Kumpulan Contoh Memo

37+ Kumpulan Contoh Memo Yang Baik Dan Benar Terbaru (2020)

Contoh Memo – Memo bisa disebut sebagai surat singkat dan padat yang ditujukan kepada orang lain. Dalam memo tersebut berisi pesan yang ditulis dengan tujuan tertentu. Bila dilihat dari jenisnya, memo terbagi menjadi dua yaitu resmi dan tidak resmi. Setiap jenis memo memiliki perbedaan yang sangat jelas. Untuk mengetahui perbedaan lebih dalam, dapat melihat kumpulan contoh memo.

Kumpulan Contoh Memo Resmi

Kumpulan Contoh Memo Resmi

Memo resmi dibuat untuk menyampaikan pemberitahuan tentang sesuatu hal yang tergolong penting dan resmi. Biasanya memo resmi dibuat oleh pimpinan kepada karyawannya di sebuah instansi tertentu. Mulai dari dinas, lembaga tinggi, perusahaan, dan sekolah. Perlu diingat bahwa untuk penulisan memo resmi, harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

1. Contoh Pertama

Sekolah Menengah Pertama Negeri 1

Jl. Sunan Bonang No. 01 Malang

MEMO

 

Kepada : Wali Kelas VI                                                                                                                       Malang, 1 Juni 2019

Dari      : Kepala Sekolah

Kepada semua Wali Kelas VI dimohon untuk segera mengumpulkan nilai akhir semester ganjil, karena waktu pembagian rapot sudah semakin dekat. Pengumpulan nilai akhir dilakukan di ruang laboratorium TIK. Terima kasih.

Kepala Sekolah

Wisnu Utama Putra

2. Contoh Kedua

SMA Jatiwaluyo Negeri 10

Jl. Kandang Utama Raya No. 121 Surabaya

MEMO

 

Kepada : Panitia Rekreasi

Dari      : Kepala Sekolah SMA Jatiwaluyo Negeri 10 Surabaya

Kepada seluruh Bapak/Ibu Panitia Rekreasi dimohon untuk mengumpulkan daftar nama siswa kelas XII yang tidak mengikuti rekreasi. Tempat pengumpulan dilakukan di ruang Tata Usaha SMA Jatiwaluyo Negeri 10. Terima kasih atas perhatiannya.

Surabaya, 10 Juli 2019

Kepala Sekolah

Rahayu Indah Sari

3. Contoh Ketiga

SD Negeri Sukamakmur 99

Jl. Raya Kuncara No. 10 Pasuruan

MEMO

 

Kepada : Seluruh Siswa/Siswi SD Negeri Sukamakmur 99

Dari      : Panitia Zakat Fitrah

Kepada seluruh Siswa/Siswi SD Negeri Sukamakmur 99 dimohon untuk segera mengumpulkan zakat fitrah di Ruang Bimbingan Konseling. Terima kasih.

Pasuruan, 2 April 2019

Kepala Sekolah

Gusti Iriawan Dewa

4. Contoh Keempat

SMA Budi Utomo 2

Jl. Bunga Kenanga A/II Jember

MEMO

 

Kepada : Panitia Study Lapangan

Dari      : Kepala Sekolah

Mohon segera kumpulkan hasil pilihan terbanyak tentang tujuan studi lapangan yang akan digelar pada 2 Desember 2019. Hasil tersebut dikumpulkan di ruangan kepala sekolah paling lambat besok pagi. Atas perhatiannya, terima kasih.

Jember, 10 November 2019

Kepala Sekolah

Tri Rokayah Anindiya

5. Contoh Kelima

SD Negeri 3

Jl. Gondang Legi IIB Banyuwangi

MEMO

 

Kepada : Wali Kelas VI, VII, VIII

Dari      : Kepala Sekolah

Mohon untuk mempersiapkan berbagai hasil penilaian kebersihan kelas yang sudah dilakukan tadi pagi, karena akan segera diumumkan nama pemenangnya. Tempat pengumpulan hasil penilaian kebersihan kelas di ruang pertemuan kantor. Terima kasih.

