15 Contoh Teks Reporter (berbagai acara) 1

15 Contoh Teks Reporter (berbagai acara)

Teks Reporter – Reporter merupakan orang yang menyampaikan suatu berita dimana biasanya dilakukan secara live ataupun tapping. Pembawaan seorang reporter dalam menyampaikan berita berbeda-beda tergantung dari jenis berita yang dibawakannya. Bagi Anda yang membutuhkan reverensi terkait contoh teks reporter dalam menyampaikan berita, simak beberapa contohnya di bawah ini.

1. Contoh Teks Reporter Tempat Wisata

Contoh Teks Reporter Tempat Wisata

Penyampaian berita jika Anda berada di tempat wisata, maka berita tersebut harus disampaikan dengan mimik wajah yang bahagia. Selain itu penyampaian beritanya juga santai dan berbobot mencakup informasi jam buka, HTM, hal yang menarik dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika disampaikan di lokasi yang dekat dengan objek menarik di tempat tersebut. Berikut contohnya :

“Liburan akhir tahun memang baru saja dimulai, namun objek wisata Pantai Indramayu sudah mulai dipadati pengunjung sejak pukul 10 pagi tadi. Meskipun harga tiket masuknya naik menjadi Rp15.000,00 namun hal tersebut tidak menurunkan semangat pengunjung. Di dekat pantai kini sudah ada banyak sekali gazebo untuk bersantai setelah bermain di pantai. Pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner yang tidak jauh dari pantai dengan harga yang terjangkau. Sekian laporan berita kali ini, kembali ke studio.”

2. Contoh Teks Reporter Tentang Banjir

Contoh Teks Reporter Tentang Banjir

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyampaian berita banjir adalah memilih lokasi yang aman sebelum live report ataupun tapping. Pastikan mencari data terbaru dari bencana tersebut seperti jumlah banjir, kondisi saat ini dan lain sebagainya. Penyampaian berita juga haruslah serius namun tidak terlalu kaku. Berikut contoh teksnya :

“Seperti yang telah diketahui bahwa hujan deras telah mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya semalaman. Curah hujan yang tinggi ini membuat banjir kembali melanda di beberapa titik yang rawan banjir. Salah satunya di daerah Karet Semanggi yang saat ini tinggi airnya mencapai dada orang dewasa. Saat ini belum ada laporan korban terkait bencana ini dan beberapa warga masih ada yang belum dievakuasi.

Korban yang telah dievakuasi sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa pakaian layak pakai, makanan, minuman hingga obat-obatan. Berdasarkan statistik bencana banjir yang melanda wilayah ini, banjir kali ini merupakan banjir terparah. Informasi terkait bencana banjir ini akan terus diupdate lagi, Anisa Fitriliya melaporkan untuk Kompas TV.”

3. Contoh Teks Reporter Tentang Kebakaran

Contoh Teks Reporter Tentang Kebakaran

Pada penyampaian berita kebakaran umumnya diawali dengan menyebutkan lokasi tempat, waktu hingga penyebab kebakaran tersebut. Dilanjutkan dengan melaporkan korban jiwa hingga perkiraan kerugian dari peristiwa tersebut. Jika ada kronologi kejadian juga bisa dijelaskan secara singkat. Berikut contoh teksnya :

“Telah terjadi kebakaran di Pabrik Tekstil Jayaraya pada siang tadi pukul 12.00 WIB. Api muncul dari ruang setrika dan disebabkan oleh kabel yang konslet. Meskipun dalam peristiwa ini dipastikan tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang didapatkan menjadi ratusan juta rupiah. Beruntungnya api belum menjalar ke lokasi lain, sehingga memudahkan tim pemadam kebakaran untuk memadamkannya. Sekian informasi tentang kebakaran Pabrik Tekstil Jayaraya, informasi akan diupdate lagi nanti.”

4. Contoh Teks Reporter Arus Mudik

Contoh Teks Reporter Arus Mudik

Berita tentang arus mudik seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi reporter dalam menyampaikan berita, terlebih yang turun ke lapangan langsung. Namun ada kelebihan tersendiri jika turun ke lapangan langsung karena mendapatkan data terupdate. Berikut contohnya :

“Saat ini saya sedang berada di tol Brexit dan bisa dilihat di belakang saya ini sudah mulai ramai lancar. Menurut petugas yang memantau, keramaian semakin meningkat sejak pukul 9 pagi tadi dan diperkirakan jumlah mobil yang melintas akan semakin bertambah. Bagi Anda yang melewati tol Brexit sebaiknya membawa persediaan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, selamat berakhir pekan.”

