30+ Ucapan Kematian Berbagai Bahasa : Sunda, Islam, Kristen, Inggris 1

30+ Ucapan Kematian Berbagai Bahasa : Sunda, Islam, Kristen, Inggris

Ucapan Kematian Berbagai Bahasa – Ucapan kematian disampaikan sebagai rasa simpati kepada kerabat ataupun keluarga yang ditinggalkan. Kematian merupakan fase terakhir kehidupan manusia. Kematian memang proses yang pasti terjadi oleh setiap orang. Namun kematian akan meninggalkan duka yang cukup mendalam untuk keluarga maupun orang-orang yang berada disekitar.

Untuk dapat memberikan semangat dan menghibur kerabat yang sedang berduka, ucapan berbelasungkawa perlu diungkapkan. Ucapan duka bisa dikatakan secara langsung, ditulis melalui pesan singkat ataupun lewat karangan bunga. Dengan adanya rasa simpati dari orang lain, diharapkan keluarga yang berduka bisa terhibur dan bisa kembali bangkit.

Ucapan Kematian Kristen

Ucapan Kematian Kristen

Ucapan belasungkawa bisa menjadi obat untuk orang yang sedang merasa kehilangan. Dengan adanya ucapan berduka dari teman sekitar, orang tersebut akan terhibur dan yakin bahwa dia tidak sendiri. Dengan begitu Anda bisa berperan andil untuk membantu mengurangi bebas kesedihannya. Inilah contoh ucapan berduka yang bisa

Anda sampaikan untuk kerabat yang beragama Kristen.

“Kehilangan seseorang tentu akan membawa kesedihan yang menyakitkan. Namun yang lebih sulit lagi adalah mengikhlaskan kepergian orang yang dicintai. Mengertilah, dan biarkan dia meninggalkan kita semua dengan keadaan tenang untuk menuju ke alam sana. Semoga Tuhan memberikan ampunan untuk semua dosa yang dilakukan almarhum.”

“Kami sekeluarga mengucapkan rasa duka yang sangat mendalam untuk kepergian Lia.”

“Turut berduka atas kembalinya Maria ke Bapa Surga. Kiranya Tuhan Yesus akan memberikan kekuatan dan juga penghibur untuk keluarga yang telah ditinggalkannya.”

“Selamat jalan kawanku. Semoga jalanmu menuju surga lancar.”

“Ya Tuhan, berikanlah ketabahan untuk keluarga yang sedang bersedih ini. Berikanlah mereka kesabaran bahwa semua makhluk bernyawa akan kembali pada sang pecipta. Semoga Tuhan menerima arwah saudara kami dan mengampuni segala dosanya.”

“Tuhan Yesus, berkatilah kematian Lulu. Terimalah beliau disisimu dan berikan tempat terindah di surga Bapa.”

“Turut berduka atas kepergian bapak Imanuel. Semoga beliau tenang disisiNya dan berada di surga Bapa yang terindah.”

“Kita semua memang memiliki rencana. Namun rencana Tuhan akan selalu lebih baik. Semoga semua kebaikan beliau diterima Tuhan dan bisa diberikan surga Bapa yang terbaik.”

“Rencana Tuhan tentu menjadi yang terbaik. Semoga Tuhan memberikan kelapangan hati bagi keluarga yang ditinggalkan.”

“Kematian merupakan awal dari kehidupan yang abadi. Semoga beliau tenang disana dan mendapatkan tempat terbaik di surga Bapa.”

“Tuhan menyapa semua makhluk-Nya melalui banyak cara. Salah satunya adalah dengan kematian yang membawa roh makhluk-Nya untuk menuju sisi Tuhan. Percayalah, kepergian saudara kita bukanlah hal terburuk, karena sebenarnya adalah hal yang membahagiakan untuknya. Semoga Tuhan menempatkannya di tempat terbaik dan mengampuni segala dosanya.”

“Tuhan memahami dengan baik mana makhluk yang berbuat baik dan mana yang berperilaku buruk. Kembalinya Christian ke sisi Tuhan secepat ini karena Tuhan sangat mencintainya.”

“Kesedihan yang terasa sekarang merupakan proses dimana akan ada hikmah dibalik semua kejadian itu. Mari kita bersama-sama mendoakan saudara kita agar bisa bahagia disisi Tuhan dan mendapatkan surga terbaik.”

