangguan pernafasan, untuk itu disarankan untuk memakai masker saat bepergian keluar rumah agar terhindar dari gangguan pernapasan akibat udara yang buruk.

Rusaknya Lapisan Ozon

Akibat yang paling berbahaya dari polusi di udara selain beberapa hal diatas yaitu, berlubangnya lapisan ozon. Lapisan tersebut merupakan pelindung atmosfer bumi, jika sampai rusak atau terlubangi maka akan membuat radiasi sinar UV B dari matahari bisa masuk dengan bebas karena tidak ada lapisan penahannya.

Sinar UV B sangat berbahaya bagi manusia karena jika terpapar secara langsung bisa menyebabkan beberapa penyakit kulit seperti kanker kulit, sinar tersebut juga bisa membuat tanaman terserang beberapa penyakit yang bisa mematikan.

Pencemaran/ Polusi Pada Tanah

Pencemaran/ Polusi Pada Tanah

Macam-macam polusi atau Pencemaran berikutnya adalah Tanah, Tanah juga termasuk dalam komponen penunjang kehidupan yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, karena di dalamnya bisa dijadikan tempat tinggal maupun sumber makanan untuk kelangsungan hidup di bumi. Namun, sama seperti air dan udara tanah juga bisa mengalami pencemaran atau polusi.

Terjadinya polusi pada tanah tentunya sangat merugikan, karena bisa menyebabkan fungsi tanah berkurang dan menimbulkan ketidaksuburan. Jika tanah subur maka maka kehidupan yang sehat bisa terjamin, namun jika tanah sudah tercemar akan membuat kehidupan terancam dan tidak nyaman untuk ditinggali.

Beberapa Hal Yang Bisa Menyebabkan Polusi Pada Tanah Terjadi

Beberapa Hal Yang Bisa Menyebabkan Polusi Pada Tanah Terjadi

Pencemaran yang terjadi pada tanah bisa timbul karena beberapa aspek. Hal ini karena tanah bisa menyerap dengan baik sesuatu yang diletakkan di atasnya, contohnya zat berbahaya maupun partikel lainnya. Beberapa partikel yang masuk tersebut bisa menyebkan tanah tercemar dan membuat tidak subur. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan singkat berikut ini:

  • Pembuangan Bahan Kimia Secara Sembarangan

Bahan kimia yang dibuang sembarangan bisa berpotensi untuk menimbulkan pencemaran pada tanah, hal ini tentunya sangat berbahaya karena bahan kimia tersebut bisa meresap di dalam tanah dan membuat kualitas tanah menjadi berkurang.

 

  • Pembuangan Limbah Padat Dan Cair

Limbah padat dan juga cair bisa menjadi penyebab pencemaran pada tanah. Limbah padat seperti stereofom dan plastic yang tidak bisa terurai bisa membuat tanah menjadi tercemar, selain itu penggunaan limbah cair yang berasal dari pestisida maupun bahan lain juga memicu timbulnya pencemaran tersebut.

 

  • Bahan-bahan Yang Mengandung Logam Berat

Penimbunan sampah yang mengandung logam berat seperti timbal, besi, dan kromium dan tembaga juga bisa berpotensi sebagai penyebab terjadinya pencemaran pada tanah. Sampah-sampah tersebut, apabila dibiarkan akan berbahaya bagi kesuburan tanah.

Beberapa Akibat Yang Bisa Timbul Akibat Pencemaran/ Polusi Pada Tanah

Beberapa Akibat Yang Bisa Timbul Akibat Pencemaran/ Polusi Pada Tanah

Ada berbagai masalah yang bisa timbul akibat pencemaran pada tanah, hal tersebut tentunya sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup manusia maupun makhluk lain di bumi. Adapun beberapa dampak tersebut adalah:

Rusaknya Ekosistem

Pencemaran atau polusi pada tanah bisa menyebabkan rusaknya ekosistem yang ada di darat. Hal ini karena tanah yang sudah tercemar tidak akan bisa dimanfaatkan fungsinya secara maksimal dan sulit dikembalikan pada keadaan asalnya. Keseimbangan ekosistem merupakan hal yang harus dijaga, namun jika ekosistem sudah rusak akan membuat kehidupan di dalamnya terganggu.

