7 Presiden Dan Wakil Presiden Indonesia (Dari Dulu Sampai Sekarang) 1

7 Presiden Dan Wakil Presiden Indonesia (Dari Dulu Sampai Sekarang)

Presiden Dan Wakil Presiden – Presiden merupakan pemimpin tertinggi khususnya di Indonesia, dan dalam melaksanakan tugas, seorang Presiden dibantu oleh Seorang Wakil Presiden. Nah sobat sekolahnesia mari kita simak nama beserta biografinya 7 Presiden Dan Wakil Presiden Dari Dulu Sampai Sekarang.

A. Presiden dan Wakil Presiden Pertama (Ir. Soekarno)

Presiden Ir. Soekarno ( 17 Agustus 1945 – 12 Maret 1967)

Presiden Ir. Soekarno

Nama                           : Ir. Soekarno

Nama Kecil                 : Kusno.

Tempat Lahir              : Blitar, Jatim

Tanggal Lahir             : 6 Juni 1901 Agama

Islam Kebangsaan       : Ilndonesia

Jabatan                        : Presiden RI KE-1 (1945-1966)

Gelar (Pahlawan)        : Proklamator

Meninggal                   : Jakarta, 21 Juni 1970

Dimakamkan               : Blitar, Jawa Timur

Pendidikan:

HIS di Surabaya

HBS (Hoogere Burger School) lulus tahun 1920

THS (Technische Hoogeschool atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi ITB) di Bandung lulus 25 Mei 1926

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan me-‘ ninggal di Jakarta, 21 Juni 1970.

Masa kecil Soekarno hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam. Kemudian melanjutkan sekolah di HBS (Hoogere Burger School). Saat belajar di HBS itu, Soekarno telah menggembleng jiwa nasionalismenya. Selepas lulus HBS tahun 1920, pindah ke Bandung dan melanjut ke THS (Technische Hoogeschool atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi ITB). Ia berhasil meraih gelar “Ir” pada 25 Mei 1926.

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Rl pada 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, lr.Soekarno mengemukakan gagasan tentang dasar negara yang disebutnya Pancasila. Tanggal 17 Agustus 1945, Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dalam sidang PPKI, 18 Agustus 1945 |r.Soekarno terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

 

Wakil Presiden MOH. Hatta ( 17 Agustus 1945 -12 Maret 1967)

MOH. HATTA

Nama                           : Dr. Mohammad Hatta

Nama Alias                 : Bung Hatta

Tempat Lahir              : Bukittinggi

Tanggal Lahir             : 12 Agustus 1902

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : Indonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden, (1945-1967)

Meninggal                   : Jakarta, 14 Maret 1980

Dimakamkan               : Tanah Kusir, Jakarta

Pendidikan :

* Europese Largere School (ELS) di Bukittinggi (1916)

* Meer Uirgebreid Lagere School (MULO) di Padang (1919)

* Handel Middlebare School (Sekolah Menengah Dagang), Jakarta (1921) .

* Gelar Drs dari Nederland Handelshogeschool, Rotterdam, Beland (1932)

Tangal 17Agustus 1945, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta atas nama bangsa Indonesia, tepat pada jam 10.00 pagi di Jalan Pengangsaan Timur 56 Jakarta. Tanggal 18 Agustus 1945, Ir Soekarno diangkat sebagai Presiden Republik Indonesia dan Drs. Mohammad Hatta diangkat menjadi Wakil Presiden Republik lndonesia.

Dr. Drs. H. Mohammad Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden indonesia yang pertama. Ia bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945. Ia juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS. la mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Bandar udara internasional Jakarta, Bandar Udara SoekarnoHatta, menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya. Selain diabadikan di Indonesia, nama Mohammad Hatta juga diabadikan di Belanda yaitu sebagai nama jalan di kawasan perumahan Zuiderpoider, Haarlem dengan nama Mohammed Hattastraat.

 

B. Presiden dan Wakil Presiden Kedua (H.M. Soeharto)

Presiden H.M. Soeharto (12 Maret 1967 – 21 Mei 1993)

Presiden H.M. Soeharto

Nama                           : H. Muhammad Soeharto

Tempat Lahir               : Kemusuk, Godean, JATENG

Tanggal Lahir               : 1 Juni 1921

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : lndonesia

Jabatan                        : Presiden RI ke-2 (1966-1998)

Pangkat                       : Jenderal Besar (Bintang ; Lima)

Meninggal                   : Minggu, 27 Januari 2008 usia 87 tahun

Dimakamkan               : Astana Giribangun, Surakarta

Presiden kedua Republik Indonesia. Beliau lahir di Kemusuk, Yogyakarta, tanggal 8 Juni 1921. Soeharto masuk sekolah tatkala berusia delapan tahun, tetapi sering pindah. Semula disekolahkan di Sekolah Desa (SD) Puluhan, Godean. Lalu pindah ke SD Pedes, lantaran ibunya dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah, ke Kemusuk Kidul.

Jenderal Besar H.M. Soeharto telah rrienapaki perjalanan panjang di dalam karir militer dan politiknya. Di kemiliteran, Pak Harto memulainya dari pangkat sersan tentara KNIL, kemudian komandan PETA, komandan resimen dengan pangkat Mayor dan komandan batalyon berpangkat Letnan Kolonel. Pada tahun 1949, dia berhasil memimpin pasukannya merebut kembali kota Yogyakarta dari tangan penjajah Belanda “saat ‘itu. Beliau juga pernah menjadi Pengawal Panglima Besar Sudirman: Selain itu juga pernah menjadi Panglima Mandala (pembebasan Irian Barat).

