15 Contoh Teks Opini (Berbagai tema) 1

15 Contoh Teks Opini (Berbagai tema)

Teks Opini – Pengertian opini adalah pendapat, pandangan, buah dari pemikiran seseorang yang bersifat subjektif dalam menyikapi sesuatu dan kebenarannya belum pasti. Anda penasaran? Yuk, simak contoh teks opini berikut ini.

Contoh Teks Opini Ujian Nasional Online

Contoh Teks Opini Ujian Nasional Online

Berikut ini akan diulas lebih dalam mengenai sebuah opini dengan topik ujian nasional online. Banyak pro dan kontra yang menyelimuti opini dengan topik tersebut. Informasi lebih lanjut, yuk baca teks di bawah ini.

Ujian nasional dari tingkat SD sampai SMA sebentar lagi akan diselenggarakan. Pelaksaanaan ujian tersebut sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, yang membedakan adalah pada tahun ini pemerintah menerapkan aturan baru, yaitu ujian nasional dilaksanakan secara online.

Apabila ditinjau dari kondisi di lapangan, rencana penyelenggaraan ujian nasional online ini dirasa kurang tepat. Ide tersebut sebenarnya sangat bagus, namun faktanya di lapangan justru menimbulkan permasalahan baru. Misalnya, belum lengkapnya infrastruktur dan ketersediaan tenaga ahli yang kurang memadai menjadi kendala pelaksanaan ujian nasional online.

Selain itu, ketersediaan komputer, daya listrik, dan akses internet juga menjadi faktor penghambat berjalannya ujian nasional online. Pada prakteknya ujian nasional online di rasa kurang efektif jika tetap diselenggarakan.

Pasalnya, jika suatu sekolah memiliki jumlah siswa yang banyak dan komputer yang digunakan harus bergantian maka dikhawatirkan akan timbul kecurangan.Jika demikian, lalu apa fungsi diselenggarakananya ujian nasional?

Belum lagi adanya masalah teknis juga sering kali menghambat pelaksanaan ujian online. Misalnya jika ada siswa dan guru yang tidak bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Hal ini justru dapat mengacaukan konsentrasi siswa sehingga bisa jadi membuat siswa tersebut gagal.

Oleh karena itu, apabila pemerintah tetap ingin menerapkan aturan ujian nasaional online maka seharusnya tidak terburu-buru. Pertama, pemerintah harus menjamin semua fasilitas pendukung. Kedua, perlu adanya sosialisasi jauh hari sebelum aturan tersebut diterapkan. Dengan demikian, dapat meminimalisir munculnya permasalahan-permasalahan seperti tersebut di atas.

Contoh Teks Opini Lingkungan

Contoh Teks Opini Lingkungan

Lingkungan harus kita jaga agar tidak menimbulkan berbagai permasalahan. Munculnya pabrik baru memiliki dampak positif dari segi ekonomi namun sering kali juga menimbulkan permasalahan baru. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Informasi selengkapnya, yuk simak teks opini berikut ini.

Kemunculan industri-industri baru memiliki kelebihan dan kekurangan, terutama di bidang garmen. Hal ini dikarenakan meskipun dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang, namun kemunculan industri tersebut juga berdampak negatif pada lingkungan. Misalnya lingkungan menjadi rusak karena adanya polusi dan limbah hasil industri.

Pemerintah diharapkan dapat bersikap lebih bijak dalam menghadapi permasalahan ini. Salah satunya adalah dengan tegas saat memberikan izin usaha. Selain itu, pemerintah juga harus memberlakukan peraturan tentang lingkungan. Tujuannya adalah agar pabrik-pabrik di Pecangan memiliki kesadaran untuk mengolah limbah industri sehingga meminimalisir pencemaran lingkungan.

Contoh Teks Opini Dalam Koran

Contoh Teks Opini Dalam Koran

Anda banyak menemukan teks opini dari koran. Salah satu jenis opini yang dimuat di dalam koran Sindo pada 25 Juli 2017 ini membahas tentang bahaya radikalisme. Informasi selengkapnya, yuk baca teks opini di bawah ini.