Banyuwangi, 11 Januari 2019

Kepala Sekolah

Arum Wijianto Kurniawan

Contoh Memo Tidak Resmi

Contoh Memo Tidak Resmi

Memo tidak resmi seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak ada hubungannya dengan lembaga apapun. Biasanya memo ini dibuat untuk teman, anggota keluarga, hingga saudara kandung. Itulah mengapa penyebutannya kadang berubah menjadi memo pribadi. Untuk penulisan memo tidak resmi, menggunakan bahasa sehari-hari atau santai.

1. Contoh Pertama

Dari      : Widuri

Kepada : Anisa

Bila kamu besok kamu pergi ke pasar, jangan lupa beli bumbu dapur di toko Mamania. Semua bumbu dapur yang diperlukan, sudah tersedia di sana semuanya. Uangnya ada di atas meja makan. Kalau masih ada kembalian, tolong belikan ikan segar untuk kucing. Nanti uangnya aku ganti kalau ada kekurangan. Minta tolong banget ya Anisa. Makasih.

Semarang, 11 Agustus 2019

Kakakmu

Widuri

2. Contoh Kedua

Dari      : Wening

Kepada : Lila

Maaf Lila, handphone aku kemarin sedang diservis. Jadi tidak bisa membalas pesanmu yang sangat darurat itu. Bahkan sampai sekarang handphone aku masih belum selesai diservis. Kalau kamu butuh bantuanku, datang langsung saja ke rumah. Namun bila di rumah tidak ada orang, kamu bisa menghubungi handphone ibu untuk menanyakan keberadaanku. Ini nomor ibuku 098337234234. Maaf ya Lila.

Jakarta, 20 Mei 2019

Sahabatmu

Wening

3. Contoh Ketiga

Dari      : Wisnu

Kepada : Adik Rika

Adik Rika, nanti malam kakak pulangnya larut malam karena harus lembur di kantor. Kamu tidak perlu menunggu kakak, langsung tidur saja kalau sudah mengantuk. Jangan lupa kunci pagar dan pintunya, karena kakak sudah bawa kunci sendiri. Kakak sudah beli bahan makanan di kulkas. Kalau adek lapar, bisa langsung masak saja. Tidak perlu masak buat kakak, karena kakak sudah makan di kantor. Maaf ya dik.

Pasuruan, 1 Juli 2019

Kakakmu

Wisnu

4. Contoh Keempat

Dari      : Ibu Novi

Kepada : Vina

Vina mohon maaf ibu harus pergi ke kantor pagi-pagi, karena ada meeting dengan bos hari ini. Ibu sudah masak nasi sama sayur sop di meja makan. Kamu bisa makan bersama adik-adik. Kalau lauknya kurang, kamu bisa goreng lagi di kulkas. Ibu minta tolong untuk bersihkan taman rumah, karena rumput sudah mulai tinggi. Mohon bantuannya ya Vina. Makasih nak.

Bogor, 18 April 2019

Ibumu

Vina

5. Contoh Kelima

Dari      : Andra

Kepada : Wiliam

Wiliam jangan lupa nanti datang ke acara ulang tahunku. Kamu bisa mengajak pasanganmu, Vina untuk datang ke ulang tahunku. Acaranya jam 18.00 WIB. Jangan sampai telat, karena kamu tidak akan kebagian potongan kue tart dari aku. Makasih.

Ciamis, 23 Mei 2019

Sahabatmu

Andra

Contoh Memo Sekolah

Contoh Memo Sekolah

Memo sekolah harus ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini karena memo tersebut termasuk dalam memo resmi. Biasanya memo sekolah dituliskan untuk bawahan dari atasan, untuk menyampaikan pesan yang tergolong penting. Untuk mengetahui lebih dalam, bisa melihat kumpulan contoh memo yang ada di internet.

