70+ Ucapan Hari Guru (Berbagai bahasa) 1

70+ Ucapan Hari Guru (Berbagai bahasa)

Ucapan Hari Guru – Siapakah orang yang termasuk dalam kategori orang yang paling Anda hormati? Tentu saja Anda akan menyebutkan ayah, ibu, kakek, nenek, bahkan guru di sekolah. Guru merupakan salah satu orang yang paling berjasa untuk memajukan kehidupan bangsa, khususnya kecerdasan seseorang. Apakah Anda pernah memberikan ucapan hari guru untuk sang guru tercinta?

Memberikan ucapan hari guru saat ini telah menjadi budaya di masyarakat, sebagai cara untuk mengapresiasi perjuangan guru dalam mendidik murid. Hal ini juga perlu dilakukan, agar seorang siswa atau anak memiliki akhlak yang baik terhadap guru. Bagaimana isi ucapan yang akan Anda sampaikan kepada sang guru? Mari simak ulasan berikut!

Ucapan Hari Guru Nasional

Ucapan Hari Guru Nasional

Saat ini, hari guru menjadi salah satu momen yang selalu diperingati di setiap negara termasuk Indonesia. Peringatan hari guru nasional akan diadakan setiap 25 November. Peringatan hari guru ini meliputi seluruh jenjang sekolah, mulai dari pendidikan anak usia dini hingga di bangku SMA. Berikut beberapa contoh ucapan peringatan hari guru untuk referensi Anda:

“Ibu, Engkau bagai lilin yang senantiasa memberikan penerangan dalam setiap kegelapan. Semoga segala peluh dan lelah yang kau rasakan dapat melahirkan sosok generasi tangguh yang memiliki jiwa negarawan. Salam cinta dari murid terkasih”.

“Teruntuk seorang yang selalu memberikan waktu luangnya untuk mendengar rasa khawatir saya, selalu memberikan bimbingan sepenuh hati menuju pengetahuan yang luas, dan memberikan keyakinan hidup bagi saya, terima kasih telah menjadi panutan saya. Salam cinta, murid terkasih”

“Bapak dan Ibu Guru yang memberikan pengetahuan dalam menemukan tujuan hidup. Engkau juga selalu menyadarkanku akan kemampuan yang kumiliki. Terima kasih Bapak dan Ibu, Salam cinta, murid terkasih”.

“Laksana sebuah sinar yang terang untuk kehidupan kami. Tidak hanya sekedar sinar lilin, namun engkau yang mampu menyinari seluruh tempat yang gelap di hidup kami. Sinar itu tak pernah redup bahkan mati, karena sinarmu selalu tertancap dalam hati kami. Bagi kami, engkau merupakan sinar keabadian dalam setiap langkah yang kami jalani untuk meraih kesuksesan. Salam cinta, murid terkasih”.

“Engkau tidak pernah melupakan sedikitpun tanggung jawab atas pekerjaan yang diemban. Seluruh generasi muda bangsa Indonesia selalu mencarimu untuk memeroleh bimbingan, pengajaran dan pendidikan. Terima kasih atas kerja keras yang selalu engkau laksanakan. terima kasih guruku!”

“Engkau memberi bahagia, tetapi aku tak menghiraukan. Engkau memberikan harapan, tetapi selalu tak kudengarkan. Apakah kasihmu memang sebesar itu? Kini, aku tersadar akan ketulusan kasihmu saat aku dewasa.”

“Tanpa banyak ucapan, tanpa banyak kata-kata, tanpa banyak permintaan. Itulah kau guruku. Engkau selalu berdedikasi tinggi untuk membimbing generasi muda agar hidup berguna. Terima kasih, Bapak dan Ibu guruku”.

“Tidak meminta untuk sebuah pujian, tidak butuh sebuah pengagum, dan tidak butuh untuk dikenang. Itulah kau, seorang pahlawan tanpa sebuah tanda jasa. Guruku, terima kasih atas segalanya. Salam cinta, murid terkasih!”

“Harta bukanlah cara untuk Anda menghargai sang guru. Apalagi sebuah benda untuk buah tangan sang guru agar bahagia. Namun, guru hanyalah butuh sikap baik dan hormat yang harus senantiasa Anda lakukan.”

“Hanya untuk sebuah pengabdian yang nyata, tanpa tanda jasa, tanpa gila rasa, dan tentu berlimpah pahala. Engkau begitu bijaksana, sabar dengan banyak murid yang terkadang menjengkelkan. Salam cinta, murid terkasih!”

