13+ Aplikasi Pemutar Film Terbaik untuk PC yang Wajib Digunakan

13+ Aplikasi Pemutar Film Terbaik untuk PC yang Wajib Digunakan

Aplikasi Pemutar Film – Menonton film di PC hampir menjadi rutinitas bagi sebagian orang untuk melepaskan penat setelah seharian beraktivitas. Akibatnya, banyak orang yang mencari aplikasi pemutar film terbaik yang bisa digunakan untuk menonton film di PC.

Saat ini telah banyak aplikasi pemutar film yang bisa diunduh secara bebas di internet. Berikut ini daftar aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk memutar film di PC, guna menemani waktu Anda setelah seharian bekerja:

Rekomendasi Aplikasi Pemutar Film untuk PC

1. VLC Media Player

VLC Media Player

Rekomendasi aplikasi pertama adalah aplikasi VLC Media Player. Aplikasi VLC Media Player termasuk salah satu pemutar film populer di PC yang dikembangkan oleh VideoLAN. Kelebihan aplikasi ini adalah dapat memutar berbagai jenis format film hingga RMVB.

Tampilan sederhana memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi Anda untuk menggunakan aplikasi VLC Media Player. Selain itu, ragam kustomisasi untuk video, sehingga memberikan pengalaman memutar film yang lebih baik.

Tidak hanya format film yang dapat diputar, VLC Media Player juga dapat memutar format audio seperti MP3, WMA, FLAC, hingga ekstensi Real Audio. Aplikasi VLC Media mendukung untuk digunakan pada sistem operasi Windows, yakni sistem operasi Windows XP hingga Windows 10.

Anda tinggal mengunduh aplikasi VLC Media Player pada situs-situs yang menyediakan di internet. Hal yang terbaik dari aplikasi VLC Media Player adalah tidak ada iklan yang muncul selama memutar film dari aplikasi.

2. 5K Player

5K Player

Daftar selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk memutar film adalah aplikasi 5K Player. Meskipun namanya 5K Player, aplikasi ini bukanlah aplikasi pemutar video berjenis 5K karena saat ini kualitas film adalah 4K dan 8K.

Aplikasi 5K Player dapat memutar berbagai jenis film dengan format apa saja termasuk format FLV, MKV, WebM, hingga format VP8/9. Aplikasi 5K Player memiliki tampilan penggunaan yang sederhana dan mudah.

Memungkinkan pengguna untuk secara langsung menggunakan tanpa kebingungan dengan fitur yang diberikan. Kelebihan lain dari aplikasi 5K Player adalah aplikasi ini dapat mengunduh berbagai video Youtube dan mengubahnya menjadi audio.

Jika Anda pengguna perangkat Apple dan ingin menyambungkan PC atau layar dengan perangkat Apple yang Anda miliki, aplikasi 5K Player dapat membantu Anda dengan fitur AirPlay.

3. Media Player Classic Home Cinema

Media Player Classic Home Cinema

Salah satu aplikasi pemutar film populer yang sering digunakan oleh berbagai sistem operasi di PC adalah Media Player Classic Home Cinema. Hingga saat ini, Media Player Classic Home Cinema atau MPC-HC menjadi aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows.

MPC-HC sama seperti aplikasi pemutar video lainnya, aplikasi ini dapat memutar berbagai format film dan audio, mulai dari MP4, FLV, MKV, AAC, WAV, dan format lain. Tampilan aplikasi MPC-HC mudah dan nyaman.

Meskipun tampilan dari aplikasi MPC-HC tergolong sederhana, namun aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik, seperti decoder untuk audio dan video, kontrol GPU PC, memutar DVD, atau CD pada PC/Laptop dalam sistem operasi Windows 10.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah dapat dipasang dan digunakan pada berbagai jenis sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP hingga Windows 10. Untuk menggunakan aplikasi ini dapat mengunduh melalui situs yang ada di internet.

4. KM Player

KM Player

Aplikasi nonton film di laptop yang direkomendasikan selanjutnya adalah KM Player. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang menarik khusus bagi pecinta film untuk melakukan editing terhadap film tersebut.