Tanggal 1 Oktober 1965, meletus G-BO-S/PKI. Soeharto mengambil alih pimpinan Angkatan Darat: Selain dikukuhkan sebagai Pangad, Jenderal Soeharto ditunjuk sebagai Pangkopkamtib oleh Presiden Soekarno. Bulan Maret 1966, Jenderal Soeharto menerima Surat Perintah 11 Maret dari Presiden Soekarno. Tugasnya, mengembalikan keamanan dan ketertiban serta mengamankan ajaran-ajaran Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno,.

Karena situasi politik yang memburuk setelah meletusnya G-BO-S/ PKI, Sidang Istimewa MPRS, Maret 1967, menunjuk Pak Harto sebagai Pejabat Presiden, dikukuhkan selaku Presiden RI Kedua, Maret 1968. Pak Harto memerintah lebih dari tiga dasa warsa lewat enam kali Pemilu, sampai ia mengundurkan diri, 21 Mei 1998.

Wakil Presiden Sri Sultan Hamengkubuwono IX (1973-1978)

SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO IX

Nama                           : Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Nama Kecil                 : Dorodjatun

Tempat Lahir              : Sompilan Ngasem, Jogjakarta

Tanggal Lahir             : Sabtu Paing 12 April 1912

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : lndonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden, (1973 1978)

meninggal                   : 28 Oktober 1988

Dimakamkan               : Imogiri, Bantul, Yogyakarta

Pendidikan:

☆ Taman kanak-kanak atau Frobel School asuhan Juffrouw Willer dl Bintaran Kidul

☆ Eerste Europese Lagere School (1925)

☆ Hogere Burger School (HBS, setingkat SMP dan SMU) di Semarang dan Bandung (1931)

☆ Rijkuniversiteit Leiden, jurusan Indologie (ilmu tentang Indonesia)

Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Ia adalah salah seorang Sultan yang pernah memimpin di Kasultanan Yogyakarta (1940-1988) dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang pertama setelah kemerdekaan lndonesia.

Peranan Sultan Hamengkubuwana IX dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 o|eh TNI masih tidak singkron dengan versi Soeharto. Menurut Sultan, ialah yang melihat semangat juang rakyat melemah dan menganjurkan serangan umum. Sedangkan menurut Pak Harto. ia baru bertemu Sultan malah setelah penyerahan kedaulatan. Sultan menggunakan dana pribadinya (dari istana Yogyakarta) untuk membayar gaji pegawai republik yang tidak mendapat gaji semenjak Agresi Militer ke-2; Pada tahun 1973 ia diangkat sebagai wakil presiden. Pada akhir masa jabatannya pada tahun 1978, ia menolak untuk dipilih kembali sebagai wakil presiden dengan alasan kesehatan. Namun, ada rumor yang mengatakan bahwa alasan sebenarnya ia mundur adalah karena tak menyukai Presiden Soeharto yang represif seperti pada Peristiwa Malari dan hanyut pada KKN.

 

Wakil Presiden Adam Malik ( 1978 1983 )

7 Presiden Dan Wakil Presiden Indonesia (Dari Dulu Sampai Sekarang) 2

Nama                           : Adam Malik

Tempat Lahir              : Pematang Siantar,22-7-1917

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : Indonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden, (1978 1983)

Meninggal                   : 5 September 1984

Dimakamkan               : TMP Kalibata

 

Pendidikan:

☆ Sekolah dasar

☆ Sekolah agama

☆ Otodidak

Di zaman penjajahan Jepang, Adam Malik juga aktif bergerilya dalam gerakan pemuda memperjuangkan kemerdekaan. Menjelang 17 Agustus 1945, bersama Sukarni, Chaerul Saleh, dan Wikana, ia pernah membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Demi mendukung kepemimpinan Soekarno-Hatta, ia menggerakkan rakyat berkumpul di lapangan Ikada, Jakarta.

Pada tahun 1967, ia kembali memangku jabatan Menteri Luar Negeri di kabinet Ampera II. Pada tahun 1968, Menteri Luar Negeri dalam kabinet Pembangunan I, dan tahun 1973 kembali memangku jabatan sebagai Menteri Luar Negeri untuk terakhir kalinya dalam kabinet Pembangunan ||. Karier tertingginya dicapai ketika berhasil memangku jabatan sebagai Wakil Presiden RI yang diangkat oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada tahun 1978. Sebagai Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Orde Baru, Adam Malik berperanan penting dalam berbagai perundingan dengan negara-negara lain termasuk penjadwalan ulang utang Indonesia peninggalan Orde Lama. Bersama Menteri Luar Negeri negara-negara ASEAN, Adam Malik memelopori terbentuknya ASEAN tahun 1967.

Sebagai seorang diplomat, wartawan bahkan birokrat, Adam Malik sering mengatakan “semua bisa diatur”. Sebagai diplomat ia memang dikenal selalu mempunyai 1001 jawaban atas segala macam pertanyaan dan permasalahan yang dihadapkan kepadanya. Tapi perkataan “semua bisa diatur” itu juga sekaligus sebagai lontaran kritik bahwa di negara ini “semua bisa di atur” dengan uang.

