Site icon Sekolahnesia

29 Aplikasi Kamera (Terbaik 2020)

aplikasi kamera

Aplikasi Kamera x Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, smartphone atau ponsel pintar menjadi salah satu yang terkena dampaknya. Seperti misalnya, munculnya aplikasi untuk kamera dengan fungsi yang banyak digemari para pengguna pada saat ini. Biasanya, aplikasi kamera ini membantu para pengguna dalam berekspresi di kehidupan sehari-hari.

Aplikasi untuk kamera smartphone ini biasanya akan lebih melengkapi kamera dengan pengaturan yang semakin menarik. Hal ini dikarenakan pada umumnya, kamera bawaan pada smartphone tidak selalu memberikan hasil yang maksimal pada para penggunanya. Terdapat beberapa aplikasi untuk kamera yang bisa fimanfaatkan para pengguna.

Aplikasi Kamera Terbaik 2020

Bagi masyarakat awam yang belum mengetahui aplikasi mana yang terbaik untuk kamera, terdapat beberapa pilihan yang sangat direkomendasikan. Algoritma yang terdapat pada kamera bawaan ponsel memiliki kemampuan kurang maksimal, artinya tidak mampu memanfaatkan kualitas dan kemampuan kamera secara maksimal.

1. Camera Zoon FX

Beruntung dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, banyak aplikasi untuk kamrea yang mampu dimanfaatkan sebagai pendukung. Dengan adanya aplikasi pendukung ini, para pengguna smartphone bisa memanfaatkan semaksimal mungkin kemampuan kamera yang terdapat pada kebanyakan ponsel pintar.

Untuk mengabadikan momen terbaik, seseorang tidak harus memiliki kamera canggih dengan harga yang terbilang mahal. Dengan menggunakan aplikasi Camera Zoom FX semua gambar yang tertangkap kamera bisa tampak sempurna. Saking bagusnya gambar yang ditampilkan, Camera Zoom FX bisa dibilang aplikasi kamera terbaik.

Dari laman situs MakeUsOf, klaim yang menyebut aplikasi ini terbaik bukan hanya sembarang klaim, aplikasi ini memiliki fitur speed burst yang fungsinya mampu mengambil 50 gambar per detik. Mode ini memberikan keuntungan ketika para pengguna akan mengambil gambar aksi, aplikasi ini juga memiliki image stabilizer bisa mencegah gambar terlihat blur.

Tak hanya fitur terbaik yang dimiliki, aplikasi ini memiliki antarmuka yang cepat dan juga responsive, selain itu kemampuan control manual yang mudah dalam berbagai pengambilan. Seperti pengambilan foto RAW, tool photo editing, collage maker hingga masih banyak lagi fitur yang dengan keunggulan memukau.

2. Camera FV-5

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang professional dalam dunia fotografi tetapi tanpa menggunakan kamera berkualitas, berbeda dengan aplikasi lain, Camera FV-5 memiliki kontrol yang sangat mirip dengan DSLR. Beberapa parameter pada aplikasi ini bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, untuk layar pengambilan gamabr juga berisi berbagai informasi.

Informasi yang disediakan pada layar tersebut di antarantara expose, aperture dan f-stop. Untuk pengambilan gambar di malam hari, para pengguna bisa menggunakan mode long exposure, pengguna juga bisa mengambil timelapse. Foto yang diambil bisa disimpan dengan berbagai versi seperti JPG, 16-bit, RAW DNG atau lossless PNG.

3. VSCO Cam

Aplikasi VSCO Cam, disebut juga dengan sebutan Visual Supply Company bagi mereka yang berada di kalangan komunitas dan tool untuk para creator oleh creator. Aplikasi ini bisa dibilang membuat kamera yang sempurna, telah dilengkapi fitur pengolah gambar atau editing, VSCO punya mode kamera yang minimalis dan dibekali berbagai mode bermanfaat..

Salah satu manfaat yang bisa dimiliki adalah mode RAW, ketika menggunakan mode ini secara manual para pengguna bisa mengatur white balance, ISO dan exposure. Ketika sudah berhasil menangkap momen tertentu, bisa langsung melakukan edit pada gambar yang di dapat. Sangat mudah dan memberikan banyak keuntungan.

