Peta Surabaya (lengkap dengan Penjelasan dan Gambar)

Peta Surabaya – Kota Surabaya adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Timur yang merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Kota Jakarta. Di Kota Surabaya kita bisa melihat berbagai keindahan dan keunikan akan budaya dan juga sejarah akan tetapi tidak ketinggalan zaman, dibuktikan dengan kemajuan dan perkembangan kota satu ini yang sangat pesat.

Kota Surabaya cukup padat penduduk dengan jumlah penduduk mencapai 2.9 juta jiwa. Angka ini juga membuat Kota Surabaya menjadi kota terpadat kedua di Indonesia. Jika kita mendengar nama Surabaya pastilah teringat bahwa kota ini mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan dan hal ini juga yang membuat banyak orang ingin mengunjungi Kota Surabaya.

Gambar Peta Kota Surabaya

Gambar Peta Kota Surabaya

Berikut ini adalah gambaran peta Surabaya. Dengan peta ini, anda bisa melihat berbagai tempat besar yang ada di sana. Anda juga bisa mencari tempat-tempat wisata yang tersebar di Surabaya.

Asal-usul dan Sejarah Kota Surabaya

Asal-usul dan Sejarah Kota Surabaya
Sebelum menelisik ke dalam sudut-sudut Kota Surabaya melalui peta Surabaya, marilah kita melihat dulu asal-usul dan juga sejarah dari kota pahlawan yang satu ini. Kota Surabaya diketahui telah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Letaknya yang berada dekat dengan pantai membuat Surabaya menjadi salah satu jalur perdagangan yang sering dilewati oleh para pedagang dari luar negeri. Nama Surabaya sendiri tercantum pada prasasti yang bernama Trowulan I (1358 M) dan Pujasastra Kakawin Nagarakertagama pada tahun 1365 M.

Dengan adanya tulisan dalam prasasti ini menunjukkan dan membuktikan bahwa Kota Surabaya sudah ada sejak zaman dahulu kala dan menjadi bagian dari bumi Nusantara. Walau pada prasasti Trowulan I (1358 M) dan Pujasastra Kakawin Nagarakertagama pada tahun 1365 M tertulis tahun 1300an.

Meski begitu, diyakini bahwa Kota Surabaya sudah ada jauh sebelum tahun di mana prasasti itu dibuat yang artinya usia Kota Surabaya sebetulnya sudah lebih tua dari tahun yang tertera. Ada pula versi lain yang mengatakan bahwa Kota Surabaya berasal dari keraton yang didirikan oleh Raden Wijaya.

Nama Surabaya yang dikenal sekarang ini berasal dari sebuah pertarungan antara Sawunggaling yang memiliki ilmu bernama ilmu sura dan Adipati Jayanegara yang lihai dalam ilmu buaya. Dalam pertarungan tersebut keduanya meninggal. Adapun pertarungan tersebut terjadi karena keduanya ingin memperebutkan kekuasaan dari keraton tersebut.

Atas peristiwa itu munculah nama Surabaya yang diambil dari Sura atau ikan hiu dan Baya yang diambil dari buaya. Oleh karena hal ini juga lambang dari kota Surabaya adalah ikan hiu dan buaya yang tengah bertarung.

Informasi Geografis Kota Surabaya

Informasi Geografis Kota Surabaya

Untuk anda yang ingin bertandang ke Kota Surabaya atau bahkan berencana tinggal di Kota Surabaya, ada baiknya mencari tahu mengenai informasi geografis Kota Pahlawan ini. Secara geografis Kota Surabaya berada pada 07 derajat 9 menit -07 derajat 21 menit Lintang Selatan dan 112 derajat 36 menit sampai 112 derajat 54 menit bujur timur.

Luas wilayah daratan Kota Surabaya seluas 350,54 kilo meter persegi dan luas lautan sebesar 190,39 kilo meter persegi. Sementara itu akan dibahas mengenai keadaan geologi, topografi dan juga iklim di Kota Surabaya.

1. Geologi

Kota Surabaya adalah salah satu kota yang cukup aman dari gempa bumi maupun tanah longsor. Hal ini pula yang sebabkan pembangunan infrastruktur di Kota Surabaya berkembang dengan sangat pesat.

2. Topografi

Lokasi Kota Surabaya terletakdi bagian tepi pantai utara Pulau Jawa Provinsi Jawa Timur. Surabaya berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara dan juga timur, berbatasan dengan Sidoarjo di sebelah selatan dan Gresik di sebelah barat.

