Peta Benua Asia Lengkap besarta Geografis dan Sejarahnya 1

Peta Benua Asia Lengkap besarta Geografis dan Sejarahnya

Peta Benua Asia – Asia merupakan benua terbesar dengan jumlah penduduk mencapai 60% populasi manusia di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Benua Asia sebagai benua dengan jumlah penduduk paling padat di seluruh dunia.  Jika Anda memerhatikan peta benua Asia, Anda bisa melihat bahwa benua besar ini merupakan kesatuan besar dengan benua Eropa yang sering disebut sebagai benua Eurasia.

Luas wilayah benua Asia mencakup 30% luas daratan di muka bumi. Sementara untuk total luas benua termasuk laut mencapai 8,7% total luas permukaan di bumi. Dengan jumlah penduduk mencapai 4,3 Miliar orang, menjadikan Asia sebagai benua dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tinggi saat ini. Benua Asia sendiri berbatasan darat dengan Benua Eropa maupun benua Afrika yang bertemu di sekitar Terusan Suez.

Gambar Peta Asia

Gambar Peta Asia

Peta Buta Asia

Peta Buta Asia

Sejarah dan Asal Usul Benua Asia

Sejarah dan Asal Usul Benua Asia

Sebagai sebuah benua besar, sejarah Asia bisa dilihat sebagai sejarah kolektif yang mengumpulkan sejarah yang ada di tiga kawasan pesisir benua Asia. Tiga kawasan pesisir ini adalah Asia Selatan, Timur Tengah dan Asia Timur. Ketiga kawasan ini dihubungkan oleh bentang alam stepa yang luas yang berada di pedalaman kawasan benua Eurasia.

Mengapa kawasan pesisir? Hal ini dikarenakan lahirnya peradaban memang berawal dari kawasan pesisir. Peradaban umat manusia berawal dari kawasan pesisir yang dekat dengan lembah sungai yang subur. Hal ini dikarenakan tanah yang berada di lembah sungai kaya akan unsur hara sehingga sangat subur untuk ditanami berbagai macam tanaman seperti umbi-umbian.

Anda bisa melihat adanya kesamaan karakteristik peradaban yang berada dekat dengan pesisir yaitu Lembah Sungai Indus, Tiongkok, dan Mesopotamia. Ketiga kawasan ini memiliki kesamaan dari segi teknologi yang digunakan seperti penggunaan roda dan ilmu matematika. Sementara dari segi budaya dan tulisan memiliki ciri khas masing-masing yang berkembang mandiri.

Di daratan tepi pesisir ini pulalah berkembang kerajaan dan kekaisaran yang menguasai suatu daerah. Sementara di kawasan stepa, utamanya dihuni oleh para pengendara berkuda. Pengendara ini mampu berkelana ke seluruh peloson benua Asia dari tengah kawasan ini.

Sementara bagian utara dari Benua Eurasia yang termasuk di dalamnya daerah Siberia tidak dapat dimasuki oleh pengembara stepa. Hal ini dikarenakan di kawasan ini memiliki rintangan alam yang besar seperti hutan rimba hingga tundra. Oleh karena itu, populasi di wilayah Siberai sangat jarang ditemukan pada masanya.

[/su_note]

Informasi Geografis Asia

Informasi Geografis Asia

Memiliki bentang wilayah yang luas, letak geografis Benua Asia sebagian besarnya berada di sisi utara dari garis khatulistiwa di sebelah timur bumi.  Keunikan dari Benua Asia sendiri adalah keanekaragaman kultur, budaya, ras serta sejarahnya yang beraneka ragam. Terdapat banyak negara berpengaruh di dunia di benua ini, seperti China, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi maupun wilayah Timur Tengah lainnya, India hingga Indonesia.

Secara astronomis, letak benua Asia berada di 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Sementara secara geografis, jika Anda memerhatikan peta benua Asia maka benua ini terletak di belahan bumi sebelah timur yang memanjang dari selatan hingga utara.

Benua Asia diapit oleh Benua Australia di sebelah selatan dan Benua Eropa di sebelah barat. Terhadap Benua Eropa sendiri, Benua Asia bisa dibilang saling tersambung sehingga kedua Benua ini sering disatukan dan disebut Eurasia.

