Site icon Sekolahnesia

Contoh Proposal Penelitian Berbagai Macam Tema dan Penjelasannya Terbaru

Contoh Proposal Penelititan Berbagai Macam Tema dan Penjelasannya Terbaru

contoh proposal penelitian x Laporan penelitian adalah salah satu komponen penting untuk suatu kegiatan yang telah selesai dilakukan. Tentunya dalam membuat suatu laporan penelitian tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika memang anda belum bisa membuat laporan tersebut, maka tak ada salahnya menggunakan contoh laporan penelitian sebagai acuan.

Contoh proposal penelitian pendidikan.

Pengertian Laporan

Laporan penelitian merupakan salah satu metode penyampaian suatu data dalam bentuk sebuah tulisan dengan penyusunan yang sistematis sesuai aturan yang berlaku. Laporan ini dapat dibuat ketika suatu rangkaian penyusunan sudah selesai dilakukan.

Tak hanya itu saja, keberadaan dari laporan penelitian ini juga dinilai begitu penting. Hal ini dikarenakan laporan tersebut menjadi salah satu bentuk bukti fisik jika suatu kegiatan penelitian telah dilakukan dengan baik dan benar.

Sebagai contoh laporan penelitian itu sendiri adalah laporan akan suatu kegiatan penelitian dengan topik klasifikasi dan morfologi tanaman.

Sampai saat ini laporan penelitian dibedakan dalam beberapa macam sesuai bentuk, struktur penulisan, hingga tujuan dibuatnya laporan tersebut. Meski begitu masih banyak orang yang tak begitu mengetahui akan hal tersebut. Penjelasan dibawah ini merupakan beberapa jenis dari laporan penelitian itu sendiri.

Laporan Penelitian Berdasarkan Struktur Penulisan

Jenis laporan penelitian juga dapat dilihat berdasarkan struktur dan format penulisannya. Jenis tersebut dibagi menjadi dua bentuk yaitu laporan penelitian formal dan laporan penelitian non formal. Berikut adalah penjelasan dari kedua bentuk tersebut.

  1. Laporan penelitian formal

Jenis yang pertama adalah laporan penelitian formal. Dimana untuk membuat laporan jenis ini diperlukan beberapa komponen penting didalamnya seperti halaman judul, adanya surat yang menyatakan keaslian dari laporan tersebut, daftar isi, abstrak, pendahuluan, isi, hingga penutup.

  1. Laporan penelitian non formal

Kebalikan dari jenis yang pertama, laporan penelitian jenis non formal tidak memiliki kewajiban untuk memuat seluruh komponen penting seperti halnya laporan penelitian non formal. Beberapa komponen yang dimiliki oleh jenis ini biasanya hanya memuat landasan teori, tinjauan pustaka, hingga prosedur dalam penelitian yang dilakukan.

Baca juga contoh proposal penelitian kualitatif dan contoh proposal penelitian kuantitatif.

Laporan Penelitian Berdasarkan Bentuknya

Jenis laporan penelitian yang berikutnya adalah dilihat berdasarkan bentuknya. Bisa dibilang pembagian pada bentuk ini sedikit lebih banyak dibandingkan dengan pembagian jenis berdasarkan struktur penulisan. Berikut ini merupakan penjelasan dari jenis laporan penelitian dilihat dari bentuknya.

  1. Formulir

Formulir merupakan salah satu jenis laporan penelitian yang sering anda temukan. Laporan ini dibuat dengan tujuan untuk pengisian suatu blangko yang tersedia.

  1. Memorandum

Jenis yang kedua adalah memorandum. Isi yang diuraikan dalam jenis laporan penelitian ini biasanya dalam bentuk yang lebih singkat. Surat perjanjian kerja antara atasan dengan karyawan merupakan salah satu contoh dari memorandum yang paling mudah ditemukan.

  1. Surat

Surat juga menjadi salah satu bentuk laporan penelitian. Memiliki uraian yang lebih panjang dibandingkan dengan memorandum adalah salah satu ciri dari surat. Surat juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan berdasarkan topik yang sedang diangkat.

  1. Naskah

Berbeda bentuk lainnya, jenis laporan penelitian berupa naskah memiliki beberapa komponen penting didalamnya. Penulisan naskah sendiri bisanya didasarkan pada topik yang sedang diangkat dan didalamnya terdapat beberapa sub judul.

  1. Buku

Jenis yang terakhir adalah buku. Dimana pembuatan suatu buku sendiri memerlukan sebuah penulisan yang begitu panjang dan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan bentuk lainnya.

Jenis Laporan Penelitian Dari Tujuan Pembuatannya

Laporan penelitian juga dapat dilihat berdasarkan tujuan pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa penjelasan dari jenis laporan penelitian tersebut.

