Peta Inggris Beserta Sejarah, Geografis, Serta Wisata (Paling Lengkap)

Peta Inggris  – Inggris adalah salah satu negara maju di Eropa yang punya berbagai keunikan tersendiri. Mulai dari sistem negara kerajaan yang bertahan hingga kini dan juga sejarahnya yang bisa mengekspansi negara-negara di belahan dunia lain. Peta Inggris menunjukkan daerah ini terpisah dari daratan Eropa dan bersama negara kepulauan lain di sekitarnya membentuk sebuah persekutuan kerajaan Britania Raya.

Peta Inggris

Peta Negara Inggris

Peta Buta Inggris

Peta Buta Inggris

Peta Britania Raya

Peta Britania Raya

Kondisi Geografis Negara Inggris

Kondisi Geografis Negara Inggris

Inggris atau secara global disebut dengan negara England adalah sebuah negara bagian dari Britania Raya yang punya batas-batas sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Negara Skotlandia.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Negara Wales.
  • Sebelah barat laut berbatasan dengan Laut Irlandia.
  • Sebelah barat daya berbatasan dengan Laut Keltik.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Laut Utara dan Selat Inggris.

Inggris terletak di lepas pantai barat benua Eropa, tepatnya berada di antara Samudra Atlantik dan Laut Utara. Secara astronomis, Inggris membentang dari 49oLU – 61oLU dan 2oBT – 10oBB. Negara Inggris memiliki luas sekitar 244.110 km2yang berbentuk kepulauan. Lebih dari 100 pulau-pulau kecil di sekitar daratan utama seperti Isle of Wight dan Isles of Scilly juga termasuk bagian dari negara Inggris.

Wilayah Inggris menurut penelitian sejarah pertama kali dihuni oleh manusia modern (homosapiens) sejak zaman Paleolitikum. Namun nama “England” sendiri baru muncul kemudian pada abad ke-5 Masehi dan berasal dari kata “Angles” yang merupakan nama sebuah suku dari Jermanik. Suku ini bermigrasi ke wilayah daratan Inggris dan menetap disana pada abad ke-5 hingga ke-6 Masehi.

Inggris memiliki bentang alam yang cukup beragam. Pada bagian timur dan selatan negara ini merupakan dataran subur dan bagian utaranya merupakan daerah pegunungan Cornwall, Wales, Peak, dan Pennie. Puncak gunung tertinggi di Inggris adalah Northern Highland dengan ketinggian mencapai 1.343 m dpl.

Bagian selatan dari Pegunungan Pennie dan juga wilayah timur Wales merupakan dataran rendah England. Semenanjung barat daya Inggris merupakan daerah plato (dataran rendah) yang banyak mengandung batu pasir dan juga batuan granit kasar serta lembah sungai dalam. Pada dataran rendah ini mengalir sungai Tyne, Trent, Duse, dan Tees yang mengalir ke laut es utara.

Kondisi Penduduk Inggris

Kondisi Penduduk Inggris

Jumlah penduduk Inggris pada tahun 2017 tercatat mencapai 55,62 juta jiwa. Pada tahun 2011 saja kepadatan penduduknya sudah mencapai 407 jiwa/km persegi. Dari total jumlah penduduk tersebut, 87.5% merupakan ras kulit putih yang merupakan penduduk asli Inggris sejak abad ke-5 dan berasal dari daerah Jerman.

Sebagian kecil penduduknya juga terdiri dari 6% etnis Asia Selatan, 2,9% penduduk berkulit hitam, 1,9% ras campuran, 0,8% merupakan etnik Tionghoa, dan 0,8% sisanya berasal dari etnis lainnya. Bahasa yang resmi digunakan di negara ini adalah Bahasa Inggris dan bahasa Kernowek sebagai satu-satunya bahasa daerah yang diakui oleh pemerintah.

Penduduk Inggris paling banyak merupakan penganut agama Kristen sejak zaman abad pertengahan. Hingga kini sekitar 72% penduduk Inggris teridentifikasi memiliki agama Kristen dengan denominasi Anglikan. Kata “Anglikan” berasal dari periode Reformasi Inggris abad ke-6 saat Inggris memisahkan diri dari Gereja Katolik di Roma.

Selain agama Kristen, Inggris juga menjadi rumah bagi pemeluk agama lain seperti Yahudi yang pada tahun 1290 pernah diusir dari kerajaan ini, namun diizinkan masuk kembali pada tahun 1656. Agama lain seperti Islam masuk ke Inggris berasal dari bekas koloni Britania yang kemudian bermigrasi ke Inggris, jumlahnya bahkan mencapai 3,1% dari total penduduk dan paling banyak berada di London.

