Site icon Sekolahnesia

Menghapus Virus Trojan : Pengertian, Kategori, Cara Hapus

Menghapus Virus Trojan  – Merasa PC/laptop begitu lemot padahal awalnya tidak? Virus trojan menjadi salah satu ancaman yang nyata bagi pengguna komputer. Penyebarannya kerap kali sangat cepat, sehingga sulit terdeteksi. Namun, Anda bisa mencoba cara menghapus virus trojan yang akan diulas di bawah ini.

Trojan menjadi salah satu jenis virus yang sulit dimusnahkan dengan trik antivirus biasa. Hal ini karena ia memiliki tameng fail-safe yang membuatnya seringkali aman dari upaya penghapusan. Tak jarang virus ini malah melakukan penggandaan secara berkala dan terus menerus.

Apa Itu Virus Trojan?

Virus trojan horse atau trojan diambil dari nama sebuah benteng pertahanan di era Yunani kuno. Saat itu, bentang troyan merupakan yang paling sulit ditembus pertahanannya, kemudian tentara Yunani memasukinya dan menyusup menggunakan kayu raksasa untuk melawan musuh mereka di Troyan.

Begitu pula dengan cara penyebaran virus trojan di perangkat komputer korbannya. Virus ini dikenal dengan trik liciknya yang menyamar dan menyusup ke dalam file atau folder yang tidak disadari pengguna. Tak jarang virus ini tidak menimbulkan gejala pada awal proses penyusupan.

3 Kategori Virus Trojan Paling Berbahaya

1. Remote Access Trojan

Jenis virus ini melakukan penyerangan terhadap sistem komputer korbannya. Selain itu, virus ini juga menyusup pada program kecil dan jarang terdeteksi di PC.

2. Data Sending Trojan

Program ini sengaja dirancang untuk korbannya agar mendapat data privasi korban. Di antaranya adalah informasi kartu kredit, log alamat email, password, dan akun. Tentunya data ini sangat berbahaya apabila tersebar karena tak jarang menimbulkan penipuan.

3. Destructive Trojan

Sesuai dengan namanya, virus trojan ini merusak dengan merusak file-file penting milik korban. Jenis virus ini seringkali sulit dideteksi oleh pemindai antivirus yang ada di perangkat Anda. Terutama jika tidak mengalami up to date dalam jangka waktu lama.

Cara Menghapus Virus Trojan

Virus ini memang merupakan ancaman yang serius bagi pengguna komputer. Trojan bisa memblokir data, menghapus data, memodifikasi, dan tindakan merugikan lainnya. Tidak perlu khawatir, Anda masih bisa mengatasinya dengan mengikuti cara-cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Menghapus Virus Trojan dari Hardisk Langsung

Adapun cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan virus trojan adalah menghentikan aktivitasnya dari memori. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:

a. Menghentikan Aktivitas Virus di Task Manager

Langkah pertama agar efek yang ditimbulkan virus tidak semakin menjadi-jadi, Anda perlu menghentikannya melalui menu task manager.

Namun, perlu diketahui pula bahwa virus trojan memang bisa dideteksi melalui menu Task Manager. Oleh karena itu, Anda mungkin membutuhkan aplikasi Process Explorer untuk memudahkan deteksi virus.

b. Memodifikasi Start-Up Library

Langkah berikutnya setelah menghapus file trojan di Task Manager adalah Anda perlu membasmi kode mulai virus ini. Hal ini perlu dilakukan agar trojan tidak masuk ke memori ketika komputer menyala. Caranya adalah dengan memodifikasi start-up library, yaitu sebagai berikut:

c. Menghapus File Exe Trojan

d. Menghapus File Virus dari Registry Komputer

Jika Anda sudah berhasil memusnahkan trojan dari harddisk, langkah berikutnya adalah membuat komputer tidak menyimpan informasi virus tersebut. Penghapusan informasi ini sangat penting agar virus trojan benar-benar terhapus permanen, berikut cara-caranya:

2. Menghapus Virus Trojan melalui Safe Mode

Cara yang berikut ini bisa Anda lakukan jika virus trojan masih saja membabi buta. Sebelum melakukan penghapusan virus, tentunya Anda perlu menonaktifkan komputer dari jaringan internet. Jangan dinyalakan terlebih dahulu sampai komputer benar-benar sudah bersih dari virus.

Hal ini sangat penting dilakukan agar virus tidak menyebarkan data pribadi Anda ke publik. Tentunya, penyebaran data bisa berakibat fatal dan merugikan. Jika Anda merasa bahwa PC terkena virus trojan, gunakan Safe Mode untuk me-reboot PC.

Seperti yang telah diketahui, mode ini hanya akan mengaktifkan aplikasi secara minimalis di perangkat Anda. Jika terdapat trojan yang telah diprogram khusus ketika Windows dimulai, safe mode bisa mencegahnya.

Dengan demikian, Anda bisa menghilangkannya lebih cepat karena tidak membutuhkan loading yang lama. Jika mendapati komputer Anda berjalan lebih cepat di mode normal dibanding safe mode, sebaiknya berhati-hati. Hal ini justru bisa menjadi pertanda komputer terinfeksi virus.