“Janganlah engkau bersedih terlalu lama, ini sudah menjadi jalan terbaik yang sudah ditentukan Tuhan. Semoga arwah almarhum tenang disisi Tuhan dan diampuni segala dosanya”

“Kematian bukanlah akhir, namun awal dari kehidupan yang baru. Kami juga turut merasakan kesedihan yang sama karena berpulangnya Michael.”

“Dia merupakan hamba Tuhan yang taat dan selalu menaati perintah-Nya, maka yakinlah sesuai dengan Mazmur 116:15 bahwa dia adalah hamba yang berharga di mata Tuhan sehingga kematiannya akan dikasihani Tuhan dan ditempatkan di surga Bapa.”

“Tuhan lebih mencintai Amira daripada kita semua sehingga Amira dipanggil terlebih dahulu. Kita doakan agar saudara kita berada di tempat terbaik dan bahagia disisi-Nya.”

“Kita harus percaya bahwa saudara kita yang telah berpulang akan dibangkitkan kembali bersama-sama dan akan bertemu kita di alam sana.”

”Ingatlah, bahwa kesedihan yang dirasakan tidak boleh berlarut larut. Meskipun telah merasakan kehilangan, namun kita tetap harus mengambil bagian dalam hidup seperti yang tertulis pada Matius 28:20. Pada waktu yang tepat, kita semua akan berkumpul di akhir zaman bersama Tuhan.”

“Anda tidak akan sendiri untuk menghadapi kesulitan ini. Kami akan terus mendampingi hingga keadaan membaik. Ingatlah bahwa Tuhan akan selalu menggenggam tanganmu saat terburuk sekalipun. Kami semua turut berduka atas musibah yang sedang menimpamu. Semoga kesedihan yang Anda rasakan bisa cepat berlalu.”

“Percayalah seperti yang tertulis dalam Mazmur 73:23 bahwa Tuhan akan terus ada disampingmu untuk mengatasi segala kesulitan dan kesedihan yang Anda rasakan. Tegarlah dan percaya bahwa ini merupakan jalan terbaik yang diberikan Tuhan.”

“Saya sekeluarga mengucapkan turut berduka atas musibah yang menimpa keluargamu. Janganlah kau resah karena dia sudah bahagia disana. Kami akan terus mendukung serta menghiburmu untuk melewati segala kesedihan ini. Seperti yang ada pada Matius 5:4 bahwa berbahagialah mereka yang mendapatkan ucapan duka cita, karena artinya dia masih memiliki orang-orang yang menyayanginya.”

“Jika saat ini Anda merasakan hujan yang lebat. Maka esok Tuhan akan berjanji untuk memberikan kebahagiaan kepadamu. Yakinilah karena sudah tertulis pada ayat di Filipi 4:13. Segala kesedihan yang dirasakan akan menjadi kebahagiaan di hari esok. Untuk itu janganlah berlarut dalam kesedihan kawan karena dia telah bahagia di surga Bapa.”

“Kami sekeluarga ikut berduka atas musibah yang menimpamu. Percayalah bahwa Tuhan Maha Baik yang akan menyiapkan hal yang lebih baik di balik kesedihan yang menimpamu ini. Janganlah patah harapan dan tetaplah yakin bahwa Tuhan akan melindungimu dan keluarga.”

“Turut berduka atas kesedihan yang sedang kau rasakan saat ini. Tidak ada kata terindah yang mampu menghiburmu, namun percayalah bahwa kami akan terus mendampingimu di saat tersulit sekalipun. Anda tidak akan sendiri dan percayalah bahwa Tuhan akan terus membimbingmu melewati kesedihan ini.”

“Kami dan keluarga mengucapkan turut berbelasungkawa atas kepergian ayahanda Mica.”

“Kami mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk kepergian Misya. Ya Tuhan berikanlah keluarga ini ketabahan agar bisa melewati segala cobaan dengan baik. Semoga Tuhan mengampuni segala dosa-dosa Misya dan menempatkannya di surga Bapa.”

Ucapan Kematian Bahasa Sunda

Ucapan Kematian Bahasa Sunda

Bahasa Sunda kebanyakan digunakan oleh masyarakat yang ada di wilayah Jawa Barat. Setiap daerah memiliki tradisi dan cara berbelasungkawa yang berbeda. Agar bisa menyampaikan rasa simpati dengan lebih baik, berikut simaklah contoh ucapan duka dengan menggunakan bahasa Sunda di bawah ini.