Partai Persatuan Pembangunan mengungkapkan pendapat tentang bahaya radikalisme agama. Hal ini dikarenakan iming-iming yang dijanjikan yaitu masuk surga. Ketua umum PPP yang akrab disapa Romi ini mengungkapkan bahwa tentu orang yang memiliki agama mengharapkan surga.

Hal ini memicu timbulnya anggapan bahwa agamanya sendirilah yang paling benar. Dampak dari munculnya anggapan tersebut mengerikan. Hal ini dikarenakan seseorang dapat melakukan tindak kekerasan dengan mengatas namakan agama.

Anda dapat menjumpai radikalisme di semua agama. Misalnya pada agama Hindu dijumpai kelompok radikal Rashtriya Swayamsevak. Kelompok tersebut telah menyerang saat proses ibadah yang terjadi di India. Selain itu, kelompok tersebut juga memaksa masyarakat Kristen dan Islam untuk menganut agama Hindu di Agra.

Di Amerika Serikat, Anda juga dapat menjumpai adanya kelompok radikal dari agama Kristen bernama Timothy Veigh. Pada tanggal 19 April 1995, kelompok tersebut pernah mengebom Oklahoma City.

Contoh Teks Opini Dalam Teks Berita

Contoh Teks Opini Dalam Teks Berita

Di dalam teks berita banyak mengandung teks opini. Berikut ini akan disajikan teks opini yang terdapat di dalam berita dengan topik DPR yang meminta gedung baru seharusnya memiliki rasa malu dengan presiden.

Wacana pembangunan gedung baru DPR yang dilengkapi dengan apartemen menimbulkan polemik di kalangan masyarakat. Direktur eksekutif Voxpol Center mempertanyakan wacana tersebut karena kinerja DPR yang kurang berprestasi. Beliau berpendapat bahwa anggota DPR tidak lagi berpikir logis dan hati nuraninya telah mati.

Dalam sebuah siaran pers beliau juga mengungkapkan bahwa presiden tidak pernah meminta gedung istana baru meskipunl usia gedungnya bisa dibilang sudah tua. Sementara itu, DPR merengek gedung baru padahal gedung DPR yang ada saat ini usianya jauh lebih muda dibandingkan gedung istana.

Hasil survei GCB (Global Corruption Barometer) pada Juli 2015 hingga Januari 2017 membuktikan bahwa lembaga negara yang paling banyak korup dalam tiga tahun terakhir ini adalah lembaga legeslatif.

Contoh Teks Opini Pendidikan

Contoh Teks Opini Pendidikan

Pendidikan merupakan unsur terpenting di dalam sebuah negara. Pendidikan juga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di suatu negara. Namun, faktanya tenaga pendidik tidak dapat menciptakan orang-orang yang terdidik melainkan orang-orang pintar saja. Informasi selengkapnya yuk baca teks opini di bawah ini.

Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak sekali dijumpai kasus-kasus memalukan yang muncul di negara ini. Contohnya adalah korupsi, mafia pajak, kasus suap dan masih banyak lagi lainnya. Sangat disayangkan karena tindak kejahatan tersebut dilakukan oleh orang-orang yang berpendidikan tinggi bahkan hingga bergelar seorang doktor.

Hal ini dapat terjadi akibat adanya pola pendidikan yang salah di negara ini. Pola pendidikan yang diterapkan hanya berfokus pada ilmu duniawi sehingga hanya tercipta orang pintar saja tanpa memiliki budi pekerti yang luhur.

Alhasil orang-orang pintar tersebut memanfaatkan kepintarannya untuk melaksanakan kejahatan dan menindas orang-orang lemah. Misalnya, banyak berita yang mengabarkan kasus korupsi dan suap yang dilakukan oleh orang-orang terhormat. Orang-orang tersebut berpendidikan tinggi namun melakukan perbuatan yang memalukan karena dapat merugikan orang lain bahkan negara.