Ucapan Hari Guru Bahasa Inggris

Ucapan Hari Guru Bahasa Inggris

Kata-kata yang Anda ucapkan untuk memeringati hari guru sifatnya bebas dan bisa menggunakan berbagai macam bahasa. Anda bisa memakai bahasa daerah (Jawa, Sunda, Bali, dst), bahasa nasional (Indonesia) hingga bahasa internasional (Inggris). Berikut beberapa ungkapan peringatan hari guru menggunakan bahasa Inggris beserta terjemahannya, di antaranya:

“Thanks for teaching me from your heart. Happy teacher’s day.” (Terima kasih atas pengajaran yang kau berikan kepadaku dari lubuk hatimu. Selamat hari guru).

“Happy teacher’s day and all of your service can’t we forgotten as always.” (Selamat hari guru dan seluruh jasamu tak akan pernah kami lupakan).

“All of things because of you. A bright future is within in my grasp. Thanks a lot for inspiring me as always. Happy teacher’s day” (semua ini karena engkau. Sebuah masa depan cerah mampu saya raih. Terima kasih banyak selalu memberiku inspirasi. Selamat hari guru).

“For my teacher. Thanks a lot for the knowledge that you give for me. Happy teacher’s day.” (teruntuk guruku. Terima kasih banyak atas seluruh pengetahuan yang telah diberikan kepadaku. Selamat hari guru).

“I really appreciate for all the hard work that you’ve done. I have learnt it so much, and it’s all thanks a lot to you! Happy teacher’s day.” (Aku memberikan penghargaan atas seluruh kerja keras yang telah engkau lakukan. Saya mampu belajar lebih untuk itu. Terima kasih atas segalanya. Selamat hari guru).

“As always pushing me for reaching my potential. So, it led me to get a dream big and do extraordinary things. Thanks a lot my teachers. Happy teacher day.” (Selalu memberiku dorongan untuk mencapai potensi yang dimiliki. Sehingga, itu mengantarkan aku mendapatkan sebuah mimpi besar dan mampu mengerjakan hal yang luar biasa. Terima kasih banyak guruku).

“Thanks a lot for being a patient and always help me to improve! Teachers like you are so hard to find. I’m eternally grateful for all you’ve taught me.” (Terima kasih banyak atas kesabaran dan bantuan untuk perbaikan diri aku. Guru seperti Anda pasti sangat sulit untuk aku temukan. Aku berterima kasih banyak atas semua ajaran yang telah kau berikan).

“Always wishing you joy and happiness. You’re so amazing teacher and only give us the best.” (Selalu berharap atas kebahagiaan Anda. Anda merupakan guru yang sungguh luar biasa dan memberikan kami yang terbaik).

“I’m grateful that I have teacher like you. Your support and guidance is amazing. Happy teacher’s day.” (Rasa syukur yang melimpah karena memiliki guru seperti Anda. Dukungan dan bimbingan mu adalah hal yang luar biasa. Selamat hari guru).

“Best teacher in the world don’t give the answer you need. They spark within you of desire to find answer by yourself. Happy teacher’s day.” (Guru terbaik di dunia tidak memberikan jawaban yang kamu butuhkan. Mereka menstimulasi keinginan untuk menemukan jawaban sendiri. Selamat hari guru).

Ucapan Hari Guru Singkat

Ucapan Hari Guru Singkat

Ucapan hari guru bisa Anda tulis sesuai dengan apa yang ingin Anda diungkapkan. Kalimat yang digunakan bisa panjang dan pendek. Berikut beberapa contoh ucapan singkat, namun memberikan makna yang sangat berarti di hari guru, di antaranya:

“Tanpa tuntutan jasa, engkau selalu memberikan dukungan terbesar untuk kehidupanku. Selamat hari guru, Ibu guruku.”

“Tanpa rasa pamrih, kau tak pernah lelah menuntun langkahku menggapai cita-cita. Terima kasih Ibu guruku. Selamat merayakan hari guru”

“Bapak guru, terima kasih selalu memberikan pelajaran yang baik untuk masa depanku. Selamat hari guru.”

“Ketulusan dan kesabaranmu memberiku semangat untuk menjadi manusia yang lebih berilmu. Selamat hari guru.”

“Usahamu dalam mengajariku mampu menjadikan aku sosok yang berbudi luhur dan santun. Selamat hari guru.”

“Selamat hari guru, Ibu guruku. Terima kasih telah menjadi arah kehidupan bagi kami dalam menuntut ilmu.”

“Guruku, aku menemukan banyak inspirasi, harapan dan masa depan saat melihat Engkau. Selamat hari guru.”