“Innalillahi, muga iman Islam almarhum tiasa ngabantosan anjeunna lebet surga sareng dibéré kakuatan ka jalma-jalma anu ditinggalkeun”
Artinya: Innalillahi, semoga iman islam almarhum mampu menolongnya untuk masuk surga dan diberikan ketabahan untuk orang ditinggalkannya.

“Punten pikeun wartos pupusna Isma. Muga-muga sagala amal soleh na ngabantosan anjeun kéngingkeun tempat anu pangsaéna dina surga Allah SWT.”
Artinya: turut berduka atas kabar meninggalnya Isma. Semoga segala perbuatan baiknya membantu Anda untuk mendapatkan tempat terbaik di surganya Allah SWT.

“Wilujeung sahabutku, muga anjeun bahagia bagja di surga.”
Artinya: selamat jalan sahabutku, semoga Anda bahagia bahagia di surga.

“Punten kanggo sadayana, mudah-mudahan tiasa dibébaskeun tina siksaan kuburna sareng dihapunten pikeun sadaya kalepatan na.”
Artinya: turut berduka cita, semoga bisa dibebaskan dari siksa kuburnya dan diampuni segala dosa-dosanya.

“Innalillahi. Mudah-mudahan simpati urang tiasa ngaleungitkeun rasa sedih anu karaos.”
Artinya: Innalillahi. Semoga rasa simpati yang kami sampaikan ini bisa meringankan kesedihan yang Anda rasakan.

“Innalillahi, kami sareng kulawarga kuring nyebatkeun belawa anu paling jero.”
Artinya: Innalillahi, kami sekeluarga mengucapkan belangsungkawa yang mendalam.

“Urang ngarepkeun yén Allah nampi sagala amal ibadahna. Wilujeung réncang, anjeun bakal kantun anjeun.”
Artinya: kami berharap Allah SWT menerima semua amal ibadahnya. Selamat jalan teman, kami akan merindukanmu.

“Maot mangrupikeun kajadian anu parantos janten pangersa Allah SWT. Muga sagala dosa anjeun dihampura.”
Artinya: kematian merupakan kejadian yang sudah menjadi kehendak Allah SWT. Semoga diampuni segala dosa-dosanya.

“Anjeun punten kanggo pupusna Rudi. Mugia dipasihan tempat anu ngamimitian di payuneun Allah, nampi sadaya amal ibadah sareng nempatkeun kana surga anu paling indah.”
Artinya: kami turut berduka atas meninggalnya Rudi. Semoga diberikan tempat yang mulai di sisi Allah, diterima segala amal ibadahnya dan dimasukkan ke surga yang terindah.

Ucapan Kematian Dalam Islam

Ucapan Kematian Dalam Islam

Mayoritas masyarakat Indonesia beragam Islam sehingga ketika Anda ingin menyampaikan pesan duka haruslah sesuai dengan kaidah Islam. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memilih kalimat yang cocok untuk menyampaikan rasa simpati pada sesama muslim. Berikut akan disampaikan beberapa contoh ucapan belasungkawa dalam Islam.

“Innalillahi, tak terasa air mataku jatuh begitu ketika mendengar berita kepergianmu. Kami semua sangat kehilanganmu kawan. Semoga jalanmu menunju surga dilapangkan. Aamiin”

“Innalillahi. Jangan terlalu lama bersedih, karena kita semua akan dipertemukan lagi nanti di surgaNya Allah SWT. Aamiin.”

“Innalillahi. Kami akan memanjatkan doa yang terbaik untukmu agar mempermudah jalannya sampai ke surga Allah SWT.Aamiin.”

“Innalillahi, turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kepergian bapak Ali. Semoga alhamrhum diberikan kelapangan kubur dan diterima semua kebaikannya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan iman agar bisa tetap bersabar. Aamiin.”

“Innalillahi wa inna ilahi rojiun, kenangan indah yang pernah kita lalui bersama akan menjadi kenangan terindah untuk hidupku.”

“Innalillahi, kami turut berduka atas kepergian suamimu. Kami berharap yang terbaik untukmu agar bisa kuat menjalani semua cobaan ini.”

“Innalillahi, mungkin Allah lebih menyayanginya sehingga memanggilnya duluan diusia yang masih sangat mudah. Semoga engkau ditempatkan di surga terbaik Allah dan bisa merasakan kebahagiaan disana.”

