Contoh Daftar Riwayat Hidup Ini Dapat Menambah Referensimu

contoh daftar riwayat hidup – Ketika Anda melamar sebuah pekerjaan, daftar riwayat hidup alias curriculum vitae (CV) adalah salah satu dokumen wajib yang harus Anda kirimkan. Akan tetapi, apakah ada contoh daftar riwayat hidup yang tepat agar lamaran Anda lolos dan Anda bisa maju ke tahap seleksi berikutnya?

Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan

Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan

Ternyata ada contoh daftar riwayat hidup atau CV yang tepat untuk melamar pekerjaan, lho! Meskipun formatnya sendiri tidak harus selalu sama persis, tapi dalam sebuah daftar riwayat hidup yang baik ada beberapa kategori informasi penting yang wajib Anda cantumkan.

Kalau begitu, apa saja ya informasi penting yang wajib Anda cantumkan dan pasti ada di dalam contoh daftar riwayat hidup? Informasi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Data diri.

Informasi ini wajib ada di dalam daftar riwayat hidup dan menunjukkan beberapa poin penting yang menunjukkan identitas Anda sebagai pelamar, yaitu nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat domisili, nomor HP yang dapat dihubungi, dan alamat email yang aktif.

  1. Latar belakang akademik.

Cantumkan riwayat pendidikan Anda, yang meliputi nama sekolah, tahun pendidikan, serta gelar yang diperoleh (untuk pendidikan tinggi seperti diploma, sarjana, hingga doktoral, jika ada). Dan jika Anda punya pengalaman pendidikan non-formal seperti kursus dan pelatihan, Anda juga bisa cantumkan dalam tabel yang terpisah.

  1. Pengalaman kerja.

Tuliskan pula pengalaman kerja Anda, terutama pekerjaan yang relevan dengan posisi yang akan Anda lamar. Kalaupun pengalaman-pengalaman sebelumnya ada di bidang yang berbeda, Anda bisa cantumkan pula deskripsi tugas hingga pencapaian yang telah Anda raih di pekerjaan sebelumnya.

  1. Keahlian atau keterampilan.

Di samping latar belakang akademik dan pengalaman kerja, soft skill juga menjadi sorotan perusahaan. Jadi, jika Anda punya soft skill khusus yang unik dan benar-benar Anda kuasai, pastikan Anda juga mencantumkannya di dalam CV.

  1. Prestasi

Apabila Anda memang memiliki prestasi atau penghargaan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, cantumkan pula di dalam daftar riwayat hidup, meliputi nama penghargaan, siapa yang memberikan penghargaan, serta tahunnya.

  1. Pengalaman berorganisasi.

Bagian ini perlu dicantumkan terutama jika Anda merupakan seorang fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja. Cantumkan nama organisasi, jabatan yang Anda pegang, serta masa periode jabatannya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Berikut ini adalah contoh daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang simpel, tapi memang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Data Pribadi

Nama            :    Kinan Ayu

Tempat & tanggal lahir    :    Yogyakarta, 21 September 1997

Alamat            :    Pedurungan, Semarang Timur, Semarang

Nomor HP        :    080989999

Alamat email        :    kinan.ayu@email.com

 

Pendidikan

2004-2010    SD Negeri Yogyakarta

2010-2013    SMP Negeri Yogyakarta

2013-2016    SMA Negeri Yogyakarta

2016-2020    Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Jurusan Akuntansi

 

Pendidikan Non-Formal

2018    Pelatihan keuangan bebas korupsi.

2019    Kursus sistem informasi akuntansi.

 

Pengalaman Kerja

2019-2020    Staf akuntansi di PT Ini Itu Lihat Dulu

 

Keahlian dan Keterampilan

  1. Menguasai sistem informasi akuntansi dan manajemen yang dibuktikan dengan sertifikat terlampir.
  2. Keterampilan bahasa asing (Inggris dan Mandarin) yang dibuktikan dengan sertifikat terlampir.

 

Itu dia ulasan singkat mengenai contoh daftar riwayat hidup. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menyusun daftar riwayat hidup atau CV yang baik untuk melamar pekerjaan yang Anda inginkan, ya! Semoga sukses!

Contoh Daftar Riwayat Hidup Ini Dapat Menambah Referensimu

Advertisements

One thought on “Contoh Daftar Riwayat Hidup Ini Dapat Menambah Referensimu

  1. Pingback: Contoh Daftar Isi dan Cara Membuatnya Agar Lebih Rapi

Add Comment