4. Camera MX

Kemudahan ketika menggunakan aplikasi untuk kamera ini adalah tampilan antarmuka Camera MX yang sederhana dan bersih. Hal ini membuat para penggunanya bisa lebih fokus untuk mengambil foto yang menjadi kebutuhan atau kesukaannya. Tak hanya menangkap gambar, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengambil video.

Memiliki kemampuan yang sangat bermanfaat dinamakan dengan Live Photos, sedikit mirip dengan iOS yang bisa bergerak ketika pengguna menekan shutter. Adapula fitur Shoot-the-Past Burst Mode, dengan fitur ini memungkinkan para pengguna melihat gambar yang diambiil bahkan sebelum Anda menekan tombol shutter.

5. Open Camera

Salah satu aplikasi kamera selanjutnya adalah Open Camera, adalah aplikasi open source yang dapat digunakan secara gratis, selain itu tidak memiliki fitur pembelian item dan juga aplikasi. Aplikasi Open Camera memungkinkan para pengguna bisa mengambil gambar dengan baik secara manual dalam prosesnya.

Beberapa fitur bisa digunakan dan dimanfaatkan secara langsung beberapa mode yang dimiliki adalah stabilization, remote control and voice commands, grid overlays, kemudian panduan cropping, HDR dan masih banyak lagi fitur yang mampu dimanfaatkan. Fitur inilah yang membuat aplikasi ini disebut sangat bagus dalam pengambilan gambar.

6. Cymera

Bagi para pengguna Snapchat dan Instagram, aplikasi untuk kamera ini dapat dibilang merupakan aplikasi terbaik. Cymera juga bisa dipakai untuk mengambil gambar sambil memberikan berbagai polesan beragam seperti filter, stiker hingga masker yang tentunya sangat menarik bagi para penggunanya.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk pencahayaan juga dengan berbagai pilihan bingkai untuk memperindah gambar. Terdapat juga fitur penghapus jerawat, fitur ini mampu digunakan untuk mengubah bentuk hingga membuatnya menjadi lebih baik. Jika pengguna menginginkan hasil gambar atau foto yang berbeda, Cymera bisa dikatakan sebagai aplikasi untuk kamera terbaik hingga saat ini.

7. Camera 360

Siapa yang tidak kenal dan mengetahui aplikasi untuk kamera yang satu ini, Camera 360 bisa digunakan untuk menghasilkan berbagai gambar atau foto yang mulus dan memperdaya yang melihatnya. Saking terkenalnya, semua pengguna ponsel dengan sistem Android menggunakan aplikasi paling populer di Play Store ini.

8. Polar

Aplikasi untuk kamera selanjutnya ini merupakan aplikasi untuk melakukan edit foto dengan nama Polar. Di sampung fungsi utamanya untuk mengedit foto, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memotret gambar atau foto. Kemampuan yang dimiliki tak hanya ketika digunakan untuk mengambil gambar, karena bisa untuk yang lain juga.

Dengan fitur yang dimiliki, aplikasi untuk kamera ini mampu digunbakan untuk meningkatkan kualitas gambar melalui pengaturan exposure, contrast, color balance dan yang lainnya. Selain itu, foto hasil editan menggunakan Polar bisa menjadi preset tersendiri bagi para penggunanya. Dua komponen inilah yang membuat aplikasi ini menjadi yang terbaik di Android.

9. Goggle Camera atau Gcam Mod

Sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk kamera di tahun 2020 adalah Google Camera atau juga dikenal dengan nama Gcam Mod. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, terlebih jika perangkat yang digunakan sangat mendukung. Jika perangkat yang dipakai tidak memungkinkan untuk mengunduh aplikasi ini di Google Play, terdapat banyak versi mod yang bisa diinstal.

Para pengguna akan dimanjakan dengan banyak fitur yang dimiliki seperti Night Sight, Panorama, Photosphere, Mode Potret, Slow Motion Video hingga AR Sticker. Dengan berbagai fitur yang ada ini, para pengguna akan mendapatkan gambar terbaik tak hanya untuk pengambilan foto tetapi juga pengambilan video.