Agama lain seperti Hindu, Buddha, dan juga Sikh masuk ke Inggris dari penduduk negara Asia Selatan seperti India dan juga Asia Tenggara yang bermigrasi. Jumlahnya mencapai 2% dari total penduduk Inggris. Sekitar 14,6% penduduk Inggris tercatat tidak menganut agama apapun atau atheis.

Bentuk Pemerintahan Inggris

Bentuk Pemerintahan Inggris

Semua negara pasti memiliki bentuk pemerintahan. Bentuk pemerintahan ini menentukan hal-hal lainnya yang terkait dengan ketatanegaraan suatu negara di seluruh dunia. Untuk negara Inggris sendiri memiliki bentuk pemerintahan yang berbeda dengan negara Indonesia.

Negara Inggris memiliki sistem dan bentuk pemerintahan yang unik. Ibukota Inggris adalah London yang juga merupakan kota terbesar di negara tersebut. Inggris merupakan sebuah negara dengan bentuk non devolusi konstituen dengan monarki konstitusional. Sistem monarki konstitusional ini adalah sebuah sistem konstitusional yang mengakui adanya raja atau ratu sebagai kepala negara.

Namun dalam dunia modern, sistem monarki konstitusional ini biasanya berbentuk trias politika, dimana pemerintahan dijalankan oleh 3 pilar yaitu kepala negara, kepala pemerintahan, dan juga anggota parlemen. Sejak tahun 1707 Inggris tidak punya pemerintahan sendiri, melainkan bersatu dalam Kerajaan Britania Raya berdasarkan Undang-Undang Kesatuan 1707.

Saat ini Inggris diperintah dan diatur langsung oleh Parlemen Britania Raya. Namun negara-negara anggota Kerajaan Britania Raya lainnya tetap diperbolehkan menjalankan pemerintahan sendiri atau yang dikenal dengan istilah devolusi.

Inggris memiliki lagu kebangsaan berjudul “God Save the Queen”. Uniknya, Inggris memiliki semboyan negara yang berbahasa Perancis yaitu “Dieu et mon droit” atau dalam bahasa Inggris berarti “God and my right”. Negara Inggris memiliki bendera kebangsaan dengan dasar warna putih dan salib merah di atasnya. Lambang ini telah digunakan sebagai bendera sejak abad pertengahan dan Perang Salib.

Inggris sebagai Anggota Britania Raya

Inggris sebagai Anggota Britania Raya

Kerajaan ini memiliki nama lengkap “United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland” atau secara internasional lebih sering disebut dengan “United Kingdom (UK)”, “Great Britain”, atau “Britania Raya”. Kerajaan ini merupakan sebuah negara berdaulat yang lokasinya berada di lepas pantai barat laut daratan Eropa.

Britania Raya memiliki luas sekitar 242.495 km persegi dengan 1,34% dari luas wilayahnya merupakan daerah perairan. Britania Raya merupakan sebuah negara kepulauan dengan anggotanya:

  • Inggris
  • Irlandia utara.
  • Skotlandia
  • Wales

Selain itu, Britania Raya juga punya 3 wilayah dependensi mahkota yaitu Guernsey, Jersey, dan Man Island. Tiga wilayah ini terkait dengan Britania, namun secara konstitusional bukan merupakan bagian dari kerajaan.

Sebelum periode masa modern, Britania Raya mencatatkan sejarahnya sebagai kerajaan dengan kekuasaan terbesar di dunia. Periode kejayaan Imperium Britania terjadi pada tahun 1815-1914 atau pada masa pemerintahan Raja George III sampai George V. kekalahan Napoleon Bonaparte pada tahun 1805 membuat Britania menjadi tidak tertandingi, kecuali Kerajaan Rusia di daratan Asia.

Pada abad ke-18 Britania menjadi pemimpin dalam menyebarkan ide-ide Barat, termasuk di dalamnya sistem pemerintahan parlementer, seni, sastra, budaya, dan juga ilmu pengetahuan. Inggris sebagai pemimpin Britania Raya mempelopori gerakan Revolusi Industri yang membuat berkembangnya perekonomian dan juga kekuasaan kerajaan.

