Site icon Sekolahnesia

11+ Cara Isi Token Listrik Terbaru Dan terupdet

Cara Isi Token Listrik  – PLN semakin banyak memberikan terobosan untuk pelanggannya agar mudah mendapat pasokan listrik. Seperti yang telah diketahui, ada dua jenis layanan listrik di tanah air, yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Bagi Anda pengguna listrik prabayar, tentu harus tahu cara isi token listrik.

Bagi yang baru memasang listrik prabayar dengan sistem token, mungkin akan sedikit kebingungan ketika harus melakukan isi ulang pulsa listrik. Hal ini berbeda dengan listrik pascabayar yang pembayarannya dilakukan melalui tagihan PLN per bulan.

11 Cara Isi Token Listrik yang Mudah Dilakukan

Cara pengisian token listrik penting diketahui bagi Anda yang menggunakan listrik prabayar. Masyarakat yang sudah semakin terbuka dengan dunia digital pun semakin dipermudah. Lalu, apa saja cara isi token listrik yang bisa dilakukan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Menggunakan Aplikasi Dana

Dana menjadi salah satu aplikasi uang elektronik yang populer digunakan di tanah air. Aplikasi ini sudah banyak terintegrasi dengan layanan lain untuk mempermudah pembayaran. Bagi Anda yang sering belanja online, mungkin sudah tidak asing dengan metode pembayaran dengan Dana.

Untuk bisa melakukan pembelian token listrik via Dana, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Setelah mendownload aplikasi ini di Google PlayStore, lakukanlah registrasi dengan menggunakan nomor telepon aktif yang digunakan.

Setelah itu, pihak Dana akan memberikan kode verifikasi agar akun bisa segera digunakan. Terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan dengan aplikasi Dana. Salah satunya adalah pembelian token listrik,  berikut langkah-langkah mudahnya:

2. Menggunakan Aplikasi Shopee

Bagi Anda yang senang belanja online di Shopee, ternyata marketplace ini menyediakan fitur pembelian pulsa, lho. Mungkin Anda sudah sering menggunakan aplikasi ini dan menambahkan banyak barang incaran di fitur ‘Keranjang Shopee’.

Aplikasi jual-beli online populer di tanah air ini memudahkan pengguna listrik prabayar untuk melakukan pembelian token. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa diikuti untuk membeli token PLN di Shopee:

3. Menggunakan Aplikasi TCASH Telkomsel

Bagi pengguna setia provider Telkomsel, mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi TCASH Wallet. Aplikasi ini memudahkan penggunanya melakukan berbagai transaksi. Salah satunya adalah pembelian token PLN yang mudah dilakukan.

Cara beli token listrik via TCASH pada dasarnya hampir sama ketika Anda melakukan pengisian token secara online. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah isi token listrik menggunakan TCASH Telkomsel di bawah ini:

Biaya admin yang dibebankan TCASH Telkomsel untuk satu kali transaksi pembelian token PLN adalah sebesar Rp2.500,-. Nominal tersebut tidak jauh berbeda ketika Anda membeli token listrik via internet banking maupun ATM.

4. Menggunakan Aplikasi Lazada

Lazada juga menyediakan layanan pembelian token listrik prabayar yang mudah dilakukan. Bagi Anda yang sering berbelanja online dengan aplikasi ini, mungkin sudah tidak asing dengan fitur pembelian pulsa listrik.

Marketplace yang terkenal dengan fitur COD-nya ini bisa Anda gunakan untuk melakukan isi ulang token PLN. Caranya pun tidak sulit dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun, yaitu sebagai berikut:

Pembelian token di Lazada menjadi salah satu yang banyak dipilih karena kemudahannya. Tak heran jika marketplace ini memang menyediakan layanan yang cukup memuaskan dalam pembelian pulsa listrik.