3. Iklim

Secara keseluruhan Kota Surabaya tentunya memiliki iklim tropis dengan dua musim setiap tahunnya, yaitu musim kemarau dan juga musim hujan. Di mana curah hujan rata-rata sebesar 165,3 mm dan rata-rata curah tertingginya 200 mm.

Pembagian Wilayah di Kota Surabaya

Pembagian Wilayah di Kota Surabaya

Surabaya yang berstatus sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur memiliki 31 kecamatan dan 163 kelurahan. Dengan luas wilayah dan juga jumlah penduduk yang dibagi ke dalam 31 kecamatan inilah yang membuatnya menjadi kota terpadat nomor dua.

Dasar hukumnya terdapat dalam Undang-undang RI nomor 12 tahun 1950 terkait dengan pemerintah daerah kabupaten dan kota. Untuk kecamatan di Kota Surabaya sendiri dibagi ke dalam 5 wilayah yakni Surabaya Pusat, Surabaya Timur, Surabay Barat, Surabaya Utara, dan Surabaya Selatan.

Untuk wilayah Surabaya Pusat terdiri dari Tegalsari, Simokerto, Genteng dan Bubutan. Untuk Surabaya Timur meliputi Gubeng, Gunung Anyar, Sukolilo, Tambaksari, Mulyorejo, Rungkut, dan Tenggilis Mejoyo. Untuk Surabaya Barat meliputi Benowo, Pakal, Asemrowo, Sukomanunggal, Tandes, Sambikerep, dan Lakarsantri.

Untuk wilayah Surabaya Utara meliputi kecamatan Blak, Kenjeran, Semampir, Pabean Cantikan, dan Krembangan. Untuk wilayah Surabaya Selatan meliputi kecamatan Wonokromo, Wonocolo, Wiyung, Karang Pilang, Jambangan, Gayungan, Dukuh Pakis, dan Sawahan.

Pernah Memiliki Kebun Binatang Terbesar di Asia Tenggara

Pernah Memiliki Kebun Binatang Terbesar di Asia Tenggara

Kota Surabaya memiliki keunikan yang lain selain disebut sebagai Kota Pahlawan. Kota Surabaya ternyata juga memiliki ikon kota yang tak dimiliki oleh kota lainnya yaitu Kota Surabaya memiliki kebun binatang terbesar di Asia Tenggara pada masanya. Kebun binatang tersebut berusia cukup tua karena didirikan pada tanggal 31 Agustus tahun 1961.

Kebun binatang ini didirikan dengan nama “Soerabaiasche Planten-en Dierte” dalam Bahasa Belanda. Akan tetapi Kebun Binatang Surabaya atau KBS pernah menuai kontroversi beberapa tahun lalu karena satwa-satwa di sana yang terkesan tidak terurus dengan baik. Binatang yang ada di Kebun Binatang Surabaya itu memiliki tubuh yang sangat kurus seperti kekurangan pakan.

Banyak pula binatang-binatang yang sakit kemudian mati. Kendang yang dijadikan sebagai tempat tinggal binatang di Kebun Binatang Surabaya juga terlihat tidak layak. Seiring berkembangnya zaman, banyak bermunculan kebun binatang baru dan juga taman safari yang kemudian menggeser citra ari Kebun Binatang Surabaya atau KBS.

Fasilitas dan layanan Publik Kota Surabaya

Fasilitas dan layanan Publik Kota Surabaya

Kota Surabaya dikenal memiliki fasilitas dan juga layanan publik yang sangat lengkap dan pastinya keren. Banyak kota lain yang iri dan ikut mencontoh layanan serta fasilitas publik yang ada di Kota Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya nampaknya sangat memaksimalkan anggaran daerah untuk digunakan mempercantik kota mereka.

Beberapa fasilitas dan juga layanan publik yang disediakan oleh pemerintah Kota Surabaya untuk masyarakatnya di antaranya seperti.

1. Perpustakaan Umum Kota Surabaya

Perpustakaan Umum Kota Surabaya buka dari jam 07.00 WIB sampai 21.00 WIB. Di perpustakaan ini menyediakan banyak buku fisik yang melimpah dari berbagai sudut keilmuan. Mengedepankan konsep yang nyaman, tempat membaca di perpustakaan ini pun dibuat senyaman mungkin untuk pengunjungnya.

Ada pula ruang membaca khusus anak di Perpustakaan Umum Kota Surabaya, disediakan juga komputer untuk mengakses internet dan tempat charger. Untuk kenyamanan pengunjung, di perpustakaan ini juga disediakan tempat shalat atau mushalla dan toilet.