“Engkau laksana bintang yang menerangi seluruh pelosok negeri, sehingga kami mudah mencapai masa depan yang cerah. Selamat hari guru.”

“Benih yang kau tanam dalam diriku, sekarang sudah tumbuh dan berkembang, hingga aku meraih kesuksesanku. Selamat hari guru.”

“Kau tak pernah lelah menjawab setiap pertanyaan yang tidak masuk akal dan konyol. Terima kasih karena tidak pernah lelah mengajariku. Selamat hari guru.”

“Engkau selalu mendidik dengan tegas, lugas dan ikhlas. Hingga kini aku dapat menemukan versi terbaikku di masa depan. Selamat hari guru.”

“Engkau selalu memberikan arah yang benar, walaupun aku selalu merasa benar. Terima kasih guruku. Selamat hari guru.”

“Walaupun engkau marah, namun engkau tak pernah lelah untuk menunjukkan arah yang benar. Selamat hari guru.”

“Semua dedikasi yang engkau berikan untuk kecerdasan bangsa, pasti akan selalu aku ingat sepanjang masa. Selamat hari guru.”

“Komitmen tinggi yang selalu engkau pegang teguh, membawa kami menjadi pribadi yang tangguh. Selamat memperingati hari guru, Bapak dan Ibu guruku tercinta.”

Ucapan Hari Guru Bahasa Arab

Ucapan Hari Guru Bahasa Arab

Ucapan spesial di hari guru bisa Anda ungkapkan dengan berbagai bahasa. Jika Anda ingin menggunakan bahasa yang berbeda dari umumnya, cobalah untuk menggunakan bahasa Arab. Berikut beberapa referensi yang bisa Anda gunakan untuk ditulis di kartu ucapan, yaitu:

  1. أنت بطل مجهول يوم المعلم سعيد

Arti dari bahasa Arab di atas adalah “Engkau adalah sosok pahlawan tanpa meminta tanda jasa, selamat memperingati hari guru”.

  1. إن تشجيعي على الوصول إلى إمكاناتي يقودني إلى أحلام كبيرة والقيام بأشياء غير عادية

Arti dari bahasa Arab di atas adalah “Kau yang selalu memberikan dorongan dalam pencapaian potensi yang aku miliki. Potensi itu dapat membawaku pada sebuah mimpi besar serta menggapai hal tak terduga yang luar biasa”.

  1. أنت مثل الشمعة التي تضيء دائمًا كل ظلام دامس ، قد يعرق عرقك المتعب جيلًا ذكيًا ورائعًا

Arti dari bahasa Arab di atas adalah “Kau laksana lilin yang menjadi penerang dalam gelapnya dunia, di setiap peluh, lelah dan tanpa amarah akan lahir sosok generasi muda cerdas juga tangguh di masa mendatang”.

  1. ألهمني المعلم لإيجاد غرضي في الحياة ، وجعلني قادرًا على تحقيق ذلك

Arti dari bahasa Arab di atas adalah “Guru memberikan sebuah ilmu untuk menemukan tujuan hidupku, hingga membuat aku sadar akan pentingnya sebuah ilmu itu”.

  1. أنت مثل الضوء الذي لن يخفت أبداً. دائما مضاءة في الظلام

Arti dari bahasa Arab di atas adalah “Kau bagaikan cahaya yang tak pernah meredup, kau selalu memiliki sinar terang di kala gelap gulita sedang mendera”.

Ucapan Hari Guru Bahasa Spanyol

Ucapan Hari Guru Bahasa Spanyol

Peringatan hari guru tidak hanya dilakukan oleh semua murid di Indonesia. Hari spesial ini juga dilakukan di semua negara di seluruh dunia. Jika Anda bosan menggunakan bahasa Indonesia untuk menulis kartu ucapan di hari guru, Anda bisa menggunakan bahasa Spanyol seperti berikut:

  1. “Eres como una luz que nunca se atenuará, siempre iluminando en la oscuridad. Feliz dia del maestro.”

Arti dari bahasa Spanyol di atas adalah “Engkau bagaikan cahaya yang tak akan redup atau menghilang, kau akan senantiasa terang walau dalam gelap gulita. Selamat untuk semua guru di hari guru”

  1. Eres como una vela en la oscuridad, cada sudor y fatiga que sientes es reemplazado por el nacimiento de una generación inteligente y dura“

Arti dari bahasa Spanyol di atas adalah “Kau bagaikan lilin yang terang di saat gelap gulita, setiap keringat dan lelah yang kau rasa akan diganti dengan generasi muda yang cerdas dan tangguh”.