5. Contoh Teks Reporter Acara Jalan Jalan

Contoh Teks Reporter Acara Jalan Jalan

Pembawaan acara jalan-jalan sebisa mungkin dibuat santai dan sifatnya menghibur. Anda bisa mengunjungi salah satu tempat untuk jalan-jalan keluarga ataupun teman-teman. Anda sebagai reporter dapat menyampaikan pembukaan terkait tempat tersebut disertai dengan liputan singkat. Berikut contohnya :

“Bagi Anda yang berkunjung ke Lembang, wajib untuk mendatangi tempat wisata ini. Ya, Farm House Lembang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga Anda. Disini ada banyak spot menarik dan wisata edukasi untuk anak Anda. Harga tiket masuknya juga tergolong ramah di kantong, yaitu berkisar Rp25.000,00 saja.

Dengan harga yang murah tersebut Anda bisa mendapatkan kupon untuk ditukarkan dengan minuman dan snack di lokasi yang sudah ditetapkan. Ada berbagai aktivitas yang Anda lakukan disini selain berswafoto dengan anggota keluarga. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan disini? Yuk simak liputan berikut dan agendakan liburan Anda.”

6. Contoh Teks Reporter 17 Agustus

Contoh Teks Reporter 17 Agustus

Peringatan 17 Agustus menjadi momen yang beritanya bisa beragam, mulai dari live report di Istana Negara ataupun perlombaan unik yang diadakan di salah satu daerah. Pembawaan beritanya tergantung dari situasinya, jika yang dibawakan adalah perlombaan, maka harus ceria. Berikut contohnya :

“Selamat Hari Merdeka! Peringatan 17 Agustus memang sangat meriah dan biasanya di setiap wilayah ada perlombaan yang diadakan. Salah satunya desa yang sedang saya datangi ini ternyata mengadakan lomba yang cukup unik. Dapat dilihat dibelakang saya sedang berlangsung lomba yang berjudul pasangan terkompak.

Ya, lomba ini memang dikhususkan untuk mereka yang sudah menikah dan diuji kekompakannya. Mulai dari berjalan, melakukan sesuatu dan lain sebagainya. Masih ada banyak lagi rangkaian perlombaan untuk pasangan terkompak. Nina Rizky dan kameramen Adib Prasetya melaporkan.”

7. Contoh Teks Reporter Cuaca

Contoh Teks Reporter Cuaca

Dalam menyampaikan berita cuaca harus didasarkan pada fakta yang ada, salah satunya dengan mengambil data dari BMKG setempat. Penyampaian bisa berisikan tentang prediksi cuaca dan lain sebagainya. Berikut contohnya :

“BMKG telah merilis pernyataan barunya terkait prediksi cuaca ekstrim yang akan melanda sebagian besar wilayah Jawa Tengah untuk beberapa hari kedepan. Diprediksi beberapa titik di Jawa Tengah akan mengalami hujan lebat disertai dengan petir ataupun angin. Oleh karena itu, warga diminta untuk bersiaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terlebih bagi yang berada di daerah rawan longsor.”

8. Contoh Teks Reporter Kecelakaan

Contoh Teks Reporter Kecelakaan

Berita kecelakaan memang seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi seorang reporter, terlebih jika menyampaikan langsung dari TKP. Suasana hectic di lokasi memang tidak dapat dipungkiri, terlebih jika itu merupakan kecelakaan beruntun. Namun dalam penyampaian beritanya harus tegas, tenang dan menguasai situasi. Berikut contohnya :

“Telah terjadi kecelakaan di simpang tiga Banjarmasin antara mobil dengan truck pengangkut pasir. Truck tersebut menabrak beberapa mobil yang memang berada di jalurnya. Sebanyak 3 mobil dan 2 kendaraan terkena dampak dari truck yang hilang kendali tersebut. Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan truck keluar dari jalur dan masih dalam investigasi polisi.

Peristiwa ini memakan 4 korban dan 6 sisanya masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Polisi masih mengolah TKP dan mewancarai beberapa saksi mata yang ada di lokasi kejadian sambil melihat CCTV yang ada.”