2. Halte Bus

Halte bus di Kota Surabaya juga tersedia dengan memperhatikan kebersihan dan juga kenyamanan untuk warga ketika menunggu angkutan umum. Halte bus di Kota Surabaya memiliki pelindung atap yang menghindarkan dari panas matahari dan juga hujan.

3. Pedestrian

Untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan dari kendaraan, bisa diatasi dengan mengubah kebiasaan masyarakatnya menjadi lebih baik, salah satunya adalah dengan berjalan kaki. Untuk membantu masyarakat menjadi lebih menyukai na lebih nyaman berjalan kaki, pemerintah membuat kawasan pedestrian yang nyaman.

Bahkan pedestrian Kota Surabaya menuai prestasi dengan menduduki peringkat satu sebagai kawasan pedestrian yang nyaman dan bersih.

Kantor Perwakilan Negara Asing yang Ada di Surabaya

Kantor Perwakilan Negara Asing yang Ada di Surabaya

Ada beberapa kantor perwakilan negara asing berlokasi di Surabaya. Perwakilan negara asing ini meliputi kantor konsulat jenderal, dan juga konsulat. Lantas negara mana sajakah yang kantor konsulat jenderal dan konsulatnya ada di Surabaya?

Untuk konsulat jenderal meliputi negara Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan Tiongkok. Sedangkan untuk kantor konsulat meliputi negara Belanda, Belarus, Belgia, Britania Raya, Denmark, Filipina, Hungaria, India, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Prancis, Polandia, Republik Ceko, Rusia, Selandia Baru, Slowakia, Sri Lanka, Swedia, dan Thailand.

Kependudukan Kota Surabaya

Kependudukan Kota Surabaya

Dari data sensus penduduk pada tahun 2019, jumlah penduduk di Kota Surabaya sebanyak 2.941.981 jiwa. Dari jumlah penduduk ini, jika luas wilayahnya adalah 350,54 km2, makan tingkat kepadatan penduduknya ialah 8.393 per km2.

Di Surabaya sendiri, mayoritas penduduk beragama Islam. Selain Islam, agama yang dianut penduduk Kota Surabaya meliputi Kristen Protestan, Katolik Roma, Hindu, Budha, dan Konghucu. Meski di Surabaya Islam adalah agama mayoritas, namun kerukunan umat beragama di kota ini bisa dijamin. Semua penduduknya hidup dalam kerukunan dan kesatuan.

Untuk etnis, di Surabaya didominasi oleh Suku Jawa. Namun masih banyak suku lain yang tinggal di kota ini yaitu: Suku Madura, Tionghoa, Arab, India, Bali, Sunda, Batak, Bugis, Banjar, Manado, Minangkabau, Dayak, Toraja, Ambon, Aceh, Melayu, dan Betawi. Semua suku ini hidup dalam kehidupan yang harmonis.

Sedangkan untuk aspek bahasa, ada beberapa bahasa yang digunakan di Surabaya. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah dialek khas Bahasa Jawa Timur atau boso Suroboyoan. Bahasa ini dikenal egaliter dan cukup blak-blakan. Maka tak heran kalau orang asli Surabaya kerap dianggap keras dan tidak kenal basa-basi.

Pariwisata Kota Surabaya

Pariwisata Kota Surabaya

Selain pusat kota yang ramai, Surabaya juga memiliki pariwisata yang beragam. Tempat wisata di Kota Surabaya ini meliputi wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, dan masih banyak lagi. Saat ke Surabaya dan ingin menikmati wisata alamnya, anda bisa mengunjungi Ekowisata Mangrove Wonorejo ataupun Pantai Kenjeran.

Sedangkan untuk wisata sejarah, anda bisa mengunjungi Jembatan Merah, Monumen Bambu Runcing, Kawasan Kota Tua Surabaya, Monumen Jenderal Soedirman, Museum Kedokteran, Museum Loka Jala Crana, dan masih banyak lagi.

Lalu untuk wisata religi, anda bisa mengunjungi Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria, Kelenteng Boen Bio, Makam Sunan Ampel, Masjid Cheng Ho Surabaya, dan Pura Jagad Karana. Belum selesai, anda juga bisa mengunjungi wisata keluarga, meliputi Ciputra Waterpark, Jalan Tunjungan, Kebun Binatang Surabaya, Kebun Bibit Surabaya.