1. Contoh Pertama

SMA Kandang Jati 10

Raya Kandang Jati Utara No. 1 Surabaya

MEMO

 

Kepada : Semua Wali Kelas

Dari      : Kepala Sekolah SMA Kandang Jati 10 Surabaya

Kepada seluruh Bapak/Ibu Wali Kelas dimohon untuk mengarahkan siswanya menuju ke Aula Budi Utomo, karena akan ada pengajian rutin setiap Hari Kamis. Pengajian rutin nanti akan berlangsung pada pukul 09.00. Sehingga proses belajar mengajar bisa dilanjutkan setelah selesai pengajian rutin. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Surabaya, 1 September 2019

Kepala Sekolah

Jupiter Dwi Sasangko

2. Contoh Kedua

SMK Negeri 2

Jl. Utara Cipinang Raya No. 1 Bogor

MEMO

 

Kepada : Staff Tata Usaha

Dari      : Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bogor

Kepada seluruh Bapak/Ibu staf Tata Usaha mohon mengumpulkan daftar nama siswa SMK Negeri 2 yang tidak mampu. Saya tunggu datanya sampai pukul 12.00 WIB di meja saya. Bila daftar nama siswa yang tidak mampu masih belum terkumpul, bisa mengumpulkan besok siang saja. Terima kasih atas bantuannya.

Bogor, 10 Desember 2019

Kepala Sekolah

Rika Wulandari Sukma

3. Contoh Ketiga

SMA Widyakarya 33

Jl. Belokan Utara No. 09 Semarang

MEMO

 

Kepada : Wali Kelas XII

Dari      : Kepala Sekolah SMA Widyakarya 33 Semarang

Mohon bantuannya kepada seluruh Bapak/Ibu Wali Kelas XII untuk memberitahukan kepada siswanya bahwa besok akan diadakan doa bersama menjelang ujian nasional. Untuk pakaiannya menggunakan busana muslim dan bersepatu. Dilarang menggunakan celana jeans dan sandal jepit. Terima kasih atas perhatiannya.

Semarang, 14 Juli 2019

Kepala Sekolah

Rudi Wicaksana Winanda

4. Contoh Keempat

SMA Kidul Tugu Raya 23

Jl. Bunga Kenanga No. 1 Malang

MEMO

 

Kepada : Wali Kelas X

Dari      : Kepala Sekolah SMA Kidul Tugu Raya 23 Malang

Mohon kepada seluruh Bapak/Ibu Wali Kelas X untuk memberitahukan kepada siswanya bahwa besok melaksanakan Sholat Jum’at di Masjid Agung Malang. Untuk kegiatan pembelajaran kelas X ditiadakan. Terima kasih.

Malang, 30 Januari 2019

Kepala Sekolah

Satria Kurniawan

5. Contoh Kelima

SMK Negeri 22

Jl. A.A Maramis No. 33 Batu

MEMO

Kepada : Semua Wali Kelas

Dari      : Kepala Sekolah SMK Negeri 22 Batu

Mohon untuk semua Siswa/Siswi SMK Negeri 22 diarahkan menuju Gedung Serba Guna karena ada Pentas Seni. Untuk kegiatan pembelajaran hari ini ditiadakan dahulu. Besok bisa dilanjutkan proses belajar mengajar di kelas kembali. Jam sekolah berakhir lebih awal yaitu pukul 13.00 WIB. Terima kasih.

Batu, 22 Mei 2019

Kepala Sekolah

 

Sumiati Dwi Putri

Contoh Memo Perusahaan

Contoh Memo Perusahaan

Kumpulan contoh memo perusahaan dapat Anda pelajari sebelum mulai membuatnya. Namun bila dilihat dari segi penulisannya, tidak ada perbedaannya dengan memo resmi. Hanya saja memo perusahaan ditulis oleh pimpinan perusahaan kepada karyawannya.