Tanah Menjadi Tidak Subur

Terjadinya polusi pada tanah akan menyebabkan hewan pengurai seperti cacing tidak bisa tinggal di dalamnya. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada berkurangnya kesuburan tanah, dengan demikian maka hasil pertanian akan semakin menurun karena tidak ada lahan untuk media penanaman yang tepat.

Kesuburan tanah tentunya sangat penting untuk kelangsungan manusia dan makhluk hidup lainnya, karena tanah merupakan media hidup bagi tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai sumber makanan. Namun jika tanah sudah mengalami polusi maka kesejahteraan hidup akan berkurang.

Bumi Kehilangan Keindahannya

Hal kasat mata atau yang paling bisa dilihat dari polusi pada tanah adalah pemandangan yang kurang enak dipandang, hal itu terjadi karena penumpukan sampah yang dilakukan bisa menimbulkan bau menyengat dan tidak sedap karena terjadi pembusukan.

Akibat polusi pada tanah yang menyebabkan tanah menjadi tidak subur, akan membuat bumi kehilangan keindahannya secara perlahan. Hal ini karena tanah yang gersang tidak akan bisa ditumbuhi oleh tanaman, sehingga berakibat pada keseimbangan ekosistem darat yang tidak berjalan dengan baik.

Menjadi Faktor Matinya Makhluk Hidup

Akibat lainnya yang bisa timbul karena pencemaran pada tanah adalah kematian dari berbagai jenis makhluk hidup. Hal ini bisa saja terjadi karena tanah yang sudah tercemar mengandung zat berbahaya di dalamnya, sehingga akan mengancam kelangsungan hidup tanaman serta hewan yang tinggal di dalam tanah.

Bukan hanya hewan dan tumbuhan, manusia juga berpotensi mengalami hal yang sama apabila polusi pada tanah terjadi secara terus-menerus dan tidak ada acara untuk menanggulangiya. Pencemaran tanah juga bisa mengakibatkan air resapan tanah menjadi ikut berkurang kualitasnya bahkan tidak layak untuk dikonsumsi, hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan karena cadangan air yang sehat menjadi berkurang.

Pencemaran atau polusi yang terjadi pada semua komponen alam yaitu tanah, air dan udara menjadi permasalan serius yang dihadapi oleh semua umat manusia di jaman sekarang. Dampak yang timbul akibat pencemaran tersebut, sudah bisa dirasakan dan semakin hari terasa bertambah dan membuat kehidupan menjadi terganggu.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir bertambahnya pencemaran lingkungan atau polusi yaitu:

  1. Mengurangi penggunakan kantong plastic dan beralih pada kantong kertas maupun wadah lain yang ramah lingkungan.
  2. Menggunakan kendaraan bermotor dengan bijak hal bertujuan agar karbon monoksida yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar motor menjadi berkurang dan tidak menambah pencemaran udara.
  3. Tidak membuang barang yang mengandung bahan kimia secara sembarangan
  4. Menyediakan tempat sampah organic dan anorganik agar mudah dalam mendaur ulangnya.
  5. Mengurangi penggunaan barang elektronik, hal ini bertujuan agar polusi pada udara bisa sedikit berkurang karena barang-barang elektronik seperti kulkas maupun ac bisa menimbulkan gas CFC yang berbahaya.

Beberapa cara sederhana diatas bisa dipraktekkan untuk membuat lingkungan yang lebih sehat, meskipun terkesan sederhana namun jika dilakukan secara terus-menerus akan membuahkan hasil yang menguntungkan bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Nah sekarang kita sudah mengetahui macam-macam polusi, mulai dari polusi Tanah, polusi air dan polusi udara. termasuk kita juga sudah tau tentang pengertian polusi, sebab akibat terjadinya polusi dan bagaimana cara mengatasinya. semoga bermanfaat

Macam-Macam Polusi : Tanah, Air, Udara (Pengertian, Dampak dan Macamnya)

One Response

Leave a Reply