“Inna lillahi.Hakekatnya semua yang bernyawa akan kembali ke Allah ketika waktunya sudah selesai. Untuk itu bersabarlah kawan, percayalah akan ada hikmah dibalik kesulitan ini. Semoga keluarga bisa tegar melewati segala kesedihan ini. Aamiin.”

“Inna lillahi. Sang Khalik sangat mencintaimu kawan. Semoga engkau bahagia disana dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin.”

“Innalillahi, kami atas nama keluarga besar Soediro mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya bapak Idris. Semoga Allah memberikan kekuatan untuk keluarga yang ditinggalkannya. Aamiin.”

“Innalillahi. Hari ini bersedihlah sampai puas, karena kami juga sangat kehilangan sosok ibu Yusi yang sangat menginspirasi. Namun esok hari, kita harus tetap bangkit memperjuangkan apa yang sudah dimulai oleh ibu Yusi agar perjuangannya tidak sia-sia. Semoga ibu Yusi diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT. Aamiin.”

“Innalillahi. Rasa sedih yang dirasakan sekarang memang wajar terasa karena kita semua terlalu mencintainya. Kita semua akan kembali berkumpul disurga Allah SWT kelak. Untuk itu janganlah bersedih. Tersenyumlah kembali agar dia bisa bahagia di surga.”

“Innalillahi. Kami sekeluarga merasakan kesedihan yang sama karena kehilangan sosok teman terbaik dalam hidup. Semoga amal ibadah beliau diterima Allah dan diampuni segala dosa-dosanya. Aamiin”

“Innalillahi. Setiap cobaan yang diberikan mengandung banyak hikmah untuk kehidupan. Untuk itu jangan lagi bersedih, karena pada waktunya kita akan berkumpul kembali di surga Allah. Semoga keluarga bisa mengikhlaskan kepergian almarhum. Aamiin.”

“Innalillahi. Semoga ayahanda Mira diampuni segala dosanya dan diberikan tempat terbaik. Aamiin. Yang tabah yaa Mira, Anda harus kuat”

“Innalillhi. Kami sama terpukulnya mendengar kabar meninggalnya Maman. Semoga engkau tenang disana kawan, kami akan terus mendoakanmu.”

“Innalillahi. Kami turut berbelasungkawa atas kehilangan yang Anda rasakan saat ini. Semoga Anda bisa ikhlas dan sabar menghadapi segala cobaan. Aamiin.”

“Innalillahi. Kami sekeluarga turut berduka sedalam-dalamnya. Sungguh tak ada kata yang bisa kami sampaikan untuk mengurangi bebanmu saat ini. Kami akan mendoakan yang terbaik untukmu dan keluarga. Aamiin.”

“Innalillahi. Rencana Allah tentu saja sudah menjadi jalan yang terbaik. Ikhlaskan kepergiannya, agar dia bisa bahagia di surga. Aamiin.”

“Innalillahi. Mungkin itu sudah menjadi jalan yang terbaik agar dia tak lagi merasakan sakit. Semoga dia bahagia di sisi Allah dan diampuni segala dosa-dosanya. Aamiin YRA.”

“Kami dari SMA 2 Negeri mengucapkan turut berduka. Semoga semua perbuatan baiknya diterima Allah SWT dan diampuni segala dosanya. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa segera pulih dari kesedihan yang dirasakannya. Aamiin.”

“Innalillahi. Kami dari angkatan 2018 Universitas Gajah Mada mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya saudara kami. Semoga beliau diberikan tempat terbaik di dekat Allah SWT. Aamiin.”

Ucapan Kematian Bahasa Inggris

Ucapan Kematian Bahasa Inggris

Bagi Anda yang memiliki kerabat atau relasi yang berasal dari luar negeri tentu harus menyampaikan ucapan duka dengan bahasa Inggris agar bisa dimengerti dengan baik. Berikut beberapa contoh ucapan belasungkawa dengan menggunakan bahasa Inggris.

“We share your grief in this time of bereavement with deepest sympathy and condolence.”
Artinya: kami turut berduka cita atas kehilangan yang Anda rasakan sangat mendalam.

“The angels are always near to those who are grieving, to whisper to them that their loved ones have been quiet on the side of God.”
Artinya: malaikat akan melindungi mereka yang berduka dan membisikan pesan bahwa orang yang meninggal sudah bahagia di sisi Tuhan.

“I can not imagine if it was you who lost. If you need friends to tell stories, do not hesitate to call us.”
Artinya: saya tidak bisa membayangkan jika menjadi Anda yang kehilangan. Jika membutuhkan teman bercerita, jangan segan untuk menghubungi kami.