10. Bacon Camera

Salah satu aplikasi untuk kamera yang terbaik adalah produk yang dikembangkan untuk perangkat OnePlus One. Aplikasi ini ditujukan para pengguna agar dapat membuka fitur manual, meski demikian seiring perkembangan waktu aplikasi ini justru banyak digunakan secara meluas di perangkat lain tak hanya ponsel.

Bagi para pengguna, perlu diketahui bahwa aplikasi ini memiliki satu fitur keunggulan, fitur yang membuat Bacon Camera justru diperhitungkan dalam dunia aplikasi untuk kamera. Di antaranya, keunggulan yang dimiliki adalah ISO, fokus, white balance dan lain sebagainya. Pengguna bisa dengan mudah mendapatkan gambar yang menarik.

11. Footej Camera

Aplikasi untuk kamera selanjutnya adalah Footej Camera, merupakan aplikasi dengan fitur beragam dan berkualitas dengan Camera 2 API yang tersemat dalam Android. Fungsi yang diberikan aplikasi ini adalah memungkinkan smartphone dengan sistem Android lama menggunakan kontrol kamera secara manual.

Footej Camera juga memiliki desain antarmuka yang sangat sederhana dan mudah dipahami oleh masyarakat awam. Layar aplikasi ini memang dipenuhi berbagai fitur menari, bisa saja membingungkan para pengguna. Tetapi hal itu hanya bersifat sementara karena kemudahan dalam antarmuka, selain itu aplikasi ini juga bisa diinstal secara cuma-cuma.

12. Huji Cam

Menjadi salah satu aplikasi kamera terbaik yang bisa digunakan untuk smartphone terutama berbasis sistem Android. Dengan menggunakan aplikasi ini, para pengguna bisa dengan mudah mendapatkan gambar dengan hasil jepretan yang menakjubkan. Bisa dikatakan bahwa hasil gambar yang di dapat layaknya menggunakan kamera analog.

Salah satu fitur andalan aplikasi Huji Cam adalah pada hasil gambar yang di dapat. Hal ini dikarenakan fitur unggulan yang dimiliki yakni light leak dan time stamp yang sangat nostalgik. Cara pemakaiannya pun mudah dan tidak membuat penggunanya kesulitan, ini menjadi keunggulan lain aplikasi Huji Cam untuk kamera.

13. Manual Camera

Jika mencari aplikasi dengan keunggulan yang terdapat pada fitur kamera manual belum lengkap jika tidak menggunakan aplikasi kamera Manual Camera. Aplikasi ini memiliki fitur yang lebih pro ketimbang aplikasi kamera manual yang lainnya. Untuk fungsi secara umum, aplikasi Manual Camera memiliki berbagai parameter pembantu.

Selain itu terdapat pula slide pembantu yang bisa diatur oleh para pengguna secara granular, dengan adanya fungsi ini, pengguna aplikasi ini bisa mendapatkan hasil jepretan yang lebih bagus karena adanya pengaturan yang fully custom.

14. Fast Burst Camera Lite

Jika ingin aplikasi kamera dengan fitur DSLR, Fast Burst Camera Lite menjadi jawaban atas hal tersebut. Merupakan aplikasi untuk kamera yang dikembangkan oleh Spritefish, memiliki banyak keunggulan yang sangat berguna dan bermanfaat bagi seseorang dengan jiwa fotografi yang tinggi tetapi terkendala dengan perangkat atau alat canggih.

Aplikasi ini punya mode beragam, seperti shoot mode single shot, full burst, pre-shot dan motion trigger. Selain itu, Fast Burst Camera Lite juga bisa digunakan untuk menambahkan berbagai macam filter, seperti frame dan teks. Bagi yang gemar memotret gambar atau momen agar tak terlewat, aplikasi ini bisa sangat membantu.

15. ProCapture

Aplikasi untuk kamera yang keren selanjutnya adalah ProCapture, salah satu keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah fitur DSLR. NEast Studios mengembangkan aplikasi ini dengan berbagai fitur yang sangat menarik dan bermanfaat bagi para penggunanya. Salah satu manfaat yang dimiliki adalah aplikasi ini sangat cocok untuk para petualang.