Letak benua Asia berada di antara 3 buah samudera yang sangat luas di dunia yaitu  Samudera Pasifik, Samudera Arktik dan Samudera Hindia. Samudera Pasifik berada di sebelah timur dari Benua Asia sementara benua Hindia berada di sisi selatan benua Asia. Sementara samudera Arktik berada di sisi utara dari benua Asia.

Batas Geografis Benua Asia

Batas Geografis Benua Asia

Jika dilihat dari peta benua Asia, benua ini dibatasi oleh samudera dan lautan baik dari sisi utara, barat, timur hingga selatan. Berikut batas benua Asia:

  1. Batas wilayah di sisi Timur: Selat Bering dan Samudera Pasifik
  2. Batas wilayah di sisi Barat : Laut Merah, Pegunungan Ural, Laut Tengah
  3. Batas wilayah di sisi Utara: Samudera Arktik
  4. Batas wilayah di sisi Selatan: Samudera Hindia

Kondisi Geografis Benua Asia

Kondisi Geografis Benua Asia

Jika Anda memerhatikan peta benua Asia, Anda bisa melihat bahwa benua ini memiliki beragam kondisi geografis yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Benua ini juga memiliki begitu banyak gunung tinggi yang menjulang seperti pegunungan Himalaya dan Gunung Everest. Gunung Everest sendiri merupakan gunung tertinggi di dunia.

Asia juga kaya akan kawasan gurun seperti Gurun Gobi di wilayah Cina. Selain itu, bentang alam gurun bisa Anda temukan di beberapa lokasi Asia Tengah hingga Asia Barat atau Timur Tengah. Sementara di beberagap negara Asia dilewati oleh garis khatulistiwa memiliki iklim yang tropis seperti beberapa negara di Asia Tenggara.

[/su_note]

Pembagian Wilayah di Benua Asia

Pembagian Wilayah di Benua Asia

Sebagai benua terbesar baik dari segi luas wilayah hingga jumlah penduduk, menjadikan Asia berbeda dengan benua lainnya dari segi pembagian wilayah. Jika kebanyakan benua di dunia hanya dibagi menjadi utara dan selatan atau hanya barat dan timur, maka benua Asia harus dibagi ke dalam beberapa zonasi wilayah.

Menariknya, Anda bisa menemukan karakteristik penduduknya yang berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lain meskipun masuk dalam satu benua. Benua Asia sendiri dibagi ke dalam wilayah Asia Tengah, Asia Timur, Asia Tenggara (ASEAN), Asia Selatan dan Asia Barat.

1. Asia Tengah

Penduduk di Asia Tengah memiliki karakteristik yang hampir serupa dengan ras Kaukasian namun juga terdapat sedikit pencampuran dengan ras Asia Timur. Luas wilayah Asia Tengah mencakup daratan seluas 9 juta km persegi. Luas wilayah ini sendiri mencapai 21/5 dari keseluruhan luas di benua Asia.

Pengelompokan negara yang masuk ke dalam wilayah Asia Tengah cukup beragam. Berikut beberapa definisi yang digunakan untuk mengelompokkan negara di wilayah Asia Tengah:

  1. Kelompok pertama mengklasifikasikan negara Asia Tengah sebagai negara yang dulunya pernah tergabung ke dalam Uni Soviet. Negara-negara ini disebut sebagai Republik Asia Tengah Uni Soviet yang terdiri dari Negara Kirgizstan, Tajikistan, Kazakhstan, Turkmenistan dan Uzbekistan.
  2. Definisi kedua mengklasifikasikan wilayah Asia Tengah sebagai wilayah yang meliputi Kazakhstan (terletak di sebelah timur Sungai Urai), Republik Rakyat Tiongkok (meliputi Provinsi Qinghai, serta wilayah otonom Tibet serta Xinjiang), Krigizia, Turkmenistan, Uzbekistan dan Tajikistan.
  3. Definisi ketiga mencakup negara yang masuk ke dalam definisi kedua namun ditambahkan pula negara-negara Transkaukasus yaitu negara Armenia, Georgia, dan Azerbaijan; kemudian wilayah Turkic atau Muslim yang ada di selatan Rusia (Siberia selatan); negara Mongolia, Xinjiang dan Tibet, Afganistan, negara Azerbaijan-Iran serta sebagian wilayah di sebelah utara Pakistan.
[/su_note]

2. Asia Timur

Negara di Benua Asia yang masuk ke dalam wilayah Asia Timur ditandai dengan karakteristik penduduk yang khas seperti mata yang lebih sipit serta kulit kuning langsat cerah. Luas wilayah Asia Timur sendiri adalah sekitar 6,6 juta km persegi atau sebesar 15% dari luas keseluruhan benua Asia. Populasi penduduk di wilayah Asia Timur mencapai 1,5 Miliar jiwa dengan kepadatan 133 per km persegi.