“Believe me that after dark there will be a period of light. There are many other joys that are still waiting for you in the future. For that, don’t be dissolved in your sadness now.
Artinya: percayalah kepada saya bahwa setelah gelap akan ada masa terang. Masih banyak kebahagiaan lain yang masih menunggumu di kemudian hari. Untuk itu janganlah terlarut dalam kesedihan yang dirasa.

“We grieve. He is a good father. We will always pray for him/her. Hopefully he/she get a decent place in god’s side.”
Artinya: kami ikut berduka atas kembalinya Christian. Dia adalah ayah yang baik. Kami selalu mendoakannya agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan.

“No words can be expressed to reduce the sadness that is being felt. We will stay by your side until things get better.”
Artinya: tidak ada kata yang bisa diungkapkan untuk bisa mengurangi kesedihan yang sedang dirasakan. Kami akan berada disisi Anda sampai keadaan membaik.

“Remember, This world is just temporary, We will meet them in another world. Always think that they smile at us from the heaven.”
Artinya: ingatlah bahwa hidup didunia hanyalah sementara. Semua orang akan bertemu lagi didunia lain. Berpikirlah seperti itu agar mereka semua bisa tersenyum di surga.

“God will never give trials to His servants beyond his ability. When God gives permission, what will happen will be. God will provide a way out of the problem at hand. Our whole family would like to join together and remember that we will always accompany you to support you through all the sadness at this time.”

Artinya: Tuhan tak akan pernah memberikan cobaan kepada hambaNya melebihi kemampuannya. Ketika Tuhan memberikan izin maka yang akan terjadi, terjadilah. Tuhan akan memberikan jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi. Kami sekeluarga mengucapkan turut berdua dan ingatlah bahwa kami akan selalu menemanimu untuk mendukungmu melewati semua kesedihan saat ini.

“He was happy with God. Hopefully the pain that you currently feel can disappear quickly.”
Artinya: dia sudah bahagia bersama dengan Tuhan. Semoga rasa sakit yang saat ini Anda rasakan bisa hilang dengan cepat.

“Sorry for you, don’t stay in the sadness for too long. Try to look around you, many people will still support and love you. Smile, friend.”
Artinya: turut berduka cita, jangan berlarut dalam kesedihan terlalu lama. Cobalah lihat di sekeliling Anda, banyak orang yang akan tetap mendukung dan menyayangimu. Tersenyumlah teman.

“I hope happy memories can make you able to forget the sadness at this time.”
Artinya: semoga kenangan bahagia bisa membuat Anda mampu melupakan kesedihan saat ini.

“Life is a gift from God, but death is eternal life on God’s side. Don’t be sad, he is in the best place.”
Artinya: hidup merupakan hadiah dari Tuhan, namun kematian merupakan kehidupan yang abadi di sisi Tuhan. Jangan bersedih, dia sudah berada di tempat terbaik.

“We also say sorry for the news of the death of Fransisa. Hopefully the prayers we prayed can take us on our journey to heaven. May God always bless the family left behind.”

Artinya: kami turut mengucapkan berduka citas atas kabar meninggalnya Fransisa. Semoga doa yang kami panjatkan bisa mengiringi perjalanannya hingga sampai ke surga. Semoga Tuhan selalu memberkati keluarga yang ditinggalkan.

“We convey our deep sorrow for your sadness.”
Artinya: Kami menyampaikan rasa duka yang mendalam untuk kesedihan Anda.

“We express our sorrow for the pain you feel. We will sympathize and embrace you so you can feel better.”
Artinya: kami mengucapkan turut berduka cita atas kepedihan yang Anda rasakan. Kami akan memberikan simpati dan merangkul Anda agar bisa merasa lebih baik.

“He may have left us, but the memories of him will always live in our hearts.”
Artinya: Dia mungkin sudah meninggalkan kita, namun kenangan tentangnya akan selalu hidup di hati kami.

Dengan adanya beberapa contoh ucapan kematian dengan berbagai versi, Anda bisa lebih mudah untuk memilih kalimat berduka yang cocok untuk kerabat. Ucapan tulus dari Anda bisa memberikan motivasi dan semangat baru untuk orang yang sedang bersedih. Temanilah kerabat Anda untuk bisa melewati semua kesedihannya agar bisa tersenyum kembali.

30+ Ucapan Kematian Berbagai Bahasa

Leave a Reply