Inggris menjadi kerajaan yang memiliki negara jajahan terluas di dunia. Hampir seperempat wilayah di permukaan bumi merupakan daerah bekas jajahan Inggris. Saat ini, negara-negara tersebut sebagian besar sudah memproklamirkan kemerdekaannya. Sebagian yang lain dimerdekakan oleh Inggris dan mendapatkan sebutan “Negara Persemakmuran”. Berikut ini daftar negara bekas jajahan Inggris:

  1. Benua Asia: Afganistan, Bahrain, Brunei Darussalam, Akrotiri dan Dhekelia, Kepulauan Cocos, India, Pulau Jawa Indonesia, Irak, Iran, Israel, Kuwait, Maladewa, Malaysia, Myanmar, Chrismast Island, Pakistan, Palestina, Singapura, Siprus, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, Yaman, Yordania.
  2. Benua Amerika: Antigua dan Barbuda, Amerika Serikat, Bahama, Barbados, Kepulauan Virgin, Kanada, Kepulauan Cayman, Dominika, Grenada, Jamaika, Monsterrat, Saint Kitts dan Navis, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Trinidad dan Tobago, Kepulauan Turks dan Kaikos, Kepulauan Falkland, dan Guyana.
  3. Benua Afrika: Afrika Selatan, Botswana, Gambia, Ghana, Kamerun, Kenya, Lesotho, Malawi, Mauritius, Mesir, Namibia, Nigeria, Saint Helena, Seychelles, Sierra Leone, Somalia, Sudan, Swaziland, Tanzania, Uganda, Zambia, Zimbabwe.
  4. Wilayah Oceania: Australia, New Zealand, Kepulauan Fiji, Kiribati, Nauru, Samoa, Kepulauan Solomon, Tonga, Vanuatu, Tuvalu, Kepulauan Cook, Niue, Pulau Norfolk, Tokelau, dan Papua Nugini.
  5. Benua Eropa: Irlandia, Malta, Guemsey, Jersey, dan Pulau Man.

Kegiatan Perekonomian Inggris

Kegiatan Perekonomian Inggris

Sebagai sebuah negara yang mencetuskan Revolusi Industri, Inggris telah lama beralih dari sektor pertanian ke sektor lainnya. Meskipun begitu, sektor pertanian dan peternakan tetap dijalankan dengan peralatan yang canggih dan modern. Sekitar 2/3 produksi pertanian dikhususkan untuk konsumsi peternakan sedangkan sisanya diolah menjadi makanan pokok dan aneka produk makanan olahan.

Inggris menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. PDB perkapitanya rata-rata 22.907 poundsterling. Negara Inggris menjadi pemimpin dalam industri kimia dan juga farmasi. Selain itu, pemasukan utama Inggris juga berasal dari industi senjata, penerbangan, dan juga perangkat lunak komputer.

Industri sektor berat dan manufaktur Inggris mulai mengalami penurunan sejak tahun 1970-an. Sektor perekonomian kemudian digantikan dengan industri di bidang jasa. Inggris adalah negara pengeksport mobil supercar, minyak mentah di lepas pantai Laut Utara, minuman beralkohol, dan juga mesin pesawat.

Kemajuan Inggris dalam Ilmu Pengetahuan

Kemajuan Inggris dalam Ilmu Pengetahuan

Revolusi Industri yang terjadi pada abad ke-17 di Inggris bertujuan untuk mempercepat proses produksi dari yang awalnya dilakukan oleh tenaga manusia berganti dengan bantuan mesin. Ternyata Revolusi Industri ini juga turut menghasilkan banyak sekali penemuan-penemuan di bidang ilmu pengetahuan. Ada beberapa penemu terkemuka yang ternyata berasal dari Inggris seperti:

  1. Sir Isaac Newton (1642-1726) sebagai penemu teori gravitasi.
  2. Alexander Graham Bell (1847-1922) sebagai penemu telefon.
  3. George Stephenson (1781-1848) sebagai penemu kereta api.
  4. Isambart Kingdom Brunel (1806-1859) sebagai arsitek dari Bristol Clifton Suspension Brigde, Great Western Raillway, dan juga terowongan Thames.
  5. John Logie Baird (1898-1946) yang merupakan penemu televisi pertama di dunia dan juga tabung warna gambar.
  6. Michael faraday (1791-1867) yang menemukan teori eletromagnetik dan elektrokimia.
  7. Sir Frank Whittle (1907-1996) yang merupakan insinyur perwira di Air Force Inggris dan menjadi penemu mesin jet turbo.
  8. Alan Turing (1912-1954) yang menjadi penemu komputer elektronik bernama Colossus yang berperan penting untuk memecahkan kode rahasia Jerman selama Perang Dunia II.
  9. Sir Henry Royce yang merupakan desainer mobil dan juga insinyur pencetus perusahaan Rolls Royce.
  10. Richard Trevithick (1771-1883) merupakan penemu mesin uap bertekanan tinggi pertama di dunia dan juga lokomotif uap skala penuh pertama dalam dunia perkereta-apian.