Asia Timur juga sering disebut sebagai Timur Jauh. Istilah ini berasal dari warga Eropa dimana mereka melihat Asia Timur sangat jauh letak geografisnya dari tempat mereka. Asia Timur meliputi:

  1. Republik Rakyat Tiongkok yang masuk ke dalam daerah administrative khusus Makau dan Hongkong. Wilayah ini juga meliputi wilayah perebutan Taiwan dan Tibet
  2. Daerah Kepulauan Samudera Pasifik serta masuk Negara Jepang
  3. Negara yang masuk semenanjung Korea adalah Korea Selatan dan Korea Utara
  4. Mongolia

3. Asia Tenggara (ASEAN)

Indonesia masuk ke dalam wilayah Asia Tenggara bersama dengan beberapa negara lainnya yang tergabung ke dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations sendiri merupakan organisasi ekonomi serta geo-politik yang menghimpun negara yang tergabung di kawasan Asia Tenggara.

Wilayah ASEAN meliputi daratan seluas 4,46 juta km persegi atau meliputi 3% luas daratan di muka bumi. Populasi penduduk di wilayah Asia Tenggara mencapai 600 juta orang. Populasi ini setara dengan 8,8% total seluruh populasi di dunia. Sementara untuk luas wilayah laut ASEAN mencapai 3 kali lebih besar dari luas daratannya.

Jumlah negara yang masuk ke dalam wilayah Asia Tenggara sebanyak 10 negara dan kesemuanya telah bergabung ke dalam organisasi ASEAN. Negara tersebut biasanya dikelompokkan ke dalam klasifikasi berikut ini:

  1. Negara yang terletak di daratan Asia Tenggara. Negara ini meliputi negara Kamboja, Myanmar, Laos, Thailand dan Vietnam
  2. Negara yang terletak di wilayah kepulauan Asia Tenggara. Negara ini meliputi Filipina, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Timor-Leste.

Negara Malaysia terpisah ke dalam dua bagian yaitu wilayah yang dipisahkan oleh Laut Tiongkok Selatan. Wilayahnya terdiri dari daratan yang ada di Semenanjung Malaka serta yang ada di Pulau Kalimantan.

Mempertimbangkan urusan ekonomi, politik strategis dan geografis, ASEAN pun kini telah diperluas ke dalam beberapa negara tetangga sekitarnya. Negara yang masuk ke dalam perluasan anggota ASEAN mencakup negara Bangladesh, Papua Nugini, Palau, dan Republik Tiongkok.

4. Asia Selatan

Asia Selatan merupakan wilayah geopolitik yang berada di daerah selatan Benua Asia yang mencakup anak benua India. Asia Selatan dibatasi oleh wilayah Asia Tengah, Timur, Barat dan Tenggara. Luas daratan Asia Selatan mencapai 4,48 juta km persegi atau meliputi 10% luas benua Asia.

Populasi di Asia Selatan mencapai 40% jumlah populasi yang ada di Benua Asia. Negara-negara yang masuk ke dalam wilayah Asia Selatan tergabung di dalam South Asian Association for Regional Cooperation. Negara di wilayah Asia Selatan dibagi ke dalam tiga wilayah, yaitu:

  1. Negara Afganistan serta Negara Iran. Untuk negara Iran, terkadang negara ini dimasukkan di dalam wilayah Asia Selatan meski terkadang juga masuk ke wilayah Asia Barat.
  2. Negara yang masuk ke dalam daerah Himalaya atau dikenal negara Himalaya. Negara yang masuk ke dalam daerah Himalaya adalah Pakistan, Bhutan, Bangladesh, India yang juga dikenal sebagai anak benua Asia, serta Nepal.