  1. Laporan berdasarkan banyaknya halaman

Pada jenis ini bisa dilihat dari banyaknya halaman yang digunakan. Jika lebih dari 10 halaman pembuatan laporan penelitian tersebut, maka bisa digolongkan ke dalam laporan penelitian panjang.  Sedangkan format penulisan yang digunakan adalah format laporan formal.

Selanjutnya untuk jenis laporan yang memiliki jumlah halaman kurang dari 10 halaman bisanya masuk kedalam kategori laporan pendek. Untuk penulisan yang digunakan lebih ke laporan penelitian informal.

  1. Laporan eksternal dan internal

Jenis laporan ini biasanya lebih banyak ditemukan di dalam suatu organisasi. Laporan external untuk keperluan dalam organisasi. Sedangkan laporan internal untuk keperluan luar organisasi.

  1. Laporan vertikal dan lateral

Laporan jenis vertikal adalah jenis laporan penelitian yang bersifat naik turun berdasarkan kedudukan yang dituju. Sedangkan laporan lateral merupakan laporan yang dibuat untuk keperluan yang dituju memiliki keduduakn yang sama.

  1. Laporan berkala

Seperti pada namanya, laporan berkala akan dibuat dalam tenggang waktu tertentu. Jenis ini biasanya masuk ke dalam jenis laporan vertikal yang bergerak didalam bidang bisnis.

Artikel contoh proposal penelitian sederhana dan contoh proposal penelitian singkat.

Ciri-Ciri Laporan

Ciri-Ciri Laporan

Meskipun anda sudah mengetahui jenis laporan penelitian yang selama ini banyak digunakan. Namun pembuatan laporan penelitian yang baik memang harus memenuhi beberapa ciri sebagai berikut ini.

  1. Laporan penelitian haruslah bersifat objektif. Artinya penulisan tersebut berdasarkan fakta yang ada tanpa adanya unsur kepalsuan atau mengada-ada didalamnya.
  2. Disusun secara sistematis. Laporan penelitian yang dibuat haruslah tetap memperhatikan keruntutan dan kesinambungan dari setiap komponen didalamnya.
  3. Memberikan kejelasan. Semua isi yang dipaparkan dalam laporan penelitian haruslah dapat membuat pembaca mengerti apa yang akan disampaikan.
  4. Adanya sifat terbuka. Setiap laporan yang dibuat haruslah tetap memperhatikan sifat keterbukaan. Jika terdapat pendapat lain dengan tujuan memberikan kebenaran dan membuat hasil laporan penelitian tersebut menjadi lebih baik.  Maka penulis haruslah menerima pendapat tersebut.
  5. Bersifat logis. Laporan penelitian yang dibuat tersebut haruslah dapat diterima secara akal sehat, runtut, dan dapat dinalar dengan menggunakan pikiran manusia.

Artikel terkait contoh proposal penelitian sosial dan contoh proposal penelitian kesehatan.

Komponen Penting Penulisan Laporan Penelitian

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika dalam pembuatan sebuah laporan penelitian harus memiliki komponen-komponen penting. Komponen tersebut menjadi poin yang harus ditulis secara runtut dan jelas.

Hal ini dilakukan agar pembaca dari laporan penelitian tersebut bisa dengan mudah mengerti apa yang akan disampaikan oleh penulis. Berikut adalah komponen penting dalam penulisan laporan penelitian.

  1. Ringkasan  penelitian yang berlangsung
  2. Pendahuluan dari penelitian tersebut
  3. Metodologi penelitian yang digunakan
  4. Hasil dari penelitian tersebut
  5. Diskusi penelitian
  6. Referensi dan juga kesimpulan dari penelitian tersebut
  7. Merevisi tujuan penelitian jika diperlukan
  8. Garis besar dari penelitian
  9. Adanya data
  10. Mulai melakukan penulisan
  11. Draf pertama penulisan
  12. Review dan tulis ulang

Baca juga contoh proposal penelitian ekonomi dan contoh proposal penelitian akuntansi.

Penulisan Laporan Penelitian

Jika anda ingin membuat sebuah laporan penelitian dengan tema klasifikasi dan morfologi tanaman. Maka penulisan yang ada di dalam laporan tersebut adalah fakta yang ada dan informasi lain yang masih bersangkutan dengan tema tersebut.

Dengan begitu laporan yang dibuat bisa dengan mudah menjadi salah satu alat komunikasi antara penulis dengan pembaca.

Meskipun anda sudah membaca beberapa hal penting dalam penulisan suatu laporan. Namun akan lebih baik jika anda juga menggunakan bantuan acuan dari contoh proposal penelitian. Dengan begitu anda bisa lebih mudah menerapkan komponen seperti penjelasan di atas.

Contoh Proposal Penelititan Berbagai Macam Tema dan Penjelasannya Terbaru

Exit mobile version