Dengan menggunakan aplikasi ini para pengguna dijamin akan mendapatkan kepuasan secara langsung ketika memotret gambar. ProCapture juga bisa dipakai untuk melakukan edit foto secara langsung, hal ini juga tak lepas dari berbagai fitur yang ada. Seperti di antaranya, antarmuka yang sederhana, mode panorama, wideshoot mode dan reduced noise mode.

16. Blur Image

Blur menjadi salah satu istilah yang sangat erat kaitannya dengan kamera DSLR, pada umumnya istilah ini terdengar ketika hasil foto tidak sesuai dengan yang diinginkan. Atau juga bisa karena disengaja untuk menimbulkan efek tersebut. Blur image menjadi fitur yang sangat berguna untuk dimanfaatkan karena memiliki keunggulan yang luar biasa.

Aplikasi kamera terbaik untuk Android ini bisa membuat penggunanya mampu memotret gambar dengan hasil yang luar biasa, Bahkan diklaim mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas seperti menggunakan kamera DSLR. Dengan menggunakan ini para pengguna bisa membuat objek yang dipotret terlihat sangat fokus.

17. HDR Camera

Sebuah gambar atau foto dengan kualitas layaknya hasil jepretan kamera DSLR adalah kualitas gambar yang sangat mumpuni dan jelas. Aplikasi untuk kamera memungkinkan para pengguna memotret gambar dengan memakai fitur high-dinamyc-range, fitur ini memastikan gambar dan foto yang diambil terlihat sangat tajam.

Aplikasi HDR Camera merupakan salah satu aplikasi untuk kamera dengan fitur menawan DSLR, sangat bagus jika digunakan untuk memotret pemandangan dengan hasil yang memuaskan. Namun, meski memiliki fitur yang menakjubkan, HDR Camera memiliki satu kekurangan yakni tidak cukup bagus digunakan untuk memotret gambar bergerak.

18. Camera HDR Studio

Selain HDR Camera, hasil memotret gambar dengan kualitas DSLR bisa didapatkan dengan menggunakan Camera HDR Studio. Dengan memakai aplikasi ini, para pengguna mampu mengubah dan menciptakan foto berkualitas HDR dengan sangat baik. Berbeda jika menggunakan aplikasi kamera bawaan pada smartphone Android.

Aplikasi untuk kamera dengan fitur DSLR ini bisa digunakan melalui smartphone, meski demikian hasil yang diberikan tak akan membuat para penggunanya menyesal. Hanya dengan menggunakan aplikasi untuk kamera ini pengguna smartphone Android bisa memiliki gambar dengan kualitas yang jaug berbeda ketimbang aplikasi lainnya.

19. AfterFocus

Jika ingin memiliki foto atau gambar dengan latar belakang blur, aplikasi untuk kamera AfterFocus bisa menjadi andalan. Biasanya seorang yang gemar foto ingin menciptakan latar belakang menarik dan terkesan futuristic dengan menggunakan latar yang blur. Terbukti bahwa foto dengan latar blur memiliki kesan tersendiri.

Aplikasi AfterFocus memiliki fitur yang bisa membuatkan latar belakang tersebut, tersemat fitur DLSR yang menarik dan bisa membuat penggunanya mengatur kembali fokus-fokus yang gambar yang diambil. Selain fitur blur pada latar belakang gambar, aplikasi AfterFocus juga mampu memberi foto bokeh dengan pengaturan secara manual.

20. Instagram

Aplikasi ini memang menjadi merupakan salah satu media sosial terpopuler yang banyak digemari masyarakat. Selain menjadi media sosial penghubung satu orang ke orang lainnya, Instagram juga merupakan aplikasi kamera yang sangat bagus. Hasil jepretan dengan menggunakan aplikasi ini mampu membuat seorang awam menghasilkan gambar seorang fotografer professional.

Selain itu, Instagram sudah menjadi media sosial terkenal untuk berbagai kalangan masyarakat dan para pecinta fotografi. Hal ini dikarenakan fitur kamera yang mampu mengalahkan aplikasi untuk kamera lainnya. Ditambah dengan fitur berupakan aplikasi untuk kamera ini bisa digunakan para user ketika berselancar di media sosial.