 

Wakil Presiden Umar Wira Hadi Kusuma ( 1983 _ 1988 )

UMAR WIRA HADI KUSUMA

Nama                           : Umar Wirahadikusumah

Tempat Lahir              : Sumedang, 10 Oktober 1924

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : lndonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden, (1983-1988)

Meninggal                   : 21Maret-2003

Dimakamkan               : TMP Kalibata

Pendidikan:

☆ Eropesche Lagere School (1935-1942) MULO (1942-1945)

☆ SMA (1955-1957)

☆ Universitas Padjadjaran (1957)

Pada tahun 1943, Indonesia di bawah pendudukan Jepang. Umar bersama kelompok pemuda beroperasi di bawah pengawasan Pemerintah Jepang. Kelompok pemuda memberikan beberapa pelatihan fisik yang Umar melakukan. Pada Oktober 1944 PETA. pasukan tambahan yang terdiri dari rekrutan Indonesia yang dimaksudkan untuk membantu Jepang dalam melawan Sekutu. Ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, Umar, seperti banyak pemuda lain dari usia yang sama bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat. cikal bakal TNI.

Pada bulan Maret tahun 1983, Umar mencapai puncak kariernya. Soeharto, yang telah dipilih untuk masa jabatan keempat sebagai Presiden berdasarkan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) memilih Umar untuk menjadi wakil presidennya. Pemilihan ini dianggap menjadi pilihan yang agak tak terduga mengingat karier Umar dalam politik di Indonesia tidak lebih memucat dibandingkan dengan dua pendahulunya, Hamengku Buwono IX dan Adam Malik.

Sebagai wakil presiden, Umar menjadi salah satu dari sangat sedikit dalam rezim Soeharto yang memilih untuk memberantas korupsi. Umarjuga melakukan inspeksi kejutan (kadang-kadang penyamaran) ke kota-kota dan desa-desa daerah untuk memantau bagaimana kebijakan pemerintah berpengaruh terhadap rakyat. Selama menjadi Wakil Presiden Umarjuga mengadakan pelayanan doa di istana Wakil Presiden.

 

Wakil Presiden Sudarmono ( 1988 -1993)

SUDARMONO

Nama                           : Sudarmono

Tempat Lahir              : Cerme Gersik, 12 Maret 1927

Agama                         : Islam

Kebangsaan: Indonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden, (1988 – 1993)

Meninggal                   : 25 Januari 2006

Dimakamkan               : TMP Kalibata

 

Pendidikan:

☆ His

☆ SMP

☆ SMA

☆ Akademi Militer

☆ Perguruan Tinggi Militer

Setelah Belanda mundur pada tahun 1949, Soedharmono menyelesaikan pendidikan Ianjutan sebelum pergi ke Jakarta pada tahun 1952 untuk bergabung dengan Akademi Hukum Militer. Ia menyelesaikan studinya pada tahun 1956 sebelum bertugas di Medan, Sumatera Utara sebagai Jaksa Militer pada 1957-1961. Pada tahun 1962, Soedharmono memperoleh gelar dalam bidang hukum setelah menyelesaikan studinya di Universitas Hukum Militer.

Selama Indonesia-Malaysia konfrontasi, Presiden Soekarno mem-bentuk Komando Operasi Tertinggi (KOTI), yang merupakan perintah perang segera di bawah kendali Soekarno. Pada tahun 1963, Sudharmono bergabung KOTI dan diberi peran Bersama Pusat Operasi Anggota untuk Operasi Agung. Pilihan Presiden Soeharto ini sempat dihadang oleh Brigjen Ibrahim Saleh, seorang anggota Fraksi-ABRI, yang melakukan interupsi di dalam sidang yang akan segera menetapkan Sudharmono sebagai wakil presiden. Namun upaya ini gagal, karena lbrahim Saleh segera disingkirkan dan dikeluarkan dari ruang sidang. Belakangan ia dinyatakan mengalami stress berat, bahkan gangguan jiwa. Saat itu memang terjadi ketegangan antara pihak Golongan Karya unsur sipil (Jalur G) dan birokrasi (Jalur B) yang menginginkan terpilihnya Sudharmono dan Golongan Karya unsur militer (Jalur A) yang menginginkan terpilihnya Try Sutrisno.

 

Wakil Presiden Tri Sutrisno ( 1993 _1998 )

TRI SUTRISNO

Nama                           : Tri Sutrisno

Tempat Lahir              : Surabaya

Tanggal Lahir             : 15, November, 1935

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : lndonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden, (1993 -1998)

Meninggal                   : —

Dimakamkan               : —

 

Pendidikan:

Atekad, Seskogab

Pada tahun 1998, pada Sidang Umum MPR lainnya yang akan diselenggarakan dan Asia Tenggara sedang menderita akibat Krisis Finansial Asia, banyak yang ingin Try Sutrisno untuk mengemban masa jabatan kedua sebagai Wakil Presiden. Meskipun ada dukungan yang kuat, Try Sutrisno tidak menegaskan dirinya dan pilihan Soehaito untuk Wakil Kepresidenan diserahkan kepada Habibie.