Biasanya, tindakan kejahatan tersebut dilakukan secara bersama-sama. Parahnya, saat tertangkap basah, orang-orang tersebut tidak merasa malu dan bersalah atas perbuatan yang telah dilakukan. Oleh karena itu, menjadi tugas kita bersama untuk memperbaiki sistem pendidikan di negara ini agar hal-hal yang memalukan seperti tersebut di atas tidak terulang kembali.

Contoh Teks Opini Singkat

Contoh Teks Opini Singkat

Banyak sekali teks opini singkat yang terdapat di dalam sebuah berita, koran atau pun media lainnya. Biasanya, teks opinin yang diangkat membahas mengenai berita-berita terkini di dalam berbagai aspek kehidupan. Yuk, simak contohnya berikut ini.

Menjelang pemilihan calon presiden Indonesia yang akan diselenggarakan pada bulan April 2019 ini, baik Bapak Jokowi maupun Prabowo sudah menyusun berbagai strategi. Mulai dari berkampanye dan membuat visi misi sebagai bentuk pembuktian bahwa beliaulah yang pantas menduduki jabatan Presiden Indonesia untuk periode selanjutnya.

Tujuan diadakannya kampanye adalah untuk meyakinkan warga masyarakat bahwa beliaulah yang pantas menjadi pemimpin. Diharapkan kedua calon presiden tetap berkomitmen dengan janji-janji yang telah diberikan kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak kecewa.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak memilih presiden berdasarkan politiknya saja. Namun, pilihlah pemimpin yang berlandaskan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggungjawab, amanah dan berkomitmen.

Contoh Teks Opini Sampah

Contoh Teks Opini Sampah

Sampah banyak bertebaran di mana-mana. Tidak peduli itu anak-anak, remaja maupun dewasa semua membuang sampah secara sembarangan. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat akan menjaga kebersihan lingkungan. Banyak fakta yang telah membuktikannya. Informasi selengkapnya silahkan baca teks opini di bawah ini.

Banyak orang baik kaya maupun miskin yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Anda dapat melihatnya mulai dari hal-hal kecil seperti botol minum yang sering dibuang dari dalam mobil. Selain menumpuk sampah di jalan umum, juga dapat membahayakan pengendara lainnya.

Banyak orang yang bisa memelihara kebersihan mobil namun kesadaran akan menjaga kebersihan fasilitas umum masih rendah. Parahnya lagi, hal yang sama juga terjadi di sungai. Banyak orang yang membuang sampah secara sembarangan di sungai tanpa memperhatikan dampak negatif dari perbuatannya.

Apabila terdapat lahan kosong tak heran jika di sana menumpuk banyak sampah. Umumnya, orang-orang akan membuang sampah di kala sepi. Pada akhirnya, akibat ulahnya sendiri menyebabkan permasalah baru, yaitu munculnya bau tidak sedap di sekitarnya.

Contoh Teks Opini Tentang Sosial

Contoh Teks Opini Tentang Sosial

Teks opini berikut ini akan membahas lebih lanjut mengenai perkembangan KPOP yang terdapat di Indonesia. Seperti Anda ketahui banyak sekali para remaja yang senang dengan KPOP yang saat ini telah membanjiri dunia musik di Indonesia.

Awal mula dikenalnya KPOP di Indonesia adalah saat munculnya drama Korea yang tayang di stasiun televisi Indonesia. Lewat hal inilah masyarakat mengenal artis hingga musik Korea. Di setiap drama dilengkapi sountrack yang membuat masyarakat mulai tertarik mengenal KPOP lebih dalam. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk mencintai budaya negara sendiri.

Banyak fakta yang membuktikan bahwa pelajar dari SD hingga mahasiswa rela membuang waktunya hanya untuk melihat video klip KPOP di youtube dibandingkan belajar. Bahkan, parahnya sampai ada yang berpenampilan meniru gaya artis yang disukainya. Hal ini dapat menguras tenaga Anda, waktu dan juga uang.