Beberapa fitur yang ditawarkan adalah rendering video atau film, processing, bahkan melakukan decoding terhadap video yang ditonton. KM Player dapat memutar banyak film dengan berbagai format yang berbeda seperti MPEG4 hingga mendukung 4K dan UHD.

Aplikasi pemutar film satu ini memiliki fitur quick menu tool. Quick menu tool dapat digunakan untuk mengatur rotasi layar hingga mengatur subtitle yang digunakan termasuk tata letak dan ukuran subtitle.

Jika Anda ingin mencari aplikasi yang mendukung fitur VR, maka wajib untuk menggunakan KM Player. Aplikasi ini mendukung teknologi VR mode, sehingga pengalaman menonton film Anda menjadi lebih baik dan menyenangkan.

5. POT Player

POT Player

Aplikasi pemutar video PC selanjutnya yang bisa dicoba adalah POT Player. POT Player cukup berbeda dengan aplikasi lainnya dikarenakan memiliki fitur menarik seperti video output 360 derajat, 3D mode, pixel shader, hingga kualitas video Blu-Ray.

Kelebihan lainnya adalah integrasi antara aplikasi POT Player dengan Viki. Integrasi ini membuat POT Player sebagai pemutar video online. Dikarenakan Anda dapat melihat berbagai film TV series Asia yang diberikan oleh Viki.

Jika Anda pecinta drama Korea, maka aplikasi ini wajib digunakan. Terdapat beberapa kontrol umum yang diberikan seperti playback dan subtitle control yang dapat memudahkan Anda untuk menggunakannya.

Tampilan minimalis dari aplikasi POT Player tidak membuat Anda bosan untuk terus menggunakannya. Aplikasi ini tersedia di beberapa situs online secara gratis dan bisa digunakan selamanya.

6. DivX Player

DivX Player

Jika Anda berencana untuk download pemutar video sebagai aplikasi pemutar film di laptop atau PC, maka wajib untuk mengunduh DivX Player. Aplikasi ini mendukung berbagai format video, seperti MP4, AVI, DivX, hingga dapat memutar video dengan kualitas UHD dan 4K.

Beberapa fitur menarik yang diberikan oleh aplikasi DivX Player adalah TrickPlay dan Chapter Points. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk menonton berbagai scene berbeda di dalam satu video dengan mudah.

Aplikasi DivX Player juga mendukung format audio hingga dapat melihat galeri foto dalam bentuk slide. Aplikasi ini tersedia secara gratis di situs-situs tertentu dan dapat diunduh dengan kapasitas yang tidak terlalu besar.

7. Kodi.TV

Kodi TV

Aplikasi pemutar film selanjutnya yang bisa dicoba adalah Kodi.TV. Aplikasi ini sebelumnya bernama XBMC yang tergolong sebagai aplikasi pemutar video gratis dan open-source. Aplikasi ini dapat disesuaikan dengan keadaan laptop yang dimiliki.

Pengalaman yang diberikan seperti menggunakan media center pada Windows 10. Kodi.TV memberikan layanan Media Center bagi laptop yang tidak memiliki layanan tersebut. Aplikasi ini memiliki tampilan eksternal yang lebih besar karena adanya 10-foot user interface-nya.

Kodi.TV melayani semua jenis format video dan audio dalam bentuk offline dan online. Kodi.TV dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Xbox Media Center, namun plugin yang diciptakan dapat digunakan untuk berbagai fungsi lainnya seperti memutar film.

8. ACG Player

ACG Player

Berencana untuk mencari aplikasi pemutar video UWG untuk sistem operasi Windows 10, maka Anda bisa menggunakan aplikasi ACG Player yang memiliki terlihat bersih. Aplikasi ini tergolong ringan dan mudah digunakan.

Beberapa fitur penting yang ditawarkan oleh ACG Player adalah efek audio dan video, visualizer musik, subtitle font seni, kontrol gerakan, musik latar, dan banyak fitur tambahan lainnya.

Kelebihan ACG Player adalah mendukung adanya codec media out-of-the-box dan mendukung pemutaran film atau video yang berasal dari perangkat eksternal, file, dan disk. Selain itu, ACG Player juga dapat digunakan dalam bentuk Ax-Lite.