Setelah turunnya Presiden Soeharto dan diizinkannya pembentukan partai-partai politik menyongsong Pemilu 1999, Try Sutrisno aktif dalam kepengurusan Partai Keadilan dan Persatuan yangpada Pemilu 2004 berubah namanya menjadi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia. . ‘

Pengabaian lainnya datang pada akhir 1997 ketika Soeharto harus pergi ke Jerman untuk menerima perawatan kesehatan. Alih-alih mendelegasikan Try Sutrisno untuk menjalankan tugas Presiden, Soeharto memerintahkan Menteri Sekretaris Negara, Moerdiono untuk datang ke kediamannya untuk menerima tugas Presiden. Sebuah KTT APEC juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri, Ali Alatas.

Try Sutrisno adalah figur yang sangat populer dan banyak yang mengira bahwa ia akhirnya akan menggantikan Soeharto sebagai Presiden indonesia.[9] Karena dia memiliki ‘latar belakang militer, ia’ akan diterima oleh ABRI. Pada saat yang sama, dia juga seorang kandidat yang diterima elemen Islam di ‘Indonesia, dibesarkan bersama sebuah sekolah Islam.

 

Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie (1998)

Bacharuddin Jusuf Habibie

Nama                           : Bacharuddin Jusuf Habibie

Tempat Lahir              : Pare-Pare

Tanggal Lahir             : 25 Juni 1936

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : Indonesia

Jabatan                        : WAKIL PRESIDEN (1998)

Presiden ketiga Republik” Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau adalah anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Dari hasil pernikahannya dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962, Habibie dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Pendidikan :

  1. ITB Bandung, tahun 1954
  2. Rheinisch Westfalische Technische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman, dengan gelar Diplom-Ingenieur, predikat Cum laude pada Fakultas Mekanikal Engineering, Departemen Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang (1955-1960).
  3. Rheinisch Westfalische Technische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman,’dengan gelar doktor konstruksi pesawat terbang, predikat Summa Cum laude, pada Fakultas Mekanikal Engineering, Departemen Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang (1960-1965).

Langkah-Iangkah Habibie banyak dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula, hijrah bermukim ke Jerman.

 

C. Presiden dan Wakil Presiden Ketiga (B.J. Habibie)

Presiden B.J. Habibie (21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999)

Presiden Dan Wakilnya B.J. Habibie

Nama                           : Bacharuddin Jusuf Habibie

Tempat Lahir              : Pare-Pare

Tanggal Lahir             : 25 Juni 1936

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : Indonesia

Jabatan .                      : Presiden RI ke-3 (1998-1999)

Pendidikan :

  1. ITB Bandung, tahun 1954
  2. Rheinisch Westfalische Technische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman, dengan gelar Diplom-Ingenieur, predikat Cum laude pada Fakultas Mekanikal Engineering, Departemen Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang (1955-1960).
  3. Rheinisch Westfalische Technische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman, dengan gelar doktor konstruksi pesawat terbang, predikat Summa Cum laude, pada Fakultas Mekanikal Engineering. Departemen Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang (1960-1965).

Langkah-Iangkah Habibie banyak dikagumi. penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Setiap kali, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award, itu kembali dari “habitatnya Jerman, beliau selalu menjadi berita. Habibie hanya setahun kuliah di ITB Bandung, 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat Summa Cum laude. Lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.

Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek! Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasa| 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato Penanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman.

 

d. Presiden dan Wakil Presiden Keempat (K.H. Abdurrahman Wahid / Gus Dur)

Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) (20-10-1999 Sampai 23-07-2001)

Abdurrahman Wahid

Nama                           : Abdurrahman Wahid

Tempat Lahir              : Jombang, Jawa Timur

Tanggal Lahir             : 4 Agustus 1940

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : lndonesia

Jabatan                        : Presiden RI Ke-4 (1999-2001)

Meninggal                   : Jakarta, 30 Desember 2009

Dimakamkan               : Jombang

Abdurrahman “Addakhil”, merupakan nama lengkap dari Gus Dur pada saat masih kecil. Secara leksikal, Addakhil artinya “Sang Penakluk”, nama ini diambil dari seorang perintis Dinasti Umayyah yang menancapkan tonggak kejayaan Islam di Spanyol oleh ayahnya. Setelah itu nama Addakhil tidak begitu dikenal dan diganti dengan nama Wahid, Abdurrahman Wahid, dan kemudian dikenal dengan Gus Dur. “Gus” itu panggilan kehormatan khas pesantren kepada anak kiai yang berarti “mas”.

Pendidikan : Pesantren Tambak Beras, Jombang (1959-1963) Departemen Studi Islam dan Arab Tingkat Tinggi, Universitas Al Azhar, Mesir Fakultas Surat-surat Universitas Bagdad (1966-1970) Gus Dur merupakan presiden ke-4 RI, Gus Dur mulai menjabat menjadi presiden pada tanggal 20 Oktober 1999 sampai 24 Juli 2001. Selama menjadi Presiden RI itu, Gus Dur mendapat kritik karena seringnya melakukan kunjungan ke luar negeri sehingga dijuliki “Presiden Pewisata“. Pada tahun 2000, muncul dua skandal yang menimpa Presiden Gus Dur yaitu skandal Buloggate dan Bruneigate. Pada bulan Mei 2000, BULOG melaporkan bahwa $4 juta menghilang dari persediaan kas Bulog. Tukang pijit pribadi Gus Dur mengklaim bahwa ia dikirim oleh Gus Dur ke Bulog untuk mengambil uang. Meskipun uang berhasil dikembalikan, musuh Gus Dur menuduhnya terlibat dalam skandal ini. Pada waktu yang sama, Gus Dur juga dituduh menyimpan uang $2 juta untuk dirinya sendiri. Uang itu merupakan sumbangan dari Sultan Brunei untuk membantu di Aceh. Namun, Gus Dur gagal mempertanggungjawabkan dana tersebut. Skandal ini disebut skandal Bruneigate.