Contoh Teks Opini Kesehatan

Contoh Teks Opini Kesehatan

Kesehatan memiliki nilai yang berharga, oleh karena itu harus Anda jaga dengan baik. Anda lebih baik mencegah dibandingkan harus mengobati, terutama penyakit degeneratif atau penyakit tidak menular. Informasi selengkapnya silahkan Anda baca teks opini berikut ini.

Berdasarkan informasi dari Kementrian Kesehatan dapat diketahui bahwa penyakit degeneratif atau penyakit tidak menular telah tersebar di kota-kota besar hingga ke kota kecil. Hal ini membuktikan bahwa terjadi pergeseran pola kesehatan maupun penyakit di masyarakat.

Hal ini dapat terjadi karena kemakmuran masyarakat mulai meningkat. Berbagai olahan produk makanan dan minuman mulai masuk hingga pelosok desa padahal kandungan gizinya rendah. Apalagi, kini pemasaran produk tersebut semakin gencar dipromosikan di media sosial.

Pola hidup masyarakat menjadi cenderung konsumtif dibandingkan produktif. Hal ini berlaku juga untuk pola makan dan minum. Munculnya penyakit ini tidak hanya di alami oleh Indonesia saja. Ada pun cara mengobatinya memerlukan watu dan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, sebelum penyakit degeneratif ini menyerang Anda lebih baik Anda mencegahnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan mewajibkan makanan dan minuman kemasan diberi label kandungan gizi.

Contoh Teks Opini Tentang Sekolah

Contoh Teks Opini Tentang Sekolah

Sekolah seharusnya menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi siswa. Namun, terkadang faktanya berkebalikan karena metode belajar mengajar yang diterapkan justru membuat siswa tidak senang belajar. Informasi lebih lanjut, yuk baca teks opini berikut ini.

Di berbagai sekolah masih banyak dijumpai pengajar yang dalam proses belajar mengajar menerapkan perspektif lama. Siswa dituntut untuk disiplin dan paham akan pelajaran di sekolah. Hal ini menyebabkan hal utama yang seharusnya diperoleh siswa di sekolah menjadi terabaikan. Permasalahan ini sangat penting untuk dicari solusinya.

Salah satunya adalah dengan memperbaiki metode belajar mengajar yang diterapkan di sekolah. Tujuannya adalah agar siswa merasa senang dengan sistem kegiatan belajar yang berlangsung. Dengan demikian, dapat mencegah siswa stress, tidak membolos dan tidak trauma untuk belajar.

Kondisi belajar mengajar menjadi tidak menyenangkan bagi siswa karena kejar tayang kurikulum. Biasanya, guru telah mengajarkan semua materi sesuai kurikulum tanpa memperhatikan apakah siswa telah paham atau belum.
Apabila kondisi ini berlangsung terus menerus maka belajar menjadi tidak efektif. Siswa belajar di sekolah bukan karena senang melainkan hanya untuk memenuhi kewajiban sehingga siswa mudah lupa terhadap materi yang dipelajari.

Berbeda jika siswa belajar atas dasar suka. Tentunya siswa memiliki ingatan yang kuat, bahkan akan tertarik untuk memperdalam materi yang disukainya sehingga kemampuannya menjadi berkembang. Kondisi tersebut lebih berharga dibandingkan siswa hanya dapat menyelesaikan soal ujian.

Contoh Teks Opini Krisis Garam

Contoh Teks Opini Krisis Garam

Garam merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Pasalnya hampir semua jenis makanan membutuhkan garam sebagai bumbu. Namun, kini pengolahan garam masih dilakukan secara tradisional sehingga menyebabkan krisis garam di Indonesia. Informasi lebih lanjut, yuk simak teks opini di bawah ini.

Di Indonesia, sumber daya alam diolah secara tidak optimal, dalam hal ini adalah air laut. Proses pengolahan tersebut mencakup cara memproduksi garam hingga pemasaran dan perkiraan harga jual yang mempengaruhi kehidupan petani garam.

Hingga saat ini, garam masih diproduksi secara tradisional menggunakan matahari. Dengan demikian, cuaca menjadi faktor penentu keberhasilan produksi garam. Terutama saat musim hujan tiba, sering terjadi krisis garam yang menyebabkan harga garam dapat melonjak hingga 3 kali lipat.