Untuk bisa pergi ke semua tempat di atas juga tidak sulit. Semua tempat berada di daerah yang sangat terjangkau. Untuk tempat menginap juga tidak susah ditemukan. Banyak penginapan dan hotel yang tersebar di sepenjuru Kota Surabaya. Transportasi juga cukup lengkap ke tempat-tempat wisata di Atas.

Pendidikan di Kota Surabaya

Pendidikan di Kota Surabaya

Surabaya memiliki berbagai sekolah dengan kualitas yang cukup baik. Bahkan beberapa sekolah memiliki akreditasi di atas standar sehingga banyak menjadi tujuan para pelajar di tanah air. Mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi. Dan sekolah di Surabaya juga dikenal mencetak generasi-generasi muda yang luar biasa.

Untuk perguruan tinggi, beberapa yang paling dikenal ialah Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Terbuka (UT), Institus Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Untuk SMA, setidaknya ada 22 SMA negeri meliputi SMA N 1 hingga SMA N 22. Sedangkan untuk SMP, Surabaya memiliki setidaknya 59 SMP negeri.

Meliputi SMP N 1 sampai dengan SMP N 59. Untuk SMK N meliputi SMKN 1 hingga SMK N 12. Selain SMP, SMA, dan SMK di atas, masih banyak sekolah swasta yang tersebar di Surabaya. Sekolah-sekolah di sini memiliki kualitas pendidikan yang terjamin dan tidak kalah dari kota-kota besar lain di Indonesia.

Kebudayaan di Surabaya

Kebudayaan di Surabaya

Surabaya juga terkenal dengan beberapa kebudayaannya yang sangat kental. Tentunya kebudayaan ini mewarnai keberagaman di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Kebudayaan ini diwujudkan dalam bentuk kesenian khas Surabaya yakni sebagai berikut :

1. Tari Remo Surabaya

Siapa yang tidak kenal dengan tarian tradisional asal kota Surabaya ini. Tari Remo adalah tari yang ditujukan sebagai simbol selamat datang pada tamu yang datang ke Surabaya. Tari ini biasanya dipertontonkan saat ada tamu istimewa datang.

2. Kidungan Surabaya

Kidungan ialah senandung berwujud pantun. Kidungan ialah pantun yang kemudian dilagukan oleh seseorang. Tak hanya indah didengar, kidungan juga sangat menghibur karena memiliki nilai humor dalam isinya.

3. Ludruk Surabaya

Kesenian ini sangat kental dengan nuansa Surbaya. Ludruk adalah pertunjukkan teater atau drama yang menceritakan soal kisah hidup rakyat. Ludruk berisi soal nilai-nilai sosial yangada di masyarakat dan dikemas menjadi sebuah cerita menarik dan tentu saja menghibur.

Ludruk biasanya dikemas dalam sajian yang lucu dan penuh humor. Namun bisa juga serius dan syarat makna.

Kuliner di Surabaya

Kuliner di Surabaya

Selain terkenal akan wisatanya, Surabaya juga memiliki deretan kuliner yang lezat. Kuliner ini harus anda coba saat anda pergi ke Surabaya. Selain lezat, kuliner ini tidak akan bisa anda jumpai di kota lain. Meskipun ada, pasti rasa yang dihasilkan tidak selezat jika makan di Surabaya langsung. Apa saja kuliner khasnya?

Untuk masakan khas yang ada di Surbaya, anda bisa menikmati tahu tek, lonting balap, rawon, tahu campur, bakwan surabaya, krengsengan, sop kikil, kari kambing. Sedangkan untuk jajanan khas, anda bisa membeli roti perut ayam, leker, kue lapis Surabaya, Almond Crispy Cheese, lupis, jongkong, onde-onde Surabaya, dan masih banyak lagi.

Selain makanan, ada juga minuman khas yang bisa anda nikmati. Di antaranya Angsle, Ronde, STMJ atau Susu Telur Madu Jahe, dan Tahwa. Minuman ini bisa anda nikmati saat berkumpul bersama keluarga menikmati indahnya Kota Surabaya. Selain minuman, makanan yang ada di sana juga bisa anda nikmati ataupun dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Kota Surabaya adalah kota yang memiliki banyak sekali keunikan. Mulai dari penduduknya, pariwisatanya, kuliner, bahkan sampai pendidikan dan fasilitas yang ada di sana. Surabaya bisa menjadi salah satu kota tujuan anda jika ingin menikmati kota yang ramai namun sarat akan kebudayaan yang kental.

Peta Surabaya (lengkap dengan Penjelasan dan Gambar)

Leave a Reply