 

Wakil Presiden Megawati Sukarno Putri (1999 -2001)

Megawati Sukarno Putri

Nama                           : Hj. Megawati Soekarnoputri

Nama Lengkap            : Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri

Tempat Lahir              : Yogyakarta,

Tanggal Lahir             : 23 Januari 1947

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : lndonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden (1999 2001)

Wanita bernama lengkap Dyah Permata Megawati Soekarnoputri ini memulai pendidikannya, dari SD hingga SMA di Perguruan Cikini, Jakarta. Sementara, ia pernah belajar di dua Universitas. yaitu Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran. Bandung (1965-1967) dan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (1970-1972). Kendati lahir dari keluarga politisi jempolan, Mbak Mega panggilan akrab para pendukungnya tidak terbilang piawai dalam dunia politik.

Megawati Soekarno Putri adalah Presiden Republik Indonesia yang ke 5 Presiden wanita pertama sejak tanggal 23 Juli 200120 Oktober 2004. Ia menjadi presiden setelah MPR mengadakan Sidang Istimewa pada tahun 2001. Sidang Istimewa diadakan dalam menanggapi langkah Presiden Abdurrahman Wahid (Gusdur) waktu itu yang membekukan Lembaga MPR/DPR dan Partai Golkar. Sebelumnya dari tahun 1999-2001 Megawati adalah Wakil Presiden. Masa pemerintahan Megawati ditandai dengan semakin menguatnya konsolidasi demokrasi di Indonesia, dan dalam masa pemerintahannyalah pemilihan umum (pemilu) presiden secara langsung dilaksanankan dan secara umum dianggap merupakan salah satu keberhasilan proses demokrasi di Indonesia. Dan pada pemilu presiden tahap kedua pada tanggal 20 September 2004 itulah Megawati Kalah.

Tetapi, posisi kedua tersebut rupanya sebuah tahapan untuk kemudian pada waktunya memantapkan Mega pada posisi sebagai orang nomor satu di negeri ini. Sebab kurang dari dua tahun, tepatnya tanggal 23 Juli 2001 anggota MPR secara aklamasi menempatkan Megawati duduk sebagai Presiden RI ke-5 menggantikan KH Abdurrahman Wahid. Megawati menjadi presiden hingga 20 Oktober 2003. Setelah habis masa jabatannya, Megawati kembali mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan presiden langsung tahun 2004.

 

E. Presiden dan Wakil Presiden Kelima (Megawati Soekarno Putri)

Presiden Megawati Sukarno Putri (23-7-2001 Sampai 20-10-2004)

Presiden Dan Wakilnya Megawati Sukarno Putri

Nama                     : Hj. Megawati Soekarnoputri

Nama Lengkap     : Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri

Tempat Lahir        : Yogyakarta,

Tanggal Lahir       :23 Januari 1947

Agama                  : Islam

Kebangsaan        : lndonesia

Jabatan               : Presiden RI Ke-5 (2001-2004)

Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947. Sebelum diangkat sebagai presiden, beliau adalah Wakil Presiden Rl yang ke-8 dibawah pemerintahan Abdurrahman Wahid. Megawati adalah putri sulung dari Presiden RI pertama yang juga proklamator, Soekarno dan Fatmawati.

Kehidupan masa kecil Megawati dilewatkan di istana Negara. Sejak masa kanak-kanak, Megawati sudah lincah dan suka main bola bersama saudaranya Guntur. Sebagai anak gadis, Megawati mempunyai hobi menari dan sering ditunjukkan di hadapan tamu-tamu negara yang berkunjung ke Istana.

Masuknya Megawati ke kancah politik, berarti beliau telah mengingkari kesepakatan keluarganya untuk tidak terjun ke dunia politik. Trauma politik keluarga itu ditabraknya. Megawati tampil menjadi primadona dalam kampanye PDl, walau tergolong tidak banyak bicara. Ternyata memang berhasil. Suara untuk PDl naik. Dan beliau pun terpilih menjadi anggota DPR/MPR. Pada tahun itu pula Megawati terpilih sebagai Ketua DPC PDI Jakarta Pusat.

Tetapi, kehadiran Mega di gedung DPR/MPR sepertinya tidak terasa. Tampaknya, Megawati tahu bahwa beliau masih di bawah tekanan. Selain memang sifatnya pendiam, belaiu pun memilih untuk tidak menonjol mengingat kondisi politik saat itu. Maka belaiu memilih lebih banyak melakukan lobi-lobi politik di luar gedung wakil rakyat tersebut. Lobi politiknya, yang silent operation, itu secara langsung atau tidak langsung, telah memunculkan terbitnya bintang Mega dalam dunia politik. Pada tahun 1993 dia terpilih menjadi Ketua Umum DPP PDl.