1. Contoh Pertama

Jack Express

Jl. Raya Pajarakan Selatan No. 30 Malang

Telp 092122348002

MEMO

Dari      : Kepala Cabang Daerah

Kepada : Semua Karyawan PT. Jack Express

Dihimbau kepada seluruh karyawan PT. Jack Express untuk mematuhi protokol kesehatan ketika sedang berada di dalam kantor. Tujuannya untuk memutus mata rantai virus covid 19 yang terus meningkat di Indonesia. Jangan sampai ada yang lupa tidak membawa masker. Terima kasih atas perhatiannya.

Malang, 10 Maret 2019

Kepala Cabang Daerah

Lutfi Wira Putra

2. Contoh Kedua

Air Minum Sehat

Jl. Raya Bunga Sepatu No. 1 Surabaya

Telp 0809733774

MEMO

 

Dari      : Manager Pusat

Untuk    : Pengawas Gudang

Hal       : Laporan Pemasukan Barang

Mohon kepada Bapak/Ibu pengawas gudang untuk mengirimkan laporan pemasukan barang selama tahun 2019, karena akan ada audit. Segera kirim laporan tersebut berupa hardfile ke kantor pusat. Pengiriman paling lambat besok siang pukul 09.00 WIB. Terima kasih atas perhatiannya.

Surabaya, 22 Desember 2019

Manager Pusat

Ita Rani

3. Contoh Ketiga

JJ Lucky Wile

Jl. Uninsila Utara No. 30 Semarang

Telp 08128469345

MEMO

 

Dari      : Manager Pusat

Kepada : HRD Kantor Pusat

Mohon buat informasi lowongan pekerjaan Frontliner untuk mengisi kekosongan yang ada di kantor pusat. Saat ini kantor pusat membutuhkan tiga orang frontliner dengan segera. Harap segera mendapatkan karyawan baru untuk mengisi kekosongan frontliner. Terima kasih.

Semarang, 15 Maret 2019

Manager Pusat

 

Joko Wicaksana

Contoh Memo Organisasi

Contoh Memo Organisasi

Memo organisasi tergolong dalam memo resmi. Sehingga Anda harus menulis memo tersebut dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Biasanya memo organisasi ditulis oleh instansi, sekolah, hingga lembaga tinggi kepada bawahannya. Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, Anda dapat mencari kumpulan contoh memo organisasi di internet.

1. Contoh Pertama

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Malang

SMA Negeri 20 Malang

 

Malang, 27 Desember 2019

Dari      : Kepala Sekolah

Kepada : Seluruh Wali Kelas

Dimohon kepada Bapak/Ibu Wali Kelas untuk menertibkan semua siswa yang tidak rapi ketika selesai melaksanakan upacara bendera Hari Senin. Bagi siswa yang tidak rapi, berikan hukuman berupa bersih-bersih sampah yang ada di sekitar sekolah. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu Wali Kelas.

Kepala Sekolah

Indah Ahsariya Widuri

2. Contoh Kedua

Organisasi Siswa Intra Sekolah

SMA Negeri 10 Buah Batu

 

Bandung, 2 Februari 2019

Nomor  : 2/OSISSMAN10/2019

Perihal  : Permohonan Bantuan

Yth. Pimpinan PT. Junior Indah Wiringin

Dengan hormat,

Sehubungan dengan mewujudkan kreativitas setiap siswa, SMA Negeri 10 Buah Batu akan mengadakan pagelaran Pentas Seni Pelajar.

Kegiatan akan diadakan pada:

Hari/tanggal      : Selasa, 1 Juni 2019

Waku                   : Pukul 08.00 sampai 15.00 WIB

Tempat               : Aula SMA Negeri 10 Buah Batu

Dengan adanya kegiatan Pentas Seni Pelajar ini, kami perwakilan SMA Negeri 10 Buah Batu ingin meminta bantuan kepada Pimpinan PT. Junior Indah Wiringin dalam mensukseskan kegiatan yang akan diselenggarakan.