  1. “Me hiciste darme cuenta del propósito de la vida al que debo ir. Feliz dia del maestro.”

Arti dari bahasa Spanyol di atas adalah “Kau adalah orang yang menyadarkan apa tujuan hidup yang harus ditempuh. Selamat hari guru untuk guruku”.

Ucapan Hari Guru dalam Bahasa Jawa

Ucapan Hari Guru dalam Bahasa Jawa

Ucapan di hari guru tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia hingga bahasa Inggris saja. Tetapi, bahasa Jawa juga menjadi salah satu alternatif bahasa pilihan untuk Anda gunakan dalam membuat kartu ucapan di hari guru. Berikut beberapa kalimat dalam bahasa Jawa untuk peringatan hari guru, di antaranya yakni:

“Sadaya ngelmu ing piwulangan tansah dados pepadhanging donya lan jagad. Maturnuwun Ibu. Sugeng hamengeti dinten guru.” (Semua ilmu dalam pengajaran, selalu menjadi penerang di dunia dan alam. Terima kasih Ibu. Selamat hari guru).

“Guru digugu lan ditiru. Tansah pinaringan sadaya ngelmu tanpa pamrih, tanpa nyuwun piwales. Anggenmu paring piwulangan tanpa wates nganti tumekane netes. Sugeng hamengeti dinten guru,” (Guru didengar dan dicontoh. Selalu memberikan semua ilmu tanpa meminta timbale balik, tanpa meminta balasan. Pengorbananmu memberikan ilmu tanpa batas hingga kita menuju kesuksesan).

“Saking donya kang peteng nganti tumekane padhang, panjenengan boten nate ngeluh pinaringan ngelmu kang munpangat. Sugeng hamengeti dinten guru.” (dari dunia yang gelap hingga menuju sinar yang terang, engkau tak pernah mengeluh dalam memberikan ilmu yang bermanfaat. Selamat hari guru).

“Jalaran ngelmu ingkang panjenengan sebar dhateng sadaya murid ing donya iki. Pagesanganing manungsa tansah becik lan setiti. Sugeng hamengeti dinten guru.” (Karena ilmu yang kau sebarkan untuk semua murid di dunia ini. Kehidupan manusia menjadi lebih baik dan bermartabat. Selamat hari guru).

“Sabar sabaring sabar. Kados manungsa kang kedah tumindak sabar nalika golek ngelmu. Maturnuwun Ibu. Sugeng hamengeti dinten guru.” (Sabar dengan penuh kesabaran. Seperti manusia yang harus bertindak sabar dalam menggapai ilmunya. Terima kasih Ibu. Selamat hari guru).

“Ngelmu iku kalakone kanthi laku. Pitedah becik saking panjenengan ingkang boten nate sayah paring ngelmu. Sugeng hamengeti dinten guru.” (Ilmu itu terasa sulit ketika sedang dilakukan. Itulah pitutur terbaik dari engkau yang tak kenal lelah dalam berbagi ilmu. Selamat hari guru).

“Narima narimaning narima. Pitedah ngelmu menika kudu diugemi nganti tumekaning pati sugeng hamengeti dinten guru.” (Menerima dengan penerimaan yang ikhlas. Pitutur ilmu itulah yang selalu kami lakukan sampai menemui ajal. Selamat hari guru).

Kados ta sinar rembulan kang pating cumlorot ing wayah bengi. Sadaya ngelmu lan pitedah panjenengan saged dadosaken padhanging panguripan ing mbesuk. Sugeng hamengeti dinten guru.” (Laksana sinar bulan yang menyinari bumi di malam hari. Semua ilmu dan pitutur yang engkau berikan menjadikan kehidupan ini lebih terang di masa depan. Selamat hari guru).

“Tanpa ajrih, tanpa pamrih, tanpa sayah. Panjenengan tansah paring pambiyantu dhateng kita sadaya ing sekolah. Sugeng hamengeti dinten guru.” (Tanpa ada rasa takut, tanpa meminta timbal balik, tanpa rasa lelah. Engkau selalu memberikan bantuan kepada kita di sekolah. Selamat hari guru).

“Panjenengan tansah tanggel jawab menapa kemawon ingkang wonten ing sekolahan. Panjenengan ugi tansah mesem nalika paring ngelmu ing kelas. Maturnuwun. Sugeng hamengeti dinten guru.” (Engkau selalu memberikan tanggungjawab penuh tetang semua hal yang ada di sekolah. Engkau juga selalu tersenyum dalam berbagi ilmu di kelas. Selamat hari guru).