“Hal ini sangat mengagetkan pemerintah pada saat itu.

 

Wakil Presiden Hamzah Has (2001 2004)

HAMZAH HAS

Nama                           : DR. (HC) HAJI HAMZAH HAZ, BSc

Tempat Lahir              : Ketapang, Kalimantan Barat

Tanggal Lahir             : 15 Februari 1940

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : lndonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden (2001-2004)

PENDIDIKAN:

☆ SMP, Pontianak, Kalimantan Barat

☆ SMEA, Pontianak, Kalimantan Barat

☆ Akademi Koperasi Negara, Yogyakarta (1962)

☆ Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, (tingkat V, 1970)

☆ Menerima The Degree of Honorary Doctor of Philosophy in Management dari American World of University (1998).

Pada tahun 1971 Hamzah pernah menjadi Wakil Ketua DPW Nahdlatul Ulama (NU) Kalimantan Barat, setelah itu dia menjadi wakil rakyat bagi NU pada tahun itu juga. Pasca terjadinya fusi antara Nahdlatul Ulama (NU) dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hamzah aktif bergerak menjadi anggota DPR bagi PPP serta menjadi pengurus penting PPP sampai akhirnya menjabat mejadi Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan itu.

Puncak karier politik Hamzah Haz adalah ketika ia berhasil menjabat menjadi Wakil Presiden Republik lndonesia menggantikan Megawati Soekarnoputri yang saat itu naik jabatan menjadi Presiden Republik Indonesia menggantikan Presiden Abdurrahman Wahid yang diberhentikan melalui Sidang Istimewa MPR yang dipimpin Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat saat itu, Amien Rais Dalam pemilihan Wakil Presiden yang dilakukan oleh 700 orang anggota MPR tersebut, Hamzah Haz berhasil unggul dari Susilo Bambang Yudhoyono dan Akbar Tandjung. Pada Pemilu 2004, Partai Persatuan Pembangunan meraih posisi keempat, berada di bawah Partai Kebangkitan Bangsa dengan 8,15% suara, sehingga Hamzah Haz dicalonkan sebagai calon presiden oleh partainya, PPP, berpasangan dengan Agum Gumelar sebagai calon wakil presiden, namun ia kalah ,dengan perolehan suara hanya 3%.

 

F. Presiden dan Wakil Presiden Keenam (Susilo Bambang Yudhoyono/SBY)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

  • Periode 1 (20 Oktober 2004 – 20 Oktober 2009)
  • Periode 2 (20 Oktober 2009 – 20 Oktober 2014)

Susilo Bambang Yudhoyono

Nama                            : Susilo Bambang Yudhoyono

Tempat Lahir               : Pacitan, Jawa Timur

Tanggal Lahir               : 9 September 1949

Agama                          : Islam

Kebangsaan                 : Indonesia

Jabatan                        : Presiden RI ke6 (2004-2014)

 

Pendidikan:

-Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri) tahun 1973

– American Language Course, Lackland, Texas AS, 1976

– Airbone and Ranger Course, Fort Benning , AS, 1976

– Infantry Off|cer Advanced Course, Fort Benning, AS, 1982-1983

– On the job training di 82-nd Airbone Division, Fort Bragg, AS, 1983 Jungle Warfare School, Panama, 1983

-Antitank Weapon Course di Belgia dan Jerman, 1984

– Kursus Komando Batalyon, 1985

– Sekolah Komando Angkatan Darat, 1988-1989

Susilo Bambang Yudhoyono adalah presiden RI ke-6. Berbeda dengan presiden sebelumnya, beliau merupakan presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat dalam proses Pemilu Presiden putaran ll 20 September 2004. Lulusan terbaik AKABRI (1973) yang akrab disapa SBY ini lahir di Pacitan, Jawa Timur 9 September 1949. Istrinya bernama Kristiani Herawati, merupakan putri ketiga almarhum Jenderal (Purn) Sarwo Edhi Wibowo.

Pensiunan jenderal berbintang empat ini adalah anak tunggal dari pasangan R. Soekotjo dan Sitti Habibah. Darah prajurit menurun dari ayahnya yang pensiun sebagai Letnan Satu. Sementara ibunya, Sitti Habibah, putri salah seorang pendiri Ponpes Tremas. Beliau dikaruniai dua orang putra yakni Agus Harimurti Yudhoyono (mengikuti dan menyamai jejak dan prestasi SBY, lulus dari Akmil tahun 2000 dengan meraih penghargaan Bintang Adhi Makayasa) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara, Magelang yang kemudian menekuni ilmu ekonomi).

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla (2004 – 2009)

JUSUF KALLA

Nama                             : Drs H Muhammad Jusuf Kalla

Tempat Lahir                : Watampone

Tanggal Lahir               : 15 Mei 1942

Agama                          : Islam

Kebangsaan                 : Indonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden (2004-2009)

 

Pendidikan :

Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanudin Makasar, 1967 _ The European Institute of Business Administration Fountainebleu, Prancis (1977)

Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla saja atau JK, adalah mantan Wakil Presiden Indonesia yang menjabat pada 2004-2009 dan Ketua Umum Partai Golongan Karya pada periode yang sama.