Demikian memo permohonan yang kami buat. Terima kasih atas kerjasama Bapak/Ibu Pimpinan PT. Junior Indah Wiringin.

Hormat Kami,

Panita Pelaksana,

Ketua                                                                                                                                                                                   Sekretaris

 

Budi Wiyono                                                                                                                                                                     Indah Aprilia

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                                                                               Pembina OSIS

3. Contoh Ketiga

Organisasi Siswa Intra Sekolah

MAN Negeri 3 Solo

Jalan Kyai Ahmad Dahlan No. 32 Solo

MEMO

 

Dari      : Ketua OSIS

Kepada : Divisi HUMAS

Dimohon segera membuat proposal permintaan bantuan yang ditujukan kepada Pimpinan PT. Junior Indah Wiringin Kota Semarang. Permintaan bantuan akan digunakan untuk acara Pentas Seni Pelajar. Saya tunggu proposalnya sampai besok siang pukul 13.00. Terima kasih atas kerjasamanya.

Solo, 9 Januari 2019

Ketua OSIS

 

Yeyen Kurniawan

Kumpulan Contoh Memo Pengambilan Barang

Kumpulan Contoh Memo Pengambilan Barang

 

Memo pengambilan barang seringkali dilakukan di bagian pergudangan. Dengan penulisan memo ini, diharapkan pihak penanggung jawab dapat mengirimkan barang sesuai pesanan yang diminta atasan. Selain itu, memo pengambilan barang digunakan sebagai bukti nyata adanya pengeluaran secara sah.

1. Contoh Pertama

Makmur Sentoyo Tama

Jalan Imam Bonjol No. 5 Malang

Memo Pengambilan Barang

 

Malang, 11 April 2019

Kepada Yth.

Kepala Gudang UD. Makmur Sentoyo Tama

Jalan Bengawan Solo Malang

Dengan ini kami memberitahukan bahwa akan ada pengambilan barang di gudang berupa:

Nama BarangKode BarangQty
Kertas MinyakKM01200
Bulpoin Tinta HitamBTH02100
Penggaris Mika 30 cmPM3003200
Buku GambarBG04300
Lem KertasLK05200

 

Adapun pengambilan semua barang tersebut dilakukan dengan menggunakan kendaraan pabrik dan sopir sebagai berikut:

Nama Sopir                     : Irwansyah Putra Wirawan

Nomor                              : N 9923 AL

Jenis Kendaraan            : Mobil Box

Sekian memo pengambilan barang ini dibuat. Mohon kerjasamanya untuk melancarkan proses pengambilan barang dari gudang. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat kami,

Indah Winda Ayu

 

Manager Pemasaran UD. Makmur Sentoyo Tama

2. Contoh Kedua

Inkam Air Minum

Jalan Raya Mekaar No. 31 Surabaya

Memo Pengambilan Barang

 

Surabaya, 10 Juni 2019

Kepada Yth.

Kepala Gudang UD. Inkam Air Minum

Jalan Raya Broto Utara Surabaya

Dengan ini kami memberitahukan bahwa akan ada pengambilan persediaan produk air minum di gudang berupa:

Nama BarangKode BarangQty
Air minum kemasanAMK01200
Air minum botol 500 mlAMK02100
Air minum botol 1 literAMK03200
Air minum botol 1,5 literAMK04300
Air minum rasaAMR05200

 

Adapun pengambilan semua barang tersebut dilakukan dengan menggunakan kendaraan pabrik dan sopir sebagai berikut:

Nama Sopir                     : Mansyur Efendy Wicaksana

Nomor                              : N 0912 PL

Jenis Kendaraan            : Pick Up

Demikian memo pengambilan barang ini dibuat. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hormat kami,

Ananda Wila Nura

 

Manager Penjualan UD. Inkam Air Minum

3. Contoh Ketiga

Toko Aneka Elektronik

Jalan Gatot Subroto No. 12 Magelang

Memo Pengambilan Barang

 

Malang, 12 September 2019

Kepada Yth.