Tempat-Tempat Wisata di Inggris

Tempat-Tempat Wisata di Inggris

Sebagai negara para Raja dan Ratu, Inggris memiliki banyak sekali istana dan kastil yang sangat bagus untuk dikunjungi wisatawan. Ada banyak sekali situs bersejarah yang harus dikunjungi saat Anda berkunjung ke Inggris seperti:

1. Stonehenge

Situs ini dipercaya merupakan salah satu peninggalan zaman prasejarah yang penting di dunia. Stonehenge dibangun pada masa kebudayaan yang belum mengenal tradisi catatan tertulis di dalam sejarah. Batu-batu yang digunakan dalam situs Stonehenge ini ternyata sudah ada sejak 2500 tahun sebelum Masehi. Meskipun begitu, masih belum banyak bukti yang bisa dikumpulkan oleh peneliti.

2. Hadrian’s Wall

Tembok ini mirip dengan The Great Wall di China. Tembok Hadrian ini didirikan sekitar tahun 122 M dan membentang sepanjang 117 km. Tujuan pembangunan tembok ini untuk melindungi bangsa kolobi Britania dari suku-suku di Skotlandia. Tembok pelindung ini dibangun oleh Kaisar Romawi Hadrian selama 6 tahun.

3. Tower of London

Menara London dulunya berfungsi sebagai penjara sejak tahun 1100M, abad pertengahan, hingga adab ke-20. Kastil ini menurut sejarah telah didirikan sejak tahun 1066 dan tujuan awal pembangunan sebenarnya sebagai kediaman kerajaan. Konon kastil ini menjadi tempat yang paling berhantu di Inggris. Namun setiap hari banyak wisatawan yang berkunjung ke kastil ini.

4. The Cotswolds

The Cotswolds merupakan daerah pedesaan di selatan Inggris. Keunikan desa-desa disini adalah bentuk rumah klasik dengan material batunya, kota bersejarah, rumah megah khas bangsawan, dan juga kebun luas. Desa ini berada di ketinggian 330 m dpl yang memiliki iklim sejuk sehingga menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Inggris.

5. Menara Jam London

Menara jam yang bernama Big Ben ini telah berusia 150 tahun. Uniknya, nama Big Ben sendiri bukan merujuk ke menara jamnya, tetapi berasal dari 13 bel ton yang ada di dalam menara. Big Ben diambil dari nama orang yang pertama kali memerintahkan membunyikan bel yaitu Sir Benjamin Hall. Menara jam ini merupakan salah satu yang terbesar dan tertinggi di dunia.

6. London Eye

Ada sebuah kincir raksasa di Kota London bernama London Eye dan menjadi tempat wisata populer di negeri Ratu Elizabeth ini. London Eye terletak di Jubilee Garden, tepatnya berada di Westminter Bridge dan Hungerford Bridge. Dari atas kincir raksasa ini, wisatawan bisa melihat keindahan seluruh London. Kincir ini bahkan juga telah banyak ditampilkan di scene-scene film Hollywood.

7. Windstor Castle

Windstorm Castle merupakan kastil dan sekaligus benteng tertua di Inggris. Kastil ini juga merupakan tempat tinggal resmi Ratu Elizabeth II yang berkuasa di Inggris saat ini. Windsor Castle dibangun pada masa pemerintahan Raja Henry II yang naik tahta pada tahun 1154M. Windstor Castle sangat luas karena di dalamnya ada apartemen negara dan juga gereja St. Chapel Georges.

8. Covent Garden

Masih banyak tempat wisata di negara Inggris yang sangat indah dan tidak kalah menarik dengan wisata-wisata sebelumnya. Negara Inggris memang terkenal dengan ikon wisata, maka tak heran menjadi destinasi utama wisata manca negara.

Taman ini merupakan pusat kuliner yang ada di Inggris. Para wisatawan bisa berkunjung, bersantai di taman, dan menikmati berbagai makanan lezat di Covent Garden. Di tempat ini pula para wisatawan bisa membeli cindera mata yang akan dijadikan oleh-oleh saat pulang nanti.

Inggris adalah negara maju yang menjadi pusat bisnis di Benua Eropa. Inggris juga telah menanamkan pengaruhnya ke banyak sekali wilayah di bumi sejak zaman penjelajahan samudra hingga kolonialisme. Sehingga kini kita bisa melihat Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi internasional, sistem pemerintahan parlementer, serta azas demokrasi yang dianut oleh banyak negara di dunia.

Peta Inggris Beserta Sejarah, Geografis, Serta Wisata

Leave a Reply