21. AZ Camera – Manual Pro Cam

Seperti yang diketahui bahwa keunggulan kamera DSLR salah satunya dikarenakan adanya fitur dengan nama RAW. Format RAW yang terdapat di dalam aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan editing foto dengan manual tetapi mudah. Setelah mengambil foto atau gambar, seketika para pengguna bisa langsung melakukan editing gambar.

Meski fitur ini bisa didapatkan melalui kamera ponsel, tetapi Anda bisa mendapatkan fitur ini secara gratis dengan menggunakan AZ Camera Manual Pro Cam. Aplikasi ini mampu menyediakan pengaturan manual demi mendapatkan hasil gambar yang memuaskan dan terbilang luar biasa hanya dengan memakai ponsel.

22. A Better Camera

Aplikasi untuk kamera selanjutnya yang menghadirkan fitur menawan untuk para pengguna smartphone adalah A Better Camera. A Better Camera memiliki fitur unggulan yang bisa membuat gambar tampil fenomenal, beberapa fitur yang dimiliki antara lain HDR, panorama, night mode, multishot dan lain sebagainya.

Para penggunanya juga bisa dengan mudah dan bebas mengatur beberapa keunggulan yang dimiliki seperti mengatur fokus, white balance hingga pengambilan gambar. Selain itu, pengguna juga akan dimudahkan dengan fitur shot terbaik, fungsinya secara otomatis bisa mengidentifikasi bidikan terbaik dari beberapa foto.

23. Camera B612

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi kamera yang satu ini, B612 sudah dianggap seperti kamera terbaik bagi para pengguna terutama para wanita. Aplikasi sudah diunduh sebanyak 100 juta pengguna di Play Store. B612 memberi banyak sekali koleksi filter hingga sketsa lucu dalam membuat foto terkesan berbeda dengan yang lain.

Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur editing yang sangat bersahabat dengan perangkat android dan ios. Terdapat lebih dari 1500 stiker unik dan menarik yang bisa digunakan untuk merubah wajah ketika aplikasi digunakan, Salah satu yang menarik perhatian pengguna adalah aplikasi ini memiliki filter analog dengan fungsi mencerahkan foto dan video.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang berfungsi untuk merubah warna kulit dan wajah penggunanya menjadi lebih menarik hingga sempurna. Tampilan antarmuka aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat awam, kemudian B612 juga ditautkan dengan akun media sosial yang dimiliki para penggunanya.

24. ProShot

Aplikasi untuk kamera ini memiliki banyak keunggulan, tetapi semua fitur yang ada di dalam aplikasi bisa digunakan setelah melakukan pembayaran. ProShot sangat populer di Windows App dan Google Play, aplikasi ini memiliki fitur kamera dengan dua kontrol sekaligus, yakni manual dan otomatis. ProShot tidak hanya sekadar aplikasi, tetapi bisa menjadi buku panduan.

Terutama bagi pengguna yang sangat ingin menjadi fotografer handal, dengan menggunakan aplikasi ini para pengguna bisa mempelajari dasar-dasar fotografi manual. Seperti di antaranya, pengaturan rasio, level kompresi JPEG dan yang lainnya. ProShot juga memiliki fitur yang berfungsi untuk menekan titik fokus, seperti mengaburkan latar belakang dan depan pada foto.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini para pengguna harus merogoh gocek sebanyak 3,99 dolar bagi para pengguna perangkat android dan ios. Sementara untuk pengguna windows dibebani biaya sebanyak 2,99 dolar, mengingat harga kamera DSLR asli yang mahal, biaya aplikasi ini tentu tak menjadi masalah bagi para pengguna.

25. Candy Camera

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk pengeditan video dan foto cukup populer di kalangan masyarakat pengguna smartphone adalah Candy Camera. Saking populernya, aplikasi ini bahkan sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna baik yang menggunakan perangkat android dan ios. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah mengambil dan mengedit foto secara realtime.