Kepala Gudang Toko Aneka Elektronik

Jalan Gatot Subroto No. 12 Magelang

Sehubungan dengan ini kami memberitahukan bahwa akan ada pengambilan barang elektronik dari gudang berupa:

Nama BarangKode BarangQty
Televisi 21 inchiTLV21200
Radio elektroRDI02100
Remote TVRMT03200
Laptop AsusLPTA04300
Handphone SamsungHPNS05200

 

Adapun pengambilan semua barang tersebut dilakukan dengan menggunakan kendaraan pabrik dan sopir sebagai berikut:

Nama Sopir                   : Erlan Dian Winanda

Nomor                          : N 9213 LK

Jenis Kendaraan            : Mobil Box

Sekian penulisan memo pengambilan barang ini. Mohon awasi proses pengambilan barang dengan sebaik mungkin. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hormat kami,

Wahyu Utami Ningsih

 

Pemilik Toko Aneka Elektronik

Kumpulan Contoh Memo Kampus

Kumpulan Contoh Memo Kampus

Memo kampus seringkali ditulis untuk memberikan pesan kepada staf bawahan. Biasanya memo ini ditulis oleh atasan yang hendak menyampaikan pesan singkat dengan tujuan tertentu. Untuk penulisan memo ini menggunakan Bahasa Indonesia yang baik. Hal ini karena termasuk ke dalam memo resmi.

1. Contoh Pertama

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik

Universitas Makmur Jaya

Jalan Veteran Malang

 

Dari         : Ketua DPM Fakultas Teknik

Kepada   : Seluruh Ketua Himpunan Fakultas Teknik

Kepada seluruh Ketua Himpunan Fakultas Teknik, dimohon untuk mengirimkan daftar nama Calon Ketua DPM Fakultas Teknik. Pengumpulan daftar nama dilakukan di ruang sekretariat lantai 3 Fakultas Teknik. Untuk perhatiannya terima kasih.

Malang, 10 Maret 2019

Ketua DPM Fakultas Teknik

Kurniawan Igo Wicaksana

2. Contoh Kedua

Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Bahasa

Universitas Negeri Bogor

Jalan Raya Mercusura Bogor

 

Dari      : Ketua Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Bahasa

Kepada : Seluruh Anggota Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Bahasa

Dimohon kepada seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Bahasa untuk menyelesaikan Laporan Pertanggung Jawaban pada masing-masing divisi, karena Rapat Anggota Tahunan akan segera dilaksanakan. Waktu pengumpulan Laporan Pertanggung Jawaban maksimal pada tanggal 23 Mei 2019. Terima kasih atas perhatiannya.

Bogor, 1 Mai 2019

Ketua Himpunan Mahasiswa FIB

 

                                                                                                                                                                           Ima Dwi Putri

Contoh Memo Keuangan

Contoh Memo Keuangan

Memo keuangan seringkali dikirimkan oleh pimpinan perusahaan untuk melihat pemasukan yang telah terjadi dalam beberapa periode. Biasanya memo jenis ini diberikan kepada divisi keuangan atau bendahara. Sehingga memo ini tergolong dalam memo resmi.

1. Contoh Pertama

Suaka Maju Jaya

Jl. Uninsila Utara No. 30 Semarang

Telp 0873326612

MEMO

 

Dari      : Manager Pusat

Kepada : Divisi Keuangan

Tolong Bapak/Ibu Divisi Keuangan untuk mengirimkan laporan pemasukan dan pengeluaran dana kepada Manager Pusat secepatnya. Harap kirim laporannya melalui email perusahaan suakamajujaya@gmail.com. Paling lambat tanggal 25 Mei 2019. Terima kasih atas perhatiannya.