5. Asia Barat

Asia Barat populer juga dikenal sebagai wilayah Timur Tengah. Meski sebenarnya penunjukan ini kurang tepat mengingat tidak semua negara Asia Barat masuk ke dalam wilayah Timur Tengah. Berikut adalah pembagian zonasi negara di Asia Barat, yaitu:

  1. Wilayah Jazirah Arab: Wilayah ini meliputi negara Timur Tengah yaitu Uni Emirat Arab, Qatar, Arab Saudi, Bahrain, Oman, Yaman dan termasuk Kuwait.
  2. Beberapa negara di wilayah daratan Syam, yaitu Palestiana dan Israel
  3. Wilayah Laut Tengah, yaitu negara Pulau Siprus
  4. Wilayah Semenanjung Sinai yaitu negara Mesir
  5. Wilayah di Levenant atau Timur Dekat meliputi negara Lebanon, Yordania, Suriah dan Irak

Negara-negara di atas, selain dikenal sebagai Timur Tengah, juga dikenal dengan Negara-negara teluk dengan pengelompokan yang berbeda dengan cara di atas.

Kondisi Iklim Benua Asia

Kondisi Iklim Benua Asia

Benua Asia berbeda dengan benua lain di dunia ini yang umumnya memiliki kondisi iklim yang sama. Kondisi iklim di beberapa negara di Benua Asia berbeda-beda bergantung dari letak geografisnya. Berikut adalah pembagian kondisi iklim di benua Asia yang dipengaruhi oleh faktor geografis:

  1. Asia Barat : Memiliki kondisi geografis berupa gurun dan daratan. Salah satu gurun terbesar yang ada di Jazirah Arab adalah gurun Rub Al Khali. Kondisi Jazirah Arab yang diliputi oleh gurun pasir menyebabkan kondisi iklim di tempat ini adalah iklim gurun yang cenderung panas dan gersang. Cukup sulit untuk menemukan tumbuhan tumbuh subur di tempat ini.
  2. Asia Tengah: Memiliki kondisi geografis berupa continental kering, utamanya berada di Gurun Gobi. Iklim di wilayah Asia Tengah didominasi oleh iklim subtropis.
  3. Asia Selatan: Wilayah Asia Selatan didominasi oleh iklim tropis basah seperti halnya iklim yang berlaku di wilayah Asia Tenggara.
  4. Asia Tenggara: Asia Tenggara didominasi oleh dua jenis iklim tropis basah yaitu iklim khatulistiwa (ekuatorial) serta iklim monsun tropis. Iklim khatulistiwa utamanya terjadi di sebagian kawasan Asia Tenggara yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Sementara negara yang berada di wilayah daratan utama lebih didominasi oleh iklim monsun tropis.
  5. Asia Timur (Jepang dan Semenanjung Korea): Iklim yang berlaku di wilayah ini adalah iklim sub tropis. Daerah dengan iklim subtropics memiliki empat buah musim yaitu musim gugur, musim dingin, musim semi dan musim panas. Empat musim ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu suhu yang minimal di musim dingin, suhu maksimal di musim panas serta kelembaban yang khas.
  6. Asia sebelah utara: Kawasan Asia sebelah utara serta yang berada di daratan Siberia memiliki jenis iklim dingin atau continental kutub. Hal ini utamanya terjadi di wilayah Siberia Utara.
[/su_note]

Keuntungan Letak Geografis Benua Asia

Keuntungan Letak Geografis Benua Asia

Jika melihat karakteristik yang berbeda dari setiap lokasinya, benua Asia ternyata dianugerahi oleh berbagai keuntungan yaitu seperti:

  1. Benua Asia terkenal akan kesuburan lahannya. Oleh sebab itu, pertanian menjadi salah satu komoditi utama penduduknya.
  2. Benua Asia kaya akan minyak bumi. Ada beberapa kawasan penghasil utama minyak bumi di benua Asia seperti Timur Tengah, Brunei, dan daerah Indonesia.
  3. Merupakan jalur perdagangan strategis karena berbatasan dengan Afrika, Eropa dan Australia

Mengetahui peta benua Asia sangat penting apalagi bagi kita yang berada di wilayah Asia sendiri. Memahami kondisi geo-strategis suatu wilayah akan membuat kita mampu memahami kondisi geopolitik suatu daerah.

Beberapa informasi yang telah dijelaskan di atas dapat membantu kita dalam memahami materi geografi benua Asia. Selain itu, kita juga dapat mengetahui potensi apa yang dimiliki oleh benua yang kita tinggali ini. Sehingga kita dapat memanfaatkannya dengan cara semaksimal mungkin.

Peta Benua Asia Lengkap besarta Geografis dan Sejarahnya

Leave a Reply