Jusuf Kalla menjabat sebagai menteri di era pemerintahan Abdurrahman Wahid (Presiden RI yang ke-4), tetapi diberhentikan dengan tuduhan terlibat KKN. Jusuf Kalla kembali diangkat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri (Presiden RI yang ke-5). Jusuf Kalla kemudian mengundurkan diri sebagai menteri karena maju sebagai calon wakil presiden, mendampingi calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan kemenangan yang diraih oleh Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI yang ke-6, secara otomatis Jusuf Kalla juga berhasil meraih jabatan sebagai Wakil Presiden RI yang ke-10. Bersama-sama dengan Susilo Bambang Yudhoyono, keduanya menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama kali dipilih secara Iangsung oleh rakyat.

Ia menjabat sebagai ketua umum Golongan Karya menggantikan Akbar Tanjung sejak Desember 2004 hingga 9 Oktober 2009. Pada 10 Januari 2007, ia melantik 185 pengurus Badan Penelitian dan Pengembangan Kekaryaan Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golongan Karya di Slipi, Jakarta Barat, yang mayoritas anggotanya adalah cendekiawan, pejabat publik, pegawai negeri sipil, pensiunan jenderal, dan pengamat politik yang kebanyakan bergelar master, doktor, dan profesor.

 

Wakil Presiden Boediono (2009 – 2014)

BOEDIONO

Nama                           : Dr. Boediono

Tempat Lahir              : Blitar, Jawa Timur

Tanggal Lahir             : 25 Februari 1943

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : Indonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden (2004-2009)

Pendidikan:

☆ S1 Bachelor of Economics (Hons.,) University of Western (1967)

☆ S2 Master of Economics, Monash University, Melbourne. (1972)

☆ S3 Doktor Ekonomi Bisnis Wharton School University of Pennsylvania, Amerika Serikat (1979)

Prof. Dr. Boediono, M.Ec. Sebelumnya ia menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Menteri Keuangan, Menteri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, dan Direktur Bank Indonesna.

Ketika namanya diumumkan sebagai Calon wakil presiden mendampingi calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada bulan Mei 2009, banyak pihak yang tidak bisa menerima dengan berbagai alasan. seperti tidak adanya pengalaman politik. pendekatan ekonominya yang liberal, serta bahwa ia juga orang Jawa (SBY juga orang Jawa). Namun, ia dipilih oleh SBY karena ia sangat bebas kepentingan dan konsisten dalam melakukan reformasi di bidang keuangan. Pasangan ini didukung Partai Demokrat dan 23 partai lainnya. termasuk PKB, PPP. PKS, dan PAN. Pada Pemilihan Umum 8 Juli 2009, pasangan SBY-Boediono menang atas dua pesaingnya. Megawati-Prabowo dan Kaila-Wiranto.

Boediono menjadi calon wakil presiden 2009-2014 mendampingi calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dideklarasikan 15 Mei 2009 di Sasana Budaya Ganesha kota Bandung. Jika tetpilih, dia akan menjadi wakil presiden pertama yang bertatar belakang ekonomi dan non-partisan setelah Mohammad Hatta (wakil presiden pertama RI). Dalam acara ini dirilis sistem ekonomi moralistik manusiawi, nasionalistik dan kerakyatan atau kemasyarakatan. Boediono berangkat ke Bandung dengan menggunakan kereta api regular Parahyangan

 

G. Presiden dan Wakil Presiden Ketujuh (Ir.H.Joko Widodo / Jokowi)

Presiden Ir H. Joko Widodo

  • Periode 1 (20 Oktober 2014 – 20 Oktober 2019)
  • Periode 2 (20 Oktober 2019 – 20 Oktober 2024)

Ir H. Joko Widodo

Nama                           : .lr. H. Joko Widodo

Nama Alias                 : Jokowi

Tempat Lahir             : Surakarta, 21 Juni 1961

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : Indonesia

Jabatan                        : Presiden RI ke-7 (2014-sekarang)

 

PENDIDIKAN

  • SMP Negeri 1 Surakarta
  • SMA Negeri 6 Surakarta
  • Universitas Gajah Mada (UGM) Fakultas Kehutanan

Joko Widodo menempuh pendidikan dasar hingga menengah di kota Solo. Jokowi belajar di UGM. Pada saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi memang tidak ada prestasi yang menonjol yang dilakukan oleh Jokowi. Setelah selesai kuliah, pria ini memilih untuk bekerja pada sebuah perusahaan. Akan tetapi dia tidak bertahan lama dan memilih untuk meneruskan usaha mebel yang dimiliki oleh keluarga.

Setelah menjadi gubernur Jakarta, tentu membuat pria ini semakin sibuk. Banyak sekali aktifitas yang harus dia lakukan. Tidak sedikit pula media yang membuat berita khusus akan Jokowi. Dengan popularitas yang semakin meningkat ini sudah pasti membuat banyak orang yang ingin Jokowi maju sebagai presiden; Pada tahun ini Jokowi resmi menjadi balon presiden dari partai PDIP. Dengan maju sebagai calon presiden, pria ini menjadi semakin sibuk dan banyak musuh khususnya dalam dunia politik.

Tanggal 20 oktober 2014, sosok wong cilik yang dikenal dengan gaya blusukannya ini secara resmi di lantik sebagai Presiden Republik Indonesia ke-7. Hari yang begitu bersejarah untuk bangsa Indonesia dimana banyaknya masyarakat yang ikut merayakan pengangkatan Presiden ketujuh ini. Tidak hanya dalam kalangan masyarakat biasa, beberapa artis pun ikut merayakan dengan menggelar acara konser salam 3 jari di Monas, Jakarta. Saat ini masyarakat menanti kinerja sosok Presiden RI ke-7 ini hingga tahun 2019.