9. Contoh Teks Reporter Berita Ekonomi

Contoh Teks Reporter Berita Ekonomi

Berita ekonomi memang banyak sekali ragamnya, namun salah satu yang akan dicontohkan kali ini adalah tentang kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran. Baik penyampaian berita secara live ataupun tidak biasanya berlatar belakang pasar ataupun pusat perbelanjaan. Berikut contohnya :

“10 hari menjelang lebaran Idul Fitri kebutuhan bahan pokok semakin tinggi. Contohnya disini cabai yang tadinya seharga Rp50.000,00 per kg sekarang naik menjadi Rp75.000,00 per kg. Kondisi seperti ini memang cukup meresahkan banyak orang, baik pihak pembeli ataupun penjual. Ada juga bahan pokok lain yang naik seperti ayam potong, bawang merah, bawang putih, minyak dan masih ada banyak lagi.

Kenaikan harga kali ini bisa dibilang paling tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun demikian, kegiatan jual beli di pasar ini tetap ramai dan masyarakat tetap membeli kebutuhan tersebut karena memang sangat penting. Ada kemungkinan harga tersebut akan semakin naik ketika mendekati lebaran nanti. Putri Maharani melaporkan dari Pasar Baru Palembang.”

10. Contoh Teks Reporter Tentang Film

Contoh Teks Reporter Tentang Film

Berbeda lagi dengan penyampaian berita tentang film yang cara pembawaannya beragam tergantung dari genre film tersebut. Adapun yang disampaikan beragam, mulai dari sutradara, pemain utama hingga menceritakan tentang apa. Berikut contohnya :

“Berita selanjutnya hadir dari perfilman Indonesia yang siap menemani weekend Anda. Film Keluarga Cemara yang ditulis oleh Ginatri S. Noer dengan sutradara Yandy Laurens ini menceritakan tentang sebuah keluarga inti yang tinggal di Ibu Kota Jakarta. Dalam kisahnya mereka akan menghadapi peristiwa besar tentang harga dan benda yang mereka miliki.

Film ini dibintangi oleh aktor seperti Ringgo Agus yang berperan sebagai Abah, Nirina Zubir sebagai Emak dan masih ada banyak aktor lainnya. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan jalan cerita dan ending dari film ini, yuk segera tonton di bioskop kesayangan.”

11. Contoh Teks Reporter Tentang Fashion

Contoh Teks Reporter Tentang Fashion

Berita tentang fashion biasanya akan memberitakan tentang fashion wanita, mulai dari busana muslim hingga trend fashion lainnya. Penyampaian beritanya tergantung dari acara pameran fashion yang dikunjungi. Berikut adalah contoh teks reporter untuk fashion muslim :

“Indonesia sebagai negara dengan mayoritas beragama muslim membuat trend fashion muslim semakin bervariasi. Seperti yang terlihat di belakang saya ini saat ini ada festival fashion muslim untuk yang kesekian kalinya. Pada festival kali ini ada beberapa model terbaru yang ditawarkan untuk para kaum remaja hingga dewasa.

Tidak hanya untuk kaum wanita saja, namun ada juga produk muslim untuk kaum laki-laki mulai dari baju koko, sarung dan sebagainya. Acara ini berlangsung hingga hari Minggu besok, jadi pastikan Anda mampir untuk melihat ataupun memborongnya.”

12. Contoh Teks Reporter Tentang Gunung Meletus

Contoh Teks Reporter Tentang Gunung Meletus

Dalam menyampaikan peristiwa gunung meletus, Anda sebagai reporter juga harus menjaga kondisi fisik yang ekstra. Pastikan menggunakan masker dan kebutuhan pendukung lainnya. Carilah tempat yang aman dari bencana dan laporkan berita terkini. Berikut contohnya :

“Baik pemirsa, seperti yang telah terjadi tadi pagi, tepatnya pukul 6 pagi Gunung Merapi meletus. Sebanyak kurang lebih 30 kepala keluarga menjadi korban atas bencana ini. Beberapa yang lainnya sudah dievakuasi oleh petugas setempat. Peristiwa ini telah menelan korban hingga 87 warga dan jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena tim SAR masih mengevakuasi lainnya.