“Tanpa dadi pepiling, tanpa kudu dipuja. Panjenengan tansah lumaku dados pahlawan tanpa tandha jasa. Sugeng hamengeti dinten guru” (Tidak perlu diingat, dikenang dan dipuji. Engkau selau menjadi seorang pahlwan tanpa tanda jasa bagi Kami. Selamat hari guru).

“Guru iku tansah paring inspirasi kanggo nemu tujuan ing urip. Menika supados kita sedaya saged mengerteni marang liyan. Sugeng hamengeti dinten guru” (Guru itu selalu memberikan banyak inspirasi dalam menemukan tujuan hidup kita. Hal ini agar kita lebih memahami dengan sesama. Selamat hari guru).

“Kangge jagad iki, panjenengan namung minangka guru. Ananging kangge kula, panjenengan minangka manungsa kang saged nggayuh kabisan kula kagem mimpi kang ageng. Sugeng hamengeti dinten guru” (Bagi dunia ini, engkau hanyalah sosok guru. Namun, bagi saya, engkau adalah sosok manusia yang dapat membantuku meraih mimpi yang besar. Selamat hari guru).

“Panjenengan tansah nyengkuyung supados nggayuh potensi kula. Tanpa pamrih, tanpa raos sayah. Sugeng hamengeti dinten guru.” (Engkau selalu memberikan semangat agar potensiku tercapai maksimal. Tanpa pamrih dan tanpa rasa lelah. Selamat hari guru).

“Panjenengan tansah paring ngelmu kang saged ngluberaken karyaning para murid. Panjenengan ugi saged dadosaken generasi enggal supados tansah dados pepedhaging alam dunyo. Sugeng hamengeti dinten guru” (Engkau selalu memberikan ilmu yang mampu mengenalkan karya para murid. Engkau juga menjadikan generasi muda menjadi sinar terang di dunia. Selamat hari guru).

Ucapan Hari Guru Bahasa Sunda

Ucapan Hari Guru Bahasa Sunda

Tidak hanya bahasa Jawa saja yang bisa digunakan untuk ungkapan peringatan hari guru, bahasa Sunda juga bisa menjadi pilihan Anda agar lebih terkesan menarik, tradisional dan melestarikan bahasa daerah. Berikut beberapa contoh kalimat ucapan hari guru yang bisa Anda gunakan, yakni:

  1. “Teu kedah seueur nyarios, teu kedah seueur nyuhunkeun, guru sajati ngahaturanan diri kalayan sepenuh manah pikeun nungtun generasi muda supaya langkung mangpaat.”

Arti dari kalimat di atas adalah “Tanpa banyak berkata dan meminta, guru yang sejati dan sepenuh hati akan memberikan dedikasi dalam mencetak generasi penerus yang berguna”.

  1. “Anjeun masihan harapan, tapi kuring rusak. Anjeun masihan kabagjaan, tapi kuring teu paduli. Sakumaha cinta anjeun ka kuring? Kuring kakara sadar nalika dewasa. Wilujeung dinteun guru.”

Arti dari kalimat di atas adalah “Kau selalu memberi harapan, namun aku selalu mematahkan. Kau memberiku rasa bahagia, namun tak pernah ku hiraukan. Sebesar itu kasih yang kau miliki? Aku tersadar hal itu saat bertumbuh dewasa. Selamat untuk guruku di hari guru”.

  1. “Seja nganuhunkeun ka para guru anu atos nyaangan dina nalika poek.”

Arti dari kalimat di atas adalah “Terima kasih untuk jasa semua guru yang mampu menjadi penerang di saat dunia gelap gulita.”

  1. “Teu kedah diinget, henteu kedah dipuji, sareng henteu kedah dikagumi. Kusabab anjeun pahlawan unsung.”

Arti dari kalimat di atas adalah “Tidak butuh untuk dikenang, tak butuh sebuah pujian dan tidak butuh untuk seorang pengagum, karena kau telah menjadi pahlawan tanpa meminta tanda jasa”.

  1. “Anjeun sapertos lilin anu salawasna nyaangan dina poek, wilujeung dinteun guru.

Arti dari kalimat di atas adalah “Engkau laksana lilin yang akan selama-lamanya menerangi bumi di saat gelap”.

Hari guru menjadi salah satu momen spesial di dunia pendidikan. Sebagai generasi muda yang memiliki sopan santun dan rasa terima kasih, maka setidaknya sebagai murid harus mengapresiasinya dengan menyelipkan ucapan hari guru. Apakah Anda selalu melakukannya kepada guru di sekolah?

7+ Ucapan Hari Guru (Berbagai bahasa)

Leave a Reply