5. Menggunakan Aplikasi BebasBayar

BebasBayar merupakan salah satu aplikasi pembayaran online yang cukup banyak digunakan di tanah air. Anda bisa melakukan berbagai jenis pembayaran secara mudah dan cepat. Salah satunya adalah ketika hendak membeli token listrik dengan cepat. Berikut langkah-langkah mudahnya:

6. Menggunakan SMS Banking BRI

Fitur SMS Banking memang banyak memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan berbagai jenis transaksi, baik transaksi finansial maupun non-finansial. Bagi Anda nasabah BRI yang mengaktifkan fitur SMS Banking, terdapat berbagai kemudahan yang bisa dimanfaatkan.

Salah satunya adalah pembelian token PLN yang mudah dilakukan. Seperti yang telah diketahui, transaksi SMS Banking akan memotong saldo pulsa Anda setiap kali melakukan transaksi. Simak langkah-langkah mudah membeli token listrik melalui SMS Banking BRI berikut ini:

7. Menggunakan ATM BRI

Cara isi token listrik berikutnya adalah menggunakan ATM BRI. Seperti yang telah diketahui, fungsi ATM tidak hanya untuk penarikan tunai saja. Fitur yang disediakan mesin ini ternyata cukup beragam jika Anda dapat mengeksplorasi menu yang disediakan.

Salah satunya adalah fitur pembelian token listrik yang semakin mempermudah pengguna listrik prabayar. ATM BRI menjadi salah satu yang paling banyak ditemui di sekitar kita. Jika Anda ingin membeli token listrik dan kebetulan posisi ATM BRI tidak terlalu jauh, opsi ini bisa jadi pilihan.

Berikut langkah-langkah mudah yang bisa diikuti untuk mengisi token listrik via ATM BRI:

Perlu diperhatikan, kode token listrik yang akan dimasukkan pada meteran listrik terdapat pada struk transaksi yang diperoleh dari ATM. Oleh karena itu, simpanlah struk tersebut dan jangan dibuang sampai kode token listrik sudah Anda masukkan.

8. Menggunakan Aplikasi Mobile Banking BRI

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi mobile banking BRI, pembelian token listrik semakin mudah dilakukan. Seperti yang telah diketahui, mobile banking menjadi salah satu fitur yang banyak digunakan nasabah suatu bank untuk transaksi finansial dan non-finansial.

Cara isi token listrik dengan mobile banking BRI dijelaskan melalui langkah-langkah berikut ini:

9. Menggunakan SMS Banking Mandiri

Cara pengisian token listrik ini bisa digunakan bagi Anda yang merupakan nasabah Bank Mandiri yang telah mengaktifkan SMS Banking. Adapun langkah-langkah pengisian token listrik yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

Apabila saldo rekening mencukupi dan input pin benar, transaksi pembelian token listrik pun berhasil. Hal ini ditandai dengan ditampilkannya 20 digit kode token/stroom yang bisa Anda masukkan segera pada meteran listrik.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan SMS notifikasi berupa detail pembelian. Di antaranya adalah nama pelanggan PLN, ID pelanggan, nominal pembelian token, biaya admin, dan kode token yang siap di-input.

10. via Minimarket

Jika Anda sering berbelanja di minimarket seperti Alfamart atau Indomaret, tidak ada salahnya untuk membeli token listrik disini ketika diperlukan. Mungkin sudah menjadi rahasia umum jika kedua minimarket tersebut memang cukup mudah ditemui di sekitar.

Kemudahan inilah yang membuat Alfamart dan Indomaret akhirnya menyediakan layanan pembelian token listrik. Berikut cara isi token listrik di minimarket yang mudah dilakukan:

11. Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu marketplace yang juga menyediakan layanan pembelian pulsa listrik. Caranya pun tak kalah mudah dengan yang telah disebutkan di atas, yaitu sebagai berikut:

Beberapa cara isi token listrik di atas pada dasarnya memang mudah dilakukan. Bahkan untuk pemula yang baru memasang meteran listrik prabayar di rumah. Pastikan Anda menggunakan cara termudah dan sesuai dengan kebutuhan, ya!

11+ Cara Isi Token Listrik Terbaru Dan terupdet

Exit mobile version