Kesejahteraan petani garam tidak mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Garam masih diolah secara tradisional dan harganya tidak kunjung naik. Padahal garam termasuk kebutuhan pokok namun menjadi hal yang disepelekan.

Apabila pemerintah lebih memperhatikan petani garam dengan memberikan fasilitas produksi garam secara modern. Hal ini memberi peluang untuk garam Indonesia agar dapat bersaing dengan garam di dunia sehingga meningkatkan kesejahteraan petani garam. Di luar negeri, sebutir garam harganya seribu rupiah. Padalah, rasanya sama namun bentuknya saja yang berbeda.

Krisis garam menyebabkan masyarakat nekat mengoplos garam dengan barang berbahaya seperti pecahan kaca, tawas dan lainnya agar berat bersihnya meningkat. Jka dibiarkan hal ini dapat membahayakan konsumen karena dapat menyebabkan organ pencernaan terluka. Inilah dampak dari pemerintah yang menyepelekan persoalan garam.

Di Indonesia pernah terjadi resolusi garam dengan adanya program garam beryodium. Harga garam tersebut jauh lebih mahal. Namun, masyarakat tetap berlaih menggunakannya. Padahal sebelum ada garam beryodium masyarakat hidup dengan baik menggunakan garam biasa.

Perlu dilakukan resolusi garam sekali lagi. Resolusi tersebut dilakukan pada proses produksi dan penentuan standar garam. Dengan demikian, pemerintah dan swasta perlu terlibat dalam hal ini agar garam dapat dikelola dengan baik. Selain itu, untuk mencegah beredarnya garam palsu.

Contoh Teks Opini Bencana Alam Banjir

Contoh Teks Opini Bencana Alam Banjir

Bencana alam sering terjadi di Indonesia, terutama banjir. Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus dari masyaarkat agar banjir dapat dicegah sehingga tidak menyebabkan kerugian dari berbagai aspek kehidupan. Lalu, apa saja penyebab bencana di Indonesia? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai teks opini berikut.

Di Indonesia, hampir setiap tahun mengalami banjir. Banjir dapat disebabkan oleh aliran sungai yang terhambat akibat sampah yang dibuang secara sembarangan ke sungai. Selain itu, banjir juga disebabkan oleh hutan gundul akibat perbuatan manusia yang tidak memikirkan lingkungan.

Misalnya penebangan pohon di hutan secara asal sehingga tidak ada lagi yang dapat menyerap air. Akibatnya, masyarakat dilanda banjir yang biasanya memakan korban, menimbulkan penyakit dan menyebabkan sarana prasarana rusak.

Banjir harus dicegah agar tidak menjadi rutinitas tahunan yang menyebabkan banyak kerugian. Bencana yang terjadi tidak lain buah dari ulah tangan manusia. Bahkan, kini bencana tersebut semakin parah. Hal ini dapat terjadi karena lahan di kota banyak dimanfaatkan untuk mendirikan bangunan-bangunan beton.

Pada umumnya kesadaran masyarakat hanya muncul saat terjadi bencana saja, misalnya banjir. Setelah bencana berakhir, masyarakat akan kembali melakukan rutinitasnya dan mengabaikan dampak dari bencana banjir tersebut.

Contoh Teks Opini Tentang Tarif Listrik

Contoh Teks Opini Tentang Tarif Listrik

Kenaikan tarif dasar listrik atau sering dikenal dengan istilah TDL ini tidak lagi menjadi permasalahan yang harus diperpanjang. Mengapa demikian? Yuk, simak informasi selengkapnya pada teks opini di bawah ini.

Kenaikan tarif listrik menjadi salah satu kebijakan pemerintah untuk memberikan subsidi agar diberikan kepada orang yang tepat. Secara teori, subsidi hanya ditujukan kepada masyarakat yang kurang mampu saja. Faktanya, penerima subsidi berasal dari masyarakat menengah ke atas.