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla (2014 – 2019)

7 Presiden Dan Wakil Presiden Indonesia (Dari Dulu Sampai Sekarang) 3

Nama                           : Drs H Muhammad Jusuf Kalla

Tempat Lahir              : Watampone

Tanggal Lahir             : 15 Mei 1942

Agama                         : islam

Kebangsaan                 : lndonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden (2014-2019)

 

Pendidikan:

Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanudin Makasar, 1967 The European institute of Business Administration Fountainebleu, Prancis (1977)

Jusuf Kalla menjabat sebagai menteri di era pemerintahan Abdurrahman Wahid (Presiden RI yang ke-4), tetapi diberhentikan dengan tuduhan terlibat KKN. Jusuf Kalla kembali diangkat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri (Presiden RI yang ke-5).

Pada 10 Januari 2007, ia melantik 185 pengurus Badan Penelitian dan Pengembangan Kekaryaan Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golongan Karya di Slipi, Jakarta Barat, yang mayoritas anggotanya adalah cendekiawan, pejabat publik, pegawai negeri sipil, pensiunan jenderal, dan pengamat politik yang kebanyakan bergelar master, doktor, dan profesor

Jusuf Kalla digandeng calon presiden Joko Widodo dalam ajang Pemilihan Presiden 2014. Pasangan ini kemudian dalam pengundian mendapat nomor urut dua dan mempunyai tagline populer, “Salam Dua Jari”. Oleh Komisi Pemilihan Umum, tanggal 22 Juli 2014 atau enam hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Jokowi-JK memenangkan pilpres namun ditolak oleh kubu Prabowo-Hatta yang kemudian menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).Serangkaian sidang di MK ternyata menolak permohonan kubu Prabowo-Hatta dan secara hukum menguatkan legitimasi Jokowi-JK selaku presiden dan wapres terpilih periode 20-14-2019. JK dilantik sebagai wapres pada 20 Oktober 2014. Seiring dengan pelantikannya tersebut, ia adalah “wakil presiden pertama yang terpilih untuk dua kali masa jabatan melalui pemilihan umum. Masa jabatan pertama dilaluinya bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode 2004-2009.

 

Wakil Presiden Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin

Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin

Nama                           : Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin

Tempat Lahir              : Tangerang

Tanggal Lahir             : 11 Maret 1943

Agama                         : islam

Kebangsaan                 : lndonesia

Jabatan                        : Wakil Presiden (2019-2024)

 

Pendidikan

universitas ibnu chaldun (1964–1967)

Sebagai ulama, Ma’ruf juga aktif di ormas keagamaan. Ia mengemban amanat dan jabatan yang cukup strategis di NU. Ia mengemban amanat sebagai Rais Aam PBNU untuk periode 2015-2020.
Sosok Ma’ruf termasuk salah satu ulama sepuh yang disegani. Ia diketahui banyak menguasai ilmu agama Islam yang multitalenta di samping berbagai macam ilmu fikih. Kia Ma’ruf Amin juga bisa dibilang sebagai ulama yang responsif terkait berbagai masalah yang sedang dihadapi umat.

Ma’ruf Amin cukup lama berada di dalam jajaran pengurus Komisi Fatwa MUI Pusat dari 2000 sampai 2007. Ia juga aktif dalam dunia perekonomian. Ia terlibat dalam berbagai dewan pengawas syariah di berbagai bank dan asuransi syariah.

Ma’ruf merupakan cicit dari ulama besar Syaikh Nawawi Banten, yang merupakan ulama asli Indonesia yang begitu disegani keilmuannya di dunia internasional, terutama di Mekah. Syaikh Nawawi Banten juga merupakan imam di Masjidil Haram dan memiliki julukan ‘Imam Nawawi Atstsani’, yang merujuk kepada ahli hadis Imam Nawawi.

Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin adalah politisi, ulama dan dosen Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia. Ma’ruf duduk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Istrinya bernama : Wuri Estu Handayani (m. 2014), Siti Churiyah (1964–2013)

berikut ini karier Ma’ruf Amin hingga saat ini:

  • Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antaragama (2010-2014)
  • Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Kehidupan Beragama (2007-2009)
  • Anggota Koordinator Da’wah (Kodi) DKI Jakarta
  • Anggota BAZIS DKI JakartaKetua
  • Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta
  • Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta
  • Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta
  • Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (pertama)
  • Anggota MPR RI dari PKB
  • Ketua Komisi VI DPR RI dari PKB
  • Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat
  • Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
  • Penasihat Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM-PBNU)
  • Dosen STAI Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta
  • Rais ‘Aam PBNU 2015-2020
  • Ketua Umum MUI 2015-2020
  • Dewan Pengarah BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila)

Sedangkan Buku yang pernah dikarang/ditulis oleh KH. Ma’ruf Amin adalah :

  • Mengenal Dan mewaspadai penyimpangan syi’ah di indonesia
  • Fatwa dalam sistem hukum Islam

 

Presiden Dan Wakil Presiden Indonesia Dari Dulu Sampai Sekarang

Leave a Reply