Pengguna juga bisa menambahkan filter dan stiker agar membuat tampilan foto lebih menarik, selain itu terdapat pula fitur yang berfungsi untuk menghilangkan noda dan gambar yang tidak sempurna dari foto. Keunggulan lain yang diberikan aplikasi ini adalah bisa dipakai secara gratis alias tanpa membelinya, hanya dengan melakukan pengunduhan dan instalasi.

Meski demikian, aplikasi ini hanya bisa dinikmati bagi para penyuka foto selfie dan tidak diperuntukan bagi mereka yang ingin serius dalam dunia fotografi. Karena diperuntukan bagi pecinta selfie, aplikasi ini memiliki fitur menarik seperti untuk melangsingkan wajah, perona pipi, maskara, eyeliner dan lain sebagainya.

26. Aplikasi Vignette

Aplikasi kamera selanjutnya yang direkomendasikan bagi pecinta foto dan gambar adalah Vignette dengan semua fitur lengkap untuk mengambil foto dan mengeditnya. Vignette memiliki fitur dasar dalam fotografi dan lanjutan, seperti misalnya komposisi rasio emas, self timer, best shot hingga digital zoom mencapai 10x.

Selain itu, fleksibiltas dalam mengontrol volume gambar juga ditawarkan oleh aplikasi ini.Terdapat pula kontrol terhadap pencahayaan, tombol rana hingga terdapat berbagai efek filter lengkap dengan label waktu, tanggal dan lokasi pengambilan gambar atau foto tersebut. Tentunya beberapa keunggulan ini sangat menarik digunakan.

27. Aplikasi Retrica

Retrica memiliki 100 filter menawan yang khusus digunakan untuk memperindah foto, salah satu yang menarik dan menjadi unggulan aplikasi ini adalah filter untuk membuat foto vintage. Aplikasi ini juga memungkinkan para pengguna dapat melakukan pengambilan gambar secara multi -shot, kemudian mengubah beberapa foto yang diambil menjadi kolase indah.

Dalam melakukan pengeditan foto dan video, aplikasi ini bisa membuat gambar berubah menjadi bergerak atau juga disebut dengan GIF. Tak hanya itu, Retrica juga menyediakan komunitas dengan didukung fitur jejaring sosial yang berfungsi untuk membagi foto secara langsung, bahkan sesaat setelah foto tersebut diambil.

28. Motion Stills

Bisa dibilang aplikasi Motion Stills terbilang masih sangat baru dan fokus aplikasi ini hanya dalam pembuatan video. Motion Stills tidak memiliki fitur yang mendukung dalam pengambilan foto, hanya ampuh dalam membuat video. Salah satu fungsi yang dimiliki adalah untuk membuat GIF dari rekaman video pendek.

Kemudian, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk menggabungkan beberapa klip video dan dijadikan video dengan durasi panjang. Karena memang aplikasi ini sangat diperuntukan sebagai editing video, para pengguna bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis. Yang perlu diketahui adalah pengguna harus menyisakan banyak ruang kosong untuk menyimpan aplikasi ini.

29. Pro Capture Video

Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini tidak cukup populer dikalangan aplikasi kamera di awal perilisannya, namun kini Pro Capture menjadi salah satu aplikasi untuk kamera yang sangat diperhitungkan terutama bagi semua pengguna perangkat android. Dalam menggunakan aplikasi ini, para pengguna bisa mengakes semua fitur kamera dengan mudah karena IU ringan.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki beberapa mode dengan keuntungan banyak bagi para penggunanya. Seperti panorama, pengurangan noise hingga bidikan lebar, selain itu aplikasi ini juga memiliki histogram yang berfungsi menampilkan gambar lengkap detail secara real time. Tak hanya memudahkan aplikasi ini juga tidak boleh dilewatkan.

Beberapa jenis aplikasi kamera di atas merupakan yang paling direkomendasikan bagi para pengguna smartphone. Tentunya yang bingung dalam memilih aplikasi mana yang akan disematkan pada perangkat, smartphone dalam mengambil gambar dan video hingga melakukan penditan terhadap hasil yang sudah didapat.

29 Aplikasi Kamera (Terbaik 2020)

Exit mobile version