3. Menghapus Virus Trojan dengan Windows Defender

Komputer dengan OS Windows biasanya memang sudah dilengkapi satu aplikasi yang dapat mencegah dari serangan virus. Salah satu yang sering ditemui adalah aplikasi Windows Defender. Namun, virus kerap kali dapat mengelabui Windows Defender agar tidak ditemui.

Virus akan bersembunyi di sistem Windows saat komputer sedang dinyalakan. Virus ini memang bisa dibilang licik dan merugikan. Oleh karena itu, Anda perlu menghilangkannya dengan mode offline Windows Defender. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa diikuti untuk menghalau virus ini:

Windows tidak akan secara langsung me-restart sistem operasi. Melainkan akan menghindari sistem Anda dari berbagai virus berbahaya. Jika terdapat virus yang berhasil terdeteksi, Anda akan diminta konfirmasi untuk menghapusnya atau tidak. Anda bisa menekan Yes untuk menghapusnya.

4. Menghapus Virus Trojan dengan Software Antivirus

Tentu saja cara berikut ini perlu dicoba agar virus trojan benar-benar terhempas dari komputer Anda. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi pembasmi virus komputer yang gratis maupun berbayar.

Beberapa yang direkomendasikan adalah AVG Free Antivirus, Avast Free Antivirus, dan Kaspersky Security Cloud Free. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

5. Menghapus virus Trojan dengan Install Ulang Sistem

Seringkali cara ini perlu dilakukan jika virus sudah benar-benar membandel. Anda bisa menghapusnya dengan melakukan install ulang OS yang digunakan pada perangkat PC. Namun, pastikan bahwa Anda telah melakukan backup file-file penting agar tidak terhapus.

Anda bisa memindahkannya ke driver eksternal, misalnya harddisk atau media penyimpanan lainnya. Berikut langkah-langkah mudah install ulang sistem berdasarkan jenis OS:

a. Install Ulang Windows

b. Install Ulang MacOS

6. Menghapus Virus Trojan dengan Malwarebytes

Cara ini memang mengharuskan Anda menginstall software Malwarebytes terlebih dahulu, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

Setelah proses download dan install selesai, selanjutnya Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk menghapus virus jahat ini. Untuk melakukan langkah ini, Anda bisa menggunakan panel scan maupun panel dashboard.

Pada dasarnya, kedua fungsi menu tersebut sama saja. Namun, kali ini akan dijelaskan cara menghilangkan virus trojan dengan metode Threat Scan pada Malwarebytes.

7. Membersihkan Cache Browser

Cara ini termasuk trik sederhana karena permasalahan sistem kerap kali terjadi, karena menumpuknya file cache di browser. Cache browser merupakan fitur penting karena merupakan tempat data disimpan sementara ketika Anda melakukan browsing.

Namun, terkadang Anda juga perlu menghapusnya jika performa PC kerap kali bermasalah, adapun cara-cara menghapus file cache di beberapa browser terkenal yaitu sebagai berikut:

a. Menghapus Cache di Chrome:

b. Menghapus Cache di Browser Safari (MacOS):

c. Menghapus Cache di Internet Explorer (Windows):

8. Uninstall Aplikasi Tidak Dikenal

Cara mudah lainnya untuk menghindari perangkat Anda dari virus adalah dengan uninstall aplikasi tidak dikenal. Aplikasi ini lebih dikenal dengan istilah PUP (Potentially Unwanted Programs).

Virus bisa saja dimasukkan ke PC Anda melalui perangkat freeware yang sudah sepaket dengan proses instalasi. Hal ini bisa ditemukan ketika Anda mengundung software tertentu di situs sembarangan. Oleh karena itu, ikuti langkah berikut ini untuk uninstall aplikasi tidak dikenal tersebut:

9. Menghapus File Temporer

Cara ini sebenarnya bisa dilakukan ketika perangkat Anda sedang mengaktifkan safe mode. Setelah itu, Anda bisa menjalankan aplikasi pemindai virus yang terpercaya. Namun, Anda juga perlu menghapus temporary file atau file sementara terlebih dahulu.

Hal ini akan sangat bermanfaat ketika Anda melakukan pemindaian virus kembali. Selain itu, menghapus jenis file ini akan membuat ruang pada disk lebih leluasa, bahkan bisa menghapus virus meski tidak seluruhnya. Oleh karena itu, cara ini layak dicoba karena termasuk mudah dilakukan.

Langkah pertama adalah menggunakan menu pada Windows, kemudian pilih utility Disk Cleanup. Anda cukup mengetikkan Disk Cleanup di kotak pencarian yang tersedia.

Cara-cara menghilangkan virus trojan di atas dapat Anda praktekkan agar perkembangan virus bisa segera dihentikan. Selain itu, hal ini dilakukan agar data komputer dan data pribadi Anda tetap aman dari serangan virus licik ini.

Menghapus Virus Trojan : Pengertian, Kategori, Cara Hapus

Exit mobile version