Batu, 20 Mei 2019

Manager Pusat

 

Rani Kurniawan Sari

2. Contoh Kedua

Pusat Elektronik Raya

Jl. Markisa Utara No. 23 Malang

Telp 0899700034

MEMO

 

Dari      : Pimpinan Kantor Pusat

Untuk    : Bendahara

Hal       : Laporan Pengeluaran dan Pemasukan  Dana

Kepada Bapak/Ibu Kepala Kantor Cabang PT. Pusat Elektronik Raya untuk segera menyelesaikan laporan pengeluaran dan pemasukan dana periode 2019, karena di akhir tahun akan diadakan Rapat Pertanggung Jawaban. Hasil Laporan Pembelian dan Pemasukan harap diprint out secara rapi. Kemudian dikumpulkan di Bagian Administrasi. Terima kasih atas perhatiannya.

Malang, 27 Desember 2019

Pimpinan Kantor Pusat

 

Indun Dwi Kurnia

3. Contoh Ketiga

Rokok Intergrawis

Jl. Raya Bunga Mawar Kuning No. 1 Pasuruan

Telp 080908763

MEMO

 

Dari      : Manager Pusat

Untuk    : Pengawas Gudang

Hal       : Laporan Pemasukan Barang

Mohon kepada Bapak/Ibu pengawas gudang untuk mengirimkan laporan pemasukan barang selama tahun 2019, karena akan ada audit. Segera kirim laporan tersebut berupa hardfile ke kantor pusat. Pengiriman paling lambat besok siang pukul 09.00 WIB. Terima kasih atas perhatiannya.

Pasuruan, 20 Januari 2019

                                                                                                                                                                                  Manager Pusat

 

                                                                                                                                                                                Luluk Mainaroh

Contoh Memo untuk Sahabat

Contoh Memo untuk Sahabat

Penulisan memo untuk sahabat tergolong dalam memo tidak resmi. Sehingga penulisannya menggunakan bahasa sehari-hari. Untuk format penulisannya santai, karena ditujukan bukan kepada instansi tertentu.

1. Contoh Pertama

MEMO

Untuk : Indah Kalya Windadari

Jangan lupa belajar malam ini, karena besok ada ulangan harian matematika. Kamu bisa belajar melalui buku catatan matematika. Semua materi pelajaran sudah ada di buku catatan. Usahakan jangan sampai menyontek, karena kamu akan diberi hukuman berupa nilai O. Dilarang tidur terlalu malam, karena kamu bisa mengantuk ketika ulangan. Terima kasih.

Teman Sebangkumu

 

Riya Indriawan

2. Contoh Kedua

MEMO

Untuk : Brilian Dede Kusuma

Besok kelas XII satu angkatan akan mengadakan konvoi kelulusan. Tolong persiapkan sepeda dan baju olahragamu. Cek juga kondisi ban sepedamu, khawatir bocor atau kempes. Saat konvoi kelulusan, jangan lupa untuk selalu berhati-hati. Terima kasih.

                                                                                                                                                                                           Sahabatmu

 

Joko Indro Giovano

3. Contoh Ketiga

MEMO

 

Untuk : Mahesa Kurniawan

Indah tolong kamu kerjakan tugas Matematika yang ada di buku paket nomor 11 sampai 20. Nanti aku kerjakan nomor 1 sampai 10. Kalau sudah selesai, kita koreksi bersama dan gabungkan pekerjaannya, jadi biar cepat selesai. Usahakan jangan sampai salah soal, karena bisa berakibat fatal. Terima kasih.

Anggota Kelompokmu

Indah Wijayanti

4. Contoh Keempat

MEMO

Untuk : Rianti Winda Sari

Rendy jangan lupa besok bawa catatan IPA milikku yang kemarin kamu pinjam. Lusa ada ulangan IPA, semua materi ada di buku catatanku. Kalau kamu lupa, aku tidak bisa belajar. Usahakan jangan sampai lupa. Terima kasih.