Diharapkan dengan adanya pencabutan subsidi untuk pemakai listrik 900 VA dapat meminimalisir pengeluaran anggaran negara. Tarif listrik dinaikkan secara bertahap dengan tujuan mencegah terjadinya inflasi jangka pendek. Anda jangan khawatir dengan pencabutan subsidi tersebut karena kenaikan biaya tagihannya hanya sedikit.

Permasalahan kenaikan tarif dasar listrik ini tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat sehingga tidak perlu diperdebatkan. Sudah seharusnya kebijakan pemerintah ini didukung karena kebijakan tersebut dibuat dengan berbagai pertimbangan demi kebaikan bersama.

Contoh Teks Opini Tentang Teknologi

Contoh Teks Opini Tentang Teknologi

Pendidikan adalah hal penting yang dapat mendukung kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, kini pemerintah mulai menghadirkan teknologi dalam pendidikan guna mengikuti arus perkembangan zaman. Tujuannya agar tidak tertinggal dengan negara lain. Informasi selengkapnya, yuk baca teks opini berikut ini.

Pendidikan memiliki peranan penting bagi kehidupan. Tanpa pendidikan masyarakat tertinggal dari negara lain. Tak heran jika kini pemerintah menghadirkan teknologi dalam sistem pendidikan. Misalnya memberlakukan peraturan ujian nasional menggunakan komputer.

Sistem Computer Based Test memang seharusnya diterapkan dalam ujian nasional di Indonesia. Sistem tersebut dirasa lebih efektif dan efisien dibandingkan ujian tertulis. Hal ini dikarenakan dapat menghemat pengeluaran biaya yang dibutuhkan untuk menunjang berlangsungnya ujian nasional.

Banyak manfaat yang dapat dirasakan baik oleh pemerintah maupun siswa. Siswa dapat menghemat waktu karena tinggal mengklik jawaban tanpa harus menghitamkan kertas LJK. Namun, sebagian orang tidak menyetujuinya. Hal ini dikarenakan sistem tersebut justru membebani siswa yang masih gagap teknologi.

Padahal, dengan menerapkan sistem tersebut dapat memotivasi siswa untuk melek teknologi. Hal ini dikarenakan seiring berkembangnya zaman, banyak tes yang memakai komputer. Oleh karena itu, untuk mewujudkan negara yang maju maka membutuhkan sebuah perubahan agar menjadi lebih baik. Dengan demikian, Indonesia dapat bersaing dengan negara lain yang lebih maju.

Contoh Teks Opini Tentang Hukum

Contoh Teks Opini Tentang Hukum

Berikut ini akan dibahas mengenai teks opini tentang hukum dengan tema pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia). Lalu, apa saja contoh-contoh hak dasar manusia yang berhak diperoleh? Yuk, baca teks opini di bawah ini.

Kasus pelanggaran HAM di Indonesia banyak yang belum diselesaikan secara tuntas. Hal ini tentu dapat Anda jadikan sebagai pelajaran agar kasus-kasus tersebut tidak terjadi kembali. Misalnya, dulu di negeri ini sangat kejam saat HAM hanyalah sebatas nama yang tidak berfungsi.

Namun, kini dengan adanya pelanggaran-pelanggaran HAM tersebut menjadi pelajaran yang membuat pemerintah lebih tegas dalam menjaga HAM. Hal ini terbukti dengan semakin sedikitnya pelanggaran HAM yang terjadi di negeri ini.

Dasar hukum HAM tertuang di dalam UUD 1945, UU, Tap MPR, Kepres, Perda, dan masih banyak lagi lainya. Adapun jenis-jenis hak dasar manusia antara lain hak mendapatkan kesejahteraan, hak untuk hidup, hak mendapatkan rasa aman, keadilan, dan lain-lain.

Contoh teks opini di atas dapat Anda jadikan sumber referensi untuk membuat teks opini dengan topik yang berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan. Anda juga dapat memahami struktur teks opini berdasarkan contoh teks di atas.

Contoh Teks Opini (Berbagai tema)

Leave a Reply