Ax-Lite adalah aplikasi ACG Player dalam bentuk mini, sehingga beberapa fitur unggulan di versi ACG Player tidak ada. Namun, Ax-Lite cocok untuk pengguna yang memiliki keterbatasan ruang sehingga tidak memberatkan.

9. Media Monkey

Media Monkey

Aplikasi kesembilan yang direkomendasikan adalah aplikasi Media Monkey. Aplikasi Media Monkey adalah aplikasi pemutar video yang digunakan oleh sistem Windows 7 ke atas. Aplikasi ini tergolong freemium dengan menawarkan plugin menarik.

Anda dapat membeli plugin-plugin yang diberikan untuk mengembangkan fitur dan fungsionalitas dari aplikasi in. Anda dapat mengubah tampilan, sinkronisasi musik, hingga memutar video secara otomatis.

10. SM Player

SM Player

Jika Anda mencari aplikasi pemutar video streaming Indonesia gratis, maka pilihan terbaik adalah SM Player. Aplikasi SM Player memberikan fitur menarik yaitu menonton streaming melalui URL yang digunakan.

Anda cukup menyalin URL dari video yang ingin Anda tonton lalu menulisnya di kolom URL yang telah disediakan. SM Player akan memutar video yang berada pada URL tersebut. Selain itu, Aplikasi ini mendukung berbagai jenis format video dan film.

Aplikasi SM Player mendukung pemutaran film hingga berkualitas Blu-Ray DVD. Anda dapat menonton semua DVD melalui aplikasi ini tanpa mengurangi kualitas dari video. Jika tertarik dengan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya melalui situs-situs gratis di internet.

11. Plex

Plex

Jika Anda memiliki koleksi video yang banyak dan ingin menggabungkan semua koleksi tersebut, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan Plex. Aplikasi ini berfungsi untuk menyusun semua video yang dimiliki menjadi lebih rapi dan mudah digunakan.

Selain itu, semua video yang telah tersusun dengan rapi dapat dibagikan kepada anggota keluarga, sehingga semua orang dapat melihat koleksi video yang Anda miliki. Plex highlight juga mendukung layanan streaming gratis dengan iklan.

Beberapa layanan gratis yang dihadirkan oleh Plex adalah Warner Bros, Lionsgate, MGM, dan masih banyak lainnya. Aplikasi Plex mendukung berbagai jenis format video dengan kualitas yang tinggi termasuk audio.

Dengan adanya fitur Chromecast, Plex dapat menyambungkan video yang Anda tonton terhubung dengan layar TV yang dimiliki. Aplikasi Plex juga dapat digunakan di tablet atau ponsel, sehingga pemutar medianya dapat diatur.

12. Parma Video Player

Parma Video Player

Aplikasi ini bisa digunakan untuk menonton semua video dengan berbagai format. Parma Video Player adalah rekomendasi aplikasi media yang memiliki beberapa fitur menarik, seperti controller dan encoding tool.

Anda juga dapat melihat streaming Youtube dengan cara menyalin URL pada video tersebut dan meletakkannya di aplikasi Parma Video Player. Kelebihan aplikasi Parma Video Player adalah mendukung semua jenis sistem operasi, seperti Windows dan MacOS.

Aplikasi dapat digunakan secara gratis dan tersedia di banyak situs. Anda juga tidak perlu khawatir karena aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga tidak membuat laptop atau PC menjadi lambat.

13. Film & TV

Film & TV

Aplikasi terakhir yang harus dicoba adalah Film & TV. Aplikasi ini tersedia di sistem operasi Windows 10 dan memiliki tampilan yang elegan dan minimalis, sehingga memudahkan pengguna untuk mengelola banyak video di PC.

Keunggulan dari aplikasi Film & TV adalah dapat menjadi media center bagi Xbox, sehingga semua media dalam Xbox dapat diputar menggunakan aplikasi ini. Selain itu, sinkronisasi media pada seluler juga diberikan pada aplikasi Film & TV ini.

Semua aplikasi di atas bisa Anda gunakan untuk mendukung kegiatan nonton film menggunakan PC. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kapasitas PC Anda, agar kegiatan nonton film semakin menyenangkan. Jadi, mau download aplikasi yang mana nih?

13+ Aplikasi Pemutar Film Terbaik untuk PC yang Wajib Digunakan

Advertisements

Leave a Reply