Teman Sebangkumu

Rendy Bagus

5. Contoh Kelima

MEMO

 

Untuk : Pony Jaya Ramadhan

Koni aku mau memberitahu bahwa lusa ada ulangan Matematika tema lagaritma. Materi logaritma yang keluar, ada di buku catatan. Jadi, kamu bisa pelajari buku catatanmu. Jangan sampai tidak belajar, karena ulangan kali ini susah sekali. Selamat belajar.

Teman Sebangkumu

Koni Kurniawan

6.  Contoh Keenam

MEMO

 

Untuk : Liora

Digo besok aku harus berangkat kerja pukul 06.00 WIB. Maaf kamu harus berangkat sekolah sendiri. Kamu bisa naik taxi atau bus. Uang transportasinya aku selipkan di bawah buku pelajaran Matematika. Sarapannya ada di meja makan. Sekali lagi maaf karena tidak bisa mengantarkanmu ke sekolah.

Teman Kosmu

Digo Kurniawan

Contoh Memo Dinas

Contoh Memo Dinas

Memo dinas harus ditulis dengan format resmi. Hal ini karena memo tersebut dibuat oleh instansi resmi. Sehingga penggunaan bahasa sesuai dengan kaidahnya. Biasanya memo dinas ditulis dari instansi pusat. Untuk mengetahui lebih dalam, dapat simak kumpulan contoh memo dinas.

1. Contoh Pertama

Pemerintah Kabupaten Malang

Dinas Pemuda dan Pendidikan Malang

SMA Negeri 21 Malang

Raya Jati Utara No. 112 Malang

Telp. 098-1836; Fax: 098-1836

Email: sman21malang@gmail.com

MEMORANDUM

 

Kepada : Kepala Kurikulum

Dari      : Kepala Sekolah SMA Negeri 21 Malang

Perihal  : Persiapan Ujian Nasional 2019

Sehubungan dengan Ujian Nasional 2019 yang sudah semakin dekat, mohon kepada Bapak/Ibu Guru untuk memberikan latihan soal setiap hati. Tujuannya agar semua murid kelas XII terbiasa dalam menjawab soal yang diberikan. Terima kasih atas perhatiannya.

Malang, 18 September 2019

Kepala Sekolah

 

Anton Wijatmoko, M.Si

2. Contoh Kedua

Pemerintah Kota Padang

Dinas Pariwisata Padang

Taman Wisata Bunga Andong Padang

Indah Wijaja Utara No. 23 Padang

Telp. 009322; Fax: 009322

Email: tamanwisatabungaandong@gmail.com

MEMORANDUM

 

Kepada : Pengurus Taman Wisata Bunga Andong Padang

Dari      : Kepala Dinas Pariwisata Padang

Perihal  : Perayaan Tahun Baru 2020

Kegiatan perayaan pergantian tahun sudah dekat, dimohon untuk mempersiapkan acara musik di Taman Wisata Bunga Andong Padang. Tolong kondisikan Taman Wisata Bunga Andong Padang agar tampak bersih dan rapi, karena bintang tamu yang mengisi acara pergantian tahun adalah Indi Band. Terima kasih atas perhatiannya.

Padang, 29 Desember 2019

Kepala Dinas Pariwisata Padang

 

Herlambang. M.Si

Ada banyak kumpulan contoh memo yang bisa Anda ketahui di internet. Mulai dari memo sekolah, perusahaan, hingga pengambilan barang. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi saat akan membuat memo untuk orang lain. Namun jangan lupa untuk mengetahui jenis memo yang akan ditulis. Hal ini bertujuan agar tidak salah dalam menulis memo.

37+ Kumpulan Contoh Memo Yang Baik Dan Benar Terbaru (2020)

Leave a Reply