Di belakang saya ini adalah salah satu tenda pengungsian bagi warga yang terkena dampak meletusnya Gunung Merapi. Berbagai kebutuhan pangan dan sandang sudah mulai berdatangan dan masih terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah pengungsi lain. Untuk sementara, hanya itu yang dapat saya sampaikan, kembali ke studio.”

13. Contoh Teks Reporter Tentang Gempa Bumi

Contoh Teks Reporter Tentang Gempa Bumi

Berita tentang gempa bumi biasanya disampaikan sesegera mungkin, terlebih jika ada peringatan tsunami dini dari BMKG. Bisa juga penyampaian berita setelah kejadian gempa bumi tersebut, mulai dari dampak gempa, korban jiwa dan lain sebagainya. Berikut contohnya :

“Beberapa menit yang lalu telah terjadi gempa dengan kekuatan 6,5 SR yang melanda daerah Pangandaran. Gempa juga dirasakan di sejumlah wilayah lain seperti Garut, Tasikmalaya hingga Pangalengan. Warga langsung menyelamatkan diri dan mencari tempat yang aman agar tidak kerobohan bangunan.

Belum ada informasi tentang korban jiwa terkait peristiwa ini karena Tim SAR masih bekerja mengevakuasi masyarakat. Akan tetapi kerugian yang dialami oleh warga mencapai ratusan juta rupiah. Saat ini bantuan dari pemerintah daerah telah digerakkan dan untuk sementara waktu warga yang terkena dampak gempa tinggal di tenda pengungsian.”

14. Contoh Teks Reporter Kemacetan

Contoh Teks Reporter Kemacetan

Berita kemacetan biasanya terjadi jika terjadi demo di suatu tempat atau bahkan terkadang terjadi ketika liburan, menjelang lebaran ataupun tahun baru. Umumnya seorang reporter akan mencari titik kemacetan tertentu dan menyampaikannya secara langsung. Berikut contohnya :

“Baik, saat ini saya sedang berada di daerah Margonda, Depok dan dapat Anda lihat bahwa di belakang saya ini kemacetan sudah mulai terlihat. Berdasarkan informasi dari petugas, kemacetan sudah dimulai sejak pukul 9 pagi tadi dan saat ini masih macet. Ini karena hari ini merupakan weekend dan menyambut libur panjang akhir tahun.

Panjang kemacetan ini sudah mencapai 5 KM. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari salah satu pengemudi mengatakan bahwa ia sudah 1 jam tidak bisa beranjak keluar untuk menuju lokasi tujuan. Dari pihak kepolisian sendiri sudah turun tangan untuk membantu arus lalu lintas agar lebih lancar. Sekian laporan kemacetan ini saya laporkan, kembali ke studio.”

15. Contoh Teks Reporter Kuliner

Contoh Teks Reporter Kuliner

Biasanya reporter yang menyampaikan berita kuliner akan berpakaian bebas sambil menikmati jajanan yang ada di lokasi. Isi yang disampaikan berupa lokasi, jam buka, HTM, apa saja yang dijual disana dan informasi penting penunjang lainnya. Berikut contohnya :

“Bagi Anda masyarakat Jogja dan sekitarnya tidak perlu bingung weekend ini mau kemana. Kenapa? Karena weekend ini ada Festival Kuliner Terbesar di Yogyakarta untuk pertama kalinya. Ada sekitar ratusan stand makanan dan minuman yang siap memanjakan lidah Anda. Harga tiket masuknya juga tergolong murah, Anda cukup mengeluarkan biaya Rp10.000,00 saja untuk bisa masuk ke festival kuliner ini.

Aneka jajanan jadul ataupun modern ada semuanya disini, begitu juga dengan minumannya. Nah, soal harga dari masing-masing kuliner disini tergolong sesuai dengan tarif standar dan ada juga yang murah pemirsa. Festival kuliner ini diadakan di area Stadion Mandala Krida, Yogyakarta dan dibuka pada pukul 10 pagi hingga 10 malam.”

Masih ada banyak lagi contoh teks reporter dengan isi penyampaian yang berbeda-beda tergantung dari jenis berita yang ingin disampaikan. Satu hal yang terpenting adalah intonasi dalam membawakan berita, karena jika intonasinya tidak sesuai, maka orang-orang yang mendengarkan ataupun melihat tidak dapat menangkap sepenuhnya.

Contoh Teks Reporter (